Cara Daftar GoFood untuk Pemula dengan Mudah

4 min read

cara daftar gofood

Cara daftar GoFood online menjadi semakin populer seiring dengan banyaknya restoran dan kedai yang tergabung menjadi mitra GoFood. Mulai dari karyawan kantoran, mahasiswa, hingga masyarakat biasa juga sering menggunakan layanan GoFood ini. Jika kamu memiliki usaha kuliner dan ingin mengembangkan usahamu dengan bergabung menjadi mitra GoFood, berikut ini adalah tata cara pendaftarannya!

Apa itu GoFood?

GoFood adalah layanan pesan antar makanan yang bisa kamu akses menggunakan jasa aplikasi GoJek. Layanan GoFood sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Pada layanan ini, kamu bisa memesan berbagai macam makanan dari banyak mitra GoFood. 

Kamu hanya cukup memilih makanan apa yang kamu inginkan melalui fitur GoFood pada Gojek. Selanjutnya restoran atau mitra GoFood akan menyiapkan pesananmu. Jika pesananmu sudah siap, maka pesananmu akan diantarkan ke tempatmu oleh driver.

Keuntungan Menjadi Mitra GoFood

Menjadi mitra GoFood akan memberikan keuntungan yang besar untuk bisnis kuliner yang kamu jalankan. Menurut CEO GoJek Kevin Aluwi, jumlah transaksi GoFood di Indonesia bisa mencapai 7 juta transaksi. Tingginya jumlah transaksi tersebut tentu akan memberikan dampak yang besar bagi mitra GoFood.

Selain itu, menjadi mitra GoFood juga merupakan salah satu strategi bisnis yang tepat. Saat ini hampir semua orang di berbagai kota menggunakan jasa layanan GoFood untuk pesan antar makanan. Mulai dari mahasiswa, pegawai kantoran, hingga masyarakat biasa juga telah terbiasa menggunakan layanan GoFood.

Tingginya jumlah transaksi dan luasnya segmen pasar menjadikan banyak mitra memperoleh engagement yang tinggi dari penjualan melalui GoFood. Banyak mitra juga mengaku memperoleh jumlah pendapatan yang tinggi saat sudah tergabung menjadi mitra GoFood. Bahkan keuntungan mereka bisa meningkat hingga 2,5 kali lipat dari pendapatan mereka sebelum menjadi mitra GoFood. 

Syarat Daftar GoFood

Syarat dan ketentuan untuk mendaftar sebagai mitra GoFood dibedakan menjadi 2 yaitu untuk perseorangan dan untuk perusahaan atau badan usaha. Berikut ini adalah beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi jika ingin mendaftar sebagai mitra GoFood baik sebagai perseorangan atau badan usaha.

Baca Juga:  Teks Prosedur Membuat Makanan: Penjelasan, Cara Membuat, dan Contoh

1. Memiliki Usaha Kuliner

Jika kamu ingin daftar menjadi mitra GoFood baik sebagai perseorangan atau badan usaha, syarat pertama yang harus kamu penuhi adalah memiliki usaha atau bisnis di bidang kuliner. Bentuk usaha tersebut dapat berupa restoran, kedai, kafe, maupun home industry yang menjual aneka produk kuliner baik makanan atau minuman.

2. Menyertakan Kontak untuk Dihubungi

Syarat pendaftaran sebagai mitra GoFood selanjutnya adalah harus memiliki kontak yang bisa dihubungi. Kamu harus menyertakan alamat email dan nomor HP pemilik usaha saat akan mendaftar sebagai mitra GoFood perseorangan. Jika kamu mendaftar sebagai perwakilan suatu perusahaan atau badan usaha, maka kamu harus menyertakan email dan nomor HP dari direktur atau wakil perusahaan yang ditunjuk.

