9 Makanan dari Jagung yang Sangat Disukai Masyarakat Indonesia

5 min read

9 Makanan dari Jagung yang Sangat Disukai

Jagung merupakan salah satu makanan pokok pengganti nasi yang dapat memberi efek kenyang. Selain mengenyangkan, jagung juga dapat dikonsumsi oleh anak-anak. Namun mengkonsumsi jagung utuh akan memberi efek bosan. Kamu dapat mengolahnya jadi makanan lain, apa saja makanan dari jagung yang lezat?

9 Makanan Dari Jagung yang Sangat Disukai

Ada beberapa olahan produk dari jagung yang rupanya cukup laris. Berikut adalah rekomendasi makanan dari jagung yang lezat dan mudah kamu buat. Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Jasuke

 makanan dari jagung - jasuke

(Sumber: cookpad.com)

Makanan dari jagung yang pertama adalah jagung manis susu keju. Makanan satu ini mudah dibuat dan tidak memerlukan banyak bahan. Biasanya masyarakat di Indonesia lebih suka menyingkat makanan satu ini dengan nama jasuke. Kamu akan sering menjumpai makanan ini terjual di banyak tempat, terutama di pinggir jalan.

Selain enak, jasuke juga memiliki kelezatan yang khas. Campuran mentega, susu kental manis, dan keju dengan jagung manis adalah inovasi yang sempurna. Tidak hanya lezat, namun kamu juga dapat membuat makanan dari jagung satu ini dengan bahan-bahan sederhana. 

Cara membuat jasuke adalah dengan merebus jagung manis yang akan kamu gunakan. Kemudian iris biji jagung dan letakkan irisan biji jagung di mangkok kecil. Lalu campur biji jagung dengan mentega. 

Langkah selanjutnya adalah parutlah keju di atas mangkuk yang berisi biji jagung dan siram makanan ini dengan susu kental manis. Jasuke akan sangat cocok untuk jadi cemilan ketika kamu sedang kekurangan gula. Mudah kamu buat, simpel, dan menyehatkan. 

2. Bakwan Jagung

bakwan jagung

(Sumber: masakapahariini.com)

Di daftar yang kedua ada makanan yang juga bisa kamu konsumsi untuk lauk pendamping makan dengan karbohidrat. Bakwan jagung adalah salah satu makanan dari jagung yang menyehatkan sekaligus multifungsi. Kamu dapat mengkonsumsinya sebagai camilan maupun lauk untuk makan.  

Kamu dapat membelinya di penjual gorengan yang biasa bertengger di pinggir-pinggir jalan. Tidak hanya itu, bagi kamu yang ingin membuat makanan ini di rumah, kamu dapat menyiapkan beberapa bahan yang kamu butuhkan. Asalkan kamu memiliki jagung, kamu dapat membuat bakwan satu ini.

Cara membuat bakwan jagung pun sederhana. Pertama, kamu harus membersihkan jagung dari rambut yang menempel dan cucilah hingga bersih. Lalu parut biji jagung dan tumbuk secara kasar. Kemudian tambahkan tepung terigu, tepung beras, cacahan daun bawang, potongan daun seledri, dan telur. 

Baca Juga:  Menu Mie Gacoan yang Selalu Diminati Pembeli Setiap Tahun

Tambahkan pula bumbu halus yang meliputi bawang merah, bawang putih, merica bubuk, ketumbar bubuk, garam, kunyit, dan penyedap rasa apabila perlu. Aduk semua bahan hingga rata sembari menambah air sedikit demi sedikit. Lakukan terus hingga adonan menjadi kental. 

Kemudian panaskan minyak dan gorenglah bakwan jagung sesuai dengan bentuk kesukaanmu. Goreng hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Maka bakwan jagung milikmu siap dihidangkan. 

3. Jagung Bakar

makanan jagung bakar

(Sumber: Pinterest)

Jagung bakar adalah sebuah makanan khas yang amat sering kamu jumpai di daerah dengan dataran tinggi. Makanan dengan proses bakar yang mudah ini sesuai untuk menambah kehangatan dalam tubuh. Satu buah jagung pun dapat membantu untuk mengganjal lapar.

Makanan dari jagung satu ini mudah dibuat. Asalkan kamu memiliki tempat untuk membakar jagung, maka kamu bisa membuatnya. Pertama-tama buatlah saus untuk memberi rasa pada jagung. Kamu bisa menyiapkan beberapa varian, seperti saus sambal, saus tomat, saus barbeque, hingga saus keju.

