Rekomendasi Kombinasi Jus Buah dan Sayur, Lezat Kaya Gizi!

4 min read

kombinasi jus buah dan sayur

Makanan yang terbuat dari buah dan sayur penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Selain memakannya langsung dan diolah, kamu juga bisa campurkan keduanya menjadi beragam kombinasi jus buah dan sayur.

Hal itu bukan hal yang susah untuk dilakukan karena kamu bisa menggunakan peralatan seperti blender untuk membuatnya. Kamu cukup memasukan beberapa buah dan sayur dalam blender, setelah itu kamu bisa langsung meminumnya.

Istilah dalam Pembuatan Jus Sayur dan Buah

Bicara soal pengolahan jus buah dan sayur, ada istilah baru terkait pengolahan jus yaitu Cold Press Juice. Apakah kamu sudah mengenal istilah tersebut?

Kalau belum, artikel ini akan berikan informasi tentang cold press juice dan beberapa rekomendasi jus dari pencampuran buah dan sayur. 

Eits, artikel ini juga punya rahasia seputar pemilihan buah yang segar dan cara kombinasi buah dan sayur untuk jus yang tidak boleh kamu lewatkan. Penasaran? Simak bacaan ini sampai habis, ya.

Apa itu Cold Press Juice?

Sebelum tahu rekomendasi kombinasi jus buah dengan sayur, penting bagi kamu untuk tahu pengertian dari istilah ini. Cara ini sedikit berbeda dengan mengolah jus buah atau sayur pada umumnya, lho. Kok bisa?

Tentu saja berbeda, cold press juice adalah cara membuat jus buah dan sayur dengan mengandalkan tekanan hidrolik. Tekanan itulah yang akan menghasilkan ekstraksi buah dan sayur yang kaya dengan vitamin. 

Ekstraksi atau sari-sari buah dan sayur tersebut keluar akibat adanya proses yang menggunakan alat kedap oksigen dan tanpa panas. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kehilangan vitamin dalam sayur dan buah saat proses pembuatan jus.

Mengonsumsi kombinasi jus dari buah dan sayur dengan metode ini ternyata memiliki nilai gizi tinggi daripada hanya mengonsumsi satu potong buah segar, lho. Dengan demikian, cara ini bisa jadi alternatif buat kamu yang ingin menambah vitamin bagi tubuh dengan cara yang praktis dan tentunya menyehatkan.

Tips Penting Saat Membuat Kombinasi Jus Buah dan Sayur

Setelah mengetahui istilah cold press juice, jangan lupakan cara memilih buah yang terbaik, ya. Tapi apakah hal itu cukup untuk menghasilkan jus yang segar dan menyehatkan? Tentu tidak.

Baca Juga:  Cara Membuat Wedang Uwuh Sederhana dengan Mudah

Agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, ketahui dahulu tips memilih buah-buahan yang terbaik untuk jus. 

Setidaknya, terdapat 3 tips memilih buah yang baik. Bukan hanya dari penampilan buahnya saja yang perlu kamu pertimbangkan, tapi tiga faktor ini bisa menjadi “penentu” zat gizi yang kamu dapatkan melalui jus. Apa saja?

Pertama, pastikan buah tersebut benar-benar sudah dalam keadaan matang sempurna. Kematangan yang baik membuat buah-buah tersebut memiliki kandungan gula yang pas. 

Jika kamu menggunakan buah yang belum matang sempurna, kamu akan kehilangan rasa manis alami dari buah tersebut.

Dengan begitu, bisa saja kamu malah menambahkan gula buatan agar jus terasa lebih manis. Padahal cara tersebut tidak dibenarkan karena penggunaan gula yang berlebihan akan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan.

Kedua, pilihlah buah-buahan yang mengandung kadar air yang cukup banyak. Kamu tidak perlu menambahkan banyak air saat ingin membuat jus karena air dari buah-buahan dapat menambah cita rasa yang segar dan alami dibandingkan menambahkan banyak air.

Ketiga, hindari memilih buah yang memiliki banyak benang-benang serat. Serat yang banyak pada buah akan menghilangkan kandungan vitamin yang ada pada daging buah. Saat mengolahnya menjadi jus, serat pada buah kebanyakan dibuang sehingga dapat menyebabkan banyak nutrisi dan vitamin yang ikut terbuang.

Eits, tidak selamanya buah yang berserat tidak bisa diolah menjadi jus. Salah satu buah yang masih ‘layak’ menjadi bahan pembuatan jus adalah buah kweni. Buah tersebut sangat nikmat dan menyehatkan ketika kamu olah menjadi jus. 

Cara Kombinasi Jus Buah dan Sayur yang Perlu Diketahui

Jangan sembarangan mencampurkan buah dan sayur untuk jus karena tidak semua dapat menghasilkan jus yang menyehatkan. Maka dari itu, ketahui beberapa golongan-golongan buah dan sayur yang cocok untuk diolah menjadi jus, seperti:

  • Buah manis: anggur, kismis, dan melon.
  • Buah berasa sub masam: apel, pir, pepaya, plum, peach, aprikot, dan ceri.
  • Cita rasa buah yang asam: jeruk, stroberi, nanas, dan lemon.
  • Buah sayuran: timun dan tomat.
  • Sayuran daun hijau: bayam, seledri, kol, selada, dan brokoli.
  • Sayuran berakar atau umbi-umbian: wortel, lobak, dan bawang.

