15 Makanan Khas Sulawesi yang Wajib Sekali Kamu Coba Cicipi!

5 min read

Makanan Khas Sulawesi

Sebagai negara kepulauan dengan banyak suku bangsa yang mendiaminya, Indonesia sangat kaya akan budayanya. Setiap daerah memiliki kekhasannya masing-masing dan sangat unik. Salah satunya adalah Pulau Sulawesi. Karena pulau ini menjadi salah satu pulau besar Indonesia yang juga tempat pertemuan dari berbagai suku, budayanya juga aneka ragam. Orang-orang yang tinggal di sana pun memiliki makanan khas Sulawesi yang bermacam-macam.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Sulawesi makan perlu sekali referensi makanan khas Sulawesi. Agar nantinya ketika kesana, tidak hanya berwisata alam tetapi juga bisa mencicipi berbagai hidangan khas yang ada di sana. Apa saja kuliner yang unik dan bisa kamu temui saat berkunjung ke pulau Sulawesi? Yuk, simak selengkapnya di artikel yang satu ini.


Karakteristik Makanan Khas Sulawesi

Sebelum menyebutkan satu per satu makanan asal Sulawesi yang khas dan nikmat untuk menjadi santapan ketika kamu berkunjung kesana, sepertinya kamu juga perlu tahu karakteristik dari makanan-makanan asli dari Sulawesi ini.

Secara umum, hidangan asal Sulawesi memiliki cita rasa khas yaitu asam dan pedas. Kedua rasa ini tentu saja membuat kuliner dari sana sangat segar saat kamu nikmati di segala jenis cuaca dan keadaan. Rasa asam yang ada pada masakan Sulawesi biasanya berasal dari perasan jeruk nipis. Jangan heran ketika nanti kamu mampir di warung-warung di daerah Sulawesi dan menemui apapun makanannya gandengannya adalah jeruk nipis.

Di samping itu, salah satu bahan masakan yang khas dan sangat kerap muncul untuk hidangan asal pulau ini adalah daun gedi. Daun gedi atau juga bisa disebut dengan sayor gobot merupakan tanaman yang mirip sekali dengan daun pepaya. Kono tanaman yang satu ini hanya bisa  tumbuh subur di wilayah Sulawesi.

Paling tidak seperti itulah karakteristik dari makanan khas Sulawesi. kamu bisa langsung mencobanya sendiri nantinya jika berkesempatan.


Beberapa Makanan Khas Sulawesi yang Nikmat

Tanpa basa-basi terlalu banyak lagi, sepertinya kamu juga sudah penasaran dengan kuliner-kuliner identik dari Sulawesi. Jadi, simak selanjutnya pembahasan mengenai makanan Sulawesi berikut ini.

1. Sop Konro

Sop Konro

Salah satu hidangan khas pulau ini yang sedap adalah Sop Konro. Meskipun asalnya dari Sulawesi, makanan yang satu ini cukup populer di kebanyakan masyarakat Indonesia. Banyak warung-warung di Jawa misalnya yang menyediakan menu Sop Konro asal Sulawesi.

Baca Juga:  25 Menu Lebaran Lengkap yang Praktis dan Mudah Dibuat di Rumah

Sop konro adalah sebuah olahan sup yang berisi iga sapi. Makanan yang satu ini adalah hidangan khas Bugis dan Makassar. Di dalamnya biasanya tersaji iga sapi dna potongan daging sapi yang dimasak secara khusus. Secara visual, kuah dari sop konro ini berwarna coklat kehitaman dan sangat pas jika kamu santap dengan birasa atau juga ketupat. Meskipun bagian dari sup, sop konro memiliki cita rasa pedas yang berasal dari perpaduan berbagai macam rempah seperti ketumbar, pala, kluwek kunyit, jeruk, cengkeh, dan beberapa rempah lainnya. Selain lezat, tentu saja makanan ini bisa jadi menyehatkan.

2. Coto Makassar

Coto Makassar

Selanjutnya hidangan khas Sulawesi yang wajib sekali kamu cicipi ketika berkesempatan mengunjungi Sulawesi adalah coto Makassar. Makanan yang satu ini menjadi kuliner yang terkenal. Coto Makassar adalah olahan jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama bersamaan dengan rempah-rempah lengkap khas Indonesia.  

Kuliner yang satu ini pas sekali kamu makan saat posisi hujan dan dingin karena bisa menghangatkan badan. Lebih mantap jika kamu tambahkan birasa yaitu lontong yang terbuat dari campuran beras, santan dan rempah. Kabarnya pada tahun 2008, coto Makassar pernah menjadi hidangan utama dalam penerbangan domestik dari maskapai Garuda Indonesia yang akan bertandang dari atau ke Makassar.

