Rekomendasi Bisnis Makanan Sehat untuk Anak Sekolah

3 min read

bisnis makanan sehat untuk anak sekolah

Bisnis makanan sehat memang tidak pernah ada matinya. Sejak dulu, makanan sehat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dan memiliki peminat dari berbagai kalangan usia. Salah satu sektor yang tinggi peminatnya untuk bisnis makanan sehat ini adalah pada anak sekolah.

Sayangnya, masih banyak jajanan di sekolah yang kurang sehat dan kurang baik untuk kesehatan anak. Sebagai pebisnis makanan, kamu bisa melihat peluang bisnis makanan sehat yang sangat menarik. Kehadiran makanan sehat sangatlah cocok bagi anak-anak.

Namun, untuk bisa menciptakan bisnis makanan sehat, kamu tidak bisa sembarangan. Kamu memerlukan beberapa hal agar bisnis kamu bisa sukses. Apa sajakah itu? Berikut selengkapnya!

Hal yang Diperlukan Untuk Bisnis Makanan Sehat Untuk Anak Sekolah

Beberapa hal berikut ini sangat wajib untuk kamu siapkan apabila kamu ingin memulai bisnis makanan sehat. Terdapat tiga hal yang harus kamu persiapkan sebelumnya. Diantaranya yaitu :

1. Gerobak Tempat Jualan

Pertama, kamu membutuhkan gerobak tempat kamu berjualan yang harus kamu siapkan untuk memulai bisnis makanan sehat untuk anak sekolah ini. Gerobak menjadi tempat yang nantinya akan kamu gunakan sebagai tempat kamu melayani anak-anak yang ingin membeli bisnis makanan kamu. 

Terdapat bermacam-macam jenis gerobak yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan gerobak dorong yang bisa kamu pindahkan kesana kemari saat ingin berpindah tempat. Gerobak ini juga bisa kamu bawa pulang ketika kamu sudah selesai berjualan.

Selain gerobak dorong, bagi kamu yang memiliki sepeda motor, kamu juga bisa meletakkan gerobak di belakang sepeda motormu. Sepeda motor akan sangat membantumu dalam mobilitas yang tinggi. 

Jadi, kamu bisa bepergian dengan mudah dari sekolah satu ke sekolah lain untuk menawarkan bisnis makanan sehat kamu ini.

Baca Juga:  12 Jenis Ramen yang Sangat Populer, Enaknya Bikin Nagih!

2. Bahan Makanan

Gerobak memang merupakan hal penting yang harus kamu persiapkan. Namun, bahan-bahan makanan juga menjadi hal yang tidak kalah penting dalam memulai bisnis makanan sehat untuk anak sekolah ini. 

Bahan-bahan itu akan berpengaruh terhadap kualitas dari bisnis makanan sehat milikmu ini nantinya. Kamu bisa menyesuaikan bahan-bahan ini dengan resep yang akan kamu gunakan untuk bisnis makananmu nanti.
Pastikan menggunakan bahan terbaik namun dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Ketika kamu bisa memilih bahan terbaik seperti itu, kamu bisa menghasilkan makanan sehat terbaik dengan harga yang lebih murah daripada pesaing bisnis milik kamu.

3. Alat dan Perlengkapan Tambahan

Gerobak sudah siap, bahan-bahan juga sudah siap. Apalagi yang kurang? Peralatan dan perlengkapan tambahan menjadi hal yang juga tidak kalah penting untuk kamu siapkan saat ingin memulai bisnis makanan sehat untuk anak sekolah.

Peralatan yang harus kamu persiapkan ini, nantinya akan kamu gunakan untuk membuat makanan sehat yang kamu jual. Kamu bisa menyiapkan berbagai peralatan seperti pisau, talenan, kompor, gunting, dan lain sebagainya yang sekiranya akan kamu gunakan nantinya saat membuat makanan sehat itu.

Sedangkan untuk perlengkapan tambahan ini, merupakan perlengkapan yang kamu siapkan untuk membuat makanan sehat menjadi lebih menarik. Contohnya seperti wadah mika, kantong kresek, tusuk sate, dan perlengkapan lain yang sejenis.

Berapa Modal yang Dibutuhkan?

