Es Cendol Dawet: Resep dan Cara Membuatnya Untuk Berbisnis

5 min read

es cendol dawet

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan banyak keragaman. Terutama dalam bidang kebudayaan, seperti pakaian tradisional dan makanan tradisional yang bermacam-macam jenisnya. Salah satu minuman tradisional yang terkenal hingga luar negeri adalah es cendol dawet.

Siapa sih yang tidak mengenal minuman manis dan mengenyangkan satu ini? Di masa pandemi yang membutuhkan lebih banyak penghasilan, kita selalu membutuhkan uang tambahan. 

Memberanikan diri untuk berbisnis minuman adalah pilihan yang cukup tepat. Salah satu rekomendasi minuman untuk berbisnis adalah es cendol dawet. Yuk kita pelajari sejarah apa di baliknya dan bagaimana cara membuat es cendol dawet yang mudah? Check it out!


Mengenal Es Cendol Dawet

Kata dawet tercatat di dalam sebuah buku Serat Centhini yang disusun di Surakarta, Jawa Tengah pada tahun 1814 – 1823. Namun ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa kata cendol dan dawet tercatat pada abad ke – 14 dalam buku yang berjudul Kakawin Kresnayana oleh Mpu Triguna dari Kerajaan Kediri. 

Umumnya, kata dawet merupakan kata ganti dari cendol hijau yang dibuat dari tepung beras yang kemudian dicampur dengan santan dan gula jawa cair. Sejak dahulu kala, masyarakat yang tinggal di Jawa Tengah telah membuat dawet dengan cara tradisional dan menjadikan dawet sebagai produk dari pertanian.

Sebagai tambahan, dawet juga populer di daerah Banjarnegara, Jawa Tengah. Namun yang membedakan adalah es cendol dawet kala itu hanya masyarakat minum asli tanpa menggunakan es. 

Es cendol dawet populer dalam adat Jawa, ia adalah bagian dari hidangan dalam upacara pernikahan milik adat Jawa. Upacara tersebut bernama Midodaren yang berisi adat menjual minuman dawet, ia disebut dodol dawet dalam Bahasa Jawa. 

Dalam melaksanakan Midodaren, orang tua dari pengantin wanita akan menjual dawet setelah memandikan pengantin dan sehari sebelum acara pernikahan. Adat ini orang tua lakukan hanya kepada kerabat dekat yang datang pada acara pemandian atau ‘siraman’. 

Para kerabat akan membayar es cendol dawet dengan menggunakan koin yang berasal dari pengantin perempuan. Harapan dari pelaksanaan adat Jawa satu ini adalah akan ada banyak tamu sebanyak dawet yang terjual. 


Pilihan Resep Es Cendol Dawet

Jenis minuman tradisional satu ini memiliki berbagai macam variasi, terutama di beberapa provinsi di daerah Pulau Jawa. Nah, berikut adalah variasi dan cara membuat es cendol dawet yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. 

Baca Juga:  Minuman Khas Thailand yang Lezat Dan Bikin Ketagihan

a. Es Cendol Ayu

Variasi pertama dari minuman tradisional ini bernama es cendol ayu. Namun ia lebih terkenal dengan nama es dawet ayu. Ia bernama demikian sebab terinspirasi dari lagu yang populer pada tahun 1980 an dengan judul “Dawet Ayu Banjarnegara”. 

Es dawet ayu merupakan varian yang paling populer di Indonesia. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Karakteristik utama penjual minuman ini adalah terukirnya dua tokoh wayang Semar dan Gareng di gerobak minumannya. 

Minuman ini tepung beras hijau yang terbuat dari air daun suji. Ia disajikan dengan es batu, santan cair, gula merah cair, dan potongan angka. Tidak lupa dengan tambahan dawet hijau yang manis di dalamnya. 

b. Es Cendol Dawet Ireng

Variasi es cendol dawet yang kedua bernama es dawet ireng. Disebut demikian sebab ireng adalah sebuah kata dari Bahasa Jawa yang berarti hitam. Kata hitam mengacu pada dawet yang berwarna hitam sebab terbuat dari pewarna alami. Butiran dawet yang berwarna hitam tersebut berasal dari abu marang.

Biasanya, dawet yang beredar di pasaran terbuat dari tepung beras hijau. Namun es dawet ireng terbuat dari sagu aren. Cara membuatnya masih sama dengan dawet yang lain. Kamu dapat menikmati segelas besar es dawet ireng yang penjual sajikan bersama santan cair, gula merah, dan es batu. 

c. Es Dawet Telasih

Khusus untuk varian es cendol dawet yang ketiga ini, kamu dapat menemukannya dengan mudah di Kota Solo. Telasih merupakan kata yang mengacu pada biji selasih. Untuk mencari es dawet telasih, kamu hanya perlu datang ke kawasan Pasar Gede di Kota Solo.

Yang membuat es dawet telasih unik adalah toppingnya yang beragam, Mulai dari bubur sumsum, tape ketan, dawet hijau, dan biji selasih. Berbeda dengan es cendol lain yang menggunakan siraman gula merah, es dawet telasih menggunakan sirup gula merah. Meskipun bahannya berbeda, namun kesegarannya sudah pasti sama.


Cara Membuat Es Cendol Dawet

Dari berbagai macam es cendol dawet yang banyak penjual dagangkan di negara kepulauan ini, namun yang paling mudah ditemui masih es cendol dawet. Sebelum melangkah menuju cara pembuatan, berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan.

  1. 1 ikat daun suji
  2. 700 ml air 
  3. 150 g tepung beras 
  4. 1 sdm tepung kanji atau tepung tapioka
  5. 1 sdm kapur sirih

Sedangkan alat-alat yang harus kamu persiapkan meliputi:

  1. Pisau
  2. Blender
  3. Panci
  4. Cetakan cendol
  5. Spatula

Setelah menyiapkan bahan-bahan untuk membuat minuman tradisional ini, berikut adalah cara membuat cendol dawet. Simak langkah-langkahnya!

1. Mempersiapkan Bahan Cendol

daun suji es cendol dawet

Pertama, potonglah ujung daun suji dan kemudian cuci bagian yang sudah terpotong hingga bersih.

potong menjadi bagian kecil daun suji

 

Kemudian potonglah daun-daun tersebut menjadi bagian lebih kecil dan masukkan ke dalam blender. Setelah itu tambahkan 500 ml air ke dalam blender dan blender lah hingga daun suji hancur. 

Baca Juga:  Cara Membuat Pizza Teflon Ala Rumahan, Simple dan Enak!

2. Membuat Cendol Dawet

adonan cendol

Setelah daun suji hancur, persiapkan kompor dan panci untuk membuat adonan cendol. Saringlah daun suji yang sudah hancur, kamu hanya perlu mengambil airnya.

tambahkan air adonan cendol

Kemudian tambahkan air sebanyak 200 ml, tepung beras, tepung kanji dan kapur sirih di dalamnya. Lalu nyalakan api sedang dan mulailah untuk mengaduk adonan tersebut hingga matang. Jangan berhenti mengaduk sebab adonan akan mengeras. Pastikan kamu terus mengaduk hingga adonan mengental seperti gambar di atas.

3. Menghasilkan Cendol Dawet

gosokan adonan untuk mendapatkan cendol

Setelah adonan mengental, matikan api dan pindahkan panci ke tempat lain. Kemudian siapkan panci dan masukkan 500 ml air masak. Siapkan pula cetakan cendol. Lalu letakkan adonan yang telah mengental di atas cetakan cendol. Gosok-gosokkan maka cetakan cendol akan berjatuhan di air dalam panci.
cendol yang sudah jadi

Beginilah hasil cendol yang sudah siap untuk dibuat es cendol dawet

Setelah bahan utama telah siap, campurkan topping cendol dan bubur sumsum ke dalam gelas besar. Tambahkan santan dan siramlah gula merah. Apabila kamu ingin meminumnya dalam keadaan dingin, maka tambahkanlah es batu. Akhirnya, es cendol dawet buatanmu telah siap dihidangkan.


Tips Sukses Bisnis Es Cendol Dawet

Membuat minuman tradisional yang segar dan mengenyangkan ini tidaklah terlalu sulit. Asalkan kamu mengetahui alat dan bahan yang kamu butuhkan, kamu dapat membuatnya dalam waktu singkat.

