Cara Membuat Instagram untuk Bisnis Makanan dan Minuman

3 min read

cara membuat instagram bisnis makanan dan minuman

Cara Membuat Instagram Bisnis Makanan dan Minuman – Di era serba digital seperti saat ini, seorang pebisnis harus bisa memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis. Di antara banyaknya sosial media yang bermunculan, Instagram jadi salah satu platform yang efektif untuk mempromosikan sebuah bisnis, seperti makanan dan minuman.

Khusus untuk bisnis makanan dan minuman, fitur-fitur di Instagram dapat berperan meningkatkan jumlah pembeli dan membuat bisnis semakin berkembang. Namun, faktanya tidak semua pemilik bisnis makanan dan minuman belum atau tidak menggunakan Instagram sebagai media promosi dengan cara yang benar.

Maka dari itu, artikel ini akan memberikan bocoran tentang bagaimana cara membuat Instagram bisnis makanan dan minuman. Buat kamu yang penasaran, simak artikel ini terus ya!


Cara Membuat Instagram untuk Bisnis yang Benar

Cara membuat Instagram bisnis makanan sebenarnya tidak begitu sulit. Mengapa? Sebab, keterangan atau informasi dari pihak Instagram sudah cukup jelas dan membantu. Agar kamu lebih mudah paham, berikut 3 cara utama bagaimana cara membuat Instagram bisnis makanan sekaligus minuman yang benar:

1. Lengkapi Profil

cara membuat instagram bisnis makanan dan minuman
sumber: freepik.com

Cara pertama adalah membuat akun Instagram dengan menggunakan username sesuai dengan nama bisnis milikmu. Pemilihan username ini sangat penting, sehingga kamu harus menetapkan nama bisnis milikmu yang mudah dicari dan unik.

Setelah pemilihan username, selanjutnya adalah melengkapi profil dengan benar. Misalnya, kontak yang bisa dihubungi seperti email dan nomor telepon. Kemudian alamat lengkap seperti jalan, nomor bangunan, dan patokan jalan. Jangan lupa, kamu juga perlu menambahkan jenis platform media lainnya seperti official website bisnis milikmu.

Informasi lainnya yang tidak kalah penting adalah menambahkan jam operasional, tahun berdirinya bisnis kamu, serta deskripsi singkat yang unik dan menggambarkan ciri khas dari bisnis milik kamu.

Baca Juga:  Dine In vs Take Away: Kelebihan dan Kekurangan Bagi Pebisnis Kuliner

Kelengkapan profil Instagram bertujuan untuk memudahkan pelanggan atau calon pembeli yang tertarik dengan makanan dan minuman yang kamu jual. Selain itu, cara tersebut juga bisa menumbuhkan kepercayaan dari para pembeli.

Maka dari itu, cara membuat Instagram bisnis makanan dan minuman tidak boleh asal-asalan. Jadi, agar akun bisnismu terlihat profesional, jangan lupa untuk melengkapi hal-hal penting seperti penjelasan di atas ya.

2. Buat Feed Instagram yang Memanjakan Mata

Cara Membuat Instagram untuk Bisnis
sumber: freepik.com

Cara selanjutnya adalah membuat feed Instagram yang memanjakan mata pengunjung. Mengapa? Sebab, sosial media satu ini daya tariknya terletak dari unggahan foto atau video. Semakin bagus feed yang kamu bangun, maka semakin betah dan meningkat jumlah pengunjung atau calon pembeli nantinya.

Tentukan konsep feed akun bisnis kamu terlebih dahulu, misalnya konsep minimalis. Konsep ini identik dengan background yang bersih, tidak menghadirkan banyak warna, objek foto tersusun rapi sehingga memanjakan mata. Sehingga ini termasuk bagian penting dalam cara membuat Instagram bisnis makanan serta minuman. Perhatikan juga ukuran feed instagram yang ideal untuk kontenmu.

Setelah itu, unggah atau posting foto maupun video yang memiliki kualitas baik. Khusus untuk foto, tentukan angle yang tepat serta background yang sesuai dengan konsep. Jangan lupa juga untuk mengeditnya agar lebih menarik.

Untuk video, sebaiknya unggah pada fitur IGTV atau Reels. Mengapa? Sebab, fitur ini lebih efektif dan memudahkan unggahan video kamu muncul dalam explore. Sehingga jangkauan audiens jauh lebih besar. Maka dari itu, buatlah konten video yang unik dan menarik dengan kualitas gambar yang baik ya.

