Usaha Minuman Boba Masih Jadi Tren, Begini Kiat Suksesnya

3 min read

Usaha minuman boba

Usaha minuman boba sepertinya masih jadi tren di kalangan masyarakat. Yup, jenis minuman kekinian satu ini sangat mudah ditemui keberadaannya.

Apa itu Boba?

Boba adalah jenis topping yang memiliki tekstur kenyal dan rasa yang unik. Jenis minuman yang kerap menambahkan boba sebagai topping antara lain brown sugar, milk tea, smoothie, kopi, matcha, dan lainnya. Tidak hanya cocok untuk topping minuman, ternyata boba juga cocok sebagai pelengkap pada pancake atau es krim lho.

Jika dilihat dari keuntungannya, usaha minuman boba memang terlihat menarik di mata para pebisnis. Inilah alasan mengapa minuman satu ini semakin menjamur di Indonesia. Namun, di balik suksesnya bisnis minuman boba, usaha satu ini butuh persiapan dan strategi yang cukup matang.

Lantas, apa saja persiapan dan strategi untuk memulai usaha minuman boba? Berikut kiat-kiatnya yang harus kamu lakukan!


Cara Membuat Boba Dengan Mudah

Kiat pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui bagaimana cara membuat boba. Yup, meskipun kamu bisa membeli boba yang sudah jadi, tidak ada salahnya kamu membuatnya sendiri agar lebih terjamin kebersihan dan keamanannya.

Untuk membuat boba, bahan-bahan yang harus kamu persiapkan antara lain:

  • 130 ml air
  • 80 gram gula merah atau pasta pandan jika menyukai boba berwarna hijau.
  • 200 gram tepung tapioka atau tepung sagu

Setelah semua bahan sudah dipersiapkan, selanjutnya adalah langkah-langkah membuat boba.

  • Masukkan air ke dalam panci, lalu panaskan.
  • Setelah panas, masukkan gula merah atau pasta pandan. Kemudian, tunggu sampai larut.
  • Selanjutnya, matikan api dan masukkan tepung tapioka atau tepung sagu. Lalu, aduk sampai tercampur rata.
  • Angkat adonan, lalu letakkan pada talenan. Sebelum di uleni, taburkan sedikit tepung tapioka agar tidak lengket.
  • Ambil adonan secukupnya, lalu bentuk memanjang. Kemudian potong jadi kecil-kecil selayaknya ukuran boba pada umumnya.
  • Ambil potongan tersebut, lalu bentuk menjadi bulat.
  • Jika semua adonan sudah berubah jadi bulat, letakkan pada wadah bersih dan taburkan lagi tepung tapioka agar adonan tidak lengket.
  • Sebelum direbus, ayak terlebih dahulu boba agar tepungnya hilang.
  • Panaskan air secukupnya, lalu masukkan boba. Rebus selama 10 hingga 15 menit.
Baca Juga:  Cara Membuat Boba Tea Sederhana yang Viral Tanpa Ribet

Cara Lain Membuat Boba dari Bubuk Jelly

Selain cara di atas, kamu juga bisa membuat boba dari bubuk jelly lho. Yup, ini merupakan variasi lain boba yang harus kamu coba. Untuk membuat boba dengan bubuk jelly, bahan-bahan yang harus dipersiapkan antara lain:

  • 10 sdm tepung tapioka. Jumlah ini bisa kurang atau lebih sesuai dengan kebutuhan.
  • 1 bungkus jelly rasa coklat atau rasa lain sesuai dengan selera.
  • 120 sampai 150 ml air panas

Nah, untuk cara membuat adonannya tidak berbeda jauh dari cara di atas. Langkah-langkahnya seperti berikut:

  • Masukkan bubuk jelly dan tepung tapioka pada sebuah wadah bersih. Lalu, aduk sampai rata.
  • Masukkan air yang sudah dipanaskan, kemudian campur rata bahan adonan menggunakan alat bantu.
  • Setelah adonan jadi, ambil secukupnya kemudian bentuk menjadi bulatan kecil seperti boba.
  • Sebelum dimasukkan ke dalam wadah, taburkan tepung tapioka agar boba tidak lengket satu sama lain.
  • Selanjutnya rebus boba sampai matang. Jangan lupa untuk mengaduknya sesekali.

Nah, itulah dua cara membuat boba yang bisa kamu lakukan untuk usaha minuman boba milikmu nantinya. Meskipun butuh tenaga dan waktu, cara ini lebih efektif dan menghemat pengeluaran dibandingkan membeli boba dari agen atau tempat produksi lain.


