15 Makanan Khas Maluku yang Wajib Dicoba

5 min read

Makanan Khas Maluku

Makanan khas Maluku merupakan salah satu makanan Nusantara yang penting untuk kamu ketahui. Daerah yang terkenal dengan rempah-rempah ini memiliki sejarah panjang pada masa kolonial. Tanah Maluku yang memiliki sumber daya alam luar biasa pernah diperebutkan oleh para penjajah. Namun, hingga saat ini, rempah-rempah masih mendominasi kuliner Maluku.

Masakan Maluku sebenarnya cukup populer dalam kalangan masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Karena cita rasanya yang khas, mulai dari gurih, asin, manis, dan pedas. Artikel ini akan mengenalkan berbagai makanan Maluku untuk kamu.


Makanan Khas Maluku yang Enak Wajib Dicoba!

Berikut ini berbagai makanan Maluku yang enak dan cukup populer:

1. Gohu Ikan

Gohu Ikan

Makanan Maluku yang satu ini tidak kalah dengan makanan khas Jepang bernama Sashimi. Gohu ikan merupakan makanan dari Maluku Utara yang berbahan dasar daging ikan mentah. Pada umumnya berasal dari ikan cekalang dan ikan tuna.

Untuk membuat gohu ikan juga caranya cukup mudah, hanya dengan memotong daging ikan mentah seperti dadu. Setelah itu mencuci daging tersebut dan melumuri dengan air lemon dan garam untuk meminimalisir bau amis pada daging. Banyak orang yang sering menambahkan daun kemangi agar tercium bau segar. 

Adonan yang sudah siap tersebut, harus didiamkan selama beberapa menit. Jika ingin lebih nikmat, dapat menambahkan bumbu berupa tumisan cabe rawit dan bawang merah. Kemudian tuang bumbu tersebut ke atas ikan, dan gohu ikan siap kamu nikmati.

2. Nasi Lapola

Nasi Lapola

Nasi lapola merupakan makanan khas Maluku yang tidak kalah lezat, bahkan menjadi makanan pokok bagi sebagian masyarakat Maluku. Bahan dasar untuk membuat makanan ini yaitu beras, parutan kelapa, dan kacang tolo. Kamu juga dapat menyantap nasi lapola bersamaan dengan lauk seperti kohu-kohu yang merupakan olahan tongkol basah atau ikan teri. Selain itu juga cocok kamu makan bersama lalapan mentah.

Untuk memasak nasi lapola, harus menggunakan api kecil agar hasilnya bagus dan lebih menarik. Namun, beras cukup dimasak hingga setengah matang, lalu campur dengan kelapa parut yang sudah kamu berikan bumbu bawang putih, bawang merah, cabai sesuai selera, dan jeruk nipis.

Selanjutnya, langkah terakhir adalah kukus adonan nasi sampai matang. Nasi lapola dapat kamu makan bersamaan dengan sambal colo-colo. Komposisi sambal Maluku yaitu bawang merah, cabai rawit, tomat, dan kecap.

3. Ikan Bakar Dabu-Dabu

Ikan Bakar Dabu-Dabu

Ikan bakar ini merupakan makanan yang populer di Indonesia. Rasanya yang pedas dan asam membuat sebagian lidah orang Indonesia jatuh cinta sejak pertama kali mencoba mencicipinya. Salah satu hal yang membuat makanan ini menggugah selera adalah karena adanya siraman sambal dabu-dabu. Dabu-dabu merupakan arti dari sambal mentah yang rasa rempah-rempahnya sangat terasa.

Baca Juga:  Mengenal 11 Jenis Sushi yang Populer dan Banyak Diminati

Biasanya, dabu-dabu cocok dimakan bersama ikan bakar. Rasanya original sehingga kamu tidak perlu menambahkan bumbu lain, cukup taburkan garam dan perasan jeruk nipis pada ikan.

4. Woku Komo-Komo

Woku Komo Komo

Makanan khas Maluku ini terbuat dari tepung hasil olahan teras batang rumbia. Woku komo-komo sangat cocok menjadi lauk pada makanan pokok. Cara pembuatannya dengan merendam sagu ke dalam air. Kemudian untuk menambah cita rasa, tambahkan rempah jahe, serai, dan bawang putih, lalu tumis ketiganya secara bersamaan.

