10 Makanan Khas Nusa Tenggara Timur yang Wajib Dicoba

5 min read

Makanan Khas Nusa Tenggara Timur NTT

Indonesia merupakan negara kaya akan suku dan budaya, termasuk dari segi kulinernya. Salah satu daerah yang kaya akan kuliner yaitu Nusa tenggara timur (NTT). Ada banyak makanan khas Nusa tenggara timur yang sudah cukup terkenal.

Di artikel ini, saya akan merangkum 10 makanan khas NTT yang wajib kamu coba saat berkunjung kesana. Simak artikel ini sampai selesai ya!


10 Makanan Khas NTT (Nusa Tenggara Timur)

Berikut 10 makanan khas Nusa tenggara timur.

1. Jagung Bose 

jagung bose
Sumber: Njajan.com

Dari namanya saja, kamu sudah bisa menebak bahan dasar dari makanan ini. Yups, Jagung Bose merupakan makanan khas Nusa tenggara timur yang terbuat dari jagung. 

Makanan khas Papua yang kaya akan karbohidrat ini sangat bisa untuk  menggantikan nasi sebagai menu untuk memenuhi asupan karbohidrat mu. Hal ini karena kandungan karbohidrat yang ada pada jagung Bose hampir setara dengan nasi. 

Jagung Bose tidak hanya terbuat dari jagung saja loh. Melainkan ada bahan tambahan seperti kacang tanah dan kacang merah, serta santan kelapa.

Adanya tambahan santan kelapa inilah yang membuat makanan ini akan terasa gurih ketika kamu mencicipinya. Apalagi adanya rasa manis yang berasal dari kacang merah tentunya bisa memanjakan lidahmu.

Jagung Bose pun dapat kamu temui dengan mudah di sejumlah rumah warga dan saat perhelatan besar di NTT. Jadi jika kamu berkunjung ke NTT jangan lupa mencoba makanan ini ya.

2. Catemak jagung

catemak jagung
Sumber: Bisnis bandung

Makanan khas Nusa Tenggara yang wajib kamu coba selanjutnya adalah catemak jagung. Dari nama nya saja, kamu pasti langsung bisa mengetahui bahwa makanan ini berasal dari jagung. 

Terbuat dari jagung, tentu nya kamu langsung berpikir bahwa makanan ini akan manis bukan? Tapi pada kenyataannya ternyata tidak, catemak jagung memiliki rasa asin dan gurih. 

Tidak hanya itu, catemak jagung biasanya dimasak dengan labu lilin dan kacang hijau. Sehingga memiliki cita rasa yang lezat tentunya.

Jadi bagi kamu yang sedang berkunjung ke Nusa tenggara timur, kamu wajib coba makanan ini. Hal ini karena pastinya kamu akan sulit untuk mendapatkan cita rasa yang serupa di daerah lain.

3. Se’i

se'i
Sumber: simomot.com

Makanan khas Nusa tenggara timur yang wajib kamu coba selanjutnya yaitu se’i. Se’i atau daging asap merupakan salah satu olahan makanan yang terbuat dari daging babi atau daging sapi. 

Nah, bagi kamu yang sedang berkunjung ke Kupang, NTT akan tidak afdol rasanya jika kamu tidak mencicipi kuliner ini. Irisan daging sapi yang memanjang kemudian dimasak dengan racikan dan teknis khusu. Tentunya akan menciptakan cita rasa yang luar biasa bagi siapapun yang mencicipinya.

Baca Juga:  Tips Sukses Bisnis Dimsum di Kalangan Anak Muda

Bagi kamu yang muslim, kamu sedikit perlu berhati-hati ya saat mencoba masakan ini. Hal ini karena biasanya makanan ini terbuat dari daging babi di daerah timur. 

Tapi tidak jarang juga yang menggunakan daging sapi kok. Jadi kamu hanya perlu menanyakannya terlebih dahulu ya!

Untuk rasanya tidak perlu kamu ragukan lagi. Apalagi jika mengingat proses memasaknya kebanyakan masih menggunakan cara tradisional.

Prosesnya menggunakan teknik mematangkan daging dengan menggunakan arang yang terletak jauh dari tempat pemanggangnya. Bahkan jaraknya pun bisa mencapai 2 meter.

Tidak hanya itu, saat ini pun menu se’i juga semakin beragam. Bahkan ada yang menggunakan keju mozarella dan sambal matah. Menarik bukan?

