15 Resep Jus Buah untuk Diet Enak dan Menyehatkan!

5 min read

Kamu merasa tubuhmu kurang fit? Tidak stabil dan ingin diet? Kamu bisa memulainya dengan meminum jus buah. Seperti yang kita ketahui, diet adalah sebuah tindakan yang orang lakukan untuk mengatur pola makan mereka menjadi lebih sehat dan lebih baik. 

Biasanya, diet ini mereka lakukan untuk mengatur dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Nah biasanya untuk mendapat hasil akhir yang cepat, banyak orang yang malah melakukan pola makan yang tidak sehat. 

Untuk kamu yang ingin tetap makan enak namun tidak menghancurkan pola makan yang sudah kamu atur, kamu dapat melihat 15 resep jus buah untuk diet berikut ini.

1. Jus Pepaya Kurma

jus pepaya kurma

Yang pertama yang bisa kamu buat adalah Jus Pepaya Kurma. Sesuai namanya, jus ini adalah campuran dari buah pepaya dan kurma yang manis. Bahan-bahan yang kamu perlukan juga cukup mudah yaitu 200 ml air dingin, 9 kurma yang sudah kamu buang bijinya, dan satu mangkuk pepaya yang sudah kamu bersihkan biji dan kulit.

Setelah itu, masukkan semuanya ke dalam blender buah sampai halus. Setelah itu, kamu bisa langsung menghidangkannya. Untuk menu diet, hindari mencampuran gula atau pemanis lainnya. Kamu dapat menambahkan es batu ke dalam jus untuk semakin menambah cita rasanya pada hari yang panas.

Jus ini juga sering menjadi pilihan untuk mendetox racun-racun yang ada pada tubuh kamu, membuat fungsinya tidak hanya untuk memperlancar diet, namun juga untuk menghindari kamu dari penyakit lain.

Baca Juga: 4 Tips Bisnis Kuliner Saat New Normal yang Perlu Kamu Terapkan

2. Jambu Kelengkeng

jus buah jambu dan kelengkeng untuk diet

Resep jus buah untuk diet selanjutnya adalah jus jambu kelengkeng. Sama seperti varian jus mix yang pertama, jus jambu kelengkeng ini adalah jus yang berasal dari dua buah berbeda. Kamu dapat memilih jambu biji agar rasa manisnya masih terasa. Nah, jambu dan kelengkeng memang menjadi tipe buah yang juga mendetox racun dalam tubuh kita.

Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu tinggal menyiapkan bahan yang kamu butuhkan. Bahan-bahannya adalah jambu biji yang sudah kamu buah dan bersihkan bijinya, dan 11 buah kelengkeng yang juga sudah kamu buang bijinya.

Selanjutnya, blender kedua bahan tadi dengan campuran 250 ml air sampai halus dan kental. Untuk menambah rasa kamu bisa menghidangkannya dengan es batu atau jika kamu ingin, silahkan menambah susu kental manis.

3. Jus Stroberi Kurma

jus stroberi kurma

Varian jus mix selanjutnya adalah jus stroberi kurma. Jus ini merupakan jus yang tepat untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. Hal itu karena jus ini dapat mengenyangkanmu. Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu hanya memerlukan bahan-bahan seperti 5 sampai 7 butir kurma yang sudah kamu kupas tanpa biji, 200 ml air dingin, dan 9 butir stroberi manis. Bersihkan stroberi dengan menggunakan air garam terlebih dahulu.

Baca Juga:  Kumpulan Jenis dan Resep Nasi Goreng Enak dan Spesial

Setelah semuanya bersih dan siap, masukkan semua bahan ke blender dan tunggu sampai halus. Sete;ahnya kamu dapat menyajikannya pada gelas saji dengan menggunakan es batu. Memang, buah kurma selain bagus untuk mengenyangkan kamu, cocok juga untuk menjadi pelengkap jus buah dengan campuran buah-buahan lainnya.

4. Jus Wortel Mix Sayuran

jus wortel mix sayuran (1)

Jus resep untuk diet selanjutnya kali ini adalah jus mix buah dan sayuran. Jika sebelumnya kamu melihat jus buah yang kamu campur dengan buah-buahan lain, maka jus wortel ini dapat kamu campur dengan sayuran. Sayuran yang kamu pakai bisa sayuran seledri atau sayuran bayam.