Kamu juga dapat menambahkan jeroan ikan dan air, lalu masak sampai terlihat matang. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai warnanya kecoklatan. Tambahkan juga merica, garam, santan kental, dan irisan daun bawang. Jika sudah matang, maka kamu harus mendiamkan terlebih dahulu hingga dingin. 

Potong jeroan ikan menjadi bentuk dadu dan bungkus menggunakan daun woka. Langkah terakhir, kamu bungkus daun woka tersebut lalu panggang menggunakan api. Setelah matang, woku komo-komo siap kamu nikmati.

5. Papeda

Papeda

Banyak orang yang sudah familiar dengan makanan yang berasal dari Maluku dan Papua ini. Papeda terbuat dari tepung sagu yang cara memasaknya sampai benar-benar matang dan terlihat seperti bubur. Teksturnya kental, lengket, berwarna putih, dan rasanya tawar.

Tekstur papeda sekilas seperti lem kertas yang berwarna putih, namun rasanya sangat lezat, terutama jika kamu santap bersama ikan tongkol yang sudah ada bumbu kunyitnya. Selain itu, papeda merupakan makanan yang memiliki kandungan serat tinggi, tetapi rendah kalori.

Papeda lebih terkenal luas dalam masyarakat adat Abrab, Sentani, dan Manokwari. Biasanya makanan ini menjadi hidangan saat acara-acara penting di wilayah Maluku, Papua, dan sekitarnya.

6. Sambal Colo-Colo

Sambal Colo Colo

Sambal ini merupakan kuliner yang terkenal pada kalangan wisatawan saat mengunjungi Ambon, Maluku. Cara membuat sambal colo-colo cukup mudah yaitu hanya dengan tomat muda, cabai rawit, garam, bawang merah, dan perasan jeruk nipis, kemudian ulek sampai halus.

Jika kamu campur dengan daun kemangi, rarontang, dan kecap, rasanya akan semakin lezat. Terutama saat kamu makan bersamaan dengan ikan bakar.

7. Ikan Asar

Ikan Asar

Makanan khas Maluku yang satu ini mempunyai nama lain ikan asap, karena cara pengolahannya dengan pengasapan. Pada umumnya menggunakan ikan tuna dan ikan cekalang yang dagingnya lebih tahan saat proses pengasapan. 

Ikan asar adalah makanan yang cocok kamu jadikan buah tangan. Karena daya tahannya cukup lama yaitu sekitar tujuh hari. Rasanya sangat nikmat, terutama jika kamu santap bersama nasi dan sambal colo-colo.

8. Sambal Papaya

Sambal Papaya

Buah pepaya muda sering bermanfaat untuk olahan sambel di Maluku. Untuk membuatnya, cukup campurkan pepaya dengan bawang merah, bawang putih, garam, terasi, kenari, lada, dan lengkuas. 

Baca Juga:  Contoh Proposal Usaha Makanan dan Cara Membuatnya

Pepaya yang masih muda tersebut kamu iris tipis-tipis lalu campur dengan garam dengan cara meremas-remas dan bilas hingga bersih. Kemudian tumis semua bahan yang sudah tercampur halus.

9. Sambal Kenari

Sambal Kenari

Berbagai olahan sambal sangat menjadi favorit orang-orang Maluku. Sambal khas masyarakat Maluku biasanya rasanya pedas, salah satunya sambal kenari. Terbuat dari campuran cabai merah, kenari, terasi matang, bawang merah, perasan lemon, dan gula pasir.

10. Manisan Pala

Manisan Pala

Pala atau Myrictica Fragrans adalah tumbuhan yang berasal dari Maluku dan terkenal dengan olahannya menjadi manisan. Buah pala berbentuk bulat lonjong, beraroma khas, berdaging buah, mengandung minyak atsiri. Biasanya jika buah pala sudah masak, ciri-cirinya dapat terlihat dari kulit dan daging buah yang terbuka dan biji yang berwarna merah darah.

Cara pengolahannya yaitu jemur buah dan biji, tunggu sampai sekitar delapan minggu, agar hasilnya benar-benar kering dengan cangkang bijinya yang akan pecah. Kemudian buah bisa menjadi manisan dan biji bisa menjadi rempah-rempah.

11. Lalampa

Lalampa

Makanan yang satu ini teksturnya mirip dengan lemper jawa. Namun, sebenarnya keduanya memiliki banyak perbedaan. Salah satunya cara pengolahannya, lalampa harus dibakar tidak dengan kukus seperti lemper. 

Sebelum kamu bakar lalampa, sebaiknya olesi terlebih dahulu dengan minyak sayur agar lebih istimewa karena aroma terasa lebih kuat dan bumbu dapat meresap ke dalam. Lalampa berupa nasi ketan yang berisi ikan tongkol atau cekalang hasil olahan dengan bumbu rempah dan cabai. Bungkusnya terbuat dari daun pisang sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih gurih dan legit.

12. Nasi Jaha

Nasi Jaha

Nasi khas Maluku ini terbuat dari beras ketan dan santan yang bungkusnya berupa batang bambu. Bagian dalam batang bambu harus kamu lapisi dengan daun pisang terlebih dahulu agar nasi jaha mudah keluar setelah matang.

Cita rasa lezat nasi jaha sebenarnya berasal dari bumbu rempah yang sudah tercampur. Makanan ini biasanya ada saat acara perayaan hari besar maupun upacara tradisional. Namun, pengolahan nasi jaha tergolong sulit, karena membutuhkan proses yang panjang hingga benar-benar matang.

13. Sinole

Sinole

Makanan khas Maluku ini bentuknya menyerupai sosis, namun memiliki cita rasa yang dominan manis. Bahan dasarnya terbuat dari sagu yang kaya akan kandungan karbohidrat dan rendah gula. Hal ini menjadi alasan sagu dapat menjadi makanan pokok pengganti nasi. Rasanya pun nikmat dan dapat menjadi berbagai olahan makanan, salah satunya sinole. 

Makanan ini terbuat dari campuran bahan dasar tepung sagu, kelapa parut, dan garam. Selain itu toping sausnya terbuat dari campuran gula merah, tepung maizena, dan santan. Cocok bagi kamu yang suka makanan manis.

14. Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda

Makanan ini merupakan kreasi asal Kepulauan Banda, Maluku Tengah yang wajib kamu coba. Daerahnya memang terkenal sejak zaman penjajahan Belanda dengan hasil komoditi rempah-rempah, salah satunya pala.

Baca Juga:  Rekomendasi Pet Friendly Cafe Jakarta, Bersantai dengan Anabul!

Ikan kuah pala banda berasal dari bahan dasar ikan kakap atau ikan kerapu. Campur ikan tersebut dengan bumbu seperti pala, merica, dan jenis rempah lain. Rasanya asam pedas enak, biasa menjadi hidangan istimewa para pejabat Belanda pada zaman dahulu. Ikan kuah dapat kamu santap bersama dengan nasi, sambal bakasang, dan ulang-ulang.

15. Ikan Kuah Kuning

ikan kuah kuning

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang menjadi favorit para wisatawan. Olahan ikannya sangat nikmat jika kamu makan bersama papeda sebagai makanan pokok masyarakat Papua dan Maluku yang terbuat dari sagu. Selain itu, ikan kuah kuning juga dapat kamu santap dengan nasi putih hangat. 

Bahan dasar untuk membuat ikan kuah kuning adalah ikan tongkol atau ikan cekalang, karena mengandung banyak daging. Kemudian cara memasaknya campur dengan serai, kunyit, perasan jeruk nipis, dan rempah-rempah lain. Ikan ini akan memiliki sedikit cita rasa asam yang segar. Namun jika suka makan pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera. 

Ikan kuah kuning sebagai salah satu makanan tradisional dari Maluku disebut kuah kuning karena makanan ini berwarna kuning yang sangat menggugah selera. Warna kuning berasal dari campuran bumbu kunyit pada ikan tongkol atau ikan cekalang.


Sudah Pernahkah Kamu Menikmati Makanan Khas Maluku?

Sebagai masyarakat Indonesia, tentu penting untuk mengenal dan mencoba berbagai makanan khas daerah yang ada di Indonesia. Nah, artikel ini sudah mengenalkan apa saja makanan khas Maluku yang cukup terkenal. Namun, kamu sebaiknya tidak hanya mengenal, tetapi juga harus mencicipi makanannya. 

Saat berkunjung ke Maluku atau Papua, kamu bisa mengeksplor berbagai makanan yang sudah ada dalam artikel ini, mulai dari makanan dengan bahan dasar ikan, rempah-rempah, sagu maupun berbagai macam sambal yang lezat. Kamu bisa mencicipi berbagai makanan yang tidak pernah kamu makan sebelumnya dan membawanya sebagai buah tangan.


Temukan lebih banyak informasi hindangan makanan Indonesia dan bisnis makanan hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.