10 Rekomendasi Makanan Berkuah untuk Menghangatkan Tubuh

3 min read

Belakangan ini cuaca yang ekstrim seringkali membuat kebanyakan orang menjadi mudah terserang penyakit. Perubahan suhu yang ekstrim membuat daya tahan tubuh melemah. Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi beberapa rekomendasi makanan berkuah berikut ini!


Rekomendasi Makanan Berkuah Enak untuk Hangatkan Tubuh

Makanan berkuah akan sangat lezat apabila kamu nikmati di malam hari, hujan, atau saat cuaca dingin lainnya. Badan akan terasa lebih hangat dan lebih tahan terhadap udara dingin di malam hari. Jadi daya tahan tubuh juga akan ikut meningkat.

Ada banyak sekali makanan berkuah yang bisa kamu temukan di Indonesia. Namun, berikut ini terdapat makanan berkuah pilihan yang enak dan berguna untuk menghangatkan suhu tubuh. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Soto

Pixabay.com

Soto menjadi rekomendasi makanan berkuah yang pertama. Sebagai makanan berkuah yang sangat populer di Indonesia, soto mampu memberikan rasa hangat pada tubuh penikmatnya. Hal ini karena soto sendiri mampu menghadirkan cita rasa rempah pilihan pada racikan kuah yang ada.

Selain itu, isiannya yang bermacam-macam membuat soto bisa diterima oleh berbagai kalangan. Variasi pilihan isian yang ada di soto ini mulai dari daging suwir ayam, daging potong sapi, daging potong kambing, aneka sayuran, dan sebagainya. 

Biasanya, setiap tempat penjual soto, hanya berfokus untuk menyediakan satu variasi isian saja. 

2. Sayur Sop

selerarasa.com

Rekomendasi makanan berkuah yang selanjutnya adalah sayur sop. Sayur sop ini merupakan makanan berkuah yang proses pembuatannya sangat mudah. Hal ini tentunya membuat kamu bisa dengan mudah mengolah masakan yang satu ini di rumah dengan bahan dan alat seadanya.

Meskipun pembuatannya sangat mudah, sayur sop ini memiliki beragam manfaat. Misalnya seperti meringankan gejala hidung tersumbat berkat peran antiinflamasi dari sayur sop ini. Selain itu, sayur sup juga memiliki kandungan nutrisi baik bagi tubuh. Contohnya seperti mineral, antioksidan, vitamin K, dan juga vitamin C. 

Baca Juga:  Tips Menentukan Nama Produk Makanan dan Minuman dengan Mudah

Kandungan-kandungan tersebut tentu saja bergantung pada bahan isian yang ada dalam sayur sop. Jadi, pastikan sayur sop yang kamu hidangkan mengandung bahan-bahan bernutrisi jika ingin mendapat khasiat sehatnya.

3. Laksa

Pixabay.com

Selanjutnya kamu juga bisa memilih laksa sebagai rekomendasi makanan berkuah lainnya. Makanan yang satu ini sudah eksis sejak dulu di Indonesia. Hingga kini, makanan tersebut tetap populer meskipun banyak makanan berkuah lain yang menjadi saingannya.

Makanan ini memiliki kuah berwarna kekuningan dengan isian sangat banyak. Uniknya, tiap daerahnya berbeda-beda untuk variasi isiannya. Untuk laksa Betawi, biasanya menggunakan ayam suwir, telur rebus, kemangi, udang, dan juga tauge. Sedangkan untuk laksa Bogor, biasanya menggunakan isian oncom merah.

Laksa sendiri sangat enak untuk kamu santap ketika masih hangat di kala dingin. Apalagi saat cuaca sedang hujan. Tubuh akan menjadi lebih hangat di setiap suapan kuah hangat laksa ini.

4. Mi Ayam Berkuah

Pixabay.com

Siapa sih yang tidak kenal mi ayam? Olahan mi paling populer di Indonesia ini bisa menjadi pilihan rekomendasi makanan berkuah untuk kamu yang selanjutnya. Makanan yang satu ini mampu membuat kamu kenyang berkat kandungan karbohidrat yang terdapat di bahan baku mi-nya.

Selain mampu membuat perut terasa kenyang, mi ayam juga bisa dengan mudah menghangatkan tubuh berkat kuah kaldu yang hangat. Kenikmatan dari mi ayam tidak hanya berhenti sampai situ. Terdapat topping ayam dan potongan sawi yang menambah rasa nikmat dari olahan mi yang satu ini.

Mi ayam memang terlihat sangat sederhana sebagai olahan mi di masa kini. Namun, cita rasa dari mi ayam sendiri sangat cocok di lidah orang Indonesia sehingga kepopulerannya tetap stabil dari waktu ke waktu.

