Franchise Kebab Baba Rafi: Syarat dan Modal yang Dibutuhkan

4 min read

franchise kebab baba rafi

Bisnis waralaba atau franchise masih menarik minat banyak orang di Indonesia. Karena masih adanya potensi untuk mendapatkan keuntungan di masa pandemi Covid-19. Salah satu franchise yang patut untuk kamu pertimbangkan adalah Kebab Baba Rafi.

Karena usaha kebab yang satu ini memiliki banyak pelanggan di seluruh penjuru Indonesia. Kuliner khas Turki yang simple, bercita rasa lezat, dengan harga ekonomis ini sangat cocok untuk cemilan bagi berbagai kalangan. Sehingga, tingkat penjualannya pun tidak akan pernah sepi.


Apa Itu Kebab Baba Rafi?

Kebab Baba Rafi adalah salah satu anak perusahaan dari PT. Sari Kreasi Boga. Perusahaan ini mengandalkan sajian Kebab untuk menjadi produk utama yang memiliki cita rasa original dan sangat khas.

Sekarang ini Kebab Baba Rafi telah mempunyai 1.300 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, merek franchise asal Indonesia ini juga mempunyai 68 outlet di luar negeri. Mulai dari Malaysia, Filipina, China, Brunei Darussalam, Bangladesh, India,  Sri Lanka, Singapura, dan Belanda.

Beberapa penghargaan yang dimiliki oleh Kebab Baba Rafi dalam kurun waktu pengembangan 13 tahun. Membuktikan bisnis lokal ini telah menjadi bisnis bertaraf internasional.

Bagi kamu yang tertarik untuk membuka bisnis franchise, Kebab Baba Rafi memberikan kesempatan besar untukmu. Kebab Baba Rafi mempunyai beberapa opsi outlet bagi kamu yang berminat untuk membuka outlet waralaba ini.

Mulai dari outlet Container Kebab, Baba Rafi Premium, Black Kiosk, Container Kebab Kafe, dan Black Booth. Nilai investasi atau biaya masing-masing outlet tersebut tentunya mempunyai perbedaan.


Syarat Apa Saja yang Diperlukan?

Berikut ini beberapa persyaratan yang perlu kamu siapkan untuk membuka usaha Kebab Baba Rafi:

  • Pelaksanaan perencanaan lokasi usaha oleh tim survey yang berasal dari franchisor.
  • Bersedia untuk berperan aktif dan bekerja keras untuk menjalankan bisnis Kebab Baba Rafi.
  • Berkomitmen dalam mengembangkan merek dan brand Kebab baba Rafi.
  • Pernah menjadi pelanggan atau berkunjung ke gerai Kebab Baba Rafi.
  • Menyukai produk makanan kebab.
  • Berkomitmen dalam mematuhi standarisasi usaha Kebab Baba Rafi.
  • Memahami risiko dan keuntungan saat bergabung dengan bisnis Kebab Baba Rafi.
  • Mempunyai dana investasi yang memadai. 
Baca Juga:  Franchise Mie Gacoan: Cara Daftar hingga Tips Suksesnya

Berapa Modal dan Potensi Keuntungannya?

Sebelum memutuskan bergabung sebagai pada bisnis franchise Kebab Baba Rafi, sebaiknya kamu menyimak besaran modal awal serta potensi keuntungannya berikut ini:

1. Black Booth

Modal awal untuk Black Booth adalah Rp 120.000.000,- dengan masa kontrak kerja sama selama 5 tahun dan free franchise fee. Bagi kamu yang ingin membuka usaha kebab di luar pulau Jawa, biaya ekspedisi outlet, survey, dan opening tidak ditanggung oleh pihak Kebab Baba Rafi.