Sebelumnya kamu sudah mengetahui hal apa saja yang akan kamu butuhkan nantinya saat memulai bisnis makanan sehat untuk anak sekolah. Sayangnya, hal itu tidaklah cukup untuk membuat kamu siap memulai bisnis makanan sehat ini. Kamu masih harus mengetahui berapa modal yang sekiranya akan kamu butuhkan nantinya.

Modal menjadi biaya awal yang harus kamu siapkan dalam memulai suatu bisnis. Dalam memulai suatu bisnis, penggunaan modal sendiri biasanya terpakai pada saat pengadaan berbagai hal yang harus kamu siapkan yang sebelumnya sudah kamu ketahui.

Baca Juga:  7 Mexican Restaurant Jakarta Terbaik, Ini Menu Favoritnya!

Untuk memulai bisnis makanan semacam ini, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar. Hal ini karena bisnis makanan anak sendiri biasanya lebih fokus kepada harga yang ramah di kantong dengan porsi anak-anak yang tidak terlalu besar.

Selain itu, area sekitar sekolah menjadi tempat yang bisa kamu gunakan untuk meletakkan gerobak bisnis makanan sehat kamu secara gratis. Kamu tidak perlu menyewa tanah maupun bangunan untuk bisa memulai bisnis semacam ini. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan modal awal untuk masalah tempat yang kamu gunakan nantinya.

Kamu hanya perlu memperhatikan modal untuk biaya bahan, gerobak, dan peralatan tambahannya. Jika kamu berniat untuk memulai dari nol dan membeli seluruh kebutuhan dari awal, maka modal yang akan kamu habiskan sekitar 4 juta sudah dengan gerobaknya.

Harga itu terlihat sangat murah dan sangat kecil mengingat potensi keuntungan yang sangat besar dari bisnis kuliner sehat semacam ini.

Tips Sukses Bisnis Makanan Sehat Untuk Anak Sekolah

Hal yang diperlukan dan juga modal sudah kamu ketahui sekarang. Lalu, apalagi yang masih kurang? Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah tips sukses dalam menjalankan bisnis semacam ini. Tips-tips sukses itu diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bersikap Ramah Terhadap Anak-Anak

Anak-anak sangat identik dengan pribadi yang berkarakter dan senang dengan orang baru yang mereka anggap menarik. Untuk itu, dalam menjalankan bisnis makanan sehat ini, kamu harus bisa bersikap seramah mungkin terhadap anak sekolah yang ada di lingkungan tempat kamu berjualan.

Saat kamu bisa bersikap ramah, mereka akan merasa bahwa kamu ini sudah seperti keluarga dekat mereka. Dengan begitu, setiap kali mereka ingin jajan, sudah pasti mereka akan datang ke tempat jualanmu karena merasa nyaman dan asik dengan kamu yang ramah terhadap mereka.

2. Menjaga Higienitas Makanan

Makanan sehat sudah pasti memiliki efek yang baik nantinya saat masuk ke mulut. Hal ini harus kamu perlihatkan dengan menjaga makanan yang kamu jual untuk selalu higienis. Makanan yang higienis menjadi hal yang orang tua dari anak lihat saat ingin membelikan anak mereka suatu makanan.

Baca Juga:  Contoh Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000 dan 2000 Rupiah

Kamu bisa menjaga makanan tetap higienis dengan menjaga kebersihan gerobak yang kamu gunakan. Kemudian kamu juga bisa menggunakan sarung plastik pada saat membuat makanan sehingga bahan makanan tidak tersentuh tangan secara langsung dan tetap higienis.

Baca Juga: 7 Jenis Kemasan Makanan Higienis yang Cocok untuk Produk Makananmu

3. Penentuan Harga yang Sewajarnya

Selain higienis dan juga sikap ramah, kamu juga harus bisa menentukan harga yang pas. Harga menjadi faktor penting laku tidaknya bisnis makanan sehat kamu ini di kalangan anak sekolah. Pastikan kamu mematok harga yang sesuai dengan uang saku mereka.

Siap Untuk Memulai Bisnis Makanan Sehat Anak Sekolah?

Hal yang perlu kamu persiapkan sudah kamu ketahui. Modal dan juga tipsnya juga sudah kamu dapatkan. Sekarang saatnya untuk kamu segera membuka bisnis makanan sehat ini. Dengan begitu, kamu bisa memberikan gizi kepada anak sekolah dan mendapatkan keuntungan dari sana!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips bisnis F&B yang bisa kamu terapkan di bisnis kulinermu tentunya hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.