Nah, cara memasaknya juga gampang. Siapkan wortel yang sudah kamu cuci dan pilihan sayuran yang kamu inginkan. Masukkan ke dalam blender dan campur dengan 250 ml air. Blender sampai halus. Jika ingin rasa yang sesuai dengan lidah, kamu bisa juga mencampurkan apel ke dalam jus wortel dan sayuran ini.

5. Pisang Blueberry

jus buah pisang dan stroberi untuk diet menyehatkan

Resep jus kelima adalah jus pisang blueberry. Sesuai namanya, jus ini adalah campuran dari buah pisang yang manis dan blueberry yang asem. Rasanya yang bertolak belakang tentunya akan menambah cita rasa dan kenikmatan saat kamu meminumnya. Cara membuatnya juga cukup mudah.

Kamu siapkan terlebih dahulu bahan yang kamu perlukan seperti buah pisang dan beberapa butir blueberry. Setelah itu blender dan campur dengan 150 ml air. Air tersebut dapat kamu tambahkan sesuai selera. Blenderlah sampai halus dan sajikan pada gelas dengan es batu untuk menambah kenikmatan.

6. Bok Choy + Pisang

bok choy dan pisang

Selanjutnya, ada resep jus buah yang dicampur dengan sayuran kembali. Kali ini, buah dan sayuran yang dapat kamu jadikan jus adalah sayuran bok choy dan pisang. Seperti sebelumnya, cara membuatnya juga mudah.

Siapkan dan cuci sayur bok choy pada air matang dan kupas pisang. Lalu, blenderlah keduanya tersebut sampai halus. Jika kamu suka merasakan tekstur yang kental, kamu dapat mencampurkannya dengan 150 ml air, dan blender hanya beberapa detik saja.

7. Pisang + Bayam + Nanas

jus pisang bayam dan nanas untuk diet

Resep jus buah untuk diet selanjutnya adalah campuran ketiga bahan. Jus ini adalah jus pisang, bayam dan nenas. Nah, jika kamu bosan dengan rasa yang terlalu manis pada jus, jus ini adalah pilihan terbaik yang dapat kamu pilih.

Cara membuatnya juga gampang. Seperti sebelumnya, siapkan pisang, sayur bayam yang telah kamu cuci dan buah nenas yang telah terpotong dan bersih lepas dari kulit dan pangkal dagingnya. Setelah ketiganya siap, kamu dapat memasukkan ketiga bahan tersebut ke dalam blender lalu blenderlah sampai halus.

Baca Juga:  Aneka Resep Mi Ayam Khas Indonesia, Semua Pasti Suka!

Untuk kamu yang tidak terbiasa dengan rasa jus ini, kamu dapat menambah rasa manis dari susu kental manis, atau dari gula yang telah kamu larutkan terlebih dahulu ke dalam air panas.

8. Pisang Belimbing

jus pisang belimbing

Jus ke delapan yang dapat kamu coba adalah jus campuran buah yang sudah cukup terkenal. Jus ini bernama jus pisang belimbing. Sesuai namanya, kamu pasti sudah tahu bahwa bahan yang perlu kamu siapkan adalah pisang, belimbing,dan air.

Rasa pisang yang manis dan belimbing yang asem dan khas akan menambah cita rasa jus kamu. Cara membuatnya juga sama dengan sebelumnya, kamu bisa memasukkan semua bahan yang telah kamu siapkan ke dalam blender buah dan blenderlah sampai halus. Setelah itu, kamu dapat menikmatinya dengan tambahan es batu.

9. Jus Nanas Bayam

jus nanas bayam

Resep jus buah untuk diet selanjutnya adalah jus nanas bayam. Untuk kamu yang tidak menyukai rasa sayur namun tetap ingin memasukkan sayur ke dalam menu diet jus kamu, kamu dapat menggunakan buah nanas. Buah yang terkenal dengan rasa asem dan pekat ini akan membantumu menetralisir rasa sayuran.

Cara membuatnya adalah siapkan terlebih dahulu kedua bahan yaitu buah nanas yang telah kamu bersihkan dan sayur bayam yang telah kamu cuci bersih. Setelah itu masukkan ke blender dan tambah 200 ml air. Setelah kamu selesai memblender sampai kental, siapkan gelas saji dan pindahkan jus ke dalam.

