Rekomendasi Takjil Buka Puasa yang Wajib Dicoba

4 min read

Rekomendasi Takjil Buka Puasa yang Wajib Dicoba

Umat muslim pastinya sangat menanti datangnya bulan suci ramadhan untuk menjalankan ibadah puasa. Kemudian salah satu hal yang sering orang lakukan dalam menunggu buka puasa dengan berburu takjil. Kamu yang penasaran apa saja rekomendasi takjil buka puasa yang ada maka dapat melihat penjelasan berikut ini. 

Apa Itu Takjil?

Takjil merupakan hidangan yang bisa kamu santap untuk berbuka puasa. Biasanya hidangan takjil kebanyakan manis dan makanan ringan dengan banyak pilihan. Untuk pilihannya bisa makanan atau minuman. Kemudian menu takjil memiliki harga yang terjangkau dan bisa menemukannya pada sore hari menjelang buka puasa.

Rekomendasi Takjil Wajib Untuk Buka Puasa

Terdapat beberapa rekomendasi takjil untuk kamu buka puasa nantinya. Tentunya bisa kamu temukan dengan mudah di pasar atau tempat orang – orang berjualan jajanan. Pilihannya, antara lain :

1. Sup Buah

sop buah sebagai rekomendasi takjil buka puasa

Sumber : YouTube resep bunda yustin

Untuk rekomendasi takjil buka puasa yang pertama yaitu sup buah. Mungkin kamu sering memilih salah satu takjil ini sebagai menu berbuka puasa. Dari tampilannya saja sudah terlihat bahwa sup buah ini sangat menyegarkan. Sup buah biasanya akan berwarna merah muda karena campuran susu dan sirup merah.

Namun tidak hanya itu saja, di dalamnya terdapat beberapa campuran potongan buah yang segar dan manis. Biasanya pilihan buahnya seperti melon, semangka, buah naga, nanas, dan yang lainnya. 

Bagi kamu yang mungkin tidak ingin keluar rumah tetapi ingin mencicipinya dapat membuatnya sendiri. Dengan menyiapkan wadah atau cangkir, es batu, air secukupnya, sirup, susu putih, dan buah sesuai keinginan. Kemudian semua bahan tersebut kamu campurkan dan siap kamu minum.

2. Pisang Madu

pisang madu

Sumber : YouTube Ceceromed Kitchen 

Pilihan takjil berikutnya yaitu bernama pisang madu. Dari namanya saja kita sudah mengetahuinya bahwa bahan dasar pembuatannya dari pisang. Makanan gorengan memang tidak bisa lepas dari orang Indonesia apalagi saat berbuka puasa. Sehingga orang – orang akan banyak mencari makanan seperti ini.

Baca Juga:  Contoh Proposal Usaha Makanan dan Cara Membuatnya

Jika kamu perhatikan lagi, gorengan ini memiliki perbedaan dari yang lainnya. Ketika kamu melihat pertama kali tampak tampilan luarnya yang mengkilat karena terdapat lapisan madu. Kebanyakan gorengan hanya melumuri bahan dengan adonan lalu menggorengnya, tetapi pisang madu ini memiliki keunikan tersendiri.

Kamu bisa menemukannya di pinggir jalan atau stand khusus menjual pisang madu ini. Jika ingin membuatnya sendiri juga tidak terlalu sulit dengan menyiapkan pisang, adonan, dan madu. Setelah kamu menggoreng pisang tersebut maka selanjutnya lumuri dengan madu dan bakar sebentar hingga kecoklatan. 

3. Es Pisang Ijo

es pisang ijo

Sumber : YouTube atha naufal

Rekomendasi takjil buka puasa selanjutnya yaitu es pisang ijo. Minuman ini juga memiliki bahan utamanya pisang. Buah pisang tidak hanya bisa kamu jadikan gorengan tetapi juga minuman yang menyegarkan. Kamu bisa menemukan es pisang ijo banyak di pinggiran jalan dari pedagang kaki lima.

Kenapa bernama pisang ijo? Karena terdapat adonan tambahan berwarna hijau dan manis yang menyelimuti buah pisang. Sehingga orang – orang menyebutnya pisang hijau. Pembuatan es pisang ijo hampir sama dengan sup buah seperti sirup merah, susu, dan es lalu bedanya hanya bahan utamanya. 

4. Kolak Biji Salak

rekomendasi takjil buka puasa - kolak biji salak

Sumber : YouTube atha naufal

Pilihan takjil untuk berbuka puasa yang bisa kamu coba yaitu kolak biji salak. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal menjadikannya banyak diburu orang – orang sebagai menu buka puasa. Tidak sedikit yang menjual kolak biji salak di pasar dan pinggir jalan sehingga mudah untuk kamu menemukannya. 

Pasti kamu beranggapan bahwa bahan dasarnya adalah biji salak. Anggapan itu tentunya salah dan bahan utama pembuatannya ubi jalar. Ubi jalar nantinya diolah agar teksturnya kenyal dan membentuknya seukuran biji salak. Jika ingin mencoba membuatnya sendiri bisa melihat berbagai resep dan cara mengolahnya di internet. 

5. Bubur Kampiun

bubur kampiun

Sumber : YouTube Street Foods Village

Menu rekomendasi takjil buka puasa selanjutnya yaitu bubur kampiun. Salah satu kuliner Indonesia dan tepatnya berasal dari daerah Minangkabau. Tentunya kamu yang tinggal di daerah tersebut tidak asing dengan makanan satu ini dan sering menjadikannya menu buka puasa. 

