Media Online Terbaik Untuk Mempromosikan Produk Kulinermu

5 min read

Penggunaan media sosial atau online saat ini sangat banyak karena manfaatnya. Salah satunya dalam dunia bisnis menjadikan media online terbaik sebagai tempat untuk menarik para pelanggan dengan produknya. Perkembangan teknologi digital marketing ini bisa menjadikan peluang bagi para pebisnis. Lalu, apa pentingnya media online dalam mempromosikan bisnis kuliner?

Pentingnya Media Online Dalam Mempromosikan Bisnis F&B

Setiap orang pada zaman sekarang lebih banyak membuka usaha atau bisnis sendiri daripada bekerja kantoran. Mungkin saja salah satunya kamu yang sekarang memiliki bisnis di bidang kuliner atau F&B. Bisnis F&B saat ini memang tidak pernah habis peminatnya sehingga tetap akan berkembang. 

Menggunakan median online terbaik menjadi pilihan dalam memasarkan produk sehingga banyak orang melihat dan penasaran kemudian mencari tahu. Kemudian kamu bisa mempromosikannya lewat media sosial yang kamu miliki atau dengan influencer

Rekomendasi Media Online Terbaik

Terdapat beberapa media online terbaik yang dapat kamu jadikan pandangan dalam media mempromosikan bisnismu, antara lain :

1. Website

menggunakan website (1)

Untuk yang pertama ini kamu bisa mempromosikannya melalui website yang telah kamu buat. Website tersebut nantinya resmi menjadi tempat kamu menjualkan produk F&B secara pribadi. Penggunaan website juga bisa terbilang seperti toko – toko online pada umumnya. 

Ketika kamu memiliki website dengan berbagai macam produk yang dijual, nantinya kamu bisa juga bekerja sama dengan penulis online. Bisa dengan seorang blogger, penulis artikel, dan lainnya yang berhubungan dengan website. Tentu saja kamu harus mengeluarkan biaya untuk membayar penulis online.

2. Social Media

social media sebagai media online terbaik (1)

Yang selanjutnya kamu dapat menggunakan berbagai platform sosial media yang biasa kamu akses setiap harinya. Beberapa platform social media tersebut juga bisa kamu akses menggunakan smartphone. Kemudahan dalam mengaksesnya ini membuat pelaku bisnis F&B tertarik untuk menjadikannya pilihan.

Berbagai fitur yang ada dalam aplikasi social media juga sangat menguntungkan salah satunya fitur live sehingga dapat mempromosikannya secara langsung. Para influencer juga banyak menggunakan aplikasi – aplikasi tersebut salah satunya yaitu para artis Indonesia.

3. Instagram

media online instagram (1)

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Instagram?. Media online terbaik satu ini dapat kamu unduh melalui Play Store atau App Store di masing – masing smartphone. Kamu bisa memposting foto atau video pada akun kamu atau menggunakan fitur Toko yang ada di Instagram serta akun kuliner lainnya.

Baca Juga:  SOP Bisnis Makanan dan Minuman, Contoh Lengkapnya Ada di Sini

Kamu juga bisa mempromosikan melalui live Instagram jika memiliki follower yang banyak. Jika akun kamu tidak memiliki jumlah follower yang banyak bisa bekerja sama dengan seleb Instagram untuk mempromosikan produk kamu. Kemudian ratusan ribu hingga jutaan follower seleb Instagram siap menilainya.

4. Twitter

twitter

Aplikasi ini juga banyak penggunanya sehingga cocok sebagai media mempromosikan bisnis F&B. Twitter sendiri tidak hanya sebagai tempat kamu “berkicau” dengan kalimat galau. Namun juga sebagai media informatif dari berbagai bidang. 

Banyak sekali akun yang memposting beberapa kuliner di berbagai daerah. Kamu bisa memposting produk kamu melalui akun pribadi atau dengan akun kuliner yang banyak tersedia di pencarian. Sehingga pengguna Twitter bisa melihat produk F&B kamu.

Namun dalam media sosial Twitter belum ada fitur live sehingga kamu tidak bisa mempromosikannya secara langsung.

