10 Makanan Khas Singapura yang Terkenal Favorit Wisatawan

4 min read

Makanan khas Singapura umumnya memiliki pengaruh budaya dari negara-negara tetangga di Asia Tenggara kemudian disatukan untuk menciptakan kuliner yang unik. Bagi kamu yang mencicipi makanan Singapura akan menemukan perpaduan cita rasa dari Cina, Indonesia, India Selatan, dan Malaysia. 

Lalu, apa saja makanan khas dari negara yang punya julukan Macan Asia ini? Yuk, simak pembahasan artikel berikut untuk mendapatkan informasi menariknya!

1. Kari Laksa (Makanan Khas Singapura yang Ikonik)

kari laksa - makanan khas singapura yang ikonik

Sumber: Youtube

Kuliner Singapura yang pertama ada laksa, yakni sup mie pedas yang biasa disantap di Malaysia (mi kari) dan Indonesia. Makanan khas Singapura ini menjadi salah satu hidangan fusion sekaligus ikon kuliner di negara tersebut. 

Selain itu, memiliki pengaruh dari negara tetangga, makanan ini juga dipengaruhi oleh perpaduan tradisi kuliner India dan Cina. Cita rasanya yang khas membuat laksa menjadi makanan terfavorit bagi wisatawan. Dasar dari hidangan ini terbuat dari kuah kari dan santan yang membentuk saus manis dan pedas yang tidak biasa. 

Meski sangat mirip dengan kari khas Melayu, kari laksa teksturnya lebih encer, namun tetap memiliki rasa yang kuat dan kaya. Laksa juga tersedia dalam banyak varian, tapi yang paling populer adalah Laksa Katong yang terdiri dari mi, kerang, udang, dan tahu.

2. Chili Crab (Makanan Nasional Singapura) 

chili crab

Sumber: Youtube

Liburan ke Singapura akan terasa kurang lengkap tanpa mencoba hidangan seafood khas Singapura yang dikenal sebagai hidangan nasional ini. Dari sekian banyak olahan kepiting, salah satu yang paling terkenal adalah kepiting Singapura dengan siraman saus tomat pedas dengan saus lada hitam.

Hidangan ini konon ditemukan pada tahun 1956 oleh pasangan yang menjalankan kereta dorong. Suatu hari sang suami meminta istrinya bereksperimen dengan metode memasak kepiting lain selain dengan mengukus. 

Setelah menambahkan saus cabe ke kepiting goreng bersama saus tomat, ternyata rasanya sangat lezat banyak orang yang menyukainya. Oleh sebab itulah, hidangan ini menjadi sangat populer.

3. Hokkian Mie

hokkian mie

Sumber: Youtube

Makanan khas Singapura ini merupakan hidangan yang biasanya terdiri dari mie gandum dan mie beras tipis yang dengan topping udang, telur, daging babi, dan tauge. Asal mula hidangan ini berasal dari komunitas Hokkien, kelompok dialek yang sebagian besar berasal dari provinsi Fujian. 

Baca Juga:  Bisnis Makanan Kekinian dengan Modal Kecil Wajib Coba!

Saat proses menggoreng, semua bahan dilapisi dengan kaldu khusus yang terbuat dari udang, tulang babi, dan aneka jenis seafood lainnya. Ada juga tambahan berupa fishcake, udang, cumi-cumi, daun bawang, lemak babi, dan daun bawang di atas hidangan. Sedangkan saus sambal dan jeruk nipis biasanya tersaji sebagai pelengkap.

4. Kari Kepala Ikan (Makanan Khas Singapura yang Legend)

kari kepala ikan - makanan khas singapura yang legend

Sumber: Youtube

Kuliner ini juga merupakan perpaduan hidangan yang terpengaruh oleh tradisi Melayu, India, dan Tionghoa.  Hidangan ini pertama kali muncul tahun 1970-an sebagai upaya agar kepala ikan yang tidak terbuang sia-sia.

Sebelum menyajikannya, kepala ikan berukuran besar dan aneka jenis sayuran dimasak dalam kuah kari. Baru kemudian disajikan dengan nasi atau roti sebagai pendamping. Hidangan ini juga sangat cocok dengan segelas ‘calamansi’ atau air jeruk nipis lokal sebagai minumannya. 

Asal-usul makanan ini berasal dari India Selatan, kemudian mangadaptasi pengaruh dari Cina dan Melayu. Dalam beberapa versi hidangan kari kepala ikan Singapura, ada tambahan air asam jawa untuk memberikan rasa asam manis.

5. Tau Huay (Makanan Penutup Khas Singapura)

tau huay

Sumber: Youtube

Dari jenis makanan utama, mari beralih ke makanan penutup khas Singapura, yakni Tau Huay. Ini merupakan sejenis makanan penutup yang terbuat dari kembang tahu dengan siraman sirup gula untuk memberi rasa manis gurih. 

Hidangan penutup ini cocok kamu nikmati baik dalam keadaan hangat atau dingin. Selain itu, Tau Huay juga biasa tersaji dengan topping Tang Yuan (bola nasi ketan), cincau, atau susu kacang kedelai.

Baru-baru ini, versi Tau Huay yang populer teksturnya lebih kenyal seperti jeli dan membuat wisatawan rela mengantre demi bisa mencicipinya. Selain lebih kenyal, versi ini juga lebih lumer ketika masuk ke dalam mulut. 