4. Pelepah manuk

pelepah manuk
Sumber: Coolpad.com

Pelepah manuk menjadi makanan yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Nusa tenggara timur. Mengapa demikian?

Hal ini karena pelepah manuk merupakan makanan yang sulit kamu temukan di daerah lainnya. Bahan dasarnya yang terbuat dari olahan ayam dan bumbu yang khas. 

Hal ini tentunya bisa membuatmu tidak akan menyesal pernah mencicipi olahan makanan ini. Menarik bukan?

Dulunya olahan makanan ini terbuat dari burung, namun entah mengapa lama kelamaan makanan ini terbuat dari ayam. Walaupun begitu, kamu tenang saja karena makanan ini masih menggunakan bumbu yang sama.

Ayam yang menjadi bahan utama makanan ini biasanya dibakar terlebih dahulu. Setelah itu ayam akan dimasukkan ke dalam panci yang sebelumnya sudah berisi bumbu dan rempah-rempah yang sudah ditumis. 

Selanjutnya setelah ayam dan bumbu mulai sedikit matang. Maka akan dilakukan penambahan santan untuk selanjutnya dimasak sampai matang dan semua bumbu meresap sempurna.

Setelah kuah santan mulai mengental, pelepah ayam pun jadi. Sangat mudah bukan?

Tidak hanya itu, adanya santan inilah yang bisa menciptakan rasa gurih pada pelepah manuk. Jadi jika kamu berkunjung ke Nusa tenggara timur jangan lupa untuk mencoba masakan ini ya!

5. Alu ndene

alu ndene
Sumber: sering jalan

Alu ndene merupakan masakan yang terbuat dari olahan singkong, parutan kelapa dan gula merah. Makanan khas Nusa tenggara timur ini wajib kamu coba karena rasanya pasti akan membuatmu tidak menyesal pernah mencicipinya. 

Untuk bahan utamanya sendiri, makanan ini terbuat dari air sisa perasan ubi. Adapun prosesnya yaitu dengan mengendapkan air perasan ubi dan kemudian membiarkannya mengering. 

Nah, hasilnya inilah yang disebut dengan Alu. alu inilah yang kemudian akan dibuat menjadi cemilan. Adapun cara nya yaitu dengan mencampur alu, kelapa parut dan garam.

Kemudian masak semua campuran dengan cara menempelnya pada wajan. Setelah itu, kamu bisa menambahkan gula merah setelah matang.

6. Ikan kuah asam

ikan kuah asam
Sumber : Cookpad.com

Makanan khas Nusa tenggara timur selanjutnya yaitu ikan kuah asam. Kuliner ini Biasanya terbuat dari ikan laut seperti ikan kakap.

Baca Juga:  Mengenal 11 Jenis Sushi yang Populer dan Banyak Diminati

Ikan kuah asam memiliki cita rasa yang gurih, segar dan tentunya asam. Olahan makanan ini hampir mirip dengan gulai pada umumnya, namun bedanya ikan kuah asam tidak menggunakan santan.

Rasa asam yang ada pada ikan kuah asam ini, dapat menciptakan rasa segar saat pertama kali kamu mencicipinya. Terutama rasa rempah yang begitu terasa ditambah nasi putih, pasti akan sangat lezat dan membuatmu tidak akan menyesal pernah mencicipinya.

7. Akabilan 

akabilan
Sumber : detikcom

Aka bilan merupakan makanan khas Nusa tenggara timur yang terbuat dari sagu. Makanan ini dilakukan dengan cara membakar sagu. 

Tidak hanya sagu, makanan ini juga sering dipadukan dengan garam, kacang hijau dan kelapa parut. Hal inilah yang membuat makanan ini begitu gurih dan manis walaupun tidak ada penambahan gula. 

Akabilan biasanya akan lebih nikmat jika dinikmati dengan kopi dan teh. Sehingga akan sangat cocok untuk menemani pagi hari kamu.

Selain itu, akabilan juga terbilang makanan yang cukup bergizi. Hal ini karena satu porsi akabilan mengandung 124.3 kkal energi, 1 gram protein, 1.3 gram lemak, dan 26 gram karbohidrat.

8. Manggulu

manggulu
Sumber: Tripsumba

Manggulu atau dodol orang Sumba biasanya terbuat dari pisang dan kacang. Makanan khas Nusa tenggara timur ini tanpa pengawet jadi cocok untuk semua kalangan dan tentunya sehat.