Bubur kampiun ini sering orang jadikan takjil karena rasanya yang manis. Rasa manis tersebut ternyata berasal dari campuran beberapa bahan. Dengan bahan pembuatannya seperti kolak ubi, candil, ketan hitam, bubur sumsum, dan bubur delima. Meskipun cukup banyak campurannya tetapi tidak merubah cita rasanya. 

Baca Juga:  Tips Foto Hidangan Makanan agar Terlihat Menarik di Social Media

6. Martabak Tahu 

martabak tahu

Sumber : YouTube DAPUR MAMA KYNA

Menu takjil yang bisa kamu cicipi selanjutnya yaitu martabak tahu. Kamu pastinya sering memakan varian martabak di luar sana seperti martabak telur atau manis. Nah martabak satu ini memiliki pembeda dari bahan isiannya dengan tahu sehingga kedengarannya lebih unik. Kemudian memiliki cita rasa tersendiri dari tahu tersebut.

Mungkin kamu sedikit sulit untuk menemukannya tetapi jika kamu mencarinya ke pedagang – pedagang yang ada akan menemukannya. Namun jika ingin mencoba membuatnya sendiri juga bisa dan tentunya mudah. 

Untuk membuatnya persiapkan bahan seperti kulit martabak, tahu yang sudah kamu haluskan, dan telur jika ingin menambahkan. Isian tahu tersebut juga dapat kamu variasi dengan memberikan potongan daging sehingga memberikan cita rasa yang lebih nikmat. Panaskan wajan dan goreng martabak tahu hingga kecoklatan. 

7. Mie Glosor

 mie glosor sebagai rekomendasi takjil buka puasa

Sumber : YouTube SAHABAT HOBI MASAK

Salah satu rekomendasi takjil buka puasa yang wajib kamu coba khususnya bertempat tinggal di Bogor yaitu mie glosor. Makanan ini umumnya mudah kamu temukan hanya saat ramadhan tiba. Sehingga ketika kamu pulang kampung akan terasa kurang jika tidak menyempatkan berburu takjil mie glosor ini.

Banyak orang menamai mie glosor karena ketika memakannya, mie langsung meluncur ke tenggorokan dengan lembut. Harga yang biasa pedagang tawarkan untuk makanan ini juga terjangkau mulai dari Rp 5000. Dengan harga yang murah sekali kamu bisa menikmati makanan khas bogor yang ada ketika lebaran saja. 

8. Bongko Kopyor

bongko kopyor

Sumber : YouTube Kue Misykah

Kemudian takjil yang dapat kamu cicipi yaitu bongko kopyor yang merupakan makanan khas Gresik. Ketika kamu berkunjung ke Gresik maka akan mudah menemukannya dan melihat pedagang berjualan makanan tersebut. Tentunya bongko kopyor ini akan mudah kamu temukan ketika bulan ramadhan tiba.

Pada umumnya sajian bongko kopyor menggunakan pembungkus dari daun pisang sehingga menciptakan aroma yang wangi. Kemudian saat kamu membuka bungkusan daun pisang tersebut akan menemukan roti tawar, pisang, nangka, kelapa muda, bubur mutiara, dan santan.

9. Ketan Bintul

ketan bintul

Sumber : YouTube TRANS7 OFFICIAL

Makanan yang dapat kamu jumpai saat menjelang buka puasa yaitu ketan bintul. Salah satu makanan atau jajanan khas dari Banten ini memang banyak orang mencarinya sebagai takjil. Kamu yang berasal dari Banten harus mencicipi jajanan ini karena mudah menemukannya di pinggir jalan ketika bulan ramadhan tiba.

Baca Juga:  10 Produk Olahan Susu yang Menguntungkan untuk Jadi Ide Bisnismu

Salah satu rekomendasi takjil buka puasa ini banyak peminatnya karena tampilannya yang sederhana tapi rasanya enak. Dengan berbahan dasar ketan kemudian terdapat taburan serundeng di atasnya membuatnya sangat menarik. Dari bahan yang sederhana tersebut tentunya kamu bisa juga membuatnya sendiri.

10. Kue Jongkong

kue jongkong

Sumber : YouTube atha naufal

Terakhir yaitu kue jongkong yang merupakan jajanan khas daerah Bangka. Tentunya makanan atau jajanan ini bisa kamu temukan dengan mudah saat bulan ramadhan dan cocok menjadikannya takjil. Dengan rasa manis dan tekstur yang lembut akan membuat kamu ingin mencicipinya terus. 

Manakah Menu Takjil Kesukaan Kamu?

Dengan demikian, mencari takjil untuk berbuka puasa memang tidak lepas dari kebiasaan kita ketika bulan ramadhan. Beberapa jajanan yang bermacam – macam dari berbagai daerah tidak bisa kita lewatkan begitu saja. Tentunya masih banyak lagi rekomendasi takjil buka puasa yang bisa kamu pilih.

Jika kamu tidak ingin bepergian untuk membelinya bisa dengan membuatnya sendiri. Bahan – bahan setiap makanan atau minuman untuk takjil tersebut juga tidak sulit untuk kamu temukan. Dengan kamu membuatnya sendiri nantinya dapat melakukan variasi sesuai dengan keinginan. 

Dapatkan berbagai tips maupun informasi seputar bisnis kuliner, makanan indonesia, franchise, dan lain-lain hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.