Resep Rawon Ayam Khas Jawa Timur, Mudah Dibuat!

3 min read

resep rawon ayam

Resep rawon ayam tidak kalah populer dari rawon daging lantaran rasanya yang sedap.

Walau biasanya menggunakan daging sapi, jika ingin lebih hemat kamu bisa menggantinya dengan daging ayam.

Selama kamu menggunakan rempah-rempah segar, dijamin rasanya tidak kalah enak dengan rawon daging sapi.

Agar bisa segera mencobanya sendiri, langsung saja simak panduan detailnya di sini!

Panduan Mengolah Rawon Ayam

Untuk membuat resep rawon ayam Jawa Timur, silakan ikuti panduan masaknya dengan benar.

Meskipun kamu masih pemula, menggunakan resep dari Youtube.com/Lia’s Kitchen ini pasti bisa berhasil karena panduannya sangat lengkap.

1. Siapkan Bahan Utama

Supaya semua anggota keluarga bisa menikmati rawon buatanmu, maka siapkan satu ekor ayam negeri. Selanjutnya, pisahkan daging ayam dari tulangnya. Simpan tulang ayam untuk kaldu. Apabila semua daging sudah terpisah, lalu potong daging ayam tersebut menjadi bentuk dadu.

Selanjutnya, marinasi potongan ayam dengan perasan air jeruk nipis dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas daging ayam hingga bersih dan tiriskan.

2. Rebus Tulang Ayam

Agar kamu bisa mendapatkan kuah resep rawon ayam yang lezat, maka rebus tulang ayam yang sudah kamu pisahkan dari dagingnya dengan 1,5 liter air. Rebus selama 30-40 menit agar sari pati pada tulang ayam tersebut keluar dan menghasilkan kaldu yang kuat. Saat proses merebus kaldu, sebaiknya kamu menggunakan api sedang.

3. Goreng Potongan Ayam

Siapkan wajan dengan sedikit minyak untuk menggoreng potongan ayam yang sudah kamu bersihkan tadi. Kamu tidak perlu menggorengnya terlalu kering karena justru akan membuat daging terasa lebih alot. 

Baca Juga:  Resep dan Cara Membuat Buras yang Enak dan Lembut

Sebaiknya, goreng hingga daging ayam berubah warna kecokelatan saja. Selanjutnya, kamu bisa menghaluskan bumbu yang sudah kamu siapkan. 

4. Siapkan dan Haluskan Bumbu

Sambil menunggu air kaldu dari rebusan tulang ayam, kamu bisa menyiapkan bumbu halus. Berikut adalah bahan-bahan untuk bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah dan 3 butir kluwek
  • 1 sendok teh jintan dan merica
  • 5 siung bawang putih dan 5 butir kemiri sangrai
  • 2 sendok teh ketumbar 
  • Kaldu bubuk, garam, dan gula merah secukupnya
  • 1 ruas kunyit dan jahe

Setelah kamu membersihkan dan meracik bumbu, maka masukkan semua bahan bumbu halus ke dalam blender. Supaya bumbu bisa halus maksimal, tambahkan air atau minyak goreng saat akan menggilingnya. Blender hingga semua bahannya halus. 

Untuk kamu yang tidak memiliki alat penghalus bumbu seperti blender atau sejenisnya, bisa menggunakan ulekan. Menghaluskan bumbu dengan cara tradisional memang kurang praktis, namun kamu bisa mendapatkan aroma dan cita rasa yang lebih sedap dan otentik.

Selain bumbu halus, kamu juga perlu menyiapkan bumbu cemplung resep rawon ayam yaitu:

  • 2 ruas lengkuas dan 2 batang sereh
  • 3 lembar daun jeruk purut dan 3 lembar daun salam

5. Tumis Bumbu Halus

Siapkan kompor dan panci untuk menumis bumbu yang sudah kamu haluskan. Apabila minyak sudah cukup panas, masukkan bumbu resep rawon ayam secara perlahan agar tidak tumpah atau memercik.

Agar bumbu tanak dan tidak mudah gosong, sebaiknya gunakan api kecil saat menumisnya. Selama menumis, terus oseng-oseng agar bagian tepi dan bawah bumbu tidak gosong. 

Apabila bumbu sudah mengeluarkan aroma sedap dan sedikit mengering, jangan lupa tambahkan bumbu cemplung. Masak kembali agar sereh, daun salam, daun bawang, dan lengkuas layu dan mengeluarkan aroma khas masing-masing.

