13 Minuman Khas Sulawesi yang Paling Dicari

5 min read

Minuman Khas Sulawesi

Tahukah kamu bahwa Sulawesi ternyata banyak diminati wisatawan lantaran memiliki banyak macam minuman khas Sulawesi yang unik? Yang membuatnya unik ialah, minuman tradisional asal Sulawesi memiliki cita rasa tersendiri yang khas. Mulai dari minuman manis hingga yang bercita rasa agak pedas, bisa kamu temukan di wilayah ini.

13 Minuman Khas Sulawesi yang Perlu Kamu Coba

Nah, penasaran minuman khas Sulawesi mana saja yang recommended dan paling dicari oleh wisatawan domestik hingga mancanegara? Yuk, simak informasinya pada artikel di bawah ini!

1. Sarabba (Minuman Khas Sulawesi Paling Populer)

Sarabba
Sumber: makassar.terkini.id

Sulawesi memiliki beragam minuman tradisional yang menyehatkan tubuh. Salah satu minuman tersebut bernama Sarabba, yakni minuman kesehatan asal Makassar yang dibuat dengan bahan dasar jahe, gula merah, kuning telur, dan santan. Hampir sama dengan minuman ronde asal Jawa, tetapi rasanya lebih unik.

Itu karena sarabba menggunakan tambahan beberapa rempah asli Indonesia, seperti merica, pala, dan kayu manis. Perpaduan rempah-rempah ini memberikan rasa dan aroma yang khas dengan sensasi hangat saat meminumnya.

Minuman tradisional ini memiliki khasiat untuk tubuh, seperti menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, meningkatkan stamina, mencegah masuk angin, hingga meningkatkan vitalitas pria. Kalau kamu berlibur ke Makassar, minuman khas Sulawesi ini akan mudah kamu temukan karena banyak yang menjualnya.

2. Es Pallu Butung (Es Pisang Ijo)

Es Pallu Butung
sumber: shutterstock.com

Es pallu butung atau juga dikenal sebagai es pisang Ijo adalah salah satu jenis minuman tradisional dari Makassar, Sulawesi Selatan. Pallu dalam bahasa Sulawesi artinya ‘masak’, sedangkan butuh artinya pisang. Dan jenis pisang yang digunakan dalam hidangan ini adalah pisang kepok.

Karena rasanya yang manis dan menyegarkan, minuman ini sangat recomended kamu jadikan makanan penutup setelah menyantap aneka kuliner khas Sulawesi. Meski berasal dari Makassar, es palu butung kini juga tersedia di kota-kota lain di Indonesia seperti Jakarta atau restoran lain yang menyajikan makanan khas Makassar. 

Baca Juga:  Minuman Khas Thailand yang Lezat Dan Bikin Ketagihan

Rasanya segar dan manis dengan sajian menarik dari campuran sirup cocopandan pink di atas es serut, lengkap dengan susu kental manis atau gilingan kelapa, dan gula. Hal utama yang identik dengan es palu butung adalah lapisan penutup hijau pada pisang yang terbuat dari pisang dan tepung beras atau ketan dicampur dengan daun pandan.

3. Ballo (Minuman Tradisional Beralkohol)

Ballo
Sumber: shutterstock.com

Ballo adalah minuman tradisional beralkohol yang berasal dari Sulawesi Selatan. Minuman khas Sulawesi yang satu ini terbuat dari getah pohon lontar yang difermentasi sempurna dalam beberapa hari. 

Minuman ini berasal dari budaya suku Toraja dan umumnya bisa kamu jumpai dalam beberapa ritual dan pertemuan adat sosial sebagai salah satu warisan budaya yang terkenal di Indonesia. Biasanya, orang meminum Ballo menggunakan cangkir yang terbuat dari bambu. 

Rasanya lebih keras dari yang kamu kira padahal hanya mengandung 10% alkohol untuk Ballo yang manis. Tapi untuk Kacci Ballo, mengandung lebih dari 10% alkohol. Jadi, buat kamu yang beragama Islam tidak recomended untuk mencoba minuman ini, ya.

4. Jus Salak (Minuman Khas Sulawesi Bercita Rasa Manis)

Jus Salak
Sumber: istockphoto.com

Selain minuman herbal, Sulawesi juga punya pilihan minuman khas bercita rasa manis dan menyegarkan. Salah satunya adalah jus salak. Sesuai namanya, jus salak adalah minuman khas Sulawesi Tenggara yang terbuat dari salak sebagai bahan utamanya. 

Minuman ini akan mudah kamu temukan saat liburan di Sulawesi Tenggara karena ada banyak kedai dan warung yang menjual minuman ini. Masyarakat setempat kerap menyebutnya dengan nama jus buton.

Cara membuat jus ini terbilang sangat mudah, seperti membuat jus buah pada umumnya. Bedanya jus ini terbuat dari buah salak yang tumbuhnya musiman. Jus salak ini sangat cocok dinikmati saat cuaca gerah dan panas, apalagi jika ditambah es batu biar semakin segar.

5. Saguer (Minuman dari Fermentasi Aren)

Saguer
Sumber: beergembira.com

Minuman khas Sulawesi yang paling dicari selanjutnya adalah saguer dari Minahasa, Sulawesi Utara. Nama saguer ini merupakan gabungan dari dua kata, yaitu Sagu dan Aer atau air. Bahan utama untuk membuat minuman tradisional ini adalah buah aren yang difermentasi.

Bila kamu lihat sekilas, tampilannya putih seperti sagu. Untuk penyajiannya, saguer biasa disajikan dalam keadaan dingin. Selain itu, minuman tradisional umumnya hanya dihidangkan di acara-acara maupun pertemuan tradisional.

Namun kamu jangan khawatir, karena kini sudah banyak penjual pinggir jalan yang menjual saguer, jadi tidak terlalu sulit untuk menemukannya. Harganya pun sangat terjangkau, yakni 8 ribuan saja per botolnya.

Dan bagi kamu yang belum tahu dan belum pernah mencoba, minuman menyegarkan ini ternyata memiliki kadar alkohol yang tergolong tinggi, yakni 50 – 70%. So, minuman ini hanya boleh untuk orang-orang non-muslim, ya.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Teh Terbaik di Indonesia dengan Rasa Enak

6. Es Brenebon (Es Kacang Merah)

Es Brenebon
Sumber: shutterstock.com`

Es brenebon atau es kacang merah adalah minuman khas Sulawesi yang berasal dari Manado. Masyarakat setempat biasa menikmati minuman ini sebagai dessert setelah makan siang.

Minuman tradisional Sulawesi ini memiliki rasa yang berbeda dari tampilannya, walau sederhana ada rasa manis dan menyegarkan yang bisa kamu rasakan. Es brenebon terbuat dari kacang merah sebagai bahan utama, lalu ditambah gula putih, air, garam, vanili, gula aren, coklat bubuk, santan atau susu dan tepung maizena. 

Minuman ini paling cocok kamu nikmati saat dingin lengkap dengan es serut, sirup dan susu kental manis sebagai sentuhan akhirnya. Es brenebon ini bisa dengan mudah kamu jumpai di berbagai tempat makan di Manado. Mulai dari pedagang kaki lima, kedai, warung, rumah makan, hingga restoran.

Bahkan kesegaran dan kelezatannya kini sudah menyebar ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Ini menjadi salah satu bukti bahwa minuman asal Sulawesi ini memiliki banyak peminat, bahkan hingga mancanegara.

7. Sirup Pisang Ambon (Sirup DHT)

Sirup Pisang Ambon
Sumber: shopee.co.id

Minuman ini menjadi suguhan wajib di bulan Ramadhan. Sirup ini menjadi salah satu campuran dari beragam olahan minuman yang terbuat dari gula air dan penambah rasa. Bentuknya kental dan berwarna merah.

Sirup ini telah ada sejak puluhan tahun silam di Makassar, dan hingga kini masih banyak peminatnya. Pasalnya rasa, aroma dan tekstur nya tetap terjaga sehingga situp ini menjadi minuman khas disana.

8. Sirup Markisa

Sirup Markisa
Sumber: bukalapak.com

Selanjutnya ada minuman yang kembali berasal dari Kota Makassar. Minuman ini menjadi favorit wisatawan domestik dan wisatawan asing saat berkunjung di kota ini. Sirup markisa malino sangat nikmat bila kamu minum dalam keadaan panas maupun dingin.