Setelah mengetahui beberapa golongan tersebut, kamu bisa menyimak beberapa rekomendasi kombinasi jus buah dan sayur bisa menghasilkan olahan jus yang menyehatkan dan juga nikmat. Berikut rekomendasi bahan campuran buah dan sayur selengkapnya:

  • Buah manis dan buah sub asam
  • Buah berasa sub masam dan buah manis/buah asam
  • Cita rasa buah yang asam dan buah sub masam/buah sayuran
  • Buah sayuran dan buah asam/sayuran daun hijau
  • Sayuran daun hijau dan buah sayuran/sayuran berakar
  • Sayuran berakar atau umbi-umbian dan sayuran daun hijau
Baca Juga:  Cara Membuat Jus Bayam untuk Jualan dengan Rasa Enak

Kira-kira apa saja ya jus kombinasi sayur dan buah yang sesuai dengan panduan di atas? Kamu bisa mencontek beberapa rekomendasi jus yang terbuat dari kombinasi sayur dan buah yang menyehatkan tubuh pada penjelasan selanjutnya.

Pilihan Kombinasi Jus Buah dan Sayur untuk Dicoba

Berikut ini adalah beberapa campuran jus yang berasal dari kombinasi buah dan sayur.

1. Bayam dan Apel

Dalam satu kali minum, kamu hanya cukup menyediakan satu ikat sayur bayam dan dua buah apel. Jangan lupa pisahkan bayam dari akar dan batangnya, ya. Kamu cukup menggunakan bagian atas dari bayam, cuci bersih, dan potong-potong kecil.

Setelah persiapan bayam selesai, selanjutnya bersihkan apel dengan air mengalir dan potong kecil-kecil. Jika ingin mendapatkan vitamin yang lebih, kamu bisa menggunakan buah apel beserta dengan kulitnya. 

Setelah bahan-bahannya sudah siap, campurkan semuanya ke dalam blender dan berikan air secukupnya. Jika ingin menambahkan cita rasa lainnya, kamu bisa berikan madu, perasan jeruk nipis, atau penguat rasa alami lainnya.

2. Campuran Buah Tropikal dan Kubis

Kamu harus menyediakan setidaknya tiga bahan utama yaitu buah nanas, pisang dan sayur kubis. Penggunaan dua buah-buahan tersebut dapat menyumbangkan rasa yang segar dari nanas dan manis yang khas dari buah pisang.

Selain itu, gunakanlah buah-buahan yang telah matang sempurna. Hal itu untuk menghasilkan rasa manis alami dalam olahan jus yang kamu buat.

Untuk membuatnya, cuci dan potong semua bahan agar lebih mudah hancur saat kamu blender. Warna hijau kekuningan menjadi daya tarik dari kombinasi jus buah dan sayur ini.

3. Kiwi, Selada dan Bayam

Saat ingin membuat jus ini, kamu hanya cukup mencampurkan tiga lembar selada, lima daun bayam, dan satu buah kiwi. Campurkan sedikit air agar tercampur dengan rata dan menghasilkan warna hijau pekat yang menggugah selera.

Kamu boleh mengonsumsi jus ini dalam keadaan perut kosong. Tapi, jangan gunakan air dingin atau es batu karena bisa membuat perut bereaksi saat mengonsumsi minuman yang dingin.

Jus dari kombinasi sayur dan buah ini lebih baik jika dikonsumsi sebanyak tiga kali dalam seminggu. Antioksidan yang tinggi membuat kamu kenyang lebih lama dan cocok untuk program diet.

Baca Juga:  Cara Membuat Es Oyen Khas Bandung, Sajian Segar Istimewa!

4. Seledri, Blewah, dan Timun

Blewah dan timun adalah jenis buah dan sayur yang banyak mengandung air. Maka dari itu banyak yang menggunakannya menjadi kombinasi jus buah dan sayur yang nikmat.

Pertama-tama, sisihkan biji blewah dan ambil dagingnya. Kamu tidak perlu menambahkan air karena timun dan blewah sudah mengandung banyak  air.

Kamu juga bisa mengolah biji blewah dan sari-sarinya bisa kamu campurkan ke dalam jus tersebut. Selain menambah manis dari jus, sari-sari dalam biji blewah juga mengandung vitamin yang banyak. 

5. Nanas dan Timun

Timun bisa kamu kombinasikan dengan salah satu jenis buah asam yaitu nanas sehingga menghasilkan jus yang menyegarkan dan menyehatkan. Cara buatnya pun mudah.

Pertama, kupas dan cuci dengan air mengalir. Agar halus sempurna, potong nanas dan timun dan tambahkan air secukupnya.

Nanas dan timun memiliki kandungan yang sama yaitu berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Dengan demikian, kamu bisa memanfaatkan kombinasi jus buah dan sayur ini ketika merasa susah buang air besar (BAB). 

Kombinasi Jus Buah dan Sayur Apa yang Mau Kamu Coba?

Tidak cuma buah, sayur pun juga bisa menjadi campuran jus yang menyehatkan. Akan tetapi, tidak semua bisa jadi kombinasi jus buah dan sayur yang menyehatkan. Pilihlah bahan-bahan terbaik supaya kamu mendapatkan banyak gizi. 

Kamu juga bisa kreasikan buah dan sayur sesukamu sesuai dengan panduan kombinasi di atas, ya. Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar minuman sehat, resep minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.