Kemudian siapkan tempat untuk proses membakar jagung, jangan lupa untuk membeli arang. Lalu letakkan jagung yang telah dilumuri saus di atas arang yang panas. Kipas jagung hingga ia berubah warna menjadi keemasan. Angkat, dan jagung bakar buatanmu siap dihidangkan. 

4. Puding Jagung Manis

puding jagung manis

(Sumber: fimela.com)

Makanan keempat adalah hasil inovasi dari jagung. Ia adalah puding yang terbuat dari jagung manis. Namun puding ini memiliki rasa yang berbeda dengan puding-puding lain. Berkat manisnya jagung, puding satu ini memiliki rasa manis yang natural. 

Selain itu, puding jagung manis ini juga memberikan rasa gurih yang bisa membuatmu ketagihan. Makanan dari jagung satu ini juga dapat kamu buat sendiri di rumah. Siapkan bahan-bahan utamanya yang meliputi jagung manis, susu bubuk, dan tepung maizena.

Pertama-tama, cincang kasar biji jagung. Lalu didihkan air dan masukkan biji jagung yang telah dicincang, aduk dan kecilkan api. Kemudian tambahkan gula dan aduklah adonan hingga gula melarut dan meleleh. Lalu masukkan susu cair sedikit demi sedikit dan tetap aduk adonan agar tidak meluap.

Langkah selanjutnya adalah mencampur agar-agar bubuk dan tepung maizena. Jangan lupa untuk mencampur sedikit susu agar adonan tidak menggumpal. Larutkan adonan ke susu cair dan aduk terus hingga matang. Terakhir, letakkan adonan di cetakan dan diamkan hingga puding siap disajikan. 

5. Pancake dari Jagung Manis

pancake jagung manis

(Sumber: femina.com)

Inovasi untuk hidangan berbahan dasar jagung pun ada lagi. Kali ini jagung digunakan untuk membuat pancake, sebuah makanan yang lebih sering kamu jumpai sebagai hidangan sarapan di luar negeri. Cara membuat pancake pun cukup mudah. Kamu dapat mempraktikkan makanan satu ini dari rumah.

Baca Juga:  13 Makanan Olahan Kelapa Khas Indonesia, Wajib Coba!

Bahan utama untuk membuat pancake adalah tepung terigu. Namun untuk membuat pancake fusion satu ini, kamu akan membutuhkan jagung manis. Tentu saja yang akan kamu gunakan adalah biji jagung manis, maka jangan sampai lupa untuk memarut biji jagung terlebih dahulu.

Untuk membuat makanan dari jagung satu ini, kamu perlu mengikuti langkah-langkah setelah ini. Pertama-tama, campurkan telur dengan margarin leleh, ragi instan, susu cair, garam, dan gula. Kemudian aduk adonan hingga merata. Lalu aduk adonan sembari menambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan biji jagung dan aduk sekali lagi lalu diamkan adonan selama 30 menit. Setelah adonan jadi, siapkan wajan datar dan oles margarin di atasnya. Tuang adonan pancake dari jagung manis dan goreng hingga matang. 

Menggoreng adonan pancake jagung manis tidak perlu hingga terlalu matang. Pastikan warnanya telah berubah menjadi coklat dan angkat pancake. Sajikan makanan dari jagung ini dengan tambahan keju parut atau sirup maple. Sederhana namun mengenyangkan.   

6. Bolu Kukus dari Jagung

bolu kukus dari jagung

(Sumber: youtube.com)

Daftar keenam cara memanfaatkan jagung untuk menjadi hidangan adalah dengan membuatnya menjadi bolu kukus. Jagung sendiri menjadi pengganti karbohidrat, memasaknya menjadi bolu kukus akan menjadi pilihan lain untuk menikmatinya. Cara membuat bolu kukus dari jagung juga tidak terlalu susah. 

Sebelum membuat makanan ini, siapkan telur, gula, tepung terigu, dan pewarna makanan dengan warna kuning. Tak lupa untuk menyiapkan jagung sebagai bahan utamanya. 

Pertama-tama, kocoklah telur dengan gula. Tambahkan baking soda agar adonan bisa mengembang. Kemudian tambahkan tepung terigu yang sudah diayak. Lakukan bergantian dengan santan dan aduk hingga merata. Lalu tambahkan jagung parut dan masukkan pula pewarna kuning pada bolu kukus.

