12 Minuman Khas Perancis yang Terkenal

3 min read

Minuman Khas Perancis yang terkenal

Selain terkenal sebagai negara yang romantis, terdapat juga beberapa minuman khas Perancis yang sangat terkenal ke berbagai penjuru dunia. Beberapa minuman tersebut ada yang mengandung alkohol dan sangat cocok untuk orang-orang yang menyukai alkohol.

Minuman khas Perancis terkenal memiliki sejarah yang cukup panjang. Selain sejarahnya, rasa dan juga tampilan dari minuman ini juga sangatlah unik. Untuk kamu yang tidak menyukai alkohol, ada juga beberapa minuman khas Perancis lainnya yang memiliki cita rasa yang sangatlah kuat dan pasti kamu suka.


12 Minuman Khas Perancis

Minuman khas Perancis umumnya didominasi oleh alkohol, tertarik untuk mencobanya? Berikut ini adalah beberapa minuman khas Perancis yang bisa kamu coba.

1. Absinth

Absinth

Minuman khas Perancis yang pertama adalah absinth. Absinth sangatlah mudah untuk kamu temukan di berbagai tempat minum yang ada di Perancis. Minuman ini juga termasuk salah satu minuman favorit bagi masyarakat Perancis, mulai dari kalangan masyarakat biasa sampai dengan seniman atau artis.

Awalnya absinth berasal dari Swiss, namun pada abad ke-19, Perancis mulai memproduksi minuman ini. Minuman ini sempat dilarang beredar di Perancis pada tahun 1915. Namun seiring berjalannya waktu, pengawasan terhadap minuman ini terus berkurang hingga kini dapat kamu temukan dengan mudah di Perancis.

2. Benediktin

Benediktin

Minuman khas Perancis yang kedua adalah benediktin. Benediktin adalah sebuah minuman tradisional Perancis yang sangat unik karena merupakan minuman alkohol herbal dan menggunakan setidaknya 27 tanaman rempah-rempah. Namun benediktin tidak cocok untuk kamu yang mempunyai penyakit lemah hati.

Masyarakat Perancis percaya bahwa benediktin dibuat oleh Alexander Le Grand dan seorang apoteker pada abad ke-19. Namun ada juga yang mengatakan bahwa benediktin dibuat oleh para biarawan di Biara Benediktin di Normandia pada abad ke-16.

3. Pastis

Pastis

Minuman khas Perancis yang berikutnya adalah pastis. Minuman ini sangat mudah untuk kamu temukan di Perancis karena banyak rumah-rumah yang menyimpan minuman ini. Pasti memiliki aroma manis dan biasa disajikan dingin dengan menggunakan es.

Baca Juga:  12 Minuman Khas Jawa yang Populer, Cocok untuk Wedangan

Pasti pertama kali dijual oleh Paul Ricard pada tahun 1932 dimana pada masa itu absinth dilarang di Perancis. Minuman ini hadir sebagai pengganti absinth karena untuk rasa tidak jauh berbeda dengan absinth. Pastis juga minuman yang cukup terkenal di Eropa.

4. Chartreuse

Chartreuse

Chartreuse adalah minuman yang mempunyai sejarah yang cukup Panjang. Minuman ini dibuat oleh para biksu pada abad ke-18 dan kini dapat kamu temukan dengan mudah di Perancis. 

Chartreuse adalah minuman keras yang terbuat dari setidaknya 130 resep ramuan dan juga menggunakan bahan rahasia alami. Minuman ini juga sangat terkenal di beberapa kalangan seperti sastrawan, seniman dan musisi yang ada di Perancis

5. Kir

Kir

Kir adalah minuman khas Perancis yang juga memiliki sejarah cukup panjang. Menurut masyarakat, kir pertama kali muncul sekitar tahun 1950, dimana pada saat itu adalah masa Walikota Dijon, Felix Kir.

Pada masa itu Kir sebagian besar merupakan anggur putih yang dikombinasikan dengan liqueur blackcurrant circant. Selain anggur putih, kamu juga dapat menemukan variasi lainnya dari kir seperti variasi peach liqueur.

6. Grand Marnier

Grand Marnier

Grand marnier merupakan minuman khas Perancis dengan rasa jeruk yang tidak kalah populer dengan minuman khas Perancis lainnya. Minuman ini biasa disajikan sebagai minuman ringan dengan tambahan es batu atau bisa juga menjadi campuran cocktail.

Selain menjadi minuman ringan, grand marnier juga sering menjadi minuman penutup. Meskipun menjadi minuman ringan, grand marnier memiliki kandungan setidaknya 40% alkohol yang tentunya ini cukup tinggi untuk sebuah minuman ringan. Grand marnier sendiri pertama kali diproduksi pada tahun 1880 dan kini telah menjadi minuman wajib saat perayaan natal di Perancis.

