Macam Macam Tempura, Mulai dari Udang Hingga Daun Mapple!

3 min read

macam macam tempura

Tempura merupakan makanan laut atau seafood yang umum tersedia di pasar-pasar negeri Jepang. Ada beberapa varian tempura yang bahan utamanya ikan, namun ada juga yang menggunakan bahan udang dan sayuran.

Sudah Tahu Apa Saja Macam-macam Tempura Khas Jepang?

Berikut ini ialah penjelasan tentang macam-macam tempura khas Jepang.

Yuk, simak penjelasannya!

1. Kabocha

Diantara macam-macam jajanan tempura, yang pertama ialah kabocha.

Kuliner yang terbuat dari labu Jepang, yang juga bernama kabocha. Dalam memasak tempura ini, kamu akan membutuhkan minyak goreng yang banyak untuk menciptakan masakan yang gurih dan lezat.

Selain labu Jepang, ada juga bahan-bahan lainnya, yaitu tepung terigu, wortel, selada, dan daun bayam. Kamu harus mengupas dan memotong-motong labu tersebut menjadi irisan yang sedikit tebal serta iris-iris semua sayuran lainnya. Pada adonan kabocha, kamu butuh tepung terigu, air es, serta kuning telur yang dikocok.

Masukan semua potongan sayuran ke dalam adonan, aduk merata, dan masukkan satu-satu ke dalam minyak panas. Goreng hingga tempura menjadi kering dan keemasan, lalu angkat dan tiriskan. Jika sudah siap, sajikan tempura kabocha bersama saus teriyaki atau saus manis Shoyu.

2. Kakiage

Jajanan Jepang berikutnya dalam daftar macam-macam tempura ini ialah kakiage, yang bagi sebagian besar masyarakat mirip dengan bakwan sayur. Apabila tempura lainnya lebih mengutamakan makanan laut sebagai bahan dasarnya, bahan utama kakiage adalah sayuran seperti wortel dan jamur.

Bahan-bahan tempura kakiage, yaitu wortel, daun bawang, ubi jalar kecil, mie basah, dan lobak. Semua itu harus kamu iris-iris tipis atau parut untuk nanti kamu masukkan ke dalam adonan bumbu. Bahan adonan bumbu itu, antara lain tepung terigu, merica bubuk, garam, dan air es.

Baca Juga:  Minuman Khas Korea yang Menjadi Favorit Para Wisatawan

Ketika kamu memasukkan adonan kakiage ke dalam minyak panas, gunakan minyak goreng dalam jumlah banyak agar adonan-adonan itu terendam. Jika sudah berwarna keemasan dan kering, angkat tempura dan sajikan bersama saus manis Shoyu.

3. Satsuma Imo

Dari macam-macam tempura yang artikel ini sebutkan, satsuma imo merupakan jenis tempura yang paling unik, sebab dia menggunakan ubi jalar. Bagaimana bisa ubi jalar diolah menjadi jajanan Jepang yang lezat dan populer? 

Rahasianya ialah rasa ubi jalar yang manis, serta kandungan serat dan beta karoten yang dapat mengontrol tekanan darah.

Pada proses memasak satsuma imo, kamu akan memerlukan tepung panir ketimbang terigu, bersama campuran telur. Kamu dapat memotong ubi jalar menjadi irisan-irisan dalam berbagai bentuk atau menumbuknya menjadi adonan mirip roti. 

Selanjutnya, kamu lumuri irisan atau tumbukan itu dengan adonan dari tepung panir dan telur, kemudian goreng dalam minyak panas.

Gorenglah irisan atau tumbukan itu sampai berwarna kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan. Sajikan tempura satsuma imo bersama irisan seledri dan saus tomat atau sambal.

4. Nasu

Adapun tempura yang selanjutnya, yaitu nasu, yang terbuat dari terong goreng dan berbentuk seperti kipas. Dia tidak cuma memiliki bentuk yang besar saja, melainkan juga renyah, karena menggunakan tepung sebagai bahan kulitnya. 

Bahan untuk membuat adonan kulit tempura nasu ini ialah tepung terigu, kuning telur, air es, dan baking powder.

Pertama, terong tersebut harus kamu potong berbentuk bulat atau segitiga menyerupai kipas. Campurkan tepung terigu, kuning telur, air es, dan baking powder untuk membuat adonan kulit tempura yang garing dan mengembang. 

Kemudian, celupkan terong ke dalam adonan satu-satu dan goreng mereka hingga kering dan berwarna keemasan. Jika sudah, hidangkan tempura nasu bersama saus teriyaki atau Shoyu.

5. Shiitake

Macam-macam tempura di nomor lima ialah shiitake, yang bahan utamanya adalah jamur Jepang (shiitake) dan keju parut. Meskipun demikian, bagi kamu yang ingin memadukan citarasa Jepang dengan Indonesia, kamu dapat memilih jamur tiram biasa sebagai pengganti jamur Jepang.

Baca Juga:  15 Makanan Khas Yogyakarta yang Terkenal dan Favorit

Selain potongan jamur dan keju parut, kamu juga perlu tepung terigu, kuning telur kocok, dan garam secukupnya  Campurkan kuning telur dan garam untuk membuat adonan kulit tempura, lalu celupkan potongan-potongan jamur ke dalam adonan. 

Taburkan tepung terigu di seluruh potongan jamur, kemudian goreng dalam minyak panas. Setelah matang, angkat dan sajikan bersama tambahan keju parut di atasnya.

6. Momiji

Satu lagi dari macam-macam jajanan tempura, yaitu momiji yang terbuat dari daun pohon mapel. Apakah kamu percaya jika daun mapel juga bisa kamu olah menjadi hidangan garing nan nikmat? Inilah dia buktinya. 

Tempura momiji menggunakan berbagai macam bumbu untuk memberi rasa pada daun mapel yang cenderung hambar.

Hanya daun mapel yang telah orang Jepang awetkan dalam garam selama satu tahun yang dapat mereka olah menjadi tempura momiji. Kamu bukan hanya perlu tepung terigu saja untuk memasak tempura momiji, tetapi juga gula sebagai pemberi rasa, kuning telur, dan tepung terigu.

7. Ebi

Tempura yang berbahan dasar udang ialah tempura ebi, yang cara memasaknya melibatkan deep frying dan disajikan bersama daun seledri. Hal yang membedakan ebi dari macam macam tempura lainnya ialah udang-udang tersebut kamu masak dalam balutan tepung terigu dan kuning telur. 

Kemudian, menambahkan air es untuk membantu kamu menjaga adonan kulit ebi supaya tak menggumpal.

Bagian bawah udang perlu kamu bersihkan dari kulitnya agar tak melengkung ketika mereka masuk ke dalam minyak panas. Agar membuat ebi lebih terasa nikmat di lidah, kamu bisa menggunakan penyedap rasa seperti gula, garam, dan kaldu bubuk. 

Ketika penyajiannya, silahkan sertakan potongan seledri, jerus nipis, dan atau saus tomat serta sambal.

8. Kani

Jajanan Jepang terakhir dalam daftar macam-macam tempura ini ialah kani, yang terbuat dari telur dan daging ikan giling bernama surimi. Surimi mempunyai bentuk seperti kaki kepiting sebagai isian kani. 

Baca Juga:  10 Rekomendasi Makanan Eropa yang Terkenal di Indonesia

Kani memiliki bentuk roll atau gulungan yang pembungkusnya berupa pembalut sushi, yang umum tersedia di restoran kuliner Jepang.

Kamu bisa menggunakan daging ikan apa saja untuk membuat isian tempura kani, baik itu salmon, tuna, atau bahkan sarden. Bersihkan dulu ikan tersebut dari kulitnya, lalu kamu cincang sampai halus dan rebus hingga matang. 

Setelah itu, siapkan papan adonan dan letakkan daging ikan di atasnya untuk kamu tekan-tekan dan bentuk menjadi mirip kaki kepiting.

Bungkus surimi yang telah kamu buat dalam balutan kulit sushi dan panggang mereka sambil kamu olesi dengan kecap. Bila sudah matang, sajikan tempura kani bersama saus mayonaise, teriyaki, atau sambal.

Tertarik Mencoba Macam-macam Tempura Khas Jepang?

Itulah pembahasan mengenai macam-macam tempura

Apakah kamu sudah mencoba semua?

Jika belum, kamu boleh mencoba berkreasi sendiri untuk memasak tempura di rumah.

Bahkan, menjadikannya untuk inspirasi berjualan usaha kuliner.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar makanan Asia, makanan Indonesia dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.