Makanan Khas Hawaii yang Wajib Kamu Coba

5 min read

makanan khas hawaii

Aloha!

Pasti kamu sudah familiar dengan sapaan Hawaii tersebut.

Hawaii adalah salah satu destinasi wisata paling favorit di dunia yang terletak di bagian paling selatan Amerika Serikat.

Destinasi wisata bukan hanya memiliki keindahan alam saja, namun makanan khas dari Hawaii juga  patut untuk kamu coba. 

Berkunjung ke Hawaii tentu tidak terlepas dari pantai eksotis dan pegunungan indah nan megah. Hawaii memang sudah menjadi objek wisata bak surga dunia untuk para traveler mancanegara.  

Dengan iklim tropis, menjadikan Hawaii memiliki beragam hewan dan vegetasi tumbuhan.

Makanannya identik dengan bahan dasar buah-buahan dan sayuran segar, serta seafood, daging ayam, sapi, hingga babi.

Kuliner Khas Hawaii

Jika berbicara tentang makanan, kamu akan menjumpai banyak sekali aneka rasa makanan asli Hawaii yang memiliki berbagai variasi jenis. 

Hal ini menjadi alasan adanya akulturasi terhadap makanan Hawaii dengan citra rasa negara lain. Terjadinya kolaborasi budaya terhadap makanan menciptakan makanan yang cocok untuk seluruh orang yang akan datang ke Hawaii.

Pesona dari Hawaii ini jadi sangat susah ditolak untuk dilewatkan begitu saja bagi wisatawan untuk berkunjung. Untuk selanjutnya, mari bahas bersama jenis-jenis makanan Hawaii yang katanya merupakan hasil kolaborasi dengan budaya negara lain.

Deretan Makanan Khas Hawaii yang Wajib Kamu Coba

Fi bawah ini sudah kami rangkum makanan khas Hawaii yang wajib kamu coba.

Berikut daftar makanannya.

1. Acai Bowl

Nah, makanan khas Hawaii pertama yaitu acai bowl. Karena Hawaii menjadi salah satu negara beriklim tropis, tentu saja terdapat banyak macam buah-buahan segar. Masyarakat lokal biasanya mengonsumsi makanan sehat ini sehari-hari. 

Pada dasarnya, acai bowl hampir sama seperti salad pada umumnya, hanya saja menggunakan buah-buahan segar. Makanan khas ini biasa tersaji dengan mangkok atau batok kelapa. 

Acai bowl identik dengan buah beri, dan orang-orang di sana bisa juga menambahkan dengan buah lainnya. Dengan menambahkan madu dan granola, orang-orang di sana bisa membuat menu sarapan nikmat dan menyehatkan.

2. Poke

Makanan berikutnya adalah yang palin terkenal dan membawa nama Hawaii semakin mendunia.

Poke merupakan makanan khas Hawaii berbahan seafood. Pengolahan makanan ini sangat sederhana dan terjamin akan menggugah selera yang menyantapnya. Mengapa? Karena seafood ini sangat fresh untuk disajikan.

Poke hampir mirip dengan sashimi dari Jepang karena menggunakan bahan-bahan seafood yang masih mentah. Seafood-nya berupa ikan, udang, cumi, serta gurita. 

Meskipun mentah, makanan ini aman untuk disantap. Untuk wisatawan yang kurang suka memakan seafood mentah, bisa menambahkan saus untuk memberikan rasa makanan dan mengurangi rasa mual.

Baca Juga:  Rekomendasi Bisnis Makanan Sehat untuk Anak Sekolah

Selain seafood mentah jadi bahan utamanya, terdapat bahan lain pada salad ini. Bahan makanan poke terdiri dari :

  • Daun bawang
  • Bawang manis, bawang merah, bawang putih
  • Wijen 
  • Rumput laut
  • Limu
  • Kemiri
  • Madu
  • Tomat 
  • Soy sauce
  • Minyak wijen
  • Bubuk lada merah
  • Garam laut khas Hawaii

Makanan ini pada umumnya disantap oleh nelayan lokal, karena warga Hawaii memanfaatkan berbagai olahan laut. Kemudian mereka padukan juga dengan olahan dari biji-bijian dan buah-buahan tropis. 

Melihat dari tampilannya, poke merupakan cemilan yang berat. Namun, kamu bisa menyantapnya sebagai hidangan pembuka dengan nasi kukus untuk pelengkap.

