8 Minuman Khas Vietnam yang Segar dan Enak

3 min read

minuman khas vietnam

Baik minuman panas dan dingin, semua minuman khas Vietnam cocok untuk menemani waktu bersantai kamu.

8 Minuman Khas Vietnam yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Layaknya negara Indonesia, Vietnam kaya sekali akan rempah-rempah dan budaya. Maka dari itu, tidak sulit untuk menemukan ragam minuman yang bakal melepas dahaga sekaligus memiliki manfaat untuk kesehatan. Ini dia ragam minuman asli Vietnam yang wajib untuk kamu coba:

1. Trà Sen (Teh Teratai)

Trà Sen

tasteatlas.com

Jika bicara soal teratai, mungkin yang ada di pikiran kamu adalah sebuah tanaman dengan bunga yang cantik dan juga kesan ketenangan. Namun siapa sangka bahwa di Vietnam sendiri ada minuman khas yang berbahan dasar teratai.

Teh teratai adalah sejenis teh hijau yang terbuat dari bunga teratai sebagai salah satu bahan dasar. Agar mencapai rasa yang optimal, pembuatan teh teratai ini memakan waktu yang tidak singkat.

Teh hijau yang sudah mengalami proses penyeduhan kemudian dicampur dengan benang sari teratai. Jadi bukan kelopaknya ya, melainkan bagian tengah dari bunga teratai.

Kedua bahan dapat mengalami pencampuran hingga berkali-kali untuk mencapai rasa maksimal. Selain itu, minuman ini sendiri biasa orang-orang minum ketika melangsungkan acara perayaan ataupun festival.

2. Trà Atisô (Teh Artichoke)

Trà Atisô

wellandgood.com

Masih dari ranah teh, kali ini kamu akan dikenalkan dengan teh artichoke. Bagi yang belum tahu, artichoke merupakan tanaman dalam kelompok thistle yang biasa jadi lauk.

Baca Juga:  Bisnis Minuman Sehat Kekinian: Rekomendasi dan Tips Sukses

Namun kali ini, artichoke berfungsi sebagai bahan baku untuk teh. Baik pucuk ataupun batang tanaman ini, semuanya bisa jadi teh dengan warna yang berbeda. Biasanya, teh pucuk artichoke memiliki warna kuning, sedangkan bagian batangnya menghasilkan teh dengan warna hitam.

Meski minuman khas Vietnam ini memiliki rasa yang kurang bisa banyak orang nikmati, namun khasiatnya terbukti dapat merawat kesehatan organ hati dan sistem pencernaan. 

3. Sâm bổ lượng (Sup Dingin)

Sâm bổ lượng

youtube.com

Kalau menurut kamu tanaman teratai hanya bisa jadi bahan untuk minuman teh, maka kamu salah besar. Nyatanya, warga Vietnam benar-benar kreatif memanfaatkan jenis tanaman air ini.

Sâm bổ lượng merupakan minuman khas Vietnam yang cukup menyegarkan. Dari tampilannya, mungkin terlihat seperti sayur asam, namun kandungan herbalnya terbukti bisa bikin tubuh kamu terasa segar dan rileks.

Komposisi utama dari jenis minuman ini adalah akar teratai, akar ginseng, rumput laut, boba, kurma, dan lain sebagainya. Semua bahan-bahan ini akan dicampur dengan air dan gula cair.

Dari campuran semua bahan-bahan tersebut, maka akan menghasilkan minuman enak dengan beragam tekstur, rasa, dan juga manfaat. Intinya, kamu tidak akan menyesal jika mencoba minuman yang satu ini saat cuaca sedang panas.

4. Cà Phê Trứng (Kopi Telur)

Cà Phê Trứng

thespruceeats.com

Setelah sâm bổ lượng, kopi telur atau cà phê trứng adalah minuman khas Vietnam lainnya yang wajib untuk kamu coba. Iya, kamu tidak salah dengar. Di Vietnam, ada sebuah minuman kombinasi antara kopi dan telur.

Minuman yang satu ini berasal dari tahun 1950-an, tepatnya ketika masa perang. Karena kurangnya persediaan susu, maka barista Vietnam bernama Nguyen Van Giang terbesit untuk menggantinya jadi telur. 

Hasil dari kombinasi antara kopi dan telur adalah munculnya busa berwarna putih dengan tekstur yang kenyal seperti marshmallow. Selain kopi dan telur, minuman ini menggunakan susu bubuk sebagai komposisi utama.

