Resep Jasuke Rumahan dengan Rasa Terenak yang Perlu Kamu Coba

2 min read

Resep Jasuke Rumahan dengan Rasa Terenak yang Perlu Kamu Coba

Jasuke, mungkin cemilan ini sudah tidak asing lagi untuk kamu. Cemilan dengan bahan utama keju ini memang cukup banyak peminatnya. Tapi tahukah kamu jika resep jasuke ini cukup mudah untuk kamu buat. Bahkan kamu bisa mencoba resep jasuke rumahan ini untuk kamu jadikan cemilan di rumah atau juga kamu bisa menggunakan resep jasuke untuk jualan sebagai salah satu usaha sampingan kamu.

Bahan Jasuke

Sesuai namanya, jasuke merupakan kependekan jagung, susu, dan keju. Maka ketiga bahan utama ini perlu kamu siapkan dan pastikan tersedia. Siapkan sesuai kebutuhan yang kamu inginkan. Selain itu, untuk penambah rasa maka kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan tambahan.

Secara lengkap, bahan yang kamu butuhkan untuk resep jasuke adalah sebagai berikut

  • Beberapa buah jagung
  • Kental Manis
  • Keju parut

Penambah rasa. Jika kamu ingin rasa manis maka kamu bisa menggunakan kental manis. Jika kamu ingin membuat resep jasuke untuk kamu jualan, maka kamu juga bisa menambah beberapa rasa lain seperti asin atau pedas.

Cara Membuat Jasuke

Untuk kamu yang penasaran dengan resep jasuke rumahan, maka sebenarnya cara membuat cemilan ini sangatlah mudah dan praktis. Makanan ini sendiri sebenarnya memiliki rasa khas manis, namun tentunya masalah rasa ini bisa kamu sesuaikan dengan apa yang kamu inginkan.

Baca Juga:  Resep Gyoza Jepang Isi Daging Ayam, Mudah Dibuat di Rumah!

Berikut adalah tips dan cara membuat jasuke yang sangat mudah dan bisa kamu lakukan di rumah.

1. Pilih Jagung Manis yang Muda dan Masih Segar

memilih jagung yang muda

Hal pertama yang perlu kamu siapkan untuk resep jasuke adalah jagung. Pilihlah jagung manis yang masih mudah dan juga segar. Biasanya, jagung ini memiliki biji yang lebih empuk dan tidak terlalu keras. Nantinya, jagung yang empuk ini juga akan membuat jasuke menjadi lebih renyah ketika kamu santap.

2. Siapkan Susu Kental Manis dan Keju

siapkan susu kental manis

Selain jagung, kamu juga perlu menyiapkan bahan lain seperti kental manis dan juga keju. Kamu juga bisa menambah beberapa bahan lain jika kamu menginginkan rasa lain. Kamu bisa menambahkan selai, meses, atau bahan lain sesuai selera.

3. Pipil Biji Jagung lalu Cuci Sampai Bersih

pipil biji jagung untuk membuat jasuke rumahan

Setelah semua bahan yang kamu perlukan siap, maka langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat resep jasuke adalah pipil biji jagung dari bonggolnya. Saat ini bahkan sudah ada alat khusus yang bisa kamu gunakan untuk pipil jagung ini.

Setelah semua biji jagung tersebut kamu pipil maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencuci biji jagung tersebut. Pastikan kamu mencuci sampai bersih untuk mendapatkan kualitas terbaik.

4. Kukus Biji Jagung Sampai Matang

kukus biji jagung

Setelah memastikan biji jagung tersebut, maka selanjutnya langkah yang bisa kamu lakukan adalah mengukus biji jagung tersebut sampai matang. Ketika mengukus biji jagung ini maka pastikan tekstur jagung tidak menjadi terlalu lembek. Kamu bisa mengukus selama kurang lebih 10 menit saja untuk mendapatkan tekstur yang empuk.

5. Masukan Jagung ke Dalam Wadah

masukkan jagung jasuke ke wadah

Setelah memastikan biji jagung tersebut matang dan teksturnya empuk, maka selanjutnya kamu bisa memasukan biji jagung ke dalam wadah yang sudah kamu siapkan sebelumnya. 

Baca Juga:  10 Kreasi Olahan Cumi Nikmat dan Mudah Dibuat

Selanjutnya kamu bisa mencampurkan biji jagung tersebut dengan bahan lain seperti kental manis dan juga keju. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain untuk menambah cita rasa dari resep jasuke yang kamu buat.

Sebagai tips, agar mendapatkan rasa yang merata maka jangan tuang semua biji jagung sekaligus. Namun cukup tuang setengah wadah terlebih dahulu lalu masukan keju dan kental manis serta bahan pelengkap lainnya. 

Lalu terakhir tutup dengan sisa biji jagung yang belum kamu tuang. Selain untuk membuat rasa jasuke akan merata, cara ini juga berguna untuk membuat kental manis tidak cepat meleleh.

6. Tambahkan Keju Parut

tambahkan keju parut

Setelah semua bahan tercampur di dalam wadah, maka kamu bisa menambahkan kembali keju parut di bagian paling atas. Taburkan sesuai dengan selera kamu. Jika kamu suka dengan rasa gurih, maka kamu bisa menaburkan keju dengan banyak.

7. Tambahkan Rasa Lain Bila Perlu

tambahkan rasa lain sebagai resep jasuke

Hal lain yang juga bisa kamu coba lakukan adalah dengan menambahkan rasa lain yang kamu inginkan. Jika kamu tidak terlalu suka dengan rasa original dari resep jasuke, maka langkah ini perlu kamu lakukan. Misalkan, jika kamu ingin rasa yang sangat manis maka kamu bisa menambahkan selai coklat. Atau jika kamu ingin rasa yang pedas, maka kamu juga bisa menambahkan saus sambal.

Sudah Bisa Membuat Jasuke Rumahan Sendiri?

Itulah cara dan resep jasuke yang bisa kamu gunakan. Resep jasuke rumahan ini cukup mudah untuk kamu buat. Sehingga ini juga bisa menjadi pilihan cemilan kamu ketika sedang ada di rumah. Selain itu, jika kamu sedang mencari ide bisnis, maka resep jasuke untuk jualan ini juga bisa kamu coba.

Baca Juga:  Resep Tom Yam dengan Cita Rasa Seenak Restoran Thailand

Selain memiliki rasa khas yang manis, jasuke juga memiliki beberapa keunggulan lain yang membuatnya memiliki prospek baik untuk bisnis. Beberapa diantaranya seperti harganya yang cukup terjangkau, proses pembuatan yang sangat mudah, dan juga cukup membuat kenyang.

Jika kamu berniat menggunakan resep jasuke ini untuk bisnis, maka ada beberapa ide tambahan yang bisa kamu coba. Kamu bisa membuat jasuke dengan rasa pedas, ataupun jasuke dengan rasa asam manis. 

Mungkin kamu juga bisa menjual jasuke sebagai isian, seperti misalnya risol dengan isi jasuke. Tentunya ini merupakan peluang bisnis yang layak kamu coba.

Dapatkan berbagai informasi maupun insight bisnis seputar resep makanan, franchise, hingga tips bisnis kuliner hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.