Apa Itu Croissant? Begini Cara Membuatnya, Simpel Banget!

2 min read

croissant adalah dan cara membuat croissant

Croissant adalah kue kering yang kerap disajikan sebagai menu penutup. Croissant klasik memiliki aroma mentega yang khas. Kamu tertarik membuatnya di rumah? Berikut ini cara membuat croissant yang enak dan renyah.


Apa Itu Croissant?

Croissant adalah roti atau kue kering (pastry) yang populer sebagai hidangan khas di Prancis, berbentuk bulan sabit, dan berlapis-lapis. Cara membuat croissant memiliki keunikan yakni melibatkan teknik laminating (melipat adonan berkali-kali) sehingga teksturnya berlapis-lapis. Dari croissant ini, kamu akan menemukan cita rasa manis, gurih, dan tekstur yang renyah di bagian luar.


Sejarah Croissant

Arti istilah croissant adalah bulan sabit. Oleh karena itu, kue kering khas Perancis ini diberi nama croissant. Namun, croissant adalah sajian yang berasal dari Austria. Croissant terinspirasi dari roti khas Australia berbentuk bulan sabit yang disebut kipfel. 

Dikisahkan bahwa Kerajaan Austria menang melawan Pasukan Ottoman Turki. Sebagai bentuk  perayaan, pada tahun 1683 dibuatlah kue kering berbentuk bulan sabit yang menggunakan banyak mentega, taburan almond, dan gula. 

Bentuk bulan sabit tersebut terinspirasi dari lambang bulan sabit yang ada pada bendera Ottoman. Kue berbentuk bulan sabit tersebut kemudian dikenal sebagai kipfel. 

Namun, ada sumber lain menyebutkan bahwa kipfel telah ada sebelum peristiwa kemenangan Kerajaan Austria atas Ottoman. Ada kue berbentuk bulan sabit yang khas tersaji saat perayaan Natal. Para pembuat kue di Wina secara khusus menyajikannya untuk Duke Leopold pada tahun 1227.

Pada tahun 1838, August Zang yang berasal dari Wina, Austria, membuka sebuah toko kue di  Paris.Toko kue August Zang menjual aneka kue atau pastry khas Wina, Austria, salah satunya kipfel. 

Baca Juga:  20 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba dan Bikin Nagih

Masyarakat Paris menyukai cita rasa kipfel. Beberapa tahun kemudian, August Zang kembali ke Austria. Sementara masyarakat Paris mulai mengkreasikan cara membuat croissant dan menjadikannya sebagai makanan pokok di pagi hari. 


Cara Membuat Croissant 

Bahan-bahan

  1. Susu hangat 240 mL
  2. Gula pasir 30 gram
  3. Ragi kering aktif 10 gram
  4. Telur 2 butir
  5. Mentega leleh 50 gram
  6. Garam 1 sdt
  7. Tepung terigu protein tinggi 50 gram
  8. Krim mentega 150 gram
  9. Tepung terigu secukupnya untuk ditaburkan

Cara Membuat Croissant

  1. Tuang susu cair hangat ke dalam mangkuk. Tambahkan 30 gram gula pasir dan 10 gram ragi kering aktif. Aduk hingga merata.
  2. Tutup mangkuk menggunakan plastik wrap supaya ragi berkembangbiak. Diamkan selama 10 menit.
  3. Buka plastik wrap yang menutupi mangkuk. Tambahkan 2 butir telur, 50 gram mentega leleh, dan 1 sdt garam. Kemudian, aduk sampai merata.
  4. Tambahkan 500 gram tepung terigu secara perlahan ke dalam mangkuk. Aduk hingga merata.
  5. Tambahkan sedikit tepung terigu. Uleni menggunakan tangan sampai tepung tercampur rata.
  6. Taburkan sedikit tepung di atas meja kerja yang bersih. Letakkan adonan di atas meja kerja tersebut. Uleni adonan selama 8-10 menit sampai adonan lembut dan lentur. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat. Masukkan ke dalam mangkuk yang bersih dan tutup dengan plastik wrap. Diamkan selama 45-60 menit.
  7. Buka plastik wrap pada mangkuk. Taburkan sedikit tepung ke meja kerja. Letakkan adonan di atas meja kerja kemudian uleni sedikit. Dengan menggunakan pemotong, bagi adonan menjadi 10 bagian. 
  8. Bentuk potongan adonan menjadi bulatan-bulatan. Supaya adonan tidak kering, tutup bulatan-bulatan adonan menggunakan plastik.
  9. Ambil satu bulatan adonan. Taburkan sedikit tepung. Kemudian, pipihkan adonan menggunakan rolling pin sampai adonan menjadi tipis dengan ketebalan sekitar 2mm. 
  10. Taburi sedikit tepung pada bagian atas adonan yang telah pipih. Letakkan adonan di atas loyang. Oleskan krim mentega secara merata pada permukaan adonan. 
  11. Pipihkan bulatan adonan yang lain. Letakkan adonan yang telah pipih di atas adonan yang sudah ada di loyang. Olesi adonan menggunakan krim mentega hingga merata. 
  12. Setelah bulatan adonan ke-10 menjadi pipih, letakkan di atas tumpukan adonan yang sudah ada di loyang. Pastikan adonan terakhir ini menutupi seluruh adonan pipih di bawahnya. 
  13.  Tutup menggunakan plastik. Kemudian masukkan loyang berisi adonan ke dalam lemari pendingin selama 35 menit.
Baca Juga:  Rekomendasi Bisnis Makanan Sehat untuk Anak Sekolah

Menyiapkan Gulungan Adonan Croissant

  1. Buka plastik yang menutupi adonan. Taburi adonan dengan sedikit tepung. Angkat adonan dari loyang. Letakkan adonan di atas meja kerja. Balik posisi peletakan adonan sehingga bagian atas adonan yang sebelumnya tidak menempel pada loyang kini berada di bagian bawah dan menempel di meja kerja. Setelah itu, taburi adonan dengan sedikit tepung. 
  2. Pipihkan adonan menggunakan rolling pin hingga memiliki ketebalan 3-4 mm. 
  3. Potong adonan menjadi 16 bagian yang sama ukurannya.
  4. Potong sedikit pada bagian tepi masing-masing adonan. Kemudian, gulung adonan dari bagian tepi ke bagian tengah. 
  5. Letakkan adonan yang telah digulung ke atas loyang. Ulangi langkah tersebut sampai seluruh adonan tergulung. 
  6. Tutup adonan dengan plastik wrap dan lap bersih selama 30 menit. Buka plastik dan lap kemudian olesi adonan dengan campuran air dan telur.
  7. Masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven selama 35 menit dengan suhu 180℃. Kemudian, ambil loyang dari oven. Croissant renyah siap dinikmati. 

Yuk, Berkreasi dengan Resep Ini!

Croissant adalah kue kering yang sering disantap sebagai menu sarapan. Croissant klasik memiliki aroma mentega yang harum dan khas. Namun, kamu juga bisa mengkreasikan cara membuat croissant dengan menambahkan keju, taburan bawah putih, almond, green tea, nutella, atau coklat putih sebagai topping maupun filling croissant.


Dapatkan berbagai informasi seputar makanan eropa dan bisnis makanan hanya di fnbpreneur.id.

 

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.