Terbuat dari olahan markisa, gula dan juga air membuat perpaduan yang segar saat diminum. Menggunakan markisa aurora sebagai bahan utama membuat minuman ini memiliki cita rasa yang khas.

9. Minas (Minuman Khas Sulawesi Asli Sinjai)

Minas
Sumber: today.line.me

Minuman ini berasal dari kota seribu masjid (Kabupaten Sinjai), Sulawesi Selatan. Sangat enak dikonsumsi karena bisa menghangatkan badan. Minuman ini bisa menjadi alternatif pengganti untuk minuman beralkohol.

Dulunya minuman ini dikonsumsi oleh para nelayan di Sinjai, karena mereka membutuhkan minuman untuk menghangatkan tubuh saat berlayar. Pasalnya, minuman ini berkhasiat dalam memulihkan tenaga setelah beraktivitas.

Minuman satu ini terbuat dari campuran tape singkong, susu, telor, air kelapa, madu, tuak dan juga buah buahan untuk penambah aroma dan rasa. Buah yang sering digunakan di Sinjai adalah durian, karena memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat.

Baca Juga:  Bisnis Minuman Alpukat Kocok: Modal dan Peluang Usahanya

10. Es Kelacin (Minuman Khas Sulawesi Asal Barae)

Es Kelacin
Sumber: shutterstock.com

Minuman selanjutnya datang dari Sulawesi Barat. Menjadi minuman khas karena rasanya yang melegenda. Cara membuatnya pun sangat mudah. Minuman ini memiliki perpaduan bahan yang sedikit unik seperti daging kelapa muda, cincau hitam, santan, gula merah dan pandan.

Sangat enak kamu nikmati dalam keadaan dingin. Minuman ini memberikan efek segar dan berkhasiat dapat meredakan panas dalam dan juga sariawan. Es kelacin menjadi salah satu minuman wajib untuk menemani buka puasa di kota asalnya.

11. Jus Patikala, Kolaka Utara

Jus patikala adalah minuman khas Sulawesi Tenggara yang cenderung memiliki rasa masam namun juga segar. Walaupun rasa asli dari buah patikala sangat masam namun ketika diolah akan muncul rasa berbeda yang keluar dari minuman ini.

Minuman ini dikenal memiliki khasiat jika kamu konsumsi secara rutin, dengan rasanya yang enak jus patikala dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan menurunkan berat badan. Buah ini tidak bisa asal di olah ada cara khusus agar tidak merusak ciri khas minuman ini.

12. Es Poteng (Minuman Khas Sulawesi dari Makassar)

Es Poteng
Sumber: shuttertock.com

Minuman berikutnya adalah minuman segar khas Makassar. Terbuat dari campuran tape singkong, sirup cocopandan, susu dan air ini menjadi minuman yang paling populer di kota asalnya.

Es poteng sekilas mirip dengan es buah pada umumnya, namun yang jadi pembeda adalah penggunaan tape singkong sebagai isian minuman ini. Siang hari adalah saat paling pas untuk menikmati minuman segar ini.

13. Kopi Susu Makassar 

Kopi Susu Makassar

Walaupun terkesan umum dari namanya, namun olahan kopi susu Makassar memiliki resep tersendiri yang membuat rasanya menjadi sangat unik. Pasalnya kopi susu Makassar terbuat dengan kompor minyak atau kompor sumbu untuk membuat rasanya lebih pekat.

Kopi yang dipilih adalah kopi sangrai racikan sendiri. Dengan buah kopi pilihan khas daratan sulawesi. Minuman satu ini menjadi salah satu minuman khas Sulawesi karena memiliki keunikan tersendiri daripada kopi susu pada umumnya.

Wah, Ternyata Minuman Khas Sulawesi Sangat Beragam, Ya!

Nah, itu dia minuman khas dari Sulawesi yang paling populer, Jika kamu sedang berkunjung atau berwisata di Sulawesi, coba rasakan nikmatnya minuman di atas. Tertarik mencicipi salah satunya?


Temukan lebih banyak informasi hindangan minuman Indonesia dan bisnis minuman hanya di fnbpreneur.id.