Apabila kamu berniat menjadikan es cendol dawet sebagai produk untuk bisnis, maka kamu harus mempersiapkan segala bahan-bahan dalam pembuatan minuman ini. Selain itu, ada beberapa hal lain yang harus kamu perhatikan dalam berbisnis es segar satu ini. Berikut tips dan trik suksesnya!

1. Menggunakan Bahan-bahan yang Segar

Berbisnis makanan dan minuman merupakan salah satu yang memiliki risiko cukup tinggi. Sebab sekali saja produk yang kamu jual basi, maka pelanggan tidak akan mau membeli. Pertama, pastikan kamu menggunakan bahan-bahan yang segar. 

Sebab es cendol dawet merupakan minuman tradisional yang membawa nama Indonesia dengan keunikannya yang mengenyangkan dan enak. Maka, kamu harus memiliki supplier bahan-bahan yang menyajikan daun suji segar dan tidak basi. Selain itu pastikan pula alat yang kamu gunakan steril dan bersih. 

Perhatikan bahwa kebersihan dan kualitas produk adalah unsur penting dalam menjalankan bisnis makanan dan minuman.

2. Membuat Brand Es Cendol Dawet yang Unik

Penjual makanan dan minuman sudah memenuhi pasar dagang di Indonesia. Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan untung besar dengan cara yang tidak terlalu susah? Semua pasti mau. 

Nah, untuk menjadi sukses dan terkenal, kamu perlu membuat bisnis dengan brand nama yang unik.Sebab di masa ini, keunikan adalah nomor satu. Sekali kamu dapat menarik pasar, maka pelanggan akan berdatangan dengan sendiri. 

Gunakan nama yang jarang dipakai, namun jangan sampai nama tersebut hanya nama belaka. Pastikan kamu memiliki filosofi yang baik dan selaras agar pelanggan semakin tertarik dengan brand milikmu. 

Baca Juga:  10 Hal yang Perlu Disiapkan dalam Perencanaan Usaha Minuman

3. Melakukan Inovasi Pada Menu

Es cendol dawet merupakan minuman tradisional yang memiliki banyak penjual dan peminat. Namun dengan semakin banyak penjual, maka kamu akan memiliki lebih banyak pesaing dalam menjual minuman satu ini. 

Nah, tips dan trik yang ketiga dalam menjalankan bisnis minuman tradisional satu ini adalah melakukan inovasi. Lakukan pengembangan pada menu, seperti tambahan topping atau ukuran minuman. Kamu bisa membuat pilihan menu regular dan large sesuai ukuran gelas minuman.

Selain itu, kamu juga bisa membuat tambahan menu seperti tidak hanya menjual es cendol dawet, namun juga es dawet ireng. Semakin banyak menu, semakin banyak pilihan bagi pelanggan yang ingin mencoba menu-menu baru.  

4. Memanfaatkan Media Sosial 

Di masa yang semakin berkembang, teknologi merupakan salah satu media promosi terbaik yang dapat kamu manfaatkan. Terutama media sosial. Saat ini, semua orang akan melakukan pengecekan terhadap brand sebelum mereka menjadi pelanggan. Nah, kamu juga dapat memanfaatkan media sosial untuk membentuk reputasi.

Tidak hanya berguna sebagai media penjualan, namun gunakan juga media sosial sebagai pusat utama informasi brand milikmu. Lakukan paid promote dengan orang terkenal yang dapat membuka pasar. Lalu berikan pelayanan yang ramah saat ada pelanggan yang bertanya melalui media sosial.

Pastikan juga kamu melakukan promosi secara besar-besaran melalui media sosial. Manfaatkan juga waktu-waktu besar untuk melakukan promosi atau diskon hingga kamu dapat menarik lebih banyak calon pelanggan.


Yuk, Buat Brand Es Cendol Dawet Milikmu! 

Memiliki brand dengan produk yang kamu buat sendiri pasti menyenangkan. Minuman tradisional ini merupakan salah satu minuman yang dapat kamu manfaatkan sebagai produk untuk berjualan. 

Selain pembuatannya yang mudah, kamu juga dapat mengenalkan minuman tradisional ini agar tidak menjadi langka. Yuk, kembangkan brand es cendol dawet dan raup keuntungan dalam jumlah besar!


Dapatkan rekomendasi dan inspirasi resep minuman lainnya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.