6. Kaya Toast dengan Soft Boiled Eggs 

kaya toast

Sumber: Youtube

Bila kamu liburan ke Singapura, maka kamu wajib coba kaya toast dengan soft boiled eggs sebagai menu sarapan. Hidangan ini mungkin tampak sederhana pada awalnya, tetapi ini adalah makanan khas Singapura paling favorit bagi wisatawan. 

Penyebutan roti kaya karena menggunakan olesan kaya, yakni olesan selai kelapa rasa pandan dan sepotong mentega di antara irisan roti panggang. Jenis roti yang digunakan merupakan roti tradisional Singapura yang berwarna putih dan berbentuk persegi panjang. 

Baca Juga:  11 Jenis Sayur Lalapan Untuk Pelengkap Makanan 

Untuk membuat soft boiled eggs, para koki biasanya akan memecah telur ke dalam panci logam yang berisi air panas agar bisa matang. Umumnya, butuh waktu sekitar 7 hingga 10 menit (tergantung selera) baru kamu buka panci tersebut dan siap untuk kamu nikmati bersama kaya toast

Selanjutnya, kamu juga membumbui telurnya dengan lada dan kecap asin. Baru kemudian cocol kaya toast ke dalam campuran telur supaya makin lezat.

7. Wanton Mee (Makanan Khas Singapura yang Terkenal)

wanton mee - makanan khas singapura yang terkenal

Sumber: Youtube

Hidangan ini terinspirasi dari masakan Hong Kong, tetapi telah mengakar dalam budaya Singapura selama bertahun-tahun. Versi Singapura biasanya tersaji ‘kering’ dengan siraman saus manis yang rasanya light

Kemudian ada tambahan topping seperti irisan char siew babi, dan pangsit isian daging babi, lengkap dengan semangkuk kecil sup. Hidangan ini umumnya tersedia dalam dua varian rasa, yakni original dan pedas. 

8. Chai Tow Kway (Carrot Cake Singapura)

carrot kace singapura - chai tow kway

Sumber: Youtube

Salah satu hidangan khas Singapura lainnya yang akan mudah kamu temukan di hampir setiap pusat makanan dan jajanan adalah chai tow kway atau kue wortel. Ini adalah jenis makanan ringan yang juga populer di seluruh Asia Tenggara, seperti di Thailand dan Vietnam. 

Makanan ini berbeda dengan kue wortel manis gaya Barat yang terbuat dari wortel pada umumnya yang berwarna oranye. Malahan, kue wortel di Singapura sebenarnya tidak mengandung wortel sama sekali, melainkan terbuat dari lobak daikon, yang dalam bahasa Cina ‘daikon’ berarti wortel.

Chai tow kway terbuat dari tepung beras dan potongan daikon dan berbentuk seperti kue beras. Selanjutnya, chai tow kway masuk ke proses penggorengan menggunakan lemak babi dalam jumlah yang banyak dan telur. 

9. Nasi Ayam Hainan

nasi ayam hainan

Sumber: Youtube

Hidangan ini pertama kali muncul di Hainan, yaitu sebuah pulau tropis yang terletak di selatan Cina. Hidangan ini kemudian berkembang hingga ke Singapura dan menjadi salah satu makanan terpopuler di negara tersebut. Para koki terus mempertahankan metode tradisional supaya rasa dari hidangan ini tetap otentik.

Baca Juga:  Makanan Khas Jepang yang Terkenal di Indonesia

Nasi ayam Hainan terdiri dari potongan ayam kukus, kemudian tersaji dengan nasi putih yang harum. Ada pula tambahan berupa kecap dan minyak wijen yang membuat cita rasa hidangan ini menjadi lebih nikmat. Apalagi disajikan dengan irisan mentimun dan saus cabai pedas. 

Para imigran Hainan membawa resep hidangan ini ke Singapura pada abad ke-19. Kemudian mereka menjual hidangan unik ini di Singapura memutuskan untuk membuka kios pada tahun 1940-an. Nah, sejak saat itulah resep nasi ayam Hainan terus berkembang dan dan menjadi favorit bagi masyarakat lokal hingga mancanegara.

10. Nasi Lemak

nasi lemak

Sumber: Youtube

Nasi lemak juga menjadi salah satu makanan khas Singapura yang sangat populer. Hidangan yang lezat ini terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan, telur dadar, ikan teri, potongan mentimun, dan beberapa pasta cabai. 

Nasi tersebut kemudian dibungkus menggunakan daun pisang supaya aromanya makin harum. Pada dasarnya, nasi lemak merupakan masakan asal Malaysia, namun ternyata juga sangat digemari oleh wisatawan yang datang ke Singapura.

Mana Makanan Khas Singapura yang Ingin Kamu Coba?

Nah, itulah beberapa makanan khas Singapura yang terpopuler serta menjadi favorit para wisatawan. Jadi, selain terkenal akan industri dan teknologinya yang maju, ternyata Singapura juga memiliki banyak pilihan kuliner yang enak, ya. Selain itu, daftar makanan tersebut juga tergolong mudah untuk kamu jumpai di seantero kota Singapura, loh.

Apakah kamu sudah pernah mencicipi salah satu dari masakan Singapura di atas sebelumnya? Jika sudah, yang manakah favorit kamu? 

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, makanan Asia, franchise, resep, dan lain-lain hanya di fnbpreneur.id.