Franchise Menantea: Peluang, Produk, dan Tips Suksesnya (Lengkap)

5 min read

Franchise Menantea

Berbisnis adalah salah satu peluang mendatangkan uang dengan cara yang cukup mudah. Asalkan kamu memiliki inovasi dan kemampuan yang besar dalam mengelola bisnis tersebut. 

Salah satu bisnis yang saat ini sedang digandrungi adalah usaha franchise dimana kamu cukup bergabung dengan franchise yang kamu inginkan. Franchise yang saat ini sedang naik daun adalah Menantea. Membuka franchise sama saja dengan meraup keuntungan besar, terutama apabila franchise tersebut terkenal.

Sebelum memutuskan untuk menjadi mitra penjualan franchise, ada baiknya kamu mempelajari franchise tersebut. Yuk memahami franchise dan mengenal Menantea!


Apa itu Franchise Menantea?

Menantea adalah sebuah waralaba yang menjual kuliner minuman teh. Jerome Polin adalah seorang youtuber sekaligus pemilik dari franchise Menantea. Untuk menciptakan brand ini, Jerome menggandeng adiknya Jehian Panangian yang berperan sebagai manager untuk Menantea.

Jerome adalah seorang youtuber sukses yang mendapatkan kesempatan emas untuk mengenyam pendidikan di Negeri Sakura. Rupanya Jerome mendapatkan ilham untuk membuka bisnis waralaba setelah menonton salah satu drama Korea yang berjudul Itaewon Class.

Jerome terinspirasi untuk membuka franchise sebab ia beranggapan bahwa tidak selamanya youtuber adalah pekerjaan yang dapat memberikan keuntungan. Karena itu Jerome pun mulai mengembangkan ide untuk membuka bisnis waralaba bersama adiknya. 

Jerome dan Jehian menciptakan Menantea sebagai teh yang memiliki variasi fusion atau campuran yang dicampur dengan bahan-bahan buah segar seperti apel, stroberi, dan jeruk. Visi brand ini adalah memodernisasi cara menyajikan teh buah dengan bantuan teknologi canggih dalam sistem operasional industri Food and Beverage (F&B).

Dalam mengembangkan franchise ini, Jerome dan Jehian mendapatkan bantuan dari para expert di bidang kuliner. Mereka adalah Sylvia Surya sang founder franchise KopiSoe, Bisma Adi Putra yang juga seorang konsultan dalam industri F&B, dan Hendy Setiono sang pendiri BabaRafi Enterprise yang expert membangun brand agar cepat viral.  

Menantea pertama kali dirilis pada tanggal 10 April 2021 bertempat di Tomang, Slipi, Jakarta Barat. Konsep yang menaungi franchise Menantea adalah restoran mini yang bisa kaum milenial gunakan untuk nongkrong atau mengobrol dengan teman-temannya.


Mengenal Produk dan Harga Menantea

Jerome dan Jehian membesarkan franchise Menantea dengan cara yang cukup unik. Jerome adalah salah seorang antusias Matematika yang sangat menggandrungi pelajaran berhitung. Dalam konten youtubenya pun Jerome sering mengajak battle youtuber lain dalam menyelesaikan soal-soal Matematika. 

Baca Juga:  Franchise Makanan Ringan Paling Laris yang Ada Saat Ini

Karena kesukaannya dalam Matematika, sang pendiri pun memberikan banyak ide dalam produk franchisenya. Ia memberikan nama menu yang berkaitan dengan pelajaran hitung menghitung tersebut. Apa saja produk yang Menantea sajikan? Dan berapa harga yang ditawarkan?

1.  Fruit Tea Series

Fruit Tea Series Menantea
Sumber: Brandpedia.id

Franchise Menantea menyajikan banyak macam atau series yang berhubungan dengan teh. Series yang pertama berjudul fruit tea atau teh buah. Terdapat empat macam minuman dalam seri teh buah ini, yaitu Fresh Oolong Peach Jelly Tea dan Prinia Orange Lychee yang dijual 23 ribu serta Apple Kerinci Tea dan Refresh Fruit Green Tea seharga 28 ribu. 

2. Signature Series

Signature Series Menantea
Sumber: Brandpedia.id

Khusus untuk signature series, Jerome menyajikan tiga macam minuman dengan nama unik. Yaitu Inteagral yang berisi royal honey milk tea boba dengan dan Mantappu Tea yang berisi prinia orange lychee tea dengan cheese cloud dibanderol dengan harga 28 ribu. 