3. Beri Caption yang Menarik dan Hashtag

Cara Membuat Instagram untuk bisnis dengan memberi caption yang menarik
sumber: Instagram.com @normacoffee.id

Selain foto dan video, caption juga bisa mempengaruhi calon pembeli lho. Oleh sebab itu, gunakanlah kolom caption atau keterangan foto maupun video dengan kalimat yang menarik serta informatif.

Jangan menggunakan caption yang terlalu ‘berat’, maksudnya penggunaan bahasa atau istilah yang jarang diketahui. Kemudian pastikan caption yang kamu tulis tidak bertele-tele atau terlalu panjang. Sebab, para calon pembeli yang melihat unggahan kamu tidak akan membaca caption tersebut sampai tuntas. Sehingga informasi yang ingin kamu sampaikan tidak efektif.

Baca Juga:  Penting! Kenali Tips Memilih Musik Untuk Usaha Rumah Makan

Hal-hal penting yang bisa kamu masukkan dalam caption adalah nama menu, bahan utama pilihan, cita rasa, alamat, dan nomor telepon. Meskipun beberapa di antaranya sudah ada di bio, kamu juga boleh menambahkannya ke dalam caption.

Promo atau paket hemat juga bisa kamu tuliskan dalam caption. Misalnya, membeli makanan tertentu bisa mendapatkan satu gelas minuman secara gratis. Atau ada beberapa jenis paket makanan tertentu yang jauh lebih hemat dan mengenyangkan. Ini salah satu strategi marketing yang cukup efektif dan menarik jumlah pembeli.

Agar caption lebih sempurna, jangan lupa untuk menggunakan hashtag atau tanda pagar. Ini adalah bagian penting dari cara membuat Instagram untuk bisnis makanan dan minuman muncul di explore. Beberapa hashtag kuliner bisa kamu manfaatkan, seperti #food #seblakpedasgila #kulinerkekinian #minumankekinian dan nama-nama menu lainnya.

Tapi perlu diingat, kamu tidak boleh menggunakan hashtag yang tidak ada kaitannya dengan kuliner. Penggunaan hashtag pun tidak boleh berlebihan, minimal kamu harus menambahkan 3 hashtag dan maksimal adalah 7-10 hashtag.


Cara Lain Membuat Instagram Bisnis Makanan dan Minuman

Cara membuat Instagram untuk bisnis makanan tidak hanya dengan ketiga cara di atas. Ada beberapa cara tambahan lain agar akun bisnis milikmu semakin berkembang dan mendapatkan jumlah pengikut yang banyak. Apa saja? Berikut rangkumannya:

Manfaatkan Fitur Instagram Lainnya

Cara Membuat Instagram untuk bisnis makanan dan minuman dengan memanfaatkan fitur
sumber: freepik.com

Instagram memang memiliki beberapa fitur yang cukup menarik. Salah satunya adalah fitur Insta Story. Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk lebih dekat dengan pembeli. Fitur Insta Story ini juga bisa memudahkan kamu menyampaikan informasi mengenai bisnis milikmu, seperti menu baru, promo, dan informasi lainnya yang sifatnya penting.

Bagaimana caranya? Kamu bisa mengunggah foto atau video pendek dengan tulisan yang sifatnya menarik pembeli untuk membalas. Misalnya, kamu bisa mengunggah dua menu favorit kemudian gunakan stiker polling. Cara ini juga bisa memudahkan kamu mengetahui selera dari para pembeli lho.

Baca Juga:  15 Bisnis Makanan Rumahan yang Bisa Dijual Secara Online

Manfaatkanlah fitur Insta Story dengan baik, unggah atau posting konten yang berhubungan dengan bisnis makanan dan minuman milikmu secara terjadwal. Misalnya jam sarapan, jam makan siang, atau jam makan malam.

Jangan lupa juga untuk memaksimalkan fitur-fitur lainnya seperti Live, Reels, dan IGTV. Jika penggunaannya tepat, fitur-fitur tersebut akan bantu akun bisnis milikmu sering muncul di halaman explore.

Demikian artikel yang membahas bagaimana cara membuat Instagram bisnis makanan serta minuman dengan benar bagi pemula. Meskipun terlihat sepele, ternyata platform sosial media seperti Instagram harus dikelola dengan baik. Jika hanya asal-asalan, maka sosial media ini tidak akan efektif untuk bantu perkembangan bisnis kuliner milikmu nantinya.

Nah, buat kamu yang sudah memiliki rencana untuk membuka bisnis kuliner, jangan lupa untuk memanfaatkan Instagram sebagai media untuk promosi menu-menu andalan kamu serta informasi penting yang ingin kamu sampaikan kepada para pelanggan nantinya. Semoga artikel ini membantu kamu ya. Selamat mencoba!


GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.