5. Facebook

facebook

Kamu juga bisa menggunakan media online terbaik satu ini yaitu Facebook. Pengguna Facebook ini yang sangat banyak hingga jutaan sehingga cocok untuk mempromosikan bisnis kuliner kamu. Terdapat banyak grup jual beli di Facebook yang bisa kamu posting produk makanan dan minuman di sana. 

Tidak hanya melalui postingan dalam grup jual beli saja namun juga bisa menggunakan fitur live. Media sosial Facebook sekarang sudah semakin berkembang dan tidak ingin kalah dengan aplikasi media sosial lainnya.

6. TikTok

media online tiktok

Media sosial yang satu ini sedang naik – naiknya dikalangan masyarakat dan artis. Kamu bisa memposting video dan foto produk F&B di sana. Kemudian juga bisa menggunakan influencer TikTok atau bisa disebut seleb TikTok. Dengan memanfaatkan fitur live TikTok juga bisa untuk mempromosikan.

Dengan begitu platform TikTok tidak hanya untuk orang – orang yang memposting video dan foto kreatifnya saja. Namun juga sebagai media untuk mempromosikan, salah satunya bisnis F&B.

7. YouTube

menggunakan youtube

Yang selanjutnya setiap orang pasti sering menggunakannya yaitu YouTube. Platform YouTube ini biasa banyak orang menggunakannya untuk media hiburan, informasi, dan edukasi. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari adanya YouTube ini. Sehingga orang – orang tidak  berhenti untuk mengaksesnya. 

Dari tahun ke tahun mulai banyak bermunculan content creator yang memberikan berbagai macam tontonan seperti gaming, kuliner, edukasi, dan lainnya. Semua tontonan tersebut terdapat sisi manfaatnya tersendiri bagi setiap orang.

Untuk para pelaku bisnis F&B juga bisa memanfaatkan YouTube sebagai media promosi yang menjanjikan. Kamu bisa bekerja sama dengan content creator YouTube yang biasanya isi video nya tentang kuliner. Kemudian para content creator tersebut diminta untuk mereview produk makanan atau minuman kamu.

Baca Juga:  12 Teknik Memasak yang Perlu Pebisnis Kuliner Tahu

Dengan jumlah subscriber dan penonton yang banyak dapat menjadikan keuntungan bagi kamu dan menaikan penjualan pastinya. Banyak sekali content creator yang mereview makanan dan minuman dari pengusaha F&B kecil hingga besar. 

Kemudian kamu juga memasang iklan produk kamu di YouTube dengan Google Ads. Video pada YouTube biasanya memuat iklan Google Ads yang berisi tentang penawaran sebuah produk apa pun. Jadi kamu tidak perlu meminta para content creator untuk mengulas produk kamu.

Kamu juga harus mengeluarkan biaya untuk memasang iklan di setiap video YouTube dengan tarif yang sudah ditentukan oleh Google Ads.

Terdapat Juga Media Online Terbaik yang Digunakan Food Merchant

Dalam dunia bisnis F&B memang harus memiliki kreatifitas dalam memasarkan produk dengan berbagai media yang ada. Tidak hanya mudah untuk menggunakan media online terbaik saat ini namun juga biaya yang dikeluarkan juga dapat diminimalisir. 

Setiap pelanggan juga ingin dapat menikmati produk yang kamu jual tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. Kemudahan yang didapatkan tidak hanya untuk para penjual saja tapi juga dengan para pembelinya. Dengan begitu sangat cocok dengan kamu yang tidak mau repot – repot mengantri untuk membeli makanan yang dicari.

Kemudian saat ini mulai bermunculan aplikasi yang mempermudah penjualan di Food Merchant dari penjual dengan pembeli. Penyedia jasa antar jemput makanan atau minuman juga merasakan keuntungannya. Terdapat beberapa aplikasi penyedia jasa antar jemput makanan yang praktis, antara lain :

1. Menggunakan GoFood

menggunakan gofood

Setiap orang yang selalu menggunakan smartphone dan update dengan dunia digital pasti tahu dengan Gojek. Aplikasi Gojek ini memberikan jasa antar jemput konsumen untuk bepergian ke daerah – daerah tertentu. Jasa yang tersedia hampir sama dengan ojek biasanya namun yang membedakannya menggunakan aplikasi.

Terdapat beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi Gojek tersebut. Semua fitur yang ada kebanyakan menawarkan penggunaan jasa para setiap driver. Salah satunya yaitu fitur Go Food yang memudahkan konsumen. 