Tentukan Lokasi Strategis

Kiat selanjutnya adalah menentukan lokasi usaha yang strategis. Yup, sebelum menyewa tempat, kamu harus melakukan survei ke beberapa tempat yang ramai dan sesuai dengan target pasar usaha minuman boba milikmu.

Beberapa lokasi strategis yang cocok untuk usaha boba milikmu antara lain, lingkungan sekitar sekolah, pasar, di depan minimarket, dan lokasi lain yang tidak pernah sepi. Jangan lupa, kamu juga harus melihat apakah sudah ada kompetitor lain di tempat tersebut.

Baca Juga:  Rekomendasi Franchise Boba Murah dan Terlaris! Kamu Harus Tahu!

Jika sudah ada kompetitor yang sejenis, maka kamu harus memiliki strategi marketing yang unik. Misalnya, membuat variasi menu minuman yang cocok dengan topping boba, menggunakan cup kekinian, memberikan tambahan topping lain, pelayanan, dan promosi unik lainnya.

Sebelum melakukan strategi di atas, tentu saja kamu harus melakukan observasi terlebih dahulu pada kompetitor di tempat tersebut. Catat semua kelebihan dan kekurangan dari kompetitor untuk pedoman bisnis milikmu.

Kamu juga harus mempertimbangkan harga sewa bangunan yang akan dijadikan sebagai tempat usaha. Apalagi untuk kamu yang baru saja memulai bisnis, hal ini harus jadi pertimbangan cukup matang.


Potensi Keuntungan Usaha Boba

Setiap sektor bisnis, termasuk usaha minuman boba pasti tujuan utamanya adalah mendapat keuntungan. Apalagi potensi keuntungan usaha boba cukup terbuka lebar tergantung dengan bagaimana kamu mengelola bisnis milikmu.

Tren pasar yang masih menyukai minuman boba benar-benar harus kamu manfaatkan sebaik mungkin. Karena sudah menjamur, rajinlah melakukan inovasi agar usaha minuman boba milikmu tidak kalah saing dari kompetitor lainnya.

Sebagai gambarannya, berikut keuntungan dari usaha minuman boba yang akan kamu dapatkan:

Misalnya, harga jual minuman boba 1 cup adalah Rp 15.000 dengan keuntungan yang diambil adalah Rp 10.000 per cup minuman.

Bayangkan jika dalam satu hari, kamu bisa menjual sekitar 30 cup minuman boba. Jadi, untung yang akan kamu dapatkan dalam satu hari adalah Rp 300.000. Jika dihitung dalam satu bulan, maka keuntungan yang akan kamu dapatkan dari usaha minuman boba adalah Rp 9.000.000.

Catatan, keuntungan di atas harus bisa mengembalikan modal usaha. Jika tidak, kamu akan mengalami kerugian. Oleh sebab itu, hitung berapa total modal yang kamu keluarkan sebelum menentukan harga jual minuman boba.

Sebagai solusinya, lakukan variasi harga tergantung dengan ukuran cup minuman, jenis minuman, atau penambahan topping lainnya. Cara ini sudah diterapkan oleh gerai-gerai minuman populer di Indonesia.


Kesimpulan

Usaha minuman boba saat ini masih jadi tren. Minuman kekinian ini terkenal oleh topping-nya yang kenyal dan unik yang dikenal sebagai boba. Karena masih jadi tren, tidak heran jika usaha satu ini sudah menjamur di mana-mana.

Baca Juga:  Peluang Usaha Franchise Minuman Chatime, Seberapa Menjanjikan?

Topping boba tidak hanya cocok menemani minuman brown sugar, tapi juga beberapa jenis minuman lain seperti, matcha, milk tea, kopi, hingga smoothie. Proses pembuatan boba pun terbilang tidak begitu sulit. Bahan utama yang harus kamu persiapkan adalah tepung tapioka atau tepung sagu, gula merah atau pasta pandan, dan air panas. Kamu juga bisa membuat boba dengan variasi lain, yaitu menambahkan bubuk jelly.

Jangan hanya fokus dengan variasi menu minuman, kamu juga harus menerapkan strategi marketing lainnya, seperti menentukan lokasi, promosi, dan lainnya. Jika kamu konsisten menjalankan usaha minuman boba dan selalu berinovasi, maka kamu akan mendapatkan keuntungan.

Demikian artikel yang membahas seputar boba, salah satu minuman kekinian yang masih jadi favorit banyak orang untuk melepas dahaga. Semoga artikel ini membantu kamu yang ingin membuka usaha minuman boba


Temukan berbagai tips menarik dan inspirasi ide bisnis minuman kekinian dan makanan lainnya hanya di fnbprenereur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.