6 Rekomendasi Saus Steak Terbaik dengan Rasa yang Enak

5 min read

6 Rekomendasi Saus Steak Terbaik

Salah satu makanan western yang telah mendunia karena dikenal akan kelezatannya adalah steak. Dalam proses pembuatannya, saus steak merupakan elemen sangat penting untuk menghasilkan steak yang enak. Oleh karena itu, kamu perlu tahu apa saja rekomendasi saus steak terenak yang dijamin bikin steak buatan kamu lebih menggugah.

Perpaduan antara daging steak yang lezat dengan tambahan saus steak di atasnya tentu dapat membuat siapapun tergoda untuk mencicipinya. Apalagi kini telah tersedia banyak varian saus steak yang bisa kamu pilih. Lalu, apa saja rekomendasi saus steak terenak yang bisa kamu gunakan untuk melengkapi steak kamu? 

Simak ulasannya dalam artikel berikut ini!

Daftar Rekomendasi Saus Steak Terenak

Kurang lengkap rasanya jika makan steak tanpa siraman saus yang mampu menambah cita rasa dari steak yang tersaji. Berikut ini rekomendasi saus steak yang bisa bikin steak buatan kamu seenak steak buatan restoran:

1. Saus Steak Original

saus steak original

Sumber: cookpad.com

Bagi kamu pecinta rasa klasik, maka gunakan saus steak original sebagai pelengkap steak yang tersaji di piring kamu. Selain dapat membuatnya sendiri, kamu juga bisa membelinya di toko, supermarket, atau minimarket langganan kamu.

Cara membuatnya cukup mudah. kamu cukup menumis bawang bombay cincang bersama racikan bumbu seperti kecap manis, kecap inggris, dan saus tomat. Jangan lupa tambahkan segelas air, garam, dan gula palm secukupnya. Tambahkan juga 2 atau 3 sendok makan tepung maizena supaya teksturnya lebih kental.

Apabila kamu lebih tak memiliki cukup banyak waktu untuk membuatnya sendiri, kamu bisa coba merk saus steak A1. Merk ini sudah dikenal kelezatannya sejak tahun 1824 dan dipercaya masyarakat sebagai pilihan saus steak cepat saji terbaik. Sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati hidangan steak bercita rasa klasik. 

Bahan bakunya adalah tomat segar yang bila berpadu dengan daging yang lezat maka akan mampu membuat steak buatan kamu jadi makin enak dan nagih. Tak heran jika kepopuleran saus ini tetap terjaga sampai sekarang dan telah memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta steak.

Baca Juga: 4 Macam Resep Saus Steak Ala Restoran

2. Saus Steak Barbeque

saus steak barbeque

Sumber: food.detik.com

Rekomendasi saus steak terenak selanjutnya adalah saus barbeque. Saus ini merupakan jenis saus yang terpopuler dan paling cocok sebagai pelengkap steak. Barbeque sauce bisa dengan mudah kamu dapatkan karena banyak dijual di toko-toko, supermarket, minimarket, pasar, bahkan marketplace online.

Baca Juga:  Makanan Khas Jepang yang Terkenal di Indonesia

Tersedia banyak merk saus steak barbeque yang bisa kamu pilih sesuai selera. Misalnya merk Del Monte Barbeque Sauce yang harganya ramah di kantong namun rasanya nikmat. Bisa kamu konsumsi dengan menuangkannya langsung ke atas steak, dijadikan dipping sauce, bahkan bumbu marinasi untuk merendam daging sebelum dipanggang.

Ada juga merk Kraft Original Barbeque Sauce dengan kandungan lemak 0% sehingga sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Cita rasanya yang tak kalah lezat, cocok dipadukan dengan steak daging ayam.

kamu juga bisa mencoba merk lain seperti My Taste Barbeque Sauce dengan kemasan pouch yang praktis dan sederhana. Rasanya yang nagih membuat saus ini bisa kamu gunakan untuk berbagai macam hidangan selain steak, misalnya sosis, kentang, spaghetti, ayam goreng, dan lain-lain.