Berikut ini gambaran potensi keuntungan yang akan kamu dapatkan:

  • Modal: Rp 120.000.000,-
  • Rata-rata pendapatan perhari: Rp 650.000,-
  • Rata-rata pendapatan perbulan: Rp 19.500.000,-
  • Biaya penggunaan bahan baku 55%: Rp 10.725.000,-
  • Biaya operasional: Rp 3.412.500,-
  • Royalty: Rp 600.000,-
  • Keuntungan bersih 24%: Rp 4.762.500,-
  • Perkiraan balik modal selama 1,6 tahun

2. Container Kebab

Modal awal untuk Container Kebab adalah Rp 250.000.000,- dengan masa kontrak kerja sama selama 6 tahun dan free franchise fee. Kamu juga akan mendapatkan dua orang pegawai yang akan membantumu dalam mengelola bisnis franchise Kebab Baba Rafi.

Berikut ini gambaran potensi keuntungan yang akan kamu dapatkan:

  • Modal: Rp 250.000.000,-
  • Rata-rata pendapatan perhari: Rp 2.500.000,-
  • Rata-rata pendapatan perbulan 100%: Rp 75.000.000,-
  • Biaya penggunaan bahan baku 50%: Rp 37.500.000,-
  • Biaya gaji karyawan 11%: Rp 6.000.000,-
  • Utilities: Rp 1.000.000,-
  • Biaya lainnya: Rp 2.000.000,-
  • Keuntungan bersih: Rp 28.500.000,-
  • Perkiraan balik modal selama 1 tahun

3. Container Kebab Cafe

Modal awal untuk Container Kebab Cafe adalah Rp 300.000.000,- dengan masa kontrak kerja sama selama 6 tahun dan free franchise fee. Kamu juga akan mendapatkan tiga orang pegawai yang akan membantumu dalam mengelola bisnis franchise Kebab Baba Rafi.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Franchise Minuman Kekinian untuk Memulai Bisnis

Pengelolaan bisnis dengan manajemen syariah, yaitu sistem bagi hasil 40% untuk Franchisor dan 60% untuk Franchise. Tidak termasuk biaya lokasi dengan estimasi 20-40 juta pertahun.

Berikut ini gambaran potensi keuntungan yang akan kamu dapatkan:

  • Modal: Rp 300.000.000,-
  • Rata-rata pendapatan perhari: Rp 4.000.000,-
  • Rata-rata pendapatan perbulan 100%: Rp 120.000.000,-
  • Pb1 10%: Rp 12.000.000,-
  • Biaya penggunaan bahan baku 50%: Rp 54.000.000,-
  • Biaya gaji karyawan 11%: Rp 9.900.000,-
  • Utilities: Rp 1.800.000,-
  • Biaya lainnya: Rp 2.500.000,-
  • Keuntungan bersih: Rp 39.800.000,-
  • Keuntungan bersih bagi hasil 60%: Rp 23.880.000,-
  • Perkiraan balik modal selama 1,1 tahun

4. Baba Rafi Premium

Modal awal untuk Outlet Baba Rafi Premium adalah Rp 200.000.000,-. Berikut ini gambaran potensi keuntungan yang akan kamu dapatkan saat menjalankan bisnis franchise Kebab Baba Rafi:

  • Modal: Rp 200.000.000,-
  • Rata-rata pendapatan perhari: Rp 1.500.000,-
  • Rata-rata pendapatan perbulan: Rp 45.000.000,-
  • Biaya penggunaan bahan baku 50%: Rp 22.500.000,-
  • Biaya gaji karyawan 11%: Rp 6.000.000,-
  • Utilities: Rp 1.000.000,-
  • Biaya operasional: Rp 4.500.000,-
  • Biaya lainnya: Rp 2.000.000,-
  • Keuntungan bersih: Rp 9.000.000,-
  • Perkiraan balik modal selama 1,9 tahun

5. Black Kiosk

Modal awal untuk Outlet Black Kiosk adalah Rp 75.000.000,-. Berikut ini gambaran potensi keuntungan yang akan kamu dapatkan:

