12 Menu Nasi Padang Sederhana dan Paling Enak yang Harus Dicoba

5 min read

menu nasi padang enak dan terkenal

Indonesia memang terkenal dengan ragam kulinernya. Dari ujung Sumatera sampai ujung Papua, kamu bisa menemukan banyak sekali jenis makanan yang sangat enak. Dan salah satu ragam kuliner terenak itu adalah nasi padang. Ketika kamu mencoba makanan ini, maka akan ada banyak menu nasi padang yang bisa kamu coba. Lalu apa saja menu nasi padang sederhana, yang mungkin bisa juga kamu buat sendiri?


Menu Nasi Padang Enak

Nasi Padang sendiri merupakan nasi dengan berbagai lauk khas Sumatera Barat. Salah satu bukti betapa nikmatnya makanan ini adalah kamu bisa dengan mudah menemukan tempat makan Nasi Padang dimanapun.Aneka menu nasi padang yang beragam juga merupakan salah satu keunggulan dari makanan ini.

Berikut adalah beberapa contoh menu nasi padang sederhana dengan rasa yang nikmat yang harus kamu coba

1. Rendang

Rendang Nasi padang

Berbicara masalah menu nasi padang terenak, maka tidak mungkin jika tidak memasukan rendang ke dalam daftarnya. Makanan dengan bahan dasar daging sapi ini bukan hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga sudah diakui dunia sebagai salah satu makanan dengan rasa paling enak. Menu makanan ini juga identik dengan menu nasi padang. Semua tempat yang menjual nasi padang pasti akan menyediakan rendang di dalam menunya.

Rendang sendiri merupakan masakan yang proses memasaknya menggunakan suhu rendah dengan waktu yang lama, prosesnya ini bisa memakan waktu berjam-jam. Dalam prosesnya, masakan ini akan menggunakan aneka rempah dan juga santan. Proses inilah yang menjadi salah satu rahasia rasa nikmat dari masakan ini. Bahkan, jika proses memasaknya benar maka makanan ini bisa tahan dalam waktu yang lama.

2. Iso

Iso

Menu nasi padang lainnya yang juga harus kamu coba adalah iso. Untuk kamu yang belum tahu, iso merupakan gulai usus sapi. Namun ada hal yang membedakan antara iso dengan gulai usus lainnya, pada iso, usus sapi tersebut diberi isian berupa tahu atau telur. Selain itu, rasa kuah dari gulai sangatlah nikmat. Rasa gulai dari masakan minang memang memiliki ciri khas tersendiri, hal ini lah yang membuat kamu juga perlu mencoba iso.

3. Ayam Bakar

Ayam Bakar Nasi Padang

Masakan yang satu ini sudah tidak perlu kamu ragukan lagi. Menu ayam memang menjadi salah satu menu favorit bagi kebanyakan orang Indonesia. Termasuk ketika kamu memilih menu nasi padang, maka salah satu pilihan yang bisa kamu coba adalah ayam bakar.

Baca Juga:  15 Menu Makanan untuk Buka Puasa yang Sehat dan Nikmat

Salah satu yang menjadi ciri khas dari ayam bakar yang kamu temukan di nasi padang adalah rasanya yang agak sedikit pedas. Selain masalah rasa, hal lain yang juga menjadi ciri khas dari ayam bakar ini adalah aromanya. Ketika bumbunya meresap dengan sempurna maka akan menghasilkan aroma yang sangat menggugah selera.

Selain itu, jika berbicara masalah ayam bakar nasi padang, maka salah satu rahasia nya adalah penggunaan bumbu rempah yang segar dan kering yang sangat lengkap. Semua bumbu ini akan dimasak berbarengan dengan ayam dan juga santan. Proses memasak ini akan membuat kuah menjadi kental dan semua bumbu akan meresap. Nantinya ayam yang sudah siap ini tinggal kamu bakar di atas arang batok. Selain menambah rasa, cara ini juga akan menghasilkan aroma yang khas.