Manggulu memiliki cita rasa yang asam manis hal ini berasal dari bahan dasarnya yaitu pisang, kacang tanah dan gula merah. Sehingga makanan ini sangat cocok untuk kamu para penyuka manis.

Proses pembuatan manggulu termasuk mudah namun memakan waktu yang lama. Adapun caranya yaitu dengan menjemur pisang selama tiga hari. 

Pisang tersebut kemudian ditumbuk dengan kacang tanah dan gula merah yang sebelumnya sudah disangrai. Setelah tercampur, kemudian bentuk memanjang seperti dodol. 

9. Sambal ikan teri

sambal ikan teri
Sumber: blogger.com

Sambal ikan teri tentunya tidak asing di telinga kamu? Olahan makanan ini ternyata adalah makanan khas Nusa tenggara timur. 

Makanan ini sangat cocok jika kamu memakannya bersama dengan nasi. Apalagi jika mengingat ikan teri ini memiliki cita rasa pedas asam. 

Tidak hanya itu, makanan ini juga terasa segar dan sangat menggiurkan. Hal ini karena adanya perasan jeruk nipis dan beberapa bahan tambahan yang tentunya memang resep dari NTT.

Jadi akan sangat rugi jika kamu mengunjungi NTT dan tidak mencoba olahan makanan ini. Tertarik mencoba?

10. Rumpu rampe

rumpu rampe
Sumber: Kompas.com

Makanan khas Nusa tenggara timur yang tidak boleh kamu lewatkan selanjutnya yaitu rumpu rampe. Apa itu?

Rumpu rampe sendiri berasal dari kata rumput yang berarti banyak dan rampe yang berarti beragam. Untuk itulah, rumpu rampe  merupakan olahan makanan yang terbuat dari berbagai macam sayuran seperti pepaya, daun kelor, pepaya muda, jantung pisang, singkong dan beberapa bumbu tambahan. 

Adanya daun singkong, kelor dan pepaya ini membuat makanan ini agak pahit ketika kamu mengonsumsi nya. Namun hal inilah yang menjadi daya tarik dari makanan ini. 

Baca Juga:  Makanan Kekinian Yang Mudah Dibuat Bisa Dicoba Sendiri

Adapun rumpu rampe biasanya ada saat acara  di NTT. Tidak menutup kemungkinan juga, makanan ini dapat kamu di rumah-rumah saat berkunjung ke rumah masyarakat NTT. 

Spesialnya lagi, bahan dasar daun-daunan untuk membuat rumpu rampe juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Misalnya saja daun pepaya yang berkhasiat untuk mencegah penyakit diabetes dan hipertensi. 

Untuk proses pengolahan makanan khas NTT ini dibagi menjadi 3 bagian. Pertama, proses mengurangi rasa pahit pada sayuran seperti daun pepaya dan jantung pisang dengan cara merebusnya hingga matang.

Proses kedua adalah menyiapkan semua bumbu untuk meningkatkan cita rasa rumpu rampe. Adapun bumbu dalam pembuatannya yaitu bawang merah, cabai, bawang putih, tomat, dan udang rebon.

Nah, udang rebon dan tomat ini berperan sebagai penetral rasa pahit pada daun pepaya dan jantung pisang. Jadi sebaiknya jangan sampai tidak ada ya.

Proses ketiga yaitu penumisan semua bahan dengan menggunakan minyak goreng. Selanjutnya akan ditambah garam dan penyedap rasa, rumpu rampe pun siap. 

Kamu bisa saja membuat rumpu rampe sendiri jika memang tidak sempat berkunjung ke NTT. Namun jika kamu sedang berkunjung ke NTT alangkah lebih baiknya kamu mencicipi kuliner ini diri tempatnya langsung. Karena kamu pasti tidak akan pernah menyesal mencicipinya.


Sudah Tahu Makanan Khas NTT?

Makanan khas Nusa Tenggara Timur ternyata beragam ya? Dan pastinya sangat menarik untuk dicoba. 

Kira-kira dari 10 makanan khas NTT tersebut kamu mau coba yang mana terlebih dahulu ni? Apapun yang kamu pilih, yang terpenting jika kamu berkunjung ke NTT sebaiknya mencoba kulinernya ya. Jangan sampai kamu menyesal karena tidak pernah mencicipi makanan khas NTT ini. 

Atau mungkin kamu bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah. Selamat mencoba!


Temukan lebih banyak informasi hindangan makanan Indonesia dan bisnis makanan hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.