Resep Takoyaki yang Enak dan Lembut, Cocok untuk Jualan!

4 min read

resep takoyaki enak cocok untuk jualan

Resep takoyaki sangat mudah ditemukan. Hidangan ini berasal dari prefektur Osaka di Jepang. Seorang pedagang kaki lima pertama kali mengembangkan takoyaki pada tahun 1935. Tomekichi Endo terinspirasi oleh makanan khas Jepang yang ada sejak pemerintahan Taisho.

Nama takoyaki mendeskripsikan isian gurita. Daging dulu menjadi bahan utama jauh sebelum menggunakan gurita. Perkembangan ini adalah suatu inovasi yang berhasil. Penduduk dunia telah menggemari hidangan Jepang ini. Ini pertanda hidangan ini telah menyebar.  Masyarakat telah menerima sebagai hidangan yang enak serta terkenal. 

Indonesia pun termasuk negara yang menikmati hidangan yang mempunyai alat pemanggang unik ini. Dengan tingkat ketertarikan yang tinggi, menjual hidangan takoyaki di Indonesia berpotensial untuk memberikan keuntungan.

Namun, apakah mudah mengikuti resep takoyaki? Tentu! Ikuti penjelasan lengkap tentang bahan-bahan yang diperlukan berikut ini. Langkah-langkah pembuatannya hingga dihidangkan akan dijelaskan.

Fakta Unik Takoyaki

Sebelum mengenal takoyaki lebih jauh, kamu perlu tahu fakta unik tentang takoyaki:

1. Museum Takoyaki di Jepang

Saking populer, Jepang mendirikan museum khusus untuk hidangan Osaka ini. Museum takoyaki berlokasi di Universal Studio di Jepang. Kamu bisa melihat sejarah takoyaki dari awal perkembangan hingga kini. 

Di sekitar museum juga tersedia beberapa penjual takoyaki. Ada lima gerai yang bisa kamu pilih, dari yang ciri khas takoyaki buatan Tomekichi hingga yang sekarang. Museum juga memperbolehkan kamu memasak takoyaki sendiri.

Jika kamu penggemar berat takoyaki, museum ini bisa menjadi tujuan utama perjalanan kamu di Jepang. 

2. Hidangan Wajib Saat Pertandingan Basket

Takoyaki sudah menjadi ciri khas dari kota Osaka. Namun, hidangan Jepang ini juga dikenal sebagai Festival Food. Hal ini dikarenakan takoyaki selalu ada di seluruh acara festival di Jepang. 

Takoyaki pun menjadi makanan wajib. Masyarakat memilih jajanan khas ini saat menonton pertandingan basket. Saking digemarinya, hidangan Jepang ini pasti ada dimana-mana. Dan umumnya tidak hanya dibuka satu gerai pada satu acara, melainkan banyak gerai dengan keunikkan masing-masing.

Baca Juga:  Resep Tom Yam dengan Cita Rasa Seenak Restoran Thailand

Resep Takoyaki yang Enak dan Lembut, Sangat Mudah!

Hidangan khas Osaka ini tidaklah sulit untuk dibuat. Hanya ada beberapa bahan makanan yang kamu perlu siapkan. Setelah itu, ada langkah-langkah sederhana yang perlu kamu ikuti.

Bahan-Bahan Takoyaki

Tepung Serbaguna 30 g Minyak Goreng
Tepung Beras 10 g Daun Bawang 
Gula 10 g Acar Jahe
Gurita 300 g Rumput Laut Kering
Kecap Asin/Soy Sauce 10 g Bonito Flakes
Air 30 ml Takoyaki Sauce
Garam ¼ sendok  Mayonnaise
Bubuk Pengembang ½ sendok 
Telur 1 Butir

 

Langkah-Langkah Membuat Takoyaki

1. Resep Tenkasu

Tenkasu adalah salah satu komponen di dalam takoyaki. Kamu bisa membeli langsung jadi di supermarket. Namun, pembuatannya cukup mudah. Kamu dapat membuat tenkasu sendiri.  

resep tenkasu takoyaki

Pertama kamu hanya perlu mencampur 20 gram tepung serbaguna dengan 30 mililiter air. Aduk dengan rata hingga kedua bahan tercampur. 

Selanjutnya, kamu perlu memanaskan minyak goreng dengan api sedang. Tunggu beberapa saat hingga minyak panas.

Gunakan sendok untuk mengambil adonan dan biarkan itu menetes ke dalam minyak panas. Masak sekitar 2-3 menit. Tenkasu tidak perlu mencapai warna kecoklatan. Kamu bisa langsung meniris tenkasu dan biarkan mendingin.

2. Resep Isian Takoyaki

Pertama kamu persiapkan gurita yang berukuran besar sekitar 300-500 gram. Gurita berukuran kecil tidak akan cukup untuk isian satu loyang. Tentakel yang besar pun akan lebih memuaskan untuk digigit. 

resep isian takoyaki

Kamu perlu membersihkan gurita terlebih dahulu. Pertama singkirkan mata. Mata gurita ada dua. Gunakan pisau dengan perlahan untuk memotong mata gurita. Setelah mata gurita, singkirkan bagian akhir dari tentakel gurita. Kamu masih bisa menyantap bagian ini.  Namun, lebih baik isian takoyaki menggunakan ukuran yang lebih besar, supaya memuaskan untuk dikunyah.

Gurita mempunyai delapan tentakel. Ada terdapat kulit tipis di sela-selanya. Kamu harus menyingkirkan bagian itu, supaya tentakel tidak menyatu sewaktu direbus nanti.