3. Sedapnya Makanan Khas Sulawesi Cakalang Fufu

Cakalang Fufu

Kuliner yang berasal dari Sulawesi lainnya dan wajib sekali kamu coba adalah Cakalang Fufu. Seperti namanya, hidangan yang satu ini adalah kuliner yang terbuat dari ikan cakalangan. Ikan cakalangan yang tersaji adalah hasil pengasapan dan proses “dijeput” dengan menggunakan penjepit bambu. Hidangan yang satu ini adalah makanan asli Minahasa.

Setelah proses di atas, cakalangan fufu hanya perlu kamu panaskan dan goreng beberapa menit di dalam minyak panas. Sehabis itu, makanan ini siap kamu konsumsi bersama nasi dan sambal dabu-dabu. Cakalang fufu juga bisa kamu kreasikan menjadi berbagai hidangan baru seperti mi cakalang, cita-rica cakalangan, dan bisa kamu tambahkan dengan selada kentang.

4. Kaledo Kaki Lembu Makanan Khas Sulawesi

Kaledo Kaki Lembu

Jika kamu sering memakan sop buntut di pinggir-pinggir jalan, Sulawesi juga punya makanan yang mirip-mirip seperti itu, yaitu Kaledo. Kaledo atau juga bisa disebut dengan kaki lembu Donggala adalah sebuah kuliner yang terbuat dari kaki lembu yang biasanya akan disajikan bukan dengan nasi tapi ubi. Banyak rempah-rempah Nusantara yang masuk ke dalamnya, sehingga akan memanjakan lidah dari pecinta icip-icip masakan khas Sulawesi.

5. Sate Gogos Khas Sulawesi

Sate Gogos

Sate memang jadi makanan yang selalu bisa kamu jumpai di seluruh wilayah Indonesia. Kalau kamu berkunjung ke Sulawesi makan juga akan menemukan hidangan yang satu ini. Namanya adalah Sate Gogos.

Berbeda dari sate Madura atau sate-sate dari wilayah lainnya, sate Gogos menjadi makanan khas Sulawesi yang cukup unik karena memakai bahan utama yang berasal dari laut. Sate yang satu ini justru memakai kerang yang nantinya ditusuk menggunakan bambu. Biasanya sate ini tersaji dengan tambahan bumbu yang lainnya. Namun, kamu bisa juga memakan sate gogos versi originalnya yaitu kerang bumbu yang tertusuk di bambu.

Baca Juga:  Bisnis Warung Lalapan: Tips dan Modal untuk Membuka Warung Lalapan

6. Palumara

Palumara

Apakah kamu pecinta hidangan seafood? Maka belum pas kiranya kalau mampir di Sulawesi tanpa mencicipi makanan bernama Palumara. Kuliner yang satu ini asalnya dari Sulawesi Tengah.

Palumara adalah makanan yang memiliki cita rasa rempah-rempah yang kuat. Bentuknya adalah sup ikan laut yang terbuat dari ikan khas daerah Sulawesi Tengah. Sayang sekali kalau kamu berkunjung ke Sulawesi Tengah tanpa mencobanya.

7. Jalangkote: Makanan Cemilan Khas Sulawesi

Jalangkote

Selain makanan berat, Sulawesi juga terkenal dengan hidangan cemilan khasnya. Salah satunya adalah kuliner yang mirip bentuknya dengan pastel yaitu Jalangkote. Secara visual makanan yang satu ini benar-benar mirip dengan pastel, tetapi bedanya Jalangkote memiliki kulit yang kering dan tipis.

Kulit dari Jalangkote menggunakan bahan-bahan dasar seperti terigu, telur, santan, mentega, dan bahan-bahan pendukung lainnya. berbeda dengan pastel pada umumnya, cemilan yang satu ini biasanya akan terisi dengan sayur-mayur.

8. Panada

Panada

Ada Jalangkote ada juga kuliner mirip pastel lainnya di Sulawesi. Namanya adalah Panada. Makanan yang satu ini sedikit terpengaruh oleh kuliner asal Portugis karena dulunya Sulawesi pernah bersinggungan dengan mereka. 

Meskipun dikatakan mirip, panada sama halnya dengan jalangkote berbeda dengan pastel. Terutama untuk isinya, panada biasanya akan berisi ikan cakalangan dengan bumbu pampis. Cara membuatnya sendiri mirip dengan pastel yaitu isian masuk ke dalam kulit lalu digoreng di minyak yang panas.

9. Kasoami

Kasoami

Pindah dari makanan yang mirip dengan pastel, selanjutnya ada kuliner bernama kasoami yang merupakan hidangan asli Sulawesi Tenggara. Terbuat dari ibu biasanya menjadi menu pendamping hidangan utama. Pembuatannya cukup mudah yaitu ubi hanya kamu rebus lalu sajikan bersama dengan beberapa menu seperti sayur, ikan, dan lauk-pauk yang lainnya.