5. Bakso

Pixabay.com

Bakso merupakan menu yang hadir berdampingan dengan rekomendasi sebelumnya yaitu mi ayam. Sebagai pendamping dari mi ayam, bakso juga menjadi rekomendasi makanan berkuah yang selanjutnya. Bakso sangat cocok bagi kamu yang ingin menghangatkan tubuh di tengah cuaca dingin dan hujan.

Baca Juga:  5 Aneka Resep Olahan Pisang, Lezat jadi Camilan!

Berbeda dengan mi ayam yang lebih mengenyangkan, bakso sangat cocok kamu nikmati untuk sekadar mengganjal perut. Sehingga makanan yang satu ini bisa tetap kamu nikmati meskipun kamu sudah makan makanan yang lain sebelumnya. 

Biasanya, bakso sendiri memiliki kuah yang lebih bening daripada mi ayam. Isiannya juga lebih ringan seperti potongan tahu, sayuran, mi kuning, dan juga bihun.

6. Tom Yum

Pixabay.com

Setelah sebelumnya sudah membahas makanan yang sudah umum, sekarang saatnya kamu mengenal makanan berkuah yang lain. Rekomendasi makanan berkuah yang selanjutnya adalah tom yum

Mungkin kamu masih sedikit awam dengan makanan yang satu ini. Hal ini karena tom yum sendiri merupakan makanan berkuah yang berasal dari Thailand. Biasanya, tom yum ini bisa kamu temukan di berbagai restoran sebagai salah satu menu mereka.

Meski begitu, kamu masih bisa menemukan sajian ini di beberapa resto di Indonesia. 

Tom yum memiliki cita rasa yang unik berkat gabungan antara rasa asam dan juga gurih. Inilah yang membuat tom yum wajib untuk kamu coba. Kehangatan kuah dengan asam gurih tentunya bisa memberikan rasa unik tersendiri bagi kamu.

7. Rawon

Wikipedia.org

Rawon adalah rekomendasi makanan berkuah yang berikutnya. Makanan berkuah yang satu ini memiliki warna hitam pekat dengan isian daging sapi dan berbagai bumbu rempah-rempah yang mampu memberikan kehangatan bagi tubuh.

Makanan berkuah yang satu ini juga bisa dipadukan dengan tauge dan telur asin rebus. Perpaduan tersebut mampu menghasilkan cita rasa yang lebih nikmat dan tentunya akan membuat kamu menjadi lebih kenyang. Bagi yang suka pedas, kamu juga bisa menambahkan sambal agar makin nikmat.

8. Tongseng

elvirabistrt.blogspot.com

Cuaca dingin dan hujan adalah waktu yang paling tepat untuk membeli tongseng. Sebagai rekomendasi makanan berkuah yang berikutnya, tongseng memiliki cita rasa yang unik. Penggunaan lada pada bumbunya mampu memberikan rasa hangat yang sangat nyaman di tubuh.

Baca Juga:  8 Makanan Khas Malaysia yang Wajib Kamu Coba

Ada beberapa varian daging yang bisa kamu pilih dalam menyajikan hidangan ini. Contohnya seperti tongseng daging sapi dan juga tongseng daging kambing. Keduanya sama-sama mampu menghadirkan olahan daging yang lembut dan sangat empuk.

9. Sup Buntut

Flickr.com

Unik, itulah satu kata yang pas untuk rekomendasi makanan berkuah yang satu ini. Sup buntut, belakangan ini menjadi sangat populer. Hal ini karena banyak orang yang mulai menyadari keunikan dari makanan yang satu ini. 

Isian potongan buntut sapi dengan kuah kaldu sapi membuat orang-orang tertarik untuk mencicipinya. Selain itu, sayuran yang juga turut hadir dalam sajian sup buntut ini mampu memberikan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.

10. Ramen Berkuah

Pixabay.com

Rekomendasi makanan berkuah yang terakhir adalah ramen. Makanan berkuah dari Jepang ini mampu menghadirkan cita rasa yang unik berkat isiannya yang bermacam-macam. Kehadiran kuah pada ramen juga mampu memberikan rasa hangat yang sangat nyaman bagi tubuh kamu.


Sudah Menentukan Makanan Berkuah Pilihanmu?

Itulah rekomendasi makanan dengan kuah yang sangat cocok untuk menghangatkan tubuh. Selain mampu menghangatkan tubuh, makanan berkuah juga memiliki beragam manfaat berkat isian yang ada.

Menemukan nama makanan yang belum pernah kamu coba? Cobalah dan dapatkan pengalaman baru dari makanan berkuah itu!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.