Khusus untuk menu signature series, Jerome juga memberikan menu berjudul MatemaTEAka yang berisikan teh buah campuran. Menu terakhir dibanderol dengan harga sebesar 25 ribu. 

3. Pure Tea and Milk Tea Series

Pure Tea and Milk Tea Series Menantea
Sumber: Brandpedia.id

Franchise Menantea juga mengeluarkan seri Pure Tea atau teh murni dan Milk Tea yang berisikan teh susu. Untuk seri teh murni sendiri ada tiga menu. Yaitu Oolong Tea dan Prinia Tea yang dibanderol dengan harga 15 ribu. Menu ketiga yaitu Oolong Tea dengan tambahan cheese cloud dengan harga 18 ribu. 

Sedangkan seri teh susu berisi 3 teh yang berharga 18 ribu, yaitu Oolong Milk Tea, Vanilla Milk Tea, dan Rose Milk Tea. Kemudian ada Oreo Milk Tea dan Oolong Brulee yang dijual sebesar 25 ribu. Terakhir ada Nutealla yang dapat kamu nikmati dengan harga 28 ribu. 

4. Irrational Series dan Topping Menantea

Irrational Series dan Topping Menantea
Sumber: Brandpedia.id

Series yang keempat diberi nama Irrational dengan menu Sea Salt Rose Matcha Latte dan Menantea Sunset yang dibanderol dengan harga 28 ribu. Menu ketiga dalam seri ini adalah Jasmine Royal Crumble yang dapat kamu beli dengan harga 25 ribu. 

Selain itu, kamu juga dapat menikmati dan memilih sendiri tambahan topping dalam minumanmu. Ada enam macam topping yang Menantea sajikan, yaitu grass jelly, mango pudding, popping boba lychee, honey boba, cheese cloud, dan menantea jelly. 

5. Potato and Chicken

Potato and Chicken Menantea
Sumber: Brandpedia.id

Tidak hanya menyajikan minuman teh fusion, Menantea juga memberikan opsi pilihan camilan yang berupa kentang dan ayam goreng. Kamu dapat memilih saus untuk camilanmu sendiri. Pilihan sausnya adalah honey mustard si saus manis, spicy huha yang pedas, dan say cheeze yang berisi keju. 


Syarat dan Ketentuan Menjalani Franchise Menantea

Setelah mengenal Menantea dari franchise, produk, hingga harga, yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu lebih lanjut cara untuk menjalani franchise ini. Untuk menjadi mitra yang menjual teh fusion satu ini, kamu harus menyiapkan beberapa hal seperti lokasi untuk berjualan dan peralatan untuk membuka outlet.

Baca Juga:  Usaha Minuman Boba Masih Jadi Tren, Begini Kiat Suksesnya

Manajemen dari Menantea sedang gencar-gencarnya untuk membuka outlet di seluruh Indonesia. Untuk kamu yang ingin meraup keuntungan, pastikan memahami syarat dan ketentuan untuk membuka franchise ini. 

Tidak ada syarat khusus selain menyiapkan tempat untuk outlet. Apabila kamu ingin membuka outlet standar, persiapkan uang sejumlah Rp 125 juta. Outlet standar adalah outlet biasa yang mendapat sponsor untuk Menantea namun tidak termasuk peralatan yang digunakan untuk membuat teh. Biaya peralatan bisa membutuhkan dana sebesar Rp 50 juta. 

Namun apabila kamu memiliki budget lebih, kamu dapat memilih outlet autopilot yang sebesar Rp 175 juta. Khusus untuk outlet ini, kamu akan mendapatkan peralatan untuk pembuatan teh dan makanan yang Menantea sajikan dalam menu. Outlet autopilot juga menerapkan sistem pembagian sebesar 50:50. 


Peluang Keuntungan Usaha Franchise Menantea

Berbisnis memang tidak mudah. Selain memerlukan biaya yang cukup besar, kamu juga harus mengerahkan tenagamu untuk menjual produk yang kamu jual agar laris dan populer di kalangan masyarakat. Begitu pula dengan Menantea, biaya yang kamu keluarkan memang tidak sedikit.

Namun kamu dapat meraup keuntungan yang besar apabila dapat mempromosikan produkmu dengan baik. Omzet penjualan yang bisa kamu dapatkan dari Menantea bisa mencapai Rp 35 juta. Bahkan para penjual yang rajin bisa mendapatkan omzet lebih dari itu. Probabilitas omzetnya mencapai Rp 49 juta.

