Tips Sukses Franchise Mixue beserta Harga dan Cara Mendaftarnya

3 min read

Mixue merupakan salah satu merek dagang minuman yang sangat viral saat ini karena cabangnya yang ada di mana-mana. Perusahaan ini menawarkan ice cream dan minuman teh dengan harga yang terjangkau. Ingin bermitra dengan Mixue? Yuk ketahui tips sukses franchise Mixue beserta cara dan harga daftarnya berikut ini!


Harga Franchise Mixue

Berdasarkan pada surat edaran dari PT Zisheng Pacific Trading pada 31 Maret 2022, harga franchise Mixue Ice Cream & Tea ini sekitar Rp808.000.000,00  atau 370.000 Yuan.

Walau begitu, harga ini sudah termasuk keseluruhan investasi dari awal pembangunan gerai hingga pendampingan dari manajemen, loh. Jadi sudah sangat wajar untuk mulai bermitra dengan Mixue. Untuk rincian lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

  • Deposit:  Rp40.000.000,00
  • Manajemen:  Rp18.000.000,00 – Rp24.000.000,00
  • Alat dan mesin : Rp170.000.000,00
  • Bahan baku awal: Rp100.000.000,00
  • Biaya renovasi: Rp200.000.000,00 – Rp350.000.000,00

Untuk lebih rincinya lagi, harga franchise ini cenderung berbeda-beda tergantung dari lokasinya. Baik di ibu kota maupun setiap kabupaten yang ada di Indonesia, adapun untuk rinciannya kurang lebih sebagai berikut:

1. Ibu Kota

Jika kamu ingin membuka Mixue di ibu kota provinsi, harga franchise yang harus dikeluarkan yakni sekitar Rp380.000.000,00. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Biaya manajemen per tahun: Rp24.000.000,00
  • Deposit: Rp40.000.000,00
  • Biaya pelatihan: Rp3.000.000,00
  • Biaya peralatan (mesin): +/- Rp183.000.000,00
  • Bahan baku gelombang pertama: +/- Rp130.000.000,00

Namun rincian biaya tersebut belum termasuk sewa tempat dan gaji pegawai. Jadi untuk sisanya, kamu bisa memperkirakan sendiri sesuai dengan gaji karyawan yang akan kamu bayarkan. 

Baca Juga:  Franchise Makanan Ringan Paling Laris yang Ada Saat Ini

2. Kabupaten atau Kota

Harga franchise Mixue di setiap kabupaten berbeda tergantung dari tempatnya. Namun biasanya biayanya berkisar pada Rp374.000.000 dan untuk rinciannya sebagai berikut:

  • Biaya manajemen per tahun: Rp18.000.000,00.
  • Deposit: Rp40.000.000,00
  • Biaya pelatihan: Rp3.000.000,00
  • Biaya peralatan (mesin): +/- Rp183.000.000
  • Bahan baku: +/- Rp130.000.000,00.

Sama seperti sebelumnya, biaya ini belum termasuk sewa tempat dan gaji pegawai. Jadi tinggal tambah dengan berapa rencana gaji pegawai yang akan kamu berikan.


Cara Daftar Franchise Mixue

Setelah kamu mengetahui berapa biaya untuk daftar franchise Mixue, bisa langsung coba daftar, ya. Adapun untuk informasi cara daftarnya bisa kamu lihat di akun Instagram resmi Mixue Indonesia. 

Nah, pada akun tersebut biasanya kamu akan diarahkan untuk langsung menghubungi perusahaan via pesan singkat. Kurang lebih alur daftar mitra Mixue adalah sebagai berikut:

  • Konsultasi kemitraan terlebih dahulu kepada pihak Mixue melalui telepon atau WhatsApp ke nomor 0819-9360-6666.
  • Ajukan permohonan sebagai calon mitra kepada pihak Mixue. Biasanya pihak Mixue Ice Cream & Tea akan melakukan evaluasi terkait gerai kamu dan sebagainya.
  • Jika kamu lolos evaluasi, maka kamu akan menandatangani kontrak yang akan disetujui oleh pihak mitra dan Mixue.
  • Bagian manajemen akan membantu proses dekorasi toko kamu.
  • Kamu juga akan mendapatkan pelatihan teori dan praktik yang berkaitan dengan pengoperasian toko.

Adapun beberapa kontak perusahaan Mixue yang bisa kamu hubungi antara lain: 

Tips Sukses Franchise Mixue

Adapun beberapa tips sukses franchise Mixue yang bisa kamu coba yaitu:

1. Buat Rencana Bisnis

Sudah bukan rahasia umum lagi jika harga produk yang Mixue tawarkan sangatlah murah dan ramah di kantong para pelajar maupun pekerja. Jadi walaupun tanpa kamu berusaha keras memasarkannya, produk ini sudah cukup dikenal dan laris di pasaran.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Usaha Franchise Minuman Teh Menguntungkan

Namun tentunya juga perlu untuk membuat rencana bisnis terkait franchise yang akan kamu lakukan. Mulailah dengan membuat perencanaan modal hingga tipe karyawan yang akan kamu gunakan untuk menjalankan bisnis ini. 