3. Menyertakan Alamat dan Kontak Outlet

Untuk mendaftar sebagai mitra GoFood, kamu juga harus menyertakan nomor HP dan alamat fisik dari outlet usaha kamu. Jika kamu mendaftar sebagai perwakilan dari perusahaan, maka kamu juga harus menyertakan alamat fisik outlet dan nomor HP dari outlet kamu.

4. Melengkapi Dokumen Persyaratan Cara Daftar Gofood

Terdapat beberapa perbedaan pada kelengkapan dokumen persyaratan yang harus kamu lengkapi jika kamu mendaftar mitra GoFood sebagai perseorangan atau perwakilan badan usaha. Jika kamu mendaftar sebagai perseorangan, kamu harus melampirkan beberapa dokumen seperti berikut:

  • KTP pemilik usaha, 
  • Nomor rekening pemilik usaha, 
  • NPWP pemilik usaha, dan 
  • Dokumen pendukung seperti buku tabungan, bukti rekening e-Banking, dan rekening koran jika terdapat perbedaan antara nama pemilik rekening dengan pemilik usaha.

Sementara itu, jika kamu mendaftar mitra sebagai perwakilan dari perusahaan maka kamu perlu melampirkan dokumen persyaratan yang lebih banyak seperti berikut ini:

  • KTP (WNI) /KITAS & Paspor (WNA) direktur perusahaan,
  • Surat kuasa yang ditandatangani oleh direktur sesuai akta,
  • Jika pendaftaran dilakukan oleh perwakilan perusahaan maka perlu melampirkan KTP (WNI) /KITAS & Paspor (WNA) perwakilan yang ditunjuk perusahaan 
  • Dokumen izin usaha (NIB/SIUP/TDUP/TDY)
  • Akta pendirian, penyesuaian 2007, dan perubahan terbaru
  • Nomor rekening perusahaan
  • NPWP perusahaan
  • Dokumen pendukung seperti buku tabungan, bukti rekening e-Banking, dan rekening koran jika terdapat perbedaan antara nama pemilik rekening dengan nama perusahaan 
Baca Juga:  10 Rekomendasi Makanan Eropa yang Terkenal di Indonesia

Biaya Daftar GoFood

Untuk mendaftar sebagai mitra GoFood, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun atau gratis. Namun, GoJek mengenakan sistem bagi hasil sebesar 20% untuk outlet yang menjadi mitra GoFood. Sistem bagi hasil tersebut akan dikenakan pada setiap penjualan makanan atau minuman yang terjual melalui aplikasi GoJek. 

Cara Daftar GoFood

Mekanisme cara daftar GoFood sudah semakin mudah. Kamu bisa daftar GoFood secara langsung melalui aplikasi GoBiz. Berikut ini adalah cara daftar GoFood online yang bisa kamu ikuti.

1. Download Aplikasi GoBiz

Cara daftar GoFood online yang pertama adalah kamu harus mendownload aplikasi GoBiz terlebih dahulu. Kamu bisa mendownloadnya di Playstore. GoBiz adalah aplikasi yang akan kamu gunakan untuk melakukan pendaftaran sebagai mitra GoFood.

1

 

Foto Pribadi

2. Daftar Akun GoBiz

Buka aplikasi GoBiz dan lakukan pendaftaran akun GoBiz terlebih dahulu dengan mendaftarkan nomor HP kamu. 

2

 

Foto Pribadi

3. Pilih Jenis Mitra

Setelah itu, pilih jenis pendaftaran mitra yang kamu inginkan. Terdapat 3 jenis pendaftaran mitra yaitu mitra untuk usaha milik pribadi, mitra untuk usaha milik perusahaan, dan mitra untuk tambah outlet.

3

Foto Pribadi

4. Siapkan Dokumen Persyaratan Cara Daftar GoFood

Jika kamu sudah menentukan jenis mitra yang kamu inginkan, langkah selanjutnya adalah siapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk pendaftaran mitra GoFood.