7. Calvados

Calvados

Minuman khas Perancis berikutnya adalah calvados. Calvados merupakan minuman yang terbuat dari brendi apel yang sangat banyak. Brendi apel adalah hasil penyulingan dari buah apel terutama dari daerah Normandia. Keunikan dari minuman ini adalah buah apel yang digunakan lebih dari 200 varietas yang berbeda.

Baca Juga:  Bisnis Minuman Sehat Kekinian: Rekomendasi dan Tips Sukses

Keunikan lain dari calvados in adalah sangat mudah terbakar, karena itu kamu harus menjauhkan minuman ini dari api. Calvados sendiri termasuk minuman beralkohol dengan kadar alkohol standar yang sering dikonsumsi dengan kopi.

8. Eaux de Vie

Eaux de Vie

Bagi kamu yang belum familiar dengan bahasa Perancis, minuman berikut ini mungkin akan sedikit sulit untuk kamu ucapkan. Eaux de Vie merupakan minuman khas Perancis yang memiliki arti air kehidupan.

Nama tersebut sebenarnya berasal dari tampilan minuman tersebut yang terlihat seperti minuman bening dan biasa disajikan sebelum makan malam di Perancis. Minuman ini merupakan minuman dengan kandungan alkohol yang sangat tinggi dan setiap daerah memiliki jenis minuman yang berbeda-beda.

9. Chambord Liqueur Royale de France

Chambord Liqueur Royale de France

Chambord liqueur royale de france ini merupakan minuman yang sangat populer di Perancis. Minuman yang satu ini sangat mudah untuk kamu temukan di Perancis dan kamu kenali dari bentuk botolnya yang sangat unik dan anggun.

Chambord liqueur royale de france sendiri telah lama hadir di Perancis sejak tahun 1685 yaitu tepatnya pada masa kekuasaan Louis XIV. Minuman ini terbuat dari beberapa bahan seperti raspberry, blackberry, vanila dan brandy cognac. Bahan-bahan tersebut kemudian diseduh secara bersamaan. Minuman ini sering dinikmati di daerah pantai

10. Cognac

Cognac

Minuman khas Perancis berikutnya ini termasuk salah satu minuman yang cukup mahal di Perancis. Cognac merupakan minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi buah anggur dari Perancis.

Cognac menjadi spesial karena buah anggur yang digunakan untuk fermentasi ini terbuat dari jenis anggur yang tidak biasa. Karena jenis anggur ini cita rasa dari cognac menjadi tetap kaya dan unik ketika kamu meminumnya.

10. Citron Presse

Citron Presse

Minuman khas Perancis tidak selalu tentang alkohol, salah satunya adalah citron presse. Sesuai dengan namanya, citron presse adalah minuman khas Perancis yang terbuat dari bahan baku lemon. 

Minuman ini terbuat dari campuran perasan lemon, gula, air dingin, dan sajian jus klasik khas Perancis. Citron presse sering menjadi pilihan masyarakat Perancis sebagai minuman untuk menyejukan tubuh saat tiba musim panas di Perancis.

11. Cafe au Lait

Cafe au Lait

Bagi kamu yang menyukai kopi, minuman yang bernama cafe au lait berikut ini pasti sangatlah cocok untuk kamu. Cafe au lait adalah minuman kopi yang hampir mirip dengan latte, yaitu sama-sama terbuat dari campuran kopi dan susu. Perbedaannya adalah cita rasa dari cafe au lait memiliki rasa yang lebih tegas.

Baca Juga:  Cara Memulai Bisnis F&B dan Tips Suksesnya untuk Pemula

Untuk menikmati cafe au lait, masyarakat Perancis biasa menikmati cafe au lait bersama dengan croissant yang merupakan roti khas Perancis dengan tekstur yang renyah namun lembut di dalamnya.

12. Chocolat L’ancienne

Chocolat L’ancienne

Minuman khas Perancis berikut ini sangat cocok untuk kamu yang merupakan penggemar coklat. Sesuai dengan namanya, chocolat l’ancienne merupakan minuman yang terbuat dari dark chocolate yang dilelehkan. 

Chocolat l’ancienne memiliki tekstur yang kental dan juga sangat kaya akan rasa coklat. Minuman ini biasanya dinikmati bersama dengan whipped cream untuk menghasilkan rasa yang lebih creamy.


Tertarik Menikmati Minuman Khas Perancis?

Itulah beberapa minuman khas Perancis yang sudah terkenal ke berbagai wilayah di dunia karena kenikmatannya, dan tentunya harus kamu coba ketika mengunjungi negara tersebut.

Beberapa minuman khas Perancis tersebut memang sangat cocok untuk kamu yang menyukai atau ingin menikmati minuman beralkohol, namun ada juga beberapa yang tidak mengandung alkohol.

Bagaimana, tertarik untuk mencicipi minuman khas perancis?


Dapatkan berbagai informasi seputar minuman eropa dan bisnis minuman hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.