10. Jus Apel Belimbing

jus apel belimbing untuk resep diet sehat

Selanjutnya ada resep jus apel belimbing. Jus ini cukup terkenal dan menjadi pilihan karena rasanya yang enak. Belilah terlebih dahulu buah apel dan belimbing. Potong apel dan kupas belimbing sesuai selera. Setelah itu, masukkan ke dalam blender kemudian blenderlah sampai halus.

Komposisi jus ini dapat kamu sesuaikan dengan keinginanmu. Apakah apelnya yang lebih banyak dari belimbing, ataupun sebaliknya, belimbingnya yang lebih banyak dari apel. Bermainlah dengan rasa yang kamu inginkan. Jika masih kurang, kamu dapat menambahkan rasa manis dari air gula yang telah kamu larutkan.

11.  Martabe

jus martabe

Resep jus buah untuk diet selanjutnya adalah resep jus yang sering kamu temukan pada menu-menu restoran. Memang jus yang satu ini sering dipakai orang untuk menetralisir makanan seperti daging atau sebagainya yang masuk ke dalam tubuh. Nama jus ini adalah jus martabe atau singkatannya markisa terong belanda. Kedua buah ini memiliki cita rasa yang khas yaitu rasa manis dan asem yang membuatmu ingin menambah lagi.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Tinggal siapkan dua bahan yaitu markisa dan terong belanda, lalu blenderlah sampai halus dengan air secukupnya namun tidak terlalu banyak.

12.  Jus Semangka + Tomat

jus buah semangka dan tomat untuk diet

Selanjutnya ada jus semangka campur tomat. Jus yang satu ini memang menjadi primadona untuk kamu yang ingin sehat namun tetap ingin minum minuman yang segar dan enak. Cara memasaknya juga cukup mudah. Siapkan terlebih dahulu bahan yang kamu perlukan yaitu semangka dan tomat.

Baca Juga:  10 Resep Minuman Khas Indonesia yang Mudah Dicoba

Setelah itu, blenderlah kedua bahan sampai halus dan sajikan dengan es batu.

13.  Jus Alpukat

 jus alpukat

Jus yang satu ini adalah jus yang lumayan terkenal juga. Sering menjadi pilihan jus untuk kamu yang diet maupun yang tidak sedang menjalankan diet. Cukup blender buah alpukat dengan sedikit air hingga menghasilkan kekentalan yang pas.

Untuk kamu yang ingin menambah rasa, kamu bisa menambah susu kental manis coklat menjadi campuran dari jus alpukat ini.

14.  Delima

jus delima

Resep jus buah untuk diet selanjutnya adalah jus delima. Jus dari buah delima yang memiliki rasa yang manis ini akan membuatmu semakin semangat menjalankan diet. Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat jus ini hanyalah buah delima dan sedikit air.

Blenderlah kedua bahan tersebut sampai halus. Jika kamu mau, silahkan menambah gula ataupun pemanis yang kamu inginkan.

15.  Jus Jambu biji

jus buah jambu biji untuk diet

Terakhir ada jus jambu biji. Sering menjadi pelengkap terhadap campuran jus yang lain, jus jambu biji ini tetap menjadi pilihan untuk kamu minum begitu saja tanpa campuran apapun. Caranya adalah, pilih jambu biji yang memang manis dan sudah sedikit lembek (namun bukan busuk), lalu masukkan ke blender sedikit air. Blenderlah sampai kental lalu campurkan dengan pemanis seperti gula dan susu kental manis.

Jus jambu biji baik untuk oksidasi tubuh kamu. Selain di jus, kamu juga bisa memakan jambu biji dengan begitu saja.

Jus Buah Mana yang Ingin Kamu Coba?

Seperti itulah 15 resep jus buah untuk diet yang bisa kamu coba dan nikmati untuk memperlancar proses dietmu. Ternyata, proses pembuatannya pun cukup mudah ya. Tentunya, kamu harus lebih semangat untuk diet. Semoga artikel ini dapat membantu!

Dapatkan berbagai informasi dan tips seputar bisnis kuliner, makanan maupun resep minuman hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.