Cara Membuat Ayam KFC Renyah dan Gurih, Ini Resep Rahasianya!

2 min read

Setiap penggemar ayam goreng KFC pasti penasaran dengan cara membuat ayam KFC yang renyah dan gurih. Resep rahasianya ternyata terletak pada tepung dan teknik pembuatannya, lho. Bila dipraktekkan dengan baik dan benar, maka kamu bisa membuat ayam KFC sendiri di rumah dengan rasa yang tentu tak kalah nikmat dengan aslinya.

Cara Membuat Ayam KFC

Barangkali resep ini bisa kamu jadikan peluang untuk memulai bisnis ayam goreng brand kamu sendiri. Resep ala Willgoz Kitchen ini bisa kamu jadikan referensi. Mau tahu seperti apa resep dan cara membuatnya? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

1. Siapkan Bahan-Bahan Membuat Ayam KFC

siapkan bahan

Sebelum masuk ke langkah-langkah cara membuat ayam KFC renyah dan gurih, pertama-tama kamu harus siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Berikut ini daftar bahan-bahan yang harus ada:

Bahan:

  • 1 ayam broiler (kurang lebih 1,3 kg), kemudian potong-potong. Gunakan 2 paha, 4 potong bagian dada, dan 2 potong sayap. Sisakan bagian lainnya untuk membuat kaldu ayam.
  • 3/4 hingga 1 cangkir buttermilk
  • minyak untuk menggoreng

Lapisan Tepung:

  • 1 hingga 2 cangkir tepung serbaguna
  • 1,5 sendok teh garam
  • setengah sendok teh merica bubuk
  • sedikit kunyit bubuk
  • ½ sendok teh bubuk bawang putih
  • setengah sendok teh bubuk bawang bombay
  • 1 sendok makan paprika bubuk
  • 1/8 sendok teh baking powder

2. Rendam Ayam dalam Buttermilk

rendam ayam dengan buttermilk

Langkah selanjutnya adalah merendam ayam ke dalam 1 cangkir buttermilk yang sudah kamu siapkan tadi. Tuang buttermilk ke wadah berisi ayam, lalu tutup dengan plastic wrap atau kain bersih, lalu diamkan di dalam kulkas setidaknya selama satu jam. Jika kamu ingin lebih meresap, maka biarkan hingga semalaman. 

Baca Juga:  5 Resep Ramyeon Enak Ala Korea, Mudah dan Sedap!

Jadi, bila kamu ingin memasak ayam KFC, maka persiapkan pada hari sebelumnya. Selama proses perendaman ini, jangan biarkan ayam terendam lebih dari 24 jam. Itu karena asam dalam buttermilk bisa membuat daging ayam menjadi lembek.

Lalu, mengapa harus menggunakan buttermilk? Bagi kamu yang belum tahu, penggunaan buttermilk untuk merendam ayam dapat memberi rasa yang lebih nikmat pada daging serta membantu warna dari daging ayam menjadi lebih cerah. 

Selain itu, komposisi asam dari buttermilk bisa menjadi sebagai alternatif pengganti yogurt tawar yang berguna untuk membantu daging ayam menjadi lebih empuk dan juicy.

3. Lapisi Daging Ayam dengan Campuran Tepung dan Bumbu

lapisi daging ayam dengan tepung

Sebelum melapisi daging ayam, terlebih dahulu kamu harus mencampurkan bumbu yang telah disiapkan ke dalam wadah berisi tepung terigu serbaguna.aduk hingga tercampur merata. Bagi campuran tepung tadi menjadi dua, satu untuk lapisan tepung basah dan yang satunya lagi lapisan tepung kering. 

Untuk tepung basah, tambahkan air secukupnya hingga membentuk adonan yang tidak terlalu kental. Masukkan ayam yang sudah direndam buttermilk ke dalam tepung kering, lalu masukkan ke adonan tepung basah, kemudian baluri lagi dengan adonan tepung kering. 

Sambil membaluri ayam, berikan sedikit pijatan atau tekanan supaya tepungnya lebih melekat ke daging ayam. Ulangi langkah tersebut pada sisa potongan ayam lainnya.

4. Diamkan Beberapa Saat

diamkan beberapa saat

Setelah semua potongan ayam dilapisi adonan tepung, selanjutnya diletakkan di atas kertas panggang dan atur jarak agar daging ayam tidak bersentuhan. Diamkan beberapa saat, yaitu kurang lebih 15 menit. Selama proses ini, kelembapan dari buttermilk akan lebih merata sehingga membantu lapisan tepung menempel dengan sempurna.

5. Goreng Menggunakan Minyak Panas

goreng ayam kfc dengan minyak panas

Cara membuat ayam KFC renyah dan gurih berikutnya adalah menggoreng. Panaskan minyak goreng di atas api sedang hingga mencapai 350° atau taburkan sedikit terigu untuk mengecek tingkat panas minyak. Masukkan beberapa potong ayam ke dalam minyak panas dengan hati-hati, dan pastikan wajan tidak terlalu penuh.

Baca Juga:  Bahan Penyedap Alami untuk Makanan, Dijamin Lebih Sehat dan Enak!

Masak selama 7 sampai 8 menit per sisinya. Jangan lupa un membalik daging ayamnya sesekali hingga ayam berubah warna menjadi cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan, akan lebih baik jika kamu meletakkannya di atas tisu dapur untuk mengurangi kadar minyak sehingga kerenyahan ayam KFC yang kamu buat jadi tahan lebih lama.

Jika semua potongan ayam sudah digoreng maka istirahatkan terlebih dahulu. Proses ini juga membantu lapisan luar menjadi lebih renyah dan minyak berlebih terkuras. 

Tertarik Mencoba Cara Membuat Ayam KFC Renyah dan Gurih?

Nah, begitulah resep dan cara membuat ayam KFC yang rasa dan teksturnya tak kalah dengan hidangan di restoran. Renyah di luar namun lembut dan juicy di dalam. Caranya cukup mudah dan bisa kamu praktekkan di rumah. Selain dapat menghemat uang, kamu juga bisa menggunakan resep ini sebagai ide bisnis, lho.  Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, resep makanan dan minuman, hingga franchise hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.