4. Ayam Pop

Ayam pop

Selain ayam bakar, olahan ayam lainnya yang juga bisa kamu temukan pada menu nasi padang adalah ayam pop. Ini merupakan salah satu menu makanan olahan ayam yang menjadi ciri khas dari Sumatera Barat. Satu keunikan, jika membandingkan ayam pop dengan ayam goreng lainnya adalah ayam pop akan berwarna putih setelah selesai dimasak.

Warna putih tersebut terjadi karena sebelum dimasak, ayam sudah diberi bumbu lalu direbus terlebih dahulu di dalam rebusan air kelapa. Setelah melalui proses perebusan inilah ayam akan digoreng dalam minyak panas. Proses penggorengan ini sendiri agar ayam menjadi matang dengan sempurna dan akan terasa renyah. Pada penyajiannya, maka kamu akan mendapatkan ayam pop dan juga sambal lado dengan rasa yang khas. Sambal lado ini sendiri terbuat dari cabai merah, potongan tomat, dan bawang merah.

5. Dendeng Balado

Dendeng Balado

Salah satu menu makanan nasi padang yang bisa menjadi pilihan kamu adalah denden balado. Masakan khas Sumatera Barat yang merupakan irisan daging tipis yang digoreng sampai garing lalu disiram dengan bumbu balado ini memang memberikan rasa tersendiri. Untuk kamu yang suka dengan makanan dengan rasa pedas maka makanan ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu.

6. Dendeng Batokok

Dendeng Batotok

Jika kamu merupakan penggemar makanan olahan daging sapi mak mungkin kamu sudah pernah mencoba dendeng. Irisan daging tipis dengan bumbu tertentu ini memang memberikan rasa tersendiri. Dan salah satu jenis dendeng, yaitu dendeng batokok, merupakan salah satu pilihan menu nasi padang yang perlu kamu coba.

Banyak orang yang masih tertukar antara dendeng batokok dan dendeng balado. Meskipun sama-sama irisan daging sapi tipis namun kedua jenis dendeng merupakan dua makanan yang berbeda. Dendeng balado merupakan irisan daging tipis, lebar, dan kering. Irisan daging ini akan kamu rebusan lalu kamu jemur sebelum akhirnya kamu goreng sampai garing.Pada penyajiannya, irisan daging ini akan kamu siram dengan menggunakan bumbu balado.

Baca Juga:  Perbedaan Ramen dan Ramyeon yang Perlu Kamu Tahu

Sementara itu, dendeng batokok merupakan daging sapi, yang proses memasaknya direbus lalu diberikan beberapa bumbu. Setelah itu, daging ini akan kamu pukul sampai menjadi pipih. tokok sendiri dalam Bahasa Minang artinya adalah memukul. Selain membuat pipih, proses pemukulan ini juga bertujuan untuk membuat bumbu yang ada menjadi lebih meresap.

Pada proses penyajiannya, daging yang sudah dipukul ini bisa direbus, dibakar, atau digoreng. Hal lain yang juga membedakan dendeng batokok dengan dendeng lainnya adalah proses penggorengan tidak perlu sampai garing. Untuk sambalnya, maka dendeng batokok ini akan menggunakan sambal cabe hijau.

7. Gulai Tunjang

Gulai Tunjang

Menu gulai memang akan banyak kamu temukan pada menu nasi padang. Dan salah satu menu gulai yang bisa menjadi pilihan kamu tersebut adalah gulai tunjang. Dengan rasa yang khas, gulai tunjang atau kikil ini merupakan salah satu favorit banyak orang saat makan di tempat nasi padang.

Salah satu ciri khas dari gulai tunjang di rumah makan padang adalah teksturnya yang lembut dan empuk. Hal ini karena tunjang atau kikil tersebut sudah mengalami proses memasak yang sangat lama. Hal lain yang juga menjadi ciri dari gulai khas minang adalah ketika memasak, tidak hanya menggunakan santan saja tetapi juga menggunakan bumbu rempah yang komplit. Rasa dari gulai tunjang ini sendiri adalah pedas dan gurih.

8. Gulai Ikan

Gulai Ikan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika rumah makan padang memang memiliki banyak sekali menu dari jenis gulai. Selain gulai tunjang dan iso atau gulai usus, menu nasi padang lainnya yang cocok untuk kamu penyuka makanan berkuah adalah gulai ikan. Ini juga merupakan salah satu menu favorit yang pasti ada di setiap rumah makan padang.

