Bisnis Minuman Kekinian Masih Menjanjikan, Ini Ide dan Tips Suksesnya

3 min read

bisnis minuman kekinian

Bisnis minuman kekinian saat ini sudah menjamur dan mudah ditemui di mana-mana. Umumnya, target minuman kekinian ini adalah anak muda, khususnya yang aktif menggunakan sosial media seperti Instagram. Sebab, anak muda sering membagikan story atau unggahan yang menurut mereka menarik di Instagram. Nah, salah satu unggahan yang menarik tersebut adalah minuman kekinian.

Apa itu Minuman Kekinian

Minuman kekinian merupakan istilah untuk melabeli minuman yang sedang tren. Biasanya, minuman ini memiliki rasa enak, topping yang beragam, dan kemasan yang menarik. Munculnya tren minuman kekinian tentu saja sangat menarik buat kamu yang menyukai bisnis, khususnya sektor minuman. Bahkan untuk kedepanya, bisnis minuman kekinian ini masih memiliki potensi keuntungan yang cukup besar.


Ide Bisnis Minuman Kekinian Terlaris

Jumlah kompetitor pada sektor bisnis minuman kekinian terbilang sangat banyak. Supaya tidak kalah saing, tentu saja kamu harus memiliki ide unik, fresh, dan menarik. Lalu, ide bisnis minuman kekinian apa yang paling laris untuk dijual? Berikut beberapa jenis minuman kekinian yang cocok jadi inspirasi buat kamu:

1. Thai Tea

Ide minuman kekinian yang pertama adalah Thai tea. Seperti namanya, minuman yang terbuat dari teh ini berasal dari Thailand. Berbeda dari minuman teh pada umumnya, Thai tea terbuat dari campuran teh hitam, susu cair, dan susu kental manis. Perpaduan dari ketiga bahan ini membuat Thai tea memiliki aroma khas serta rasa yang cukup enak dan menyegarkan tenggorokan.

Hanya menggunakan tiga bahan utama, rasa manis dan creamy terasa sangat pas dan enak di lidah, apalagi jika menikmatinya dalam keadaan dingin. Inilah mengapa jenis minuman ini tidak pernah sepi pembeli. Oleh sebab itu, jangan lupa memasukkan Thai tea dalam menu andalan kamu nanti ya.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Franchise Minuman Kekinian untuk Memulai Bisnis

2. Cheese Tea

Jenis minuman kekinian lainnya yang juga terbuat dari teh adalah cheese tea. Tidak hanya populer di Indonesia, cheese tea juga cukup populer di beberapa negara Asia, seperti Singapura, Malaysia, dan China.

Cheese tea merupakan minuman yang terbuat dari keju dan teh. Namun, keju yang digunakan bukanlah keju parut, melainkan keju yang sudah berbentuk creamy foam. Perpaduan teh dengan creamy foam membuat minuman ini memiliki rasa sedikit manis dan unik di lidah.

Rasa uniknya inilah yang jadi daya tarik dari cheese tea. Karena tidak begitu populer, potensi keuntungan menjual minuman ini masih terbuka lebar. Sebab, tidak semua kompetitor menjual cheese tea. Jadi, cheese tea termasuk ide bisnis minuman kekinian yang harus kamu coba.

3. Boba

Ide bisnis minuman kekinian yang terakhir adalah boba. Di kalangan anak muda, boba merupakan jenis minuman yang paling populer dan favorit. Hal yang membuat minuman ini menarik adalah topping-nya atau yang disebut dengan boba.

Boba berbentuk bulat dan berukuran kecil-kecil. Topping ini sangat kenyal karena terbuat dari tepung tapioka. Tekstur kenyalnya inilah yang memberikan sensasi tersendiri ketika menggigitnya.

Topping boba cocok untuk beberapa jenis minuman, antara lain brown sugar, milk tea, kopi, matcha, dan jenis minuman lainnya. Variasi menu dan hanya menggunakan satu topping ini tentu akan menghemat biaya pengeluaran bisnis kamu. Tentu saja ini menguntungkan buat kamu nantinya.

Kamu bisa mencoba ketiga jenis minuman di atas atau bahkan bisa menambahkan ide jenis minuman lainnya yang sedang jadi tren. Memainkan banyak variasi rasa juga bisa jadi solusi agar menu-menu yang kamu jual menarik pembeli.

Baca Juga:  Peluang Usaha Franchise Minuman Chatime, Seberapa Menjanjikan?

