Resep Nasi Rawon Enak Yang Dapat Kamu Coba Di Rumah

2 min read

Resep Nasi Rawon Enak Bisa dicoba di rumah

Resep Rawon Enak – Banyak sekali kuliner di Indonesia yang tidak bisa kita lupakan karena rasa dan kenikmatannya. Salah satunya yaitu nasi rawon yang berbahan dasar daging sapi dengan tampilan yang kehitaman. Rempah – rempah yang ada di dalamnya akan memanjakan lidah kamu. Untuk itu terdapat resep nasi rawon yang bisa kamu coba. 

Sebenarnya memasak nasi rawon itu tidak sulit. Kamu dapat mencari bahan – bahan bakunya di pasar atau supermarket sehingga mudah untuk kamu dapatkan. Kemudian langkah – langkah pembuatan juga tidak terlalu rumit jika kamu sudah terbiasa ada di dapur.


Apa Itu Nasi Rawon?

Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas dari Jawa Timur yang berbahan dasar daging dan memiliki kuah berwarna kehitaman. Yang menjadikan makanan ini terlihat unik yaitu kuahnya yang berwarna hitam berasal dari buah kepayang atau kluwek. Namun masyarakat Jawa Tengah juga sudah mengenal makanan ini. 

Nasi rawon ini memiliki beberapa macam nama meskipun pengolahannya hampir sama. Nama – nama tersebut diberikan karena dari cara atau keunikan dalam menjualnya. Beberapa macam nasi rawon, yaitu :

  • Rawon Setan
  • Rawon Kalkulator
  • Nasi Rawon Nguling
  • Rawon Pucang
  • Nasi Rawon Gajah Mada
  • Nasi Rawon Surabaya 
Baca Juga:  Resep Tom Yam dengan Cita Rasa Seenak Restoran Thailand

Sebenarnya masih banyak lagi macam – macam nasi rawon yang para penjual jajakan. Dengan berbagai ciri khas setiap rumah makan atau penjualnya tentunya. Meskipun begitu, cita rasanya tidak akan pernah berubah.


Bahan Baku Membuat Nasi Rawon Enak Di Rumah

Sebelum kamu mulai memasaknya, persiapkan terlebih dahulu bahan – bahan yang akan digunakan untuk membuat rawon, yaitu :

  • Bahan utamanya yaitu daging sapi ½ kg
  • Kluwek kurang lebih 3 biji
  • Kemiri 5 siung
  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 5 siung
  • Sereh 2 batang
  • Daun jeruk 2-3 lembar
  • Lada 1 sendok teh
  • Jahe 2 ruas
  • Lengkuas 2 ruas
  • Kunyit 1 ruas
  • Jinten ½ sendok teh
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Gula merah ½ batok 
  • Garam 2 sendok teh
  • Kaldu jamur 2 sendok teh (bisa dengan kaldu lainnya)
  • Minyak goreng
  • Air 2 liter

Untuk bahan pelengkap nantinya saat menyantapnya, kamu bisa menambahkannya. Bahan pelengkap tersebut seperti jeruk nipis, daun bawang, bawang goreng, sambal terasi, emping, dan telur asin. Pelengkap nasi rawon tersebut masih bisa kamu sesuaikan dengan selera masing – masing.


Memasak Rawon Yang Lezat, Enak Dan Mudah

Setelah kamu sudah kamu sudah mempersiapkan bahan maka selanjutnya proses memasaknya atau langkah – langkahnya, sebagai berikut :

1. Siapkan Bumbu – Bumbu Yang Diperlukan

Siapkan Bumbu Rawon Enak

Untuk resep nasi rawon yang pertama ketika ingin memasak, mempersiapkan terlebih dahulu bumbu – bumbu yang akan kamu gunakan. Bumbu – bumbu yang dibutuhkan seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, lada, kaldu, dan lainnya, sesuai resep di atas. Pastikan sudah lengkap semua bumbu yang tersedia. 

2. Kupas Kluwek

Kupas Kluwek

Selanjutnya siapkan satu bahan yang jangan sampai kamu lupakan yaitu kluwek. Nantinya bahan ini akan memberikan aroma dan warna yang khas pada kuahnya. Yang kamu lakukan yaitu belah kluwek menjadi beberapa bagian dan keluarkan isinya yang akan dijadikan bumbu nantinya. 

Baca Juga:  Resep Ketan Susu Simpel dan Mudah, Dijamin Enak!

3. Haluskan Bumbu Yang Sudah Kamu Siapkan

Haluskan Bumbu yang telah disiapkan

Setelah semua bumbu termasuk kluwek yang sudah kamu siapkan maka selanjutnya dihaluskan. Cara menghaluskannya bisa menggunakan mixer atau jika tidak mempunyai bisa dengan cara diulek. Tunggu beberapa saat agar bumbu menjadi halus. 

4. Masak Bumbu Dalam Wajan

Masak Bumbu dalam wajan

Setelah bumbu tersebut sudah kamu haluskan maka selanjutnya tuangkan dalam wajan yang diberi minyak sedikit dan masak sebentar. Masak dengan api yang sedang saja dan tunggu hingga mengeluarkan aroma yang harum dari bumbu tersebut. 

5. Rebus Daging Dalam Air Mendidih

Rebus daging

Sembari menunggu bumbu yang kamu masak mengeluarkan aroma harum, bisa dengan merebus daging terlebih dahulu. Rebus hingga daging menjadi lebih empuk dan mengeluarkan kaldunya. Sehingga proses memasaknya nanti tidak memakan waktu yang lama. 

6. Masukan Bumbu Ke Dalam Panci Rebusan

Masukan bumbu ke dalam panci rebusan

Langkah resep nasi rawon berikutnya yaitu bumbu yang sudah harus kemudian kamu masukan ke dalam panci rebusan daging. Campurkan hingga merata dan tunggu sekitar 10 menit hingga bumbu merasuk ke dalam daging dan matang. Jangan terlalu lama memasaknya karena bisa mengental kuahnya. 

Jika sudah matang rawon tersebut maka bisa langsung kamu sajikan ke dalam mangkuk. Untuk bahan pelengkapnya bisa kamu tambahkan seperti bawang goreng, sambal terasi, emping, jeruk nipis, dan lainnya sesuai dengan selera. Tentunya jangan lupa menyantapnya dengan satu porsi nasi hangat.

Ketika sedang berkumpul dengan keluarga yang berasal dari Jawa Timur dan sedang rindu makanan satu ini bisa kamu coba memasaknya. Dengan memasaknya sendiri bisa menghemat biaya dan tenaga tanpa harus memesan atau pergi ke rumah makan.


Sudah Mencoba Resep Nasi Rawon Enak Yang Mudah Di Rumah?

Dengan begitu, resep nasi rawon banyak sekali yang dapat kamu coba sendiri di rumah jika tidak ingin repot bepergian. Langkah – langkah untuk memasaknya pun tidak sulit sehingga mudah kamu terapkan. Bumbu dan bahan pun tidak sulit untuk kamu cari dan akan lebih mempermudah proses memasaknya. 

Baca Juga:  Resep Opor Ayam Kuning yang Mudah untuk Dicoba

Meskipun jauh dari kampung halaman di Jawa Timur dan rindu dengan rasa masakan rawon bisa terbayarkan. Jika memang tidak ingin mengeluarkan tenaga untuk memasak juga bisa pergi ke rumah makan dengan menu daerah Jawa Timur. Untuk di Jawa Tengah juga banyak rumah makan yang menjual menu nasi rawon.


Dapatkan rekomendasi dan inspirasi resep makanan lainnya hanya di fnbpreneur.id