Atau kamu ingin saus barbeque dengan cita rasa khas Korea? Kalau begitu coba merk Ottogi BBQ Sauce yang memiliki rasa khas manis dan gurih. Selain cocok sebagai pelengkap hidangan steak, kamu juga bisa memakai saus ini untuk masakan Korea favorit kamu, seperti topokki, japchae, dan kimbab

Aneka macam saus barbeque tersebut juga bisa kamu racik sendiri jika ingin menambah cita rasanya. Cukup kamu tambahkan dengan tumisan bawang bombay yang dicincang tipis, saus tomat, lada, kaldu bubuk, tepung maizena, garam, dan gula pasir secukupnya. Dijamin saus barbeque untuk steak kamu jadi lebih nikmat dan kaya rasa.

3. Saus Steak Black Pepper

black pepper

Sumber: selerasa.com

Saus blackpepper atau yang juga disebut sebagai saus lada hitam merupakan salah satu saus steak terenak dan paling banyak penggemarnya. Selain mudah kamu jumpai di toko-toko offline maupun online, cara membuat saus ini juga cukup mudah. Blackpepper sauce biasanya cocok sebagai pelengkap steak daging sapi.

Untuk cara membuat saus blackpepper ini, kamu perlu menumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Lalu tuang kecap manis, saus tiram, dan saus sambal. Tak lupa tambahkan garam, gula, kaldu bubuk, lada hitam, dan air secukupnya. Lakukan tes rasa, dan jika sudah pas masukkan larutan tepung maizena supaya mengental.

kamu juga bisa membeli saus blackpepper ini dengan beragam pilihan merk yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya merk Pronas Blackpepper Sauce yang bisa jadi pilihan yang tepat untuk saus pelengkap steak kamu. Rasa nikmat dari lada hitam yang kuat membuat steak buatan kamu tak kalah enak dengan buatan restoran.

Ada juga merk Kikkoman Blackpepper Teriyaki Sauce yang memiliki cita rasa pedas dari lada hitam serta sensasi rasa masakan khas Jepang. Saus ini juga cocok untuk pelengkap makanan lain selain steak. Apalagi kemasannya berbentuk botol jadi mudah dibawa kemana-mana.

Baca Juga:  Makanan Kekinian Yang Mudah Dibuat Bisa Dicoba Sendiri

4. Saus Steak Jamur (Mushroom Sauce)

saus steak jamur

Sumber: selerasa.com

Jenis saus yang satu ini juga memiliki cukup banyak peminat di kalangan pecinta steak. Sesuai dengan namanya, saus ini terbuat dari jamur sebagai bahan utamanya. Jenis jamur yang dipakai ialah jamus kastanye.

Pertama, goreng jamur terlebih dahulu dengan olive oil selama lima menit, kemudian masukkan bawang bombay dan satu siung bawang putih cincang. Lalu tuang kecap inggris, saus tomat, cooking cream, dan mustard secukupnya. Jangan lupa tambahkan garam dan merica supaya makin sedap.

kamu juga bisa membeli mushroom sauce ini di toko atau marketplace langganan kamu dengan beragam pilihan merk. Di antaranya ada merk Little Maria yang terbuat dari 100% bahan alami dan bebas pengawet. Cara penyajiannya pun sangat mudah, yaitu cukup dipanaskan selama dua hingga tiga menit.

Ada pula merk Jay’s Kitchen Mushroom Gravy yang memiliki tekstur creamy dan lezat. Dijamin membuat steak buatan kamu jadi lebih istimewa dan menggugah selera.  

5. Saus Teriyaki 

saus teriyaki

Sumber: kuliner.ilmci.com

Untuk kamu yang termasuk pecinta steak pasti sudah familiar dengan saus ini. Tak hanya untuk steak, saus teriyaki juga cocok untuk melezatkan makanan lain, seperti sosis, ikan salmon, kentang goreng, dan masih banyak lagi.

Dengan menambahkan saus teriyaki ke dalam masakan, akan menambahkan cita rasa khas Negeri Sakura. Untuk membuat saus teriyaki sendiri tanpa harus keluar rumah, kamu memerlukan beberapa bahan. Di antaranya kecap asin, madu, brown sugar, jahe dan bawang putih yang dihaluskan, cuka apel, dan larutan maizena.

Caranya, campurkan semua bahan kecuali cuka dan larutan maizena, kemudian masak dan aduk rata hingga mendidih selama kurang lebih dua menit. Jika sudah mendidih, masukkan cuka dan larutan maizena, aduk hingga mengental. Diamkan hingga agak dingin lalu angkat dan siap disajikan.