Baca Juga:  Panduan Lengkap dan Mudah untuk Membuat Profil Restoran

5. Cà Phê Dừa (Kopi Kelapa)

Cà Phê Dừa

bachhoaxanh.com

Olahan kopi yang tidak kalah menariknya di Vietnam adalah cà phê dừa, atau dalam bahasa Indonesia artinya kopi kelapa. 

Kopi yang satu ini tidak hanya menggabungkan susu dan es batu, tetapi juga krim kelapa yang terbuat santan. Untuk membuat kopi kelapa, kamu dapat memblender santan bersama susu hingga mendapat tekstur yang kamu inginkan.

Setelah itu, tinggal campur dengan kopi yang sudah kamu seduh dan dibiarkan dalam keadaan dingin. Dari komposisinya ini, minuman khas Vietnam tersebut tidak hanya memberikan rasa yang unik, tetapi juga tekstur yang fluffy.

6. Nước Rau Má (Jus Pegagan)

Nước Rau Má

youtube.com

Pegagan adalah salah satu tanaman yang biasanya jadi bahan utama untuk obat herbal. Siapa sangka ternyata pegagan bisa jadi minuman yang menyegarkan?

Di Vietnam, kamu bisa menemukan jus pegagan di berbagai tempat. Kalau kamu ingin mencoba untuk membuatnya sendiri, proses pembuatannya ternyata juga tidak begitu sulit.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah air, gula, dan daun pegagan. Karena daun pegagan memiliki umur yang sangat singkat, maka kamu harus membuat minuman khas Vietnam ini sesegera mungkin.

Layaknya minuman jus pada umumnya, jus pegagan memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Setelah membuat minuman ini, kamu wajib menaruhnya di kulkas untuk menjaga nutrisi dan kesegarannya.

7. Trà Tắc (Teh Kumkuat)

Trà Tắc

misschinesefood.com

Dari berbagai jenis buah citrus yang ada, kumquat atau kumkuat adalah salah satu yang tumbuh cukup subur di Vietnam. Memiliki warna jingga yang mencolok, buah berbentuk mungil ini ternyata jadi salah satu bahan minuman dingin yang sempat heboh. 

Di musim panas yang mencapai suhu 40 derajat celsius, teh kumkuat adalah salah satu minuman yang dapat mencegah rasa panas yang berlebihan. Minuman ini dibuat dengan cara mencampurkan air teh, kumkuat, dan pemanis berupa gula ataupun madu.

Baca Juga:  10 Resep Minuman Khas Indonesia yang Mudah Dicoba

Selain itu, orang-orang Vietnam juga biasanya menambahkan buah lemon ke dalam teh kumkuat mereka sehingga makin menyegarkan.

Tidak jarang juga orang disana menjual teh kumkuat ini dalam ukuran 1 liter karena memang bakal jadi minuman pokok saat cuaca panas.

Kalau jalan-jalan ke negara dengan ibukota Hanoi ini, teh kumkuat bisa jadi minuman khas Vietnam yang tidak hanya menyegarkan tapi juga tidak boleh kamu lewatkan.

8. Trà Cung Đình Huế (Hue Royal Tea)

Trà Cung Đình Huế

journeyonair.com

Kamu mungkin seringkali mendengar istilah ‘sultan’ untuk merujuk berbagai hal yang berhubungan dengan kemewahan. Nah, kalau yang satu ini memang bisa dibilang sebagai minuman sultan untuk orang Vietnam.

Royal tea Hue adalah jenis teh yang berasal dari Hue, yang merupakan suatu daerah di Vietnam Tengah yang terkenal dengan ketenangannya. Meski dulu jenis teh ini merupakan minuman untuk para kaum bangsawan, namun kini kamu juga bisa menikmati minuman khas Vietnam ini.

Campuran berbagai rempah seperti artichoke, ginseng, bunga melati, dan banyak bahan lainnya membuat minuman ini sangat kaya rasa dan aroma. Saat menikmati minuman ini, biasanya kamu juga akan ditemani dengan kudapan berupa kue.

Sudah Siap Menjelajahi Rasa Minuman Khas Vietnam?

Semoga dengan daftar rekomendasi ini, kamu dapat menikmati liburan bukan karena keindahan objek wisatanya saja, tapi juga keunikan dari minuman khas Vietnam yang mungkin terasa asing bagi wisatawan mancanegara pemula. Kira-kira, kamu akan coba jenis minuman yang mana dulu, nih?

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.