Siapkan loyang yang telah diberi kertas dan olesan minyak. Ia berfungsi untuk mempermudah pelepasan kue yang telah jadi dari loyang. Setelah adonan siap, tuangkan adonan diatas loyang. Kukus adonan selama 35 menit dan makanan bolu kukus dari jagung siap kamu hidangkan. 

7. Bubur Jagung Manis

bubur jagung manis

(Sumber: fimela.com)

Makanan dari jagung yang ketiga adalah bubur yang terbuat dari jagung manis. Ia dapat menjadi pilihan lain untuk sarapan maupun makanan pengganti saat sedang sakit. Bagi mereka yang merasa kurang dapat merasakan makanan sebab pahit, bubur dari jagung manis adalah pilihan yang cukup menarik. 

Selain cara pembuatannya yang mudah dan dapat kamu lakukan sendiri, bubur dari jagung manis juga dapat menghangatkan tubuh yang kedinginan. Sebagai tambahan, ia juga bisa membuat tubuh meriang menjadi lebih baik sebab nafsu makan kembali dan kamu bisa merasakan manis natural namun tidak berlebihan. 

Baca Juga:  Resep Tom Yam dengan Cita Rasa Seenak Restoran Thailand

Cara membuat bubur jagung adalah pipil jagung dan kemudian rebuslah. Kemudian ambil wadah lain untuk merendam mutiara di dalam air yang panas. Setelah itu angkat mutiara dan rendam di dalam air dingin. Lalu didihkan santan dan masukkan gula dan garam.

Ketika santan telah mendidih, masukkan jagung dan mutiara ke dalam panci; Kemudian aduk bubur hingga matang. Sajikan makanan ini dalam keadaan hangat. Kamu bisa menambahkan topping keju parut untuk membuat bubur menjadi lebih lezat. 

8. Makanan Talam Jagung

talam jagung

(Sumber: cookpad.com)

Talam jagung adalah sebuah makanan tradisional di Indonesia, sayangnya untuk menemukan makanan ini memerlukan usaha yang ekstra. Namun tidak perlu khawatir, kamu dapat membuat makanan dari jagung ini dengan mudah. Cukup mempersiapkan bahan-bahannya maka kamu bisa membuatnya dari rumah.

Pertama-tama, siapkan semua bahan untuk membuat talam jagung. Mulai dari jagung, santan, gula, garam, dan tepung hun kwe. Siapkan pula cetakan untuk menaruh adonan talam jagung yang terbuat dari daun pandan atau takir. Apabila merasa susah membelinya, kamu dapat membuat sendiri cetakan takir tersebut.

Kemudian nyalakan kompor dan siapkan panci untuk membuat adonan. Lalu campurkan semua bahan untuk membuat talam jagung kecuali jagung itu sendiri. Rebus semua adonan dengan api sedang. Aduklah semua adonan hingga meletup dan mengental, lalu masukkan jagung yang sudah kamu pipil dan rebus lagi.

Setelah mendidih, angkat panci dan biarkan adonan mendingin. Kemudian masukkan adonan ke dalam cetakan takir. Biarkan hingga dingin lalu sajikan talam jagung dengan teh manis. 

9. Sup Jagung

sup dari jagung

(Sumber: selerasa.com)

Makanan dari jagung yang terakhir adalah sup jagung. Selain bubur jagung manis, kamu juga dapat berkreasi dalam masakan menggunakan jagung. Cara membuat makanan ini pun cukup mudah. Pertama-tama siapkan bahan-bahan yang meliputi jagung, rempah, susu, dan keju. 

Untuk susu adalah pilihan yang dapat kamu gunakan maupun tidak. Apabila kamu tidak suka makanan yang creamy, kamu dapat mengurangi jumlah susu yang akan kamu gunakan.

Lalu haluskan semua bahan menjadi satu dan masak adonannya di atas api kecil. Pastikan untuk mengaduk semua bahan agar halus dan mudah kamu cerna. Sajikan makanan ini dengan pastry atau roti panggang yang dapat melengkapi dan mengenyangkan pagimu. 

Apa Makanan dari Jagung Favoritmu?

Jagung sangat bermanfaat untuk banyak hal, salah satunya adalah untuk sumber makanan. Ada begitu banyak makanan dari jagung yang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan. Cara membuatnya pun mudah dan dapat kamu buat dari rumah. Yuk, buat makanan dari jagung favoritmu sendiri! 

Dapatkan berbagai informasi seputar bisnis makanan sehat dan minuman, franchise, hingga resep hanya di fnbpreneur.id.