Di pasaran pun juga banyak toko yang menjual saus teriyaki cepat saji. Sebut saja merk Bamboe Asia Sauce Teriyaki yang diperkaya dengan rempah-rempah Indonesia, membuat saus ini memiliki cita rasa yang lebih kaya. Harganya pun bersahabat dan bebas pewarna sintetik, jadi aman untuk dikonsumsi setiap hari.

6. Demi-Glace Sauce

demi glace sauce

Sumber: tokopedia.com

Saus ini masuk dalam rekomendasi saus steak terenak dan mendapat julukan sebagai “Mother of Sauce”. Itu karena saus ini bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat saus lain.

Cara membuatnya terbilang cukup simpel yaitu dengan menyangrai 100 gram tepung terigu hingga matang. Kemudian campur dengan saus tomat, saus tiram, dan kecap asin, Lalu tambahkan 100 ml air, beri garam dan gula secukupnya. Tambahkan juga daun salam untuk menambah cita rasa.

kamu juga bisa membeli saus demi-glace cepat saji supaya lebih cepat dan praktis. Ada beberapa merk yang tersedia di pasaran. Misalnya merk Helena Food Cantine Saus Demi Glace yang ekonomis, plus ada pasta beef beserta lemaknya. Rasa daging sapinya yang kuat dan gurih mampu membuat olahan steak kamu jadi lebih nikmat dan berselera. Meskipun terbuat dari bahan-bahan berkualitas, harganya pun terbilang ekonomis dan terjangkau.

Baca Juga:  Bisnis Makanan Sehat untuk Diet yang Rupanya Menjanjikan

Ada juga merk Knorr Saus Demi Glace yang praktis penyajiannya. Tersedia dalam bentuk bubuk, kamu cukup melarutkannya dengan air, lalu masak dengan api kecil sampai mendidih. Jika sudah matang, saus pun siap dituang ke atas hidangan steak kamu.

Tips Memilih Saus Steak untuk Bisnismu

Jika kamu merupakan salah satu pemilik bisnis steak, maka tentu kamu tahu pentingnya pemilihan saus steak. Itu karena penggunaan saus steak yang tepat dapat mempengaruhi cita rasa dari steak yang dihidangkan. Untuk itu, simak poin-poin berikut ini mengenai tips memilih saus steak:

1. Pilih Rasa Sesuai yang Ada di Menu Sajian Steak

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah menu steak apa saja yang kamu sajikan untuk pelanggan. Jika kamu menyajikan menu steak varian rasa original, blackpepper, dan barbeque, tentu kamu akan memerlukan saus yang sesuai dengan menu tersebut.

Sebaiknya, sajikan menu steak dengan dengan varian rasa yang beragam supaya pelanggan tidak mudah bosan. Mulai dari gurih, asam, manis, hingga pedas. Untuk rasa gurih dengan sedikit asam, kamu dapat memilih saus barbeque. Atau pilihlah saus blackpepper untuk varian rasa pedas.

2. Pilih Ukuran Kemasan Sesuai dengan Kebutuhan

Sebagaimana kamu ketahui bahwa saus steak yang ada di pasaran tersedia dalam ukuran kemasan yang beragam. Ada yang tersedia dalam kemasan pouch, sachet, botol ukuran kecil hingga besar seukuran jerigen. 

Untuk itu, sebelum membelinya sebaiknya kamu tahu berapa kira-kira jumlah penggunaannya agar sesuai dengan kebutuhan. Tipsnya adalah jangan sampai menyimpan saus steak dalam kapasitas besar dan jangka waktu lama untuk meminimalisir terjadinya perubahan rasa.

3. Pilih Saus Steak yang Multifungsi

Meskipun namanya bisnis steak, kebanyakan dari kamu pasti juga menyajikan menu hidangan lain selain steak agar lebih beragam. Contohnya sosis, burger, siomay, pasta, french fries, dan lain-lain. Untuk itulah kamu juga perlu menyediakan saus steak yang bisa cocok untuk semua jenis makanan.

Ternyata Banyak Rekomendasi Saus Steak yang Bisa Dicoba!

Nah, demikianlah rekomendasi saus steak terenak dan terbaik yang patut kamu coba sebagai pelengkap bisnis steak kamu. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu kamu yang tengah mencari referensi saus steak untuk pendamping menu steak agar semakin lezat. Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai insight maupun tips seputar bisnis makanan untuk membantu mengembangkan bisnis kulinermu hanya di fnbpreneur.id.