2. Tentukan Target Pasar yang Jelas

Dalam berbisnis, kamu juga perlu menentukan target pasar untuk memasarkan produk Mixue nantinya. Sebaiknya dalam menentukan target pasar, kamu perlu melakukan survei pasar terlebih dahulu. 

Kamu bisa melihat bagaimana franchise Mixue lainnya memasarkan produknya dan target pasar seperti apa yang mereka tuju. Kamu dapat menjadikannya sebagai acuan dalam menjalankan bisnis kamu. 

Namun biasanya Mixue memang menyasar target pasar dari kalangan menengah ke bawah yang mana saat ini menempati proporsi terbesar untuk seluruh populasi yang ada di Indonesia. 

Dengan pelanggan yang sebagian besar berasal dari kalangan pekerja dan pelajar, dalam hal ini kamu tidak perlu khawatir, karena Mixue juga akan memberikan pelatihan bagaimana cara menjalankan bisnis Mixue dengan baik. Terutama berkaitan dengan bagaimana cara pemasaran produkmu nantinya. 

3. Mengoptimalkan Outlet di Lokasi Ramai

Tips sukses franchise Mixue selanjutnya yaitu dengan mengoptimalkan area outlet di lokasi padat penduduk. Kamu bisa membangun Mixue di area yang padat penduduk dan banyak aktivitas pendidikan seperti sekolah dan universitas. 

Hal ini karena titik-titik tersebut merupakan tempat berkumpulnya target pasar yaitu kalangan pekerja dan pelajar dengan ekonomi menengah. 

Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir karena biasanya kamu biasanya Mixue akan melakukan pengecekan lokasi untuk mengetahui apakah lokasi tersebut potensial atau tidak untuk menjalankan bisnis ini. 

4. Terus Berinovasi

Salah satu kunci keberhasilan suatu bisnis adalah inovasi karena dengan ini bisa membuat bisnis unik dan berbeda daripada yang lain. Nah, kamu bisa membuat inovasi, mungkin dari proses pemasaran yang unik. 

Untuk produk, kamu tidak perlu khawatir karena Mixue tidak pernah berhenti berinovasi dalam menyuguhkan produk-produk yang sesuai dengan minat masyarakat dan konsumen mereka. Untuk itulah, kamu bisa fokus dalam bagaimana cara memasarkan Mixue agar bisnis waralaba yang kamu lakukan ini bisa berhasil.

Baca Juga:  Franchise Es Teh Indonesia yang Viral, Berapa Harganya?

5. Menggunakan Sistem Pemasaran yang Ikonik

Di dunia yang serba teknologi saat ini, pemasaran tanpa campur tangan teknologi akan hampa. Jadi kamu bisa memanfaatkan teknologi ataupun media sosial untuk memasarkan produkmu, mulai dari membuat video TikTok dengan lagu ikonik Mixue atau membuat video review produk yang ada di Mixue.

Sekadar informasi, Mixue sendiri memiliki lagu yang menjadi ciri khas mereka dan bahkan lagu ini pernah berhasil trending di salah satu aplikasi berbagi video TikTok. Jadi kamu bisa memanfaat lagu itu untuk memasarkan produk kamu namun tentunya dengan video yang ikonik sehingga bisa menarik banyak pelanggan.

Namun, kalau kamu memiliki ide cara pemasaran yang lebih menarik, ikonik, dan efektif dari cara yang tadi, tak ada salahnya untuk coba kamu terapkan. Barangkali dari ide pemasaran tersebut bisa lebih banyak menggaet pembeli dan menaikkan angka penjualan asalkan target iklannya tepat sasaran.


Sudah Tahu Tips Sukses Franchise Mixue?

Nah setelah mengetahui biaya, cara daftar, hingga tips sukses Mixue tersebut, selanjutnya bisa langsung mulai coba berwaralaba Mixue. Kamu tidak perlu khawatir bermitra dengan Mixue, mengingat produknya yang sudah sangat terkenal pastinya akan sangat menguntungkan.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Franchise Jelly Potter: Cara Mendaftar, Harga, dan Tips Suksesnya

Banyak minuman berasa yang kini makin variasi, mulai dari minuman boba, kopi susu dan minuman lainnya. Bagi kamu penyuka minuman manis, pasti pernah mendengar...
Reiva Zaviera
3 min read