6. Tambahkan Daging Ayam 

Jika bumbu sudah tanak dan kadar air menyusut, tambahkan daging ayam yang sudah kamu goreng tadi. Ratakan daging ayam tersebut dengan mengaduknya, sehingga bumbu bisa meresap dengan sempurna.

Baca Juga:  Resep dan Cara Membuat Wedang Ronde untuk Jualan

7. Tuangkan Air Kaldu

Setelah bumbu resep rawon ayam tercampur merata, kemudian tuangkan air kaldu yang sudah kamu buat tadi ke dalam tumisan bumbu dan daging ayam. Agar tekstur daging ayam empuk dan tidak hancur, rebus selama kurang lebih 15 menit menggunakan api kecil.

Proses merebus dengan api kecil ini juga bisa membuat daging ayam terasa lebih gurih karena bumbu terserap dengan baik.

8. Siapkan Bahan Pelengkap

Sambil menunggu kuah rawon matang, kamu bisa menyiapkan bahan pelengkap untuk penyajian nanti. Di bawah ini merupakan pelengkap rawon Jawa Timur:

  • Bawang goreng dan irisan daun bawang
  • Tauge pendek dan irisan jeruk nipis
  • Emping melinjo
  • Sambal 

9. Siapkan Mangkok

Apabila proses merebus kuah rawon dan daging ayam sudah selesai, maka matikan kompor. Meskipun makanan berkuah, namun rawon biasa disajikan menggunakan piring. Jika kamu ingin menggunakan mangkuk agar bisa menikmati kuah rawon dengan leluasa, sebaiknya gunakan mangkuk yang agak landai.

Ambil secukupnya daging ayam dan letakkan ke dalam mangkuk saji. Kemudian,  tuangkan kuah resep rawon ayam Jawa Timur yang gurih dan lezat sesuai selera masing-masing. 

10. Tambahkan Pelengkap

Untuk mempercantik dan memperkaya rasa rawon, kamu bisa menambahkan pelengkap seperti tauge, irisan jeruk nipis, sambal, telur asin, dan juga emping melinjo atau kerupuk udang. Rawon pun siap untuk kamu nikmati dengan nasi putih hangat.

Tips Agar Resep Rawon Ayam Lebih Sedap

Setelah mengetahui urutan cara memasak yang benar, kamu juga perlu tahu beberapa tips saat memasak rawon. Silakan praktikkan sendiri agar bisa menghasilkan masakan yang menggugah selera.

1. Gunakan Daging Segar

Saat membeli ayam untuk rawon, pastikan kamu memilih ayam yang masih segar. Untuk mengetahui apakah daging ayam yang kamu beli tersebut masih segar, maka perhatikan warnanya. Ayam segar akan terlihat lebih merona dan aromanya tidak terlalu amis.

Baca Juga:  Resep Bakmi Babi Khas Indonesia Favorit, Mudah untuk Dibuat!

2. Cicipi Kluwek Terlebih Dahulu

Resep rawon ayam Jawa Timur tentu juga harus menggunakan kluwek karena menjadi bumbu utama rawon. Terkadang kluwek ada yang rasanya pahit. Supaya tidak merusak rasa masakan, pastikan untuk mencicipinya sedikit sebelum menghaluskannya dengan bumbu lain.

3. Sangrai Bumbu Sebelum Dihaluskan

Agar rawon lebih sedap, sangrai semua bahan bumbu halus terlebih dahulu. Proses ini dapat mengeluarkan aroma bumbu lebih maksimal. Bumbu yang sudah disangrai bisa langsung dihaluskan.

4. Tumis Bumbu Hingga Tanak

Proses menumis bumbu resep rawon ayam juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil akhir rasa masakan. Jika kamu menumis bumbu kurang tanak, maka aroma bumbu yang masih mentah dapat merusak rasa masakan. Oleh sebab itu, gunakan api kecil supaya bumbu tanak dan tidak gosong.

Siap Mencoba Resep Rawon Ayam di Rumah?

Itu dia rese rawon ayam yang lengkap, sehingga mudah diikuti oleh pemula sekalipun.

Supaya kamu berhasil menyajikan rasa yang sedap dan nikmat, pastikan jangan ada langkah yang terlewat.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya tentang resep makanan, resep minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.