Sebelum menghitung keuntungan, ada baiknya kamu memeriksa outlet mana yang kamu gunakan. Apabila kamu menggunakan outlet autopilot, kamu akan membagi keuntungan dengan manajemen sebesar 50%. Sedangkan outlet standar yang tidak mendapat mesin dan peralatan, omzet akan masuk ke dalam kantong mitra itu sendiri. 


Tips Sukses Bisnis Franchise Menantea

Nah, kamu sudah bisa memperhitungkan outlet mana yang akan kamu pilih dalam menjalankan bisnis waralaba Menantea. Tugasmu selanjutnya adalah mengembangkan produk untuk menjadi populer. Sebab produk yang populer akan selalu dikenang dan pelanggan setia pun pasti akan terus berdatangan. 

Untuk menjadi sukses dalam bisnis franchise, berikut adalah tips-tips yang dapat kamu lakukan:

1. Memilih Lokasi Outlet yang Strategis

Melakukan promosi untuk mempopulerkan produk memang penting, namun lokasi outlet penjualan juga tidak kalah penting. Kamu harus mencari lokasi outlet yang strategis dimana konsumen dapat melihat langsung lokasi toko. Pastikan lokasi outlet tidak tertutup dan mudah ditemukan agar konsumen tidak malas untuk datang dan membeli Menantea. 

2. Mempromosikan Produk Melalui Media Sosial

Di era digital ini, sosial media adalah salah satu media terbaik dalam mempromosikan produk. Kamu dapat mengunggah gambar produk yang kamu jual dengan memberikan caption menarik. Gunakan foto yang dapat menggugah selera calon konsumen agar membuat mereka tertarik untuk membeli produkmu.

Lakukan tips pertama ini secara teratur. Kamu dapat mengunggah sebuah postingan di media sosial tiap seminggu sekali agar produk yang kamu jual tetap memiliki popularitas. Jangan lupa untuk berinteraksi dengan konsumen dengan baik. Sebab pelayanan yang baik akan meninggalkan kesan produk dan brand yang baik pula. 

Baca Juga:  Franchise Yuba Tea: Minuman Kekinian dari Reza Arap yang Viral

3. Menggunakan Jasa Paid Promote Selebgram

Tips kedua untuk lebih sukses dalam bisnis franchise adalah menggunakan jasa paid promote selebgram. Kamu dapat menggunakan jasa ini dalam rangka mendapatkan testimoni akan produk yang kamu jual. Gunakan kekuatan selebgram yang terpercaya dalam mempopulerkan produk. 

Siapkan produk terbaikmu, berikan kesempatan pada selebgram untuk mencoba dan merasakan bagaimana nikmatnya Menantea yang sedang kamu promosikan. Kekuatan selebgram akan mendatangimu sekali ia memberikan testimoni produk yang kamu jual. Toko akan ramai, keuntungan pun datang. 

4. Memberikan Promo atau Diskon Tertentu

Saat ini ada banyak event yang dapat kamu manfaatkan untuk menyukseskan franchise Menantea, terutama event tanggal kembar. Kamu dapat menggunakan event tersebut untuk memberikan promo tertentu, bahkan mungkin diskon khusus untuk pelanggan setia. 

Promo dan diskon dapat selalu menarik perhatian konsumen. Terutama apabila dipromosikan dengan baik. Promo tersebut dapat berupa beli dua gratis satu atau beli teh tertentu dengan gratis topping. Diskon dapat kamu gunakan khusus bagi pelanggan setia yang sering membeli di toko milikmu.


Siap Bergabung Dengan Franchise Teh Hits Menantea?

Melakukan bisnis waralaba merupakan pekerjaan dengan tantangan yang besar. Karena tidak hanya kamu yang menjual satu macam makanan dan persaingan pun akan ketat. Namun dengan franchise Menantea yang populer dan menu yang inovatif, kamu dapat menggunakan dua kekuatan tersebut untuk meraup keuntungan. 

Pastikan kamu memilih outlet yang cocok dalam menjalani bisnis ini agar kamu tidak kekurangan modal. Lakukan tips-tips yang dapat membuat franchise Menantea sukses agar mendatangkan konsumen yang setia. 

Jagalah kebersihan dan pastikan pelayanan yang kamu berikan tetap baik agar dapat memanjakan konsumen yang membeli di toko milikmu. Selamat mencoba!


Temukan berbagai rekomendasi bisnis minuman kekinian dan franchise minuman lainnya hanya di fnbprenereur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.