Resep Croffle Renyah dengan Cita Rasa Nagih, Gampang Banget!

2 min read

Resep Croffle Renyah dengan Cita Rasa Nagih

Belakangan ini croffle menjadi camilan yang populer. Croffle (croissant waffle) merupakan makanan yang menggunakan bahan untuk membuat croissant tetapi memanfaatkan cetakan waffle. Makanan ini ditemukan oleh koki Irlandia bernama Louise Lennox. Croffle bertekstur renyah dengan cita rasa gurih dan manis. Resep croffle sederhana sehingga kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.  

Resep Croffle 

Membuat croffle hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit dengan catatan kamu sudah menyiapkan adonan croissant. Kamu juga bisa menggunakan adonan croissant yang sudah jadi yang kamu beli luar sehingga tidak perlu membuatnya sendiri. Berikut adalah resep croffle yang mudah kamu coba ala Chef Devina Hermawan.  

Bahan-bahan Croffle

Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat croffle renyah:

1. Tepung terigu (protein tinggi) 290 gram

2. Susu (hangat) 200 ml

3. Gula pasir 3 sendok makan

4. Garam ½ sendok teh

5. Ragi 6 gram (pastikan tersimpan dalam keadaan tertutup)

6. Mentega 150 gram (diamkan pada suhu ruang)

Cara Membuat Adonan Croffle

1. Siapkan wadah. Masukkan susu, ragi, dan gula ke dalam wadah kemudian aduk hingga merata. Setelah teraduk rata, tutup wadah supaya ragi larut. Diamkan selama 5-10 menit.  

menyiapkan peralatan untuk membuat croffle

2. Siapkan mangkuk besar. Masukkan tepung terigu ke dalam mangkuk. Tambahkan garam kemudian aduk rata.  

masukkan tepung terigu

3. Buka penutup pada wadah sebelumnya yang berisi susu, ragi, dan gula. Aduk campuran tersebut supaya merata. Tuangkan secara perlahan ke dalam mangkuk berisi campuran tepung terigu dan garam. Aduk rata bahan-bahan dalam mangkuk selagi kamu menuangkan campuran susu, ragi, dan gula ke dalam mangkuk.  

Baca Juga:  7 Makanan Eropa yang Mudah Dibuat Beserta Resepnya

masukkan garam ragi dll dan aduk

4. Aduk campuran bahan secara merata. Kamu bisa mengaduk menggunakan sumpit maupun spatula. 

aduk adonan

5. Apabila adonan sudah tercampur rata, tuang adonan ke talenan yang bersih dan besar. 

tuang adonan croffle ke talenan

6. Uleni adonan di atas talenan hingga merata. 

uleni adonan

7. Setelah merata, dorong-dorong adonan dengan arah maju-mundur. Dorong-dorong selama sekitar 5 menit. Pastikan adonan benar-benar menyatu.  Adonan yang benar-benar menyatu memiliki tekstur lembut dan mulus.

dorong adonan croffle maju mundur 

8. Siapkan wadah. Olesi wadah tersebut dengan minyak supaya wadah tidak lengket. Letakkan adonan ke dalam wadah. Tutup wadah dengan plastik dan diamkan selama 1 jam supaya terigu terfermentasi. Apabila kamu mengikuti resep croffle ini, adonan tersebut akan mengembang sehingga ukurannya lebih besar daripada sebelum didiamkan selama 1 jam. 

masukkan adonan ke wadah

Cara Menggulung Adonan Croffle 

1. Siapkan talenan besar. Pastikan talenan tersebut bersih. Taburi talenan dengan sedikit tepung terigu kemudian ratakan di permukaan talenan supaya talenan tidak lengket.  

taburi tepung terigu di talenan

2. Keluarkan adonan croffle dari wadah kemudian pindahkan ke atas talenan. Pipihkan adonan hingga merata menggunakan pemipih adonan atau rolling pin. Adonan yang pipih kira-kira berukuran 40×60 cm. Jika kamu susah membuat adonanmu menjadi tipis, diamkan adonan dalam wadah tertutup selama 3-5 menit. Kemudian, pipihkan lagi.

lebarkan adonan

3. Pakai sarung tangan plastik. Ambil mentega menggunakan tangan dan oleskan hingga merata pada permukaan adonan yang sudah memipih. Pastikan kamu menggunakan mentega suhu ruang sehingga lebih mudah merata di atas adonan.

oleskan mentega

4. Potong adonan menjadi empat bagian yang sama menggunakan pisau. Kemudian susun bertingkat. 

potong adonan menjadi empat bagian

5. Setelah empat bagian adonan tersusun rapi, lipat adonan tiga kali. Arah lipatan adalah ke bagian atas yakni pada bagian yang terdapat mentega. 

Baca Juga:  Cara Membuat Ketupat Lebaran Sederhana dan Mudah

lipat adonan tiga kali

6. Lapisi adonan yang sudah dilipat menggunakan plastik. Kemudian masukkan adonan ke dalam freezer selama 45-60 menit. Saat kamu membekukan, jangan lupa balik adonan supaya membeku secara merata.

lapisi adonan dengan plastik

7. Keluarkan adonan dari freezer. Buka plastik pelapisnya kemudian pipihkan adonan menggunakan pemipih adonan. Pada awal memimpihkan adonan, kamu perlu menekan adonan secara perlahan menggunakan pemipih adonan supaya adonan tidak pecah. Pipihkan adonan hingga memiliki ketebalan 0,5 cm dengan bentuk jajar genjang. 

pipihkan adonan croffle

8. Potong adonan menjadi 10 bagian. Masing-masing bagian berbentuk segitiga. Supaya potongan berukuran seragam, sebaiknya kamu mengukur dan menandai adonan terlebih dahulu menggunakan alat seperti penggaris. 

potong adonan menjadi segitiga

9. Gulung adonan yang telah kamu iris. Caranya dengan mengambil satu potong adonan, kemudian belah bagian dasar segitiga menjadi dua, tarik sedikit pada ujung segitiga, selanjutnya gulung adonan dari dasar segitiga. 

gulung adonan yang telah diiris

10. Ulangi langkah di atas hingga seluruh adonan tergulung. Diamkan adonan tersebut selama 15-20 menit. 

diamkan adonan selama 15 sd 20 menit

11. Setelah adonan croffle yang telah digulung mengembang, olesi adonan dengan sedikit air supaya gula mudah menempel pada adonan.

olesi croffle dengan air

12. Lumuri adonan dengan gula. Jangan lupa untuk membolak-balik adonan. Resep croffle ini akan menyebabkan gula menempel secara merata.

lumuri croffle dengan gula

Cara Memasak Croffle

1. Siapkan cetakan waffle. Letakkan di atas kompor dan panaskan. Letakkan adonan yang telah dilumuri gula ke dalam cetakan waffle. 

siapkan cetakan croffle dan letakkan di atar kompor

2. Tutup cetakan waffle. Masak adonan dalam cetakan waffle. Supaya matangnya merata, kamu bisa menggeser-geser atau menggoyang-goyangkan cetakan waffle selama memasaknya.

tutup pemanggang croffle

3. Jika croffle berwarna kecoklatan maka artinya croffle telah matang. Keluarkan croffle dari cetakan.

keluarkan croffle jika sudah matang

4. Letakkan croffle ke piring. Tambahkan topping sesuai selera, seperti tomat manis, alpukat, krim keju, gremolata, madu, cokelat, buah-buahan, daging, gula, bubuk cinnamon, selai, es krim, karamel, irisan almond, atau topping lainnya. Croffle renyah siap kamu nikmati! Santap croffle selagi masih hangat supaya rasanya lebih nikmat. 

Baca Juga:  Cara Membuat Es Pisang Ijo Enak dan Lembut

sajikan croffle dengan topping sesuai selera

Apakah Kamu Tertarik Mencoba Resep Croffle Ini? 

Dengan membuat croffle sendiri di rumah, kamu bisa menikmati croffle kapan pun. Banyak orang menyantap croffle sebagai camilan di sore hari atau menu sarapan di sore hari. Sebagian orang memilih menikmati croffle bersama susu, teh, atau kopi pada pagi hari. Ada juga yang lebih suka menjadikan croffle sebagai hidangan penutup karena rasanya gurih dan manis. Kamu termasuk yang mana? Yuk, coba resepnya!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis makanan, resep makanan, maupun franchise hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.