Tips Sukses Bisnis Minuman Kekinian untuk Pemula

Sebagai pemula, untuk memulai bisnis minuman kekinian tentu saja butuh persiapan yang matang. Meskipun terlihat mudah, sektor bisnis ini memiliki kompetitor yang sangat banyak jumlahnya. Agar tidak kalah saing dan bisa berkembang, berikut tips sukses bisnis minuman kekinian untuk para pemula:

  • Pemilihan lokasi harus tepat. Perhatikan seberapa ramai lokasi tersebut, apakah ada biaya sewa, dan apakah sudah ada kompetitor sejenis. Rekomendasi lokasi strategis untuk bisnis minuman kekinian antara lain lingkungan sekolah, lingkungan kampus, taman, lingkungan pasar, atau minimarket.

Catatan untuk pemilihan lokasi: jika kamu ingin memulai bisnis dari rumah, maka tidak perlu melakukan survei. Kamu harus lebih fokus melakukan promosi agar bisnis milikmu terkenal.

  • Kemasan minuman harus unik. Yup, selain rasa, kemasan atau cup minuman juga jadi daya tarik sendiri bagi pembeli. Maka dari itu, buatlah cup atau kemasan minuman yang unik dan menarik. Misalnya membuat quotes atau kata-kata motivasi singkat, menulis nama pembeli, dan desain lucu lainnya.

Catatan untuk kemasan atau cup minuman: kamu bisa membuat dua ukuran yaitu medium dan large. Dua ukuran ini merupakan salah satu cara strategi marketing yang berpengaruh terhadap keputusan pembeli lho.

  • Rutin melakukan promosi. Ini adalah cara penting agar bisnis minuman kekinian milikmu terkenal. Manfaatkan beberapa sosial media seperti Instagram sebagai media promosi rutin. Jangan lupa untuk memberikan potongan harga atau jenis promosi lainnya untuk menarik pembeli.

Catatan untuk promosi: khusus buat kamu yang memulai bisnis dari rumah, kamu harus memaksimalkan sosial media untuk promosi. Supaya bisnis kamu terkenal dan cepat berkembang meskipun hanya dari rumah.

  • Konsisten dan rajin berinovasi. Sebagai pebisnis, kamu harus siap menerima segala risiko yang akan terjadi. Jangan mudah menyerah dan rajin melakukan inovasi adalah kunci penting agar bisnis minuman kekinian milikmu berkembang dan tidak kalah saing dari kompetitor lain.
Baca Juga:  Usaha Minuman Boba Masih Jadi Tren, Begini Kiat Suksesnya

Tips-tips di atas merupakan hal mendasar yang harus dilakukan oleh para pemula. Meskipun terkesan rumit, tapi seiring berjalannya waktu, kamu akan terbiasa melakukannya.


Kesimpulan

Peluang keuntungan di sektor bisnis minuman kekinian masih cukup menjanjikan untuk kedepannya. Oleh sebab itu, tidak heran jika sektor bisnis ini sudah menjamur di mana-mana.

Meskipun banyak kompetitornya, bisnis minuman milikmu bisa bersaing atau bahkan lebih berkembang jika kamu memiliki persiapan yang cukup matang. Misalnya menjual minuman yang sedang tren dan jadi favorit banyak orang, seperti Thai tea, cheese tea, dan boba.

Tidak hanya ide kekinian, kamu juga harus menerapkan beberapa kiat sukses antara lain pemilihan lokasi yang strategis, kemasan atau cup minuman yang unik dan menarik, rutin melakukan promosi, serta konsisten dan rajin berinovasi.

Satu lagi, hal paling penting saat membuka bisnis adalah budgeting. Kamu tidak perlu mencoba semua jenis minuman kekinian. Pilihlah satu atau seberapa banyak jenis minuman yang sesuai dengan budgeting kamu. Supaya tidak rugi, kamu harus menjual minuman dengan harga yang tepat. Jadi, jangan salah menghitung seluruh jumlah pengeluaran ya.

Demikian artikel yang membahas seputar ide serta tips sukses melakukan bisnis minuman kekinian. Semoga isi artikel ini bisa membantu kamu yang tertarik membuka bisnis minuman. Selamat mencoba dan jangan mudah putus asa ya.


Temukan berbagai tips menarik juga inspirasi ide bisnis minuman kekinian dan makanan lainnya hanya di fnbprenereur.id