Selanjutnya, kamu perlu membuang organ-organ gurita. Kamu hanya perlu mengeluarkan semua melalui kepala gurita. Balik bagian dalam keluar untuk mendapati semua organ, termasuk yang ada di dalam badan. 

Baca Juga:  Menu Mie Gacoan yang Selalu Diminati Pembeli Setiap Tahun

Gurita mempunyai tiga hati. Pastikan kamu menyingkirkan ketiganya. 

Ketika gurita sudah bersih, basuh keseluruhan dengan garam laut. Ini bertujuan untuk membersihkan bau dan kotoran pada binatang ini. Basuhlah gurita setelah kamu mencucinya dengan merata. 

Didihkan air kemudian di panci yang berukuran besar atau sesuai dengan ukuran gurita. Masak gurita dengan api sedang selama kurang lebih delapan hingga sepuluh menit atau hingga berwarna merah keunguan. 

Setelah gurita matang, potong gurita kecil-kecil seukuran untuk dimasukkan ke dalam takoyaki.

Bahan terakhir yang perlu kamu potong adalah daun bawang. Sayuran ini perlu kamu potong menjadi ukuran kecil. Saat menggigit takoyaki nanti, bawang harus bisa terasa teksturnya.

Ada bahan pelengkap yang boleh kamu tidak tambahkan. Namun, acar jahe bisa untuk kamu yang menyukai rasa segar dalam takoyaki.

3. Resep Adonan Takoyaki

Adonan takoyaki cukup mudah untuk dibuat. Kamu hanya perlu memastikan untuk mengaduk rata semua bahan dengan benar. Pertama kamu perlu menyiapkan mangkuk. Masukkan sekitar 250 milliliter air dengan 1 butir telur. 

resep adonan takoyaki

Tambahkan sejumput gula atau 10 gram dan seperempat sendok garam. Jangan lupa menambahkan kecap asin sekitar 1-2 sendok teh. Aduk rata hingga berwarna seperti gambar di bawah. 

Setelah diaduk rata, tambahkan tepung serbaguna yang sudah disaring sekitar 90 gram dan 10 gram tepung beras. Kamu bisa mengganti tepung beras dengan tepung biasa. Namun, tepung beras bisa menambahkan tekstur pada hidangan Jepang ini. 

Terakhir tambahkan bubuk pengembang sekitar setengah sendok teh sebelum diaduk dengan adonan yang basah. Jangan lupa untuk menyaring semua bubuk. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya gumpalan di dalam adonan. 

Setelah diaduk dengan rata, pindahkan adonan ke tempat lain dengan cara disaring kembali. Tentu kamu tidak mau ada gumpalan di dalam masakan takoyaki nanti. Jadi harus dua kali disaring untuk memastikan. 

4. Waktunya Memasak Takoyaki!

Pernahkah kamu melihat panci dengan lengkungan berbentuk bulat? Mungkin kamu perlu membeli panci spesifik tersebut untuk memasak takoyaki dengan bentuk bulat khasnya.

memasak takoyaki

Yang pertama yang perlu kamu perlu lakukan adalah menyalakan api sedang untuk memanaskan panci. Gosok seluruh lengkungan lingkaran dengan minyak goreng dengan menggunakan kuas masak. Jangan terlalu banyak minyak. Usahakan minyak goreng tidak tergenang dan hanya tipis melapisi panci. 

Baca Juga:  7 Makanan Eropa yang Mudah Dibuat Beserta Resepnya

Tunggu sekitar satu menit dan kemudian kamu bisa memulai mengisi lengkungan dengan adonan. Namun, pastikan adonan tidak mengisi penuh. Kamu dianjurkan untuk berhenti sebelum lingkaran penuh. Ini bertujuan supaya disaat menambahkan isian, adonan tidak meluber. 

Setelah itu, tambahkan isian ke dalam adonan. Kamu lebih baik untuk menurunkan panas panci supaya mencegah adonan dari gosong. Isian yang perlu kamu tambahkan adalah gurita yang sudah dipotong kecil, daun bawang, dan tenkasu. Untuk acar jahe, kamu bisa menyingkirkan komponen ini jika tidak menyukai. 

Setelah kamu menambahkan seluruh isian, naikkan kembali panas panci ke medium dan biarkan adonan selama 3-5 menit. Adonan kemudian akan berubah menjadi berwarna coklat keemasan. 

Pada saat itu, kamu perlu membalik adonan miring seperti gambar di bawah ini dan menambahkan sedikit adonan ke cela yang ada. 

Tunggu sekitar 3-5 menit lagi sampai adonan yang baru dimasukkan berwarna keemasan sebelum kamu membalik takoyaki. 

Kamu mungkin memerlukan latihan beberapa kali untuk memastikan bentuk takoyaki bulat. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika yang kamu buat tidak seperti yang sering kamu lihat. Latihan beberapa kali, kamu pasti bisa. Practice makes perfect!

Setelah matang, takoyaki bisa diangkat dan dihidangkan diatas piring. Kamu bisa menambahkan mayonnaise, saus takoyaki, dan bonito flakes. Tiga bahan ini kamu bisa beli yang sudah jadi.Takoyaki pun siap untuk disantap!


Itulah Resep Takoyaki yang Bisa Kamu Coba!

Pekerjaan apapun memerlukan latihan. Membuat takoyaki pun demikian. Kamu tidak perlu takut gagal dan terus belajar. Ikuti langkah-langkah yang ada secara perlahan.

Tentu kalau ingin menjual sesuatu, kamu pasti mau memberikan takoyaki yang enak dan lembut untuk pembeli. Kamu sebagai tukang masak takoyaki pasti merasa bangga kalau ada yang memuji takoyaki kamu enak. Selamat mencoba!


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, resep makanan, dan franchise hanya di fnbpreneur.id.