10 Makanan Khas Kendari dengan Cita Rasa Unik, Wajib Coba!

3 min read

Makanan khas Kendari memiliki cita rasa yang sangat unik. Kombinasi rasa pedas khas Sulawesi yang berpadu dengan rempah-rempah lokal, menghasilkan sebuah varian rasa yang sangat memanjakan lidah. Selain itu, makanan-makanan ini mungkin akan sulit untuk kamu temukan di Jakarta, lho.

Sulawesi memang selalu mengedepankan cita rasa pedas hampir di setiap makanan khasnya. Namun, tidak semua kuliner khas Sulawesi memiliki cita rasa pedas, khususnya kota Kendari. Di sana, kamu dapat menemukan berbagai sajian kuliner dengan nama unik dan rasa yang beragam. Penasaran? Yuk simak selengkapnya!

10 Makanan Khas Kendari

Dari mulai sajian pedas, gurih, manis, hingga asam, ini dia deretan kuliner asal kota Kendari yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana:

1. Lapa-Lapa

Lapa-Lapa

libur.co

Dari segi tampilan, lapa-lapa memang tampak seperti lontong. Namun, jangan salah tafsir, ya. Kuliner satu ini bukanlah lontong yang biasa kamu temukan pada umumnya, lho. Lapa-lapa merupakan sajian khas kota Kendari yang terbuat dari olahan beras yang dimasak bersama dengan santan kelapa.

Cara mengolahnya hampir sama seperti lontong pada umumnya. Namun, yang membuat makanan satu ini terasa unik adalah pembungkusannya yang memakai daun kelapa atau janur. 

Biasanya, lapa-lapa tersaji sebagai hidangan utama yang dapat kamu nikmati dengan ikan asin. Teksturnya yang lembut akan menambah kegurihan dari makanan satu ini. 

Selain itu, harga lapa-lapa juga terbilang sangat murah. Kamu bisa mendapatkan kuliner satu ini dengan merogoh kocek sebesar Rp1.500,00 saja. Murah, bukan?

2. Bolu Kukus Mete

Bolu Kukus mete

orami.com

Makanan khas Kendari selanjutnya adalah bolu kukus mete. Pada dasarnya, bolu kukus mete hampir sama seperti jenis kue bolu pada umumnya. Namun, pada bagian topping makanan ini terdapat kacang mete asli yang membuat cita rasanya jadi lebih gurih dan legit.

Baca Juga:  Cara Membuat Laksa Oncom Khas Sunda yang Lezat, Dijamin Nagih!

Tak hanya itu, Penelitian dalam jurnal internasional British Journal of Nutrition menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi kacang mete, berisiko 37% lebih rendah terkena penyakit jantung koroner. Nah, karena khasiatnya ini, bolu kukus mete sangat cocok buat kamu jadikan oleh-oleh enak dan sehat.

3. Kabuto

kabuto

ksmtour.com

Kabuto adalah makanan khas Kendari dengan cita rasa manis yang berpadu parutan kelapa. Jenis makanan ini merupakan olahan fermentasi berbahan dasar singkong dan ubi.

Melalui proses fermentasi, adonan singkong yang berpadu dengan campuran ubi akan menciptakan sajian kuliner dengan rasa gurih yang khas. Kabuto juga sangat mudah untuk kamu jumpai khususnya di daerah Kendari. Jika berkunjung ke sana, jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan unik satu ini, ya.

4. Kapusu Nosu

Kapusu Nosu

review.bukalapak.com

Kapusu nosu merupakan makanan khas Kendari dengan tekstur sangat unik dan tampilannya yang menggugah selera. Sajian kuliner ini terbuat dari perpaduan kacang merah yang bercampur dengan bubur jagung. Jenis makanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di kawasan Sulawesi Tenggara.

Dari segi penyajian, cara membuat kapusu nosu juga terbilang sangat mudah. Jagung yang telah halus kemudian dicampur dengan kuah santan dan kacang merah. 

Ketika bahan tersebut telah halus dan tercampur sempurna, barulah kapusu nosu siap untuk kamu santap. Makanan ini juga sangat cocok kamu nikmati saat cuaca sedang dingin karena akan menghangatkan badan.

5. Sinonggi

Sinonggi

sarihusada.co.id

Makanan khas Kendari selanjutnya adalah sinonggi. Sinonggi merupakan sajian kuliner khas Sulawesi Tenggara yang terbuat dari bahan dasar sagu yang tersaji bersama ikan kuah rempah dengan citra rasa pedas. 