10. Karasi

Karasi

Cemilan khas Sulawesi yang satu ini adalah kuliner yang memiliki cita rasa manis. Karasi terbuat dari jagung muda yang nantinya akan tercampur dengan gula merah cair. Selain dengan gula merah cair, karasi bisa kamu temui bercampur dengan gula pasir yang bersatu dengan tepung beras.

Bentuk dari karasi terbilang unik karena menggunakan cetakan yang terbuat dari batok kelapa berongga. Saat memasak karasi proses pencetakan langsung di bawahnya tersedia minyak goreng panas untuk mematangkannya hingga warna berubah menjadi kuning keemasan. Setelah merasa karasi matang maka siap untuk kamu santap sebagai kudapan yang nikmat.

11. Milu Siram

Jalangkote

Kuliner Sulawesi lainnya yang bahan dasarnya adalah jagung muda adalah milu siram.  Makanan yang satu ini memadukan jagung muda dengan beberapa bahan seafood yaitu ikan atau udang.

Baca Juga:  Peluang Usaha Ayam Geprek dan Tips Suksesnya untuk Kamu!

Uniknya, kuliner yang ini mempunyai varian beberapa rasa yaitu pedas, manis dan asin. Dengan begitu, makanan ini bisa menyesuaikannya dengan selera yang paling kamu sukai. Dalam segi medis, beberapa orang percaya bahwa milu siram ini bisa menghancurkan kolesterol jahat yang bersarang di dalam tubuh. Enak dan sehat, pastinya kamu sangat ingin mencobanya kan?

12. Manis-manis Halua Kenari

Halua Kenari

kamu ingin ngemil yang manis-manis? Sangat cocok kiranya saat berkunjung ke Sulawesi mencoba untuk mencicipi halua kenari.  Kuliner yang satu ini adalah makanan khas Sulawesi yang terbuat dari biji kenari yang berlumuran gula merah. Teksturnya renyahnya pasti sulit kamu tahan untuk tidak terus mengunyahnya.

13. Sambal Dabu-dabu

Sambal Dabu Dabu

Pernahkah kamu mendengar kata dabu-dabu? Tentu saja, untuk pecinta kuliner Nusantara, sambal yang satu ini adalah termasuk yang terfavorit untuk orang pesan di restoran makanan Sulawesi. Sambal yang satu ini adalah kuliner yang berasal dari Manado.

Sambal dabu-dabu biasanya ada untuk hidangan tambahan untuk menikmati kuliner  Sulawesi. Jika kamu ingin mencoba membuatnya di rumah, sambal yang satu ini sangat mudah. Bahan-bahannya terdiri dari cabai, tomat dan bahan-bahan lainnya dengan tambahan jeruk nipis dan hanya perlu kamu aduk saja. Mudah kan?

14. Segarnya Es Pisang ijo

Es Pisang Ijo

Sudah ada beberapa referensi makanan berat dan cemilan kamu ketahui dari penjelasan-penjelasan di atas. Kini saatnya menilik minuman khas dari Sulawesi. Salah satu yang paling banyak penggemarnya adalah es pisang ijo.

Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini berisi pisang yang terbalut adonan dari tepung yang berwarna hijau. Es pisang ijo biasanya mendapat tambahan kuah santan atau susu putih dan sirup atau lelehan gula merah. Akan pas kiranya hidangan ini kamu minum ketika sedang hari panas dengan tambahan serutan es batu di atasnya.

15. Pallu Butung

Pallu Butung

Selain es pisang ijo, ada juga kuliner manis-manis bernama pallu butung. Makanan khas yang satu ini agak mirip dengan es pisang ijo, tetapi bahan baku yang orang pakai untuk membuatnya berbeda. Pallu butung berasal dari campuran antara tepung beras, gula pasir, santan, vanili, dan daun pandan. Semuanya perlu dimasak dan dicampur hingga mengental. Setelah itu masukan potongan pisang raja dan aduk kembali.

kamu bisa memilih memakannya dalam keadaan hangat atau dingin. Jika ingin menyantapnya saat cuaca panas, maka taruh serutan es di atasnya.

Enaknya Makanan Khas Sulawesi

Kamu sudah ngiler bukan ingin memakan makanan khas Sulawesi yang ada di atas. Beberapa menu bisa kamu temui di kota-kota besar, tetapi ada yang memang hanya bisa kamu temui di pulau itu langsung. Semoga kamu bisa segera mencobanya!


Temukan lebih banyak informasi hindangan makanan Indonesia dan bisnis makanan hanya di fnbpreneur.id.