3. Lomi Salmon

Hawaii memang tidak jauh dengan makanan khas olahan laut, karena pulaunya terdapat banyak pantai. Lomi salmon adalah salah satu jenis makanan tersebut yang secara harfiah memiliki arti memijat, karena hidangan ini menggunakan gerakan teknik memijat. 

Makanan khas ini termasuk hidangan tertua di Hawaii, loh! Karena sudah ada sejak tahun 1700an.

Lomi salmon terbuat dari daging salmon yang dipotong dadu kecil. Lalu dicampurkan dengan tomat dan bawang merah yang ditaburi lada. Bahan tersebut diaduk seperti halnya mengolah salad biasa.

Lomi Salmon selalu disajikan dalam keadaan dingin (semakin dingin semakin baik), dan makanan ini bisa dipadukan dengan hidangan Hawaii lainnya seperti pipi kalua, poke, dan lau lau. Tak lupa untuk menambahkan kuah rebusan cabai di atasnya untuk menghangatkannya.

4. Pipi Kaula

Pipi kaula merupakan makanan khas Hawaii yang wajib kamu coba. Makanan ini sama seperti dendeng, namun ada perbedaan pada bentuknya.

Pipi Kaula terbuat dari potongan daging sapi yang mengalami proses penggorengan, pengukusan, dan pemanggangan sehingga menghasilkan cita rasa khas tersendiri.

Kamu bisa mendapatkannya  di berbagai kedai makanan. BiasanyaPipi Kaula dimakan dengan nasi sebagai hidangan utama, atau menjadikannya cemilan dalam potongan yang tipis bersama saus madu.

5. Loco Moco

Loco moco menjadi menu favorit di Hawaii untuk kalangan wisatawan. Hidangan yang terdiri dari nasi, patty burger, serta tambahan telur mata sapi yang tentu saja akan menggoyangkan lidah kamu nantinya. Hidangan ini memiliki kelezatan dengan saus daging kental alias gravy.

Makanan Hawaii ini cukup bervariasi juga. Untuk bahan dagingnya, bisa dari ham, bacon, tiram, ayam, dan juga udang. Biasanya makanan ini disajikan untuk menyembuhkan mabuk dan digemari oleh banyak peselancar.

6. Haupia

Haupia adalah hidangan penutup terkenal untuk masyarakat Hawaii. Banyak sekali wisatawan mancanegara yang ingin mencicipi makanan khas Hawaii ini karena rasanya yang lezat. Sajian khas yang identik dengan rasa manis ini sesuai dengan karakteristik Hawaii.

Hidangan haupia sendiri ialah puding dari kelapa muda dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Haupia biasanya berbentuk kotak dan persegi panjang, namun seiring waktu banyak perubahan bentuk untuk hidangan satu ini. Makanan ini juga sering dikombinasikan dengan berbagai bahan olahan seperti pie. 

Baca Juga:  Panduan Lengkap dan Mudah untuk Membuat Profil Restoran

7. Chicken Long Rice

Makanan khas berikutnya ialah chicken long rice. Makanan ini telah bercampur dengan budaya negara lain, dan menghasilkan menu baru yang nikmat. Hidangan ini seperti ala Tiongkok dan menjadi hidangan favorit untuk wisatawan Asia yang berkunjung ke Hawaii.

Chicken long rice menggabungkan cita rasa oriental dengan sentuhan masyarakat lokal Hawaii. Makanan ini terbuat dari bahan dasar mie dari kacang hijau. Potongan daging ayam dan rebusan jahe yang memberikan efek menghangatkan badan menjadi  kuah kaldu yang khas dan nikmat.

Kamu cukup mendatangi berbagai restoran Hawaii untuk menemukan makanan ini. Apalagi, makanan ini termasuk comfort food bagi kebanyakan penduduk lokal, terutama di cuaca dingin. Makanan ini juga bisa kamu padukan dengan lomi salmon dan diberi soy sauce untuk rasa yang lebih gurih.

8. Saimin

Makanan khas Hawaii satu ini mirip sekali dengan ramen. Hidangan mie Hawaii ini merupakan perpaduan antara masakan Jepang, Cina, dan Portugis. Meskipun makanan ini termasuk makanan tradisional Hawaii, yang membedakan dari ramen Jepang ialah dari olahan mie yang menggunakan lebih banyak telur dan abu.

Saimin biasanya dijadikan sarapan untuk warga lokal di Hawaii. Mie dalam saimin bertekstur lembut dan kenyal ketika disantap. Ada cita rasa gurih karena dihidangkan dengan kaldu ringan serta diberi daun bawang dan daging babi. 

Makanan ini biasanya disajikan dengan cantik sehingga menarik wisatawan mancanegara untuk mencicipinya. Tentu saja makanan ini populer di kalangan wisatawan Asia.

9. Spam Musubi

Kamu mungkin akan mengira ini makanan dari Jepang karena bentuknya seperti sushi. Hal itu tidak salah, karena spam musubi adalah makanan khas Hawaii yang lahir dengan mengadopsi kultur makanan Jepang. Sushi ini dimodifikasi untuk mencocokkan citra rasa warga lokal.

Yang membedakan spam musubi dengan sushi ialah nasi yang diisi dengan isian daging goreng, lalu dibentuk menjadi persegi panjang dan dibungkus dengan nori. Umumnya, warga lokal menjadikan menu ini sebagai camilan untuk bersantai atau pesta. Spam musubi menjadi camilan yang mengenyangkan, loh!

10. Lau Lau

Sajian khas Hawaii berikutnya cukup unik. Hidangan ini bernama lau lau yang mempunyai arti daun secara bahasa. Hidangan ini disajikan dengan daun berlapis-lapis untuk membungkus daging ikan. 

Pembungkusan dengan daun ini akan menimbulkan aroma dan cita rasa lezat yang pastinya dapat menggugah selera makan warga lokal hingga wisatawan.

Tampilan dari makanan ini memang terlihat sederhana dan tradisional. Lau lau dimasak dengan cara slow cook untuk mendapatkan aroma serta tingkat kematangan yang sesuai. Teknik memasak ini bisa mempengaruhi keunikan tekstur, aroma, dan rasa makanan.

Baca Juga:  Bisnis Makanan Kekinian dengan Modal Kecil Wajib Coba!

Warga lokal tentu saja memasak lau lau dengan resep aslinya yaitu dengan ikan. Tetapi seiring waktu berjalan, makanan ini mengalami modifikasi dengan menggunakan daging lain seperti babi, ayam, bahkan sapi. 

Tentu saja masing-masing daging yang digunakan akan menghasilkan cita rasa yang khas dan berbeda. Kamu mungkin akan ngiler saat mencium aroma masakan khas yang satu ini.

11. Malasadas

Makanan berikutnya yaitu jajanan tradisional khas Hawaii yaitu malasadas. Jajanan ini mudah ditemui di Hawaii bahkan di setiap sudut kotanya. Malasadas mirip sekali dengan donat. Tetapi malasadas bentuknya lebih bulat berisi dan bertekstur renyah. Kamu bisa menaburi bubuk gula agar mendapatkan rasa manis ekstra.

Malasadas juga bisa kamu modifikasi meskipun tergolong sebagai makanan tradisional. Kamu bisa menambahkan berbagai macam rasa dengan isian krim dan selai di dalamnya.

12. Poi

Makanan khas Hawaii yang bisa kamu coba terakhir yaitu poi. Hidangan satu ini nampak seperti bubur bayi. Bahan utama dari poi ialah akar talas. Dimasak dengan cara dipanggang dahulu, lalu ditumbuk sampai seperti bubuk bubur.

Setelah penumbukan, akar talas yang sudah halus akan mendapat penambahan air ke dalamnya sehingga menjadi seperti puding yang lengket dan kental. Setelah itu, puding akar talas tadi mereka kukus kembali hingga matang sampai menjadi puding siap santap.

Poi termasuk hidangan penutup untuk warga lokal di Hawaii. Kamu bisa mencoba hidangan ini karena memiliki cita rasa unik yang sedikit asam dan sangat cocok sebagai tambahan makanan yang gurih.

Tidak Sabar Mencobanya, Bukan?

Itulah daftar makanan khas Hawaii yang bisa kamu coba.

Sajian-sajian di atas tentu saja memiliki citra rasa yang berbeda, tentunya akan memperkaya pengalaman kulinermu.

Nah, dari sekian banyak makanan tadi, mana yang ingin kamu coba?


Temukan inspirasi lainnya seputar makanan Amerika, makanan Asia, makanan Eropa dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.