4

Foto Pribadi

5. Langkah Cara Daftar GoFood 

Untuk melakukan registrasi mitra GoFood, kamu harus melengkapi beberapa formulir pendaftaran seperti formulir identitas pemilik, informasi rekening bank, informasi usaha, informasi outlet, dan pilihan layanan.

5

Foto Pribadi

  • Formulir Identitas Pemilik

Lengkapi data-data yang dibutuhkan pada formulir identitas pemilik dan perhatikan juga kejelasan dari foto-foto yang kamu kirimkan.

6

 

7

 

8GoBiz

  • Informasi Rekening Bank

Setelah kamu melengkapi formulir identitas pemilik, langkah selanjutnya adalah lengkapi formulir informasi rekening bank untuk keperluan pencairan dana usaha. Jika nama pada rekening bank tidak sesuai dengan nama identitas pemilik, maka kamu harus melampirkan dokumen pendukung yaitu buku tabungan atau rekening koran. 

Baca Juga:  Ide Bisnis Minuman di Bulan Ramadhan, Apa Saja yang Menguntungkan?

9

GoBiz

  • Informasi Usaha

Isi formulir data informasi usaha yang meliputi nama usaha dan bidang usaha kamu. Pada saat pengisian informasi usaha ini, pastikan kamu mengikuti instruksi dan panduan penulisan yang benar agar tidak terjadi kesalahan saat proses pengisian formulir.

10

GoBiz

  • Informasi Outlet

Formulir informasi outlet adalah formulir yang menjelaskan tentang bidang usaha atau outlet usaha kamu. Pada saat pengisian informasi outlet ini, pastikan kamu juga mengikuti panduan pengisian formulir yang benar agar tidak terjadi kesalahan.

Baca juga panduan dan aturan untuk upload foto outlet. Pastikan foto outlet yang kamu lampirkan memiliki pencahayaan yang bagus, tidak blur, dan nama outlet kamu terlihat dengan jelas. Pastikan juga alamat outlet yang kamu daftarkan sesuai dengan alamat fisik outlet pada foto yang kamu lampirkan.

Jika usaha kuliner kamu merupakan usaha rumahan, kamu bisa melampirkan foto bagian luar rumah kamu pada formulir informasi outlet ini.

11

12

GoBiz

  • Pilihan Layanan

Setelah kamu melengkapi semua data pada formulir pendaftaran mitra tersebut, langkah selanjutnya adalah pilih layanan atau fitur yang ingin kamu aktifkan seperti GoFood, GoPay, atau POS. Pastikan juga kamu membaca semua ketentuan dari setiap layanan dan pelajari juga keuntungan dari setiap layanan yang kamu pilih.

13

GoBiz

6. Verifikasi Pendaftaran

Proses verifikasi pendaftaran mitra GoFood ini memakan waktu selama 2 hari kerja. Data usaha yang kamu kirimkan akan diperiksa kelengkapan dan kesesuaiannya oleh tim GoBiz.

14

Foto Pribadi

7. Aktivasi Mitra

Setelah pendaftaranmu diverifikasi, maka proses aktivasi mitra kamu akan diproses dalam waktu 1 sampai 7 hari kerja. Karena kamu mendaftar sebagai mitra layanan GoFood maka kamu perlu melengkapi beberapa data saat proses aktivasi seperti foto profil restoran, jam operasional, dan daftar menu.

15

Foto Pribadi

Itu dia cara daftar GoFood online sebagai mitra.

Tentu saja akan memudahkan kamu jika ingin mengembangkan bisnis kuliner kamu.

Banyaknya pengguna layanan GoFood dan tingginya jumlah transaksi harian di GoFood tentu akan membantu usahamu untuk semakin berkembang dan dikenal banyak orang.

Jadi, apa tertarik untuk bergabung menjadi mitra GoFood?


Temukan inspirasi lainnya seputar tips, bisnis makanan dan bisnis minuman hanya di fnbpreneur.id