  • Modal: Rp 75.000.000,-
  • Rata-rata pendapatan perhari: Rp 650.000,-
  • Rata-rata pendapatan perbulan: Rp 19.500.000,-
  • Biaya penggunaan bahan baku 50%: Rp 9.750.000,-
  • Biaya operasional: Rp 4.450.000,-
  • Keuntungan bersih: Rp 4.800.000,-
  • Perkiraan balik modal selama 1,4 tahun

Tips Sukses Usaha Kebab Baba Rafi

Berikut ini ada beberapa tips sukses dalam menjalankan bisnis franchise Kebab Baba Rafi:

1. Fokus

Meskipun banyak bermunculan lini bisnis baru yang akan menarik minat kamu, tetapi kamu harus tetap fokus pada bisnis utama kamu, yaitu Kebab. Namun, kamu juga harus tetap melakukan inovasi. Supaya bisa terus bersaing dengan bisnis-bisnis kuliner baru. Pastikan kamu selalu update terhadap informasi-informasi baru di bidang kuliner.

2. Konsisten

Menjalankan usaha tidak hanya sekedar menanam modal atau berinvestasi semata. Sebagian besar orang hanya memikirkan modal awal dan bermimpi menikmati hasil keuntungannya saja. 

Padahal usaha kebab juga suatu proses pembelajaran, hasil dari kerja kerasa dan pemikiran oleh banyak pihak. Oleh sebab itu, konsistensi kamu sebagai pelaku usaha harus senantiasa dijaga.

Baca Juga:  Franchise Makanan Ringan Paling Laris yang Ada Saat Ini

3. Standarisasi

Buatlah SOP yang jelas dalam menjaga standarisasi outlet kebab milikmu. Kontrol bisnis kamu mulai dari pencarian lokasi, gerai dan peralatan, paket investasi, training dan rekrutmen, serta supply bahan baku. Supaya standarisasi produk tetap sama dan terjaga dengan baik. Apabila bisnis kamu memiliki standarisasi yang baik, para pelanggan pun akan mudah mengenal brand kamu dengan baik.

4. Promosi

Supaya angka penjualan bisnis franchise Kebab Baba Rafi kamu meningkat, pastinya kamu harus melakukan promosi. Mempublikasikan lokasi bisnis melalui platform online maupun offline. Misalnya, mempromosikan bisnis melalui sosial media pribadi atau khusus bisnis kebab kamu. Kamu bisa memposting berbagai produk yang kamu jual atau memberikan diskon khusus dengan persyaratan tertentu.

5. Pilih Lokasi Strategis

Lokasi berjualan yang strategis adalah faktor penting untuk menjalankan bisnis supaya usaha kamu dapat berjalan lancar dan sukses. Kamu bisa memilih lokasi seperti di dekat sekolah, pusat perbelanjaan, pusat aktivitas remaja, kampus, pusat hiburan, atau area perkantoran. 

Lokasi yang strategis pastinya akan lebih mudah untuk dijangkau oleh para pelanggan bisnis kamu dan memperbesar peluang untuk meningkatkan angka penjualan. Sehingga, usaha kuliner kamu tidak akan mudah sepi pengunjung.

6. Mental yang Kuat

Ketika melakukan usaha pada bidang apapun, menerapkan mental yang kuat adalah kunci untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan usaha. Maksudnya, kamu harus tetap optimis dan pantang menyerah saat melalui setiap proses pertumbuhan usaha kebab milikmu. Jangan lupa untuk selalu melayani pelanggan bisnis kamu dengan sepenuh hati.


Tertarik untuk Mencoba Usaha Franchise Kebab Baba Rafi?

Setelah menyimak tentang bisnis franchise Kebab Baba Rafi, apakah kamu tertarik untuk bergabung dalam bisnis yang satu ini? Karena prosesnya yang mudah dan peluang keuntungan yang cukup besar. Selain itu, kamu juga akan mendapat bimbingan dari tim Kebab Baba Rafi, supaya bisa menjalankan usaha kebab dengan baik.


Temukan berbagai ide dan inspirasi bisnis franchise makanan lainnya hanya di fnbpreneur.id.