Sejak dulu, sinonggi sering hadir sebagai sajian khas di berbagai acara adat Suku Tolaki, lho. Masyarakat Suku Tolaki memiliki sebuah tradisi unik yaitu mosonggi. Mosonggi sendiri merupakan sebuah tradisi menyantap sinonggi secara bersama-sama. 

Baca Juga:  Makanan Khas Makassar yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung

Awalnya, Sinonggi merupakan makanan pokok masyarakat Suku Tolaki karena bahan dasarnya yang terbuat dari sagu. Namun, seiring berjalannya waktu dan mulai populernya nasi di kalangan masyarakat, sinonggi mulai tergantikan posisinya. 

Meski demikian, makanan ini sekarang tetap bisa kamu temukan di beberapa restoran di Kendari dengan kisaran harga Rp20.000,00 per porsinya.

6. Kripik Mete

Kripik Mete

metrokendari.id

Bagi kamu yang suka ngemil camilan ringan dengan rasa gurih, makanan khas Kendari satu ini wajib banget kamu coba. Keripik mete bisa juga kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah saat kamu berkunjung ke provinsi Sulawesi Tenggara. 

Banyaknya varian rasa membuat camilan satu ini semakin menarik untuk kamu cicipi. Selain itu, rasanya yang gurih dan berpadu dengan tekstur renyah pastinya akan membuat lidah kamu bergoyang dan ketagihan saat menyantapnya. 

7. Sate Gogos Pokea

Sate Gogos Pokea

correcto.id

Rasa pedas memang sudah sangat melekat dalam makanan khas Kendari, termasuk pada sajian sate gogos pokea. Jika sate pada umumnya terbuat dari olahan daging ayam, kambing, atau sapi, jenis sate yang satu ini menggunakan jenis daging yang berbeda. 

Uniknya, sate gogos pokea terbuat dari daging hewan laut atau seafood. Umumnya, sate ini terbuat dari daging kerang, yang berpadu dengan bumbu sambal bacem yang khas. Perpaduan bahan tersebut membuat sate gogos pokea mempunyai cita rasa gurih, pedas, dan manis yang sangat memanjakan lidah.

8. Ikan Dole

ikan dole

esnbanten.com

Sajian seafood mungkin sangat familiar terdapat dalam deretan makanan khas Kendari. Letak geografis wilayah yang banyak terdapat pantai ini membuat Kota Kendari mempunyai olahan kuliner seafood yang sangat beragam, salah satunya adalah ikan dole.

Ikan dole merupakan sajian lauk pauk yang terbuat dari bahan dasar Ikan tenggiri. Cara membuatnya yaitu dengan menggiling daging ikan tenggiri. Kemudian, adonan ikan tenggiri bercampur dengan parutan kelapa muda. Lalu, setelah adonan tercampur, adonan tersebut digoreng hingga teksturnya krispi dan kecokelatan.

Baca Juga:  12 Menu Nasi Padang Sederhana dan Paling Enak yang Harus Dicoba

9. Abon Ikan

abon ikan

cookpad.com

Masih terbuat dari bahan dasar ikan, abon ikan adalah makanan khas Kendari yang memiliki cita rasa gurih dan renyah. Biasanya, abon Ikan tersaji sebagai lauk pauk yang bisa kamu nikmati bersama papeda ataupun nasi.

Selain itu, karena bahan dasarnya terbuat dari ikan asli, membuat kuliner satu ini sangat kaya akan gizi dan protein. Abon Ikan juga sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai camilan ringan yang bisa kamu nikmati saat sedang santai.

10. Pisang Epe

Pisang Epe

travel.kompas.com

Rekomendasi makanan khas Kendari yang terakhir adalah pisang epe. Pisang epe adalah sajian kuliner yang terbuat dari bahan dasar pisang. Pisang ini nantinya akan melewati proses pembakaran hingga berubah warna kehitaman. 

Kemudian, pisang bakar tersebut akan tersaji bersama kuah gula merah cair yang akan menghasilkan cita rasa manis dan gurih. Pisang epe juga sangat cocok untuk kamu nikmati bersama juice sebagai camilan ringan di waktu santai.

Sudah Kebayang Nikmatnya Kuliner Khas Kendari?

Nah, itu dia 10 makanan khas Kendari dengan berbagai cita rasa yang nikmat. Mulai dari kuliner rasa pedas, manis, gurih, hingga yang sangat unik bisa kamu jumpai di Kota Kendari. Menyantap makanan tradisional  dapat membantu melestarikan budaya bangsa. Jadi, yuk cicip makanan khas daerah di penjuru Indonesia!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.