Ikan yang biasa digunakan untuk gulai sendiri ada berbagai macam. Dari mulai ikan mas, ikan kakap, atau ikan bawal. Bahkan di beberapa tempat, kamu juga akan menemukan gulai dengan kepala ikan.

Meskipun bisa menggunakan berbagai macam ikan, namun makanan ini tetap memiliki ciri yang sama pada setiap jenisnya tersebut. Rasa kuah yang gurih dan juga tekstur ikan yang lembut akan selalu kamu dapatkan pada setiap jenis gulai ikan. Sama seperti gulai lainnya, gulai ikan juga tidak hanya menggunakan santan tetapi juga menggunakan bumbu rempah yang komplit.

9. Gulai Ikan Asam Padeh

Gulai Ikan Asam Padeh

Masih dari jenis gulai dan ikan, menu nasi padang lainnya yang juga sangat layak kamu coba adalah gulai ikan asam padeh. Ini merupakan makanan khas Minangkabau yang memiliki rasa pedas dan asam. Ikan yang digunakan pada jenis gulai ini adalah ikan laut, kebanyakan menggunakan ikan tongkol.

Baca Juga:  Rekomendasi Takjil Buka Puasa yang Wajib Dicoba

Secara bahasa, asam padeh sendiri berarti kuah yang memiliki rasa pedas dan kaya akan rempah. Dari sini, maka sudah tergambarkan dengan jelas bagaimana bentuk dari makanan  yang satu ini

10. Telur Dadar

Telur Dadar

Untuk kamu yang mencari menu nasi padang sederhana, maka telur dadar adalah jawabannya. Tidak seperti telur dadar pada umumnya, telur dadar yang akan kamu dapatkan di nasi padang ini lebih tebal dan juga lebih crispy. Ini merupakan salah satu pilihan untuk kamu yang bosan dengan daging, ikan, atau ayam.

Pada proses pembuatanya juga menggunakan cara khusus sehingga membuat telur menjadi lebih tebal. Selain itu, telur dadar di nasi padang juga biasanya menggunakan tambahan bahan lain seperti tepung dan juga parutan kelapa untuk menambah rasa dari makanan tersebut.

11. Paru Goreng

Paru Goreng

Untuk kamu yang merupakan penikmat jeroan, maka salah satu menu makanan yang bisa menjadi pilihan kamu dalam menu nasi padang adalah paru goreng. Meskipun terlihat sederhana, namun paru goreng ini memiliki rasa yang tentunya sangat menggugah selera kamu. Di beberapa tempat restoran nasi padang, selain paru goreng biasa kamu juga bisa mencoba beberapa kreasi lain dari paru goreng ini. Biasanya paru goreng ini akan ditambahkan dengan beberapa bumbu lain seperti bumbu balado misalnya.

12. Sayur Nangka

Sayur Nangka

Yang tidak boleh kamu lewatkan jika memilih menu nasi padang adalah sayur nangka. Ini merupakan salah satu makanan wajib yang harus kamu coba sebagai lauk nasi padang. Ciri khas dari sayur nangka adalah warna yang pekat, selain nangka, biasanya di dalam sayur ini juga terdapat rebung dan juga kol. Sama dengan menu makanan lain yang memiliki kuah, sayur nangka juga menggunakan banyak rempah untuk memperkuat rasanya.


Yang Mana Menu Nasi Padang Pilihanmu?

Itulah beberapa rekomendasi menu nasi padang yang harus kamu coba. Nasi padang mungkin sangat pas untuk kamu yang suka dengan makanan pedas, hal ini karena memang beberapa menu makanannya ini memiliki rasa dasar pedas. Meskipun ada beberapa juga yang memiliki rasa dasar gurih.

Selain itu, beberapa menu nasi padang sederhana  ini juga bisa kamu coba buat di rumah. Dengan bahan yang mudah kamu dapatkan, kamu juga bisa membuat kreasi sendiri dan tentunya bisa membuat sesuai dengan selera yang kamu inginkan.


Temukan lebih banyak informasi hindangan makanan Indonesia dan bisnis makanan hanya di fnbpreneur.id.