Munculnya fitur GoFood ini merupakan inovasi yang mengutamakan kepuasan pelanggan. Dengan melihat para konsumen Gojek ini tidak selalu menggunakan jasa untuk bepergian saja. Namun para konsumen juga ingin membeli makanan dan minuman tanpa harus bepergian. 

Banyak sekali bisnis F&B yang kecil hingga besar menggunakan jasa Go Food untuk menjual dan mengantarkan produknya ke konsumen. Orang – orang dapat memesan melalui aplikasi kemudian penjual membuatkan pesanannya, selanjutnya tinggal menunggu driver untuk mengambilnya.

Dalam menggunakan aplikasi Go Food juga, kamu bisa mendapatkan promo cashback atau diskon ketika memesan. Dengan begitu sangat menguntungkan sekali untuk kamu para pelanggan. 

2. Menggunakan GrabFood

grabfood

Untuk satu ini merupakan fitur yang ada dalam aplikasi Grab. Pastinya orang – orang sudah tahu dan sering menggunakan aplikasi Grab untuk bepergian. Aplikasi Grab ini bisa dibilang sebagai salah satu saingan dari Gojek dengan menyediakan jasa yang sama. Namun pusat perusahaannya terletak di Singapura buka di Indonesia.

Baca Juga:  Teks Prosedur Membuat Makanan: Penjelasan, Cara Membuat, dan Contoh

Perusahaan Grab juga memiliki cabang di berbagai negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam. Jadi tidak heran pengguna aplikasi tersebut sama banyaknya dengan Gojek. 

Dalam aplikasi Grab terdapat fitur GrabFood  yang menyediakan jasa antar jemput makanan dari penjual ke pelanggan. Kemudian para orang yang memiliki bisnis F&B juga mulai menerapkan fitur tersebut. Untuk pendaftarannya pun juga mudah dan cepat dengan mengunjungi website resminya. 

Untuk kamu yang suka hemat jangan khawatir karena dalam GrabFood nantinya bisa mendapatkan cashback atau diskon dalam pembelian. Jadi kamu juga mendapatkan keuntungan tambahan. 

3. Menggunakan ShopeeFood

shopeefood

Orang – orang pastinya tahu dengan salah satu e-commerce terbesar yaitu Shopee. Banyak orang yang menggunakan Shopee sebagai tempat belanja online dengan berbagai macam kebutuhan. Namun saat ini Shopee mulai melakukan inovasi tambahan pada pelayanannya.

Beberapa e-commerce lainnya biasanya hanya menyediakan layanan untuk menjual belikan barang – barang saja di berbagai wilayah Indonesia. Namun Shopee mulai menambah pelayanannya atau fitur pada aplikasi agar penjual bisa menjual makanan yaitu ShopeeFood.

Perusahaan Shopee mulai melihat banyaknya peluang pengguna jasa antar jemput makanan yang memudahkan dan menguntungkan. Untuk kamu yang memiliki bisnis F&B bisa menjual produk makanan dan minuman di ShopeeFood. Penggunaannya juga hampir sama dengan aplikasi penyedia jasa antar jemput lainnya. 

Konsumen juga bisa mendapatkan promo cashback atau diskon serta gratis ongkir dalam pemesanan. Keuntungan pengguna Shopee pun sekarang bisa menikmati layanan jual beli barang dan antar jemput makanan dalam wilayah tertentu.  

Media Online Terbaik Manakah yang Tertarik Kamu Gunakan?

Dengan demikian, kamu yang memiliki bisnis yang bergerak di bidang kuliner tidak usah khawatir dengan sedikitnya pelanggan. Kemudian memanfaatkan setiap media online yang ada dapat menaikan penjualan setiap produk yang kamu miliki. Dengan mengunggah postingan video dan foto produk kamu dalam setiap akun media sosial.

Kamu juga bisa bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mempromosikan produk kamu seperti seleb Instagram, TikTok, dan content creator Youtube. Kemudian juga bisa dengan iklan di Youtube menggunakan Google Ads dan memasang iklan pada setiap video. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dalam promosi. 

Dapatkan berbagai informasi maupun tips bisnis kuliner untuk mengembangkan bisnis kulinermu yang tentunya hanya di fnbpreneur.id.