Cara Membuat Kentang Crispy dan Enak Seperti Fast Food

4 min read

cara membuat kentang crispy

Mungkin Kamu pernah bertanya – tanya bagaimana cara membuat kentang crispy seperti di fast food – fast food kesayangan kalian. Cara membuat kentang crispy ini jarang sekali bisa dilakukan jika Kamu menggorengnya sendiri. 

Kamu tidak perlu pergi ke drive-thru untuk mendapatkan kentang goreng yang panas dan renyah. Yang perlu Kamu lakukan adalah mencoba satu dari beberapa trik ini untuk membuat batch berikutnya dari kentang goreng di rumah terasa seperti makanan cepat saji favorit Kamu.

Air Garam Sebelum Dimasak

Cara membuat kentang crispy yang pertama adalah menambahkan atau merendam ke dalam air garam pada kentang sebelum akhirnya memasak kentang tersebut. Jika Kamu bertanya – tanya bagaimana caranya restoran fast food mendapatkan kentang crispy yang renyah. Maka Kamu akan terfokus kepada garam yang ada di dalamnya.

Mereka tidak akan pelit dengan garam. Jika Kamu menyukai kentang yang asin dan ingin membuatnya sendiri dirumah, caranya adalah bukan menambahkan garam setelah kentang tersebut jadi. Melainkan Kamu harus membuat kentang yang sudah terlapisi garam sebelum digoreng.

Untuk mendapatkan sensasi renyah dan gurih dari kentang tersebut, Kamu harus membumbuinya dengan baik. Cara membuat kentang crispy seperti ini adalah Kamu harus mengasinkannya sebelum dimasak.

Caranya adalah Kamu harus merendam kentang tersebut di dalam air yang telah tercampur dengan garam. Biasanya untuk mendapatkan rasa yang pas Kamu perlu mengukurnya. Cukup berikan satu sendok makan garam per pon kentang yang ingin Kamu masak. 

Tidak perlu lama lama, lalu tiriskan dan keringkan kentang tersebut sebelum masuk ke minyak panas. Setelah memasak juga Kamu bisa menambahkan sedikit garam pada kentang yang masih panas agar garam tersebut menyerap ke dalam kentang tersebut.

Manfaat lain dari pengasinan atau bahkan hanya merendam potongan kentang dalam air biasa. Ini menghilangkan beberapa pati, yang pada gilirannya membantu kentang goreng matang lebih merata.

Kamu Bisa Menggorengnya 2 Kali

Cara membuat kentang crispy seperti fast food yang kedua adalah untuk mendapatkan renyah di pinggir dan empuk pada bagian dalam kentang. Mungkin Kamu seringkali melihat kentang dengan warna coklat keemasan dan sangat renyah di sekelilingnya namun empuk di dalamnya.

Baca Juga:  10 Olahan Roti Tawar untuk Dicoba, Hemat dan Nikmat!

Kamu pasti ingin bisa membuatnya dirumah. Sehingga Kamu tidak perlu repot – repot keluar rumah untuk mendapatkan kentang rasa fast food tersebut. Cara membuat kentang crispynya adalah Kamu harus menggoreng kentang tersebut setidaknya dua kali.

Begini caranya. Pertama kali Kamu akan menggoreng kentang dalam panci minyak panas (375 ° F adalah suhu yang baik) selama sekitar satu menit sampai satu setengah menit, hanya sampai mereka mengambil warna emas muda. Keluarkan dari minyak dan biarkan dingin pada suhu kamar selama 10 hingga 15 menit. Kemudian kembalikan kentang goreng ke dalam minyak panas untuk menggoreng lagi selama sekitar empat hingga lima menit sampai berwarna coklat keemasan.

Menggoreng kentang crispy dalam minyak panas dan kemudian mendinginkannya adalah kunci untuk memasak lebih merata dan mendapatkan bagian luar yang sangat renyah. Metode ini memungkinkan kentang goreng matang tanpa membakar bagian luarnya dan tidak akan terjadi kegosongan pada kulit luar kentang.

Berikan Garam Ketika Baru Diangkat Dari Penggorengan

Sama pentingnya dengan cara Kamu membumbui kentang goreng adalah saat Kamu membumbuinya. Cara menggoreng kentang crispy untuk mendapatkan rasa seperti di fast food kali ini cukup mudah. 

Kentang – kentang crispy yang ada pada restoran fast food memiliki satu kesamaan yang mirip dari semua restoran cepat saji adalah mereka membumbui kentang goreng segera setelah keluar dari penggorengan. Sehingga ketika garam tersebut di tabur garam akan menempel pada permukaan kentang. Untuk memastikan butiran garam menempel pada kentang goreng Kamu, sirami dengan garam saat masih panas dan akan terlihat berkilau dengan minyak.

Kocok Dengan Bumbu Penyedap Rasa

Kentang goreng adalah hal yang biasa, tetapi untuk beberapa restoran fast food mereka memiliki cara membuat kentang crispy tersendiri. Lihatlah lemari bumbu Kamu untuk memberi kentang goreng yang Kamu buat memiliki rasa yang lebih lagi. Ini bisa sesederhana mengocok toples bumbu Cajun di atas kentang goreng segera setelah keluar dari penggorengan.

McDonald’s melakukan ini dengan tidak hanya menambahkan garam, tetapi juga penyedap daging sapi alami untuk kentang mereka yang sangat crispy. Salah satu cara membuat kentang crispy yang cerdas dan sederhana untuk meniru ini di rumah adalah mencampurkan sekitar 1/8 sendok teh kaldu bubuk daging sapi dengan setiap sendok teh garam, lalu menaburkannya di atas kentang goreng panas.

Baca Juga:  Kumpulan Jenis dan Resep Nasi Goreng Enak dan Spesial

Perhatikan Cara Memotong Kentang

Cara membuat kentang crispy yang terakhir adalah Kamu harus memperhatikan cara Kamu memotong. Kentang yang memiliki potongan yang tipis dan juga yang tebal sama sama akan terasa enak. Kamu bisa mengubahnya dengan memotongnya keriting. 

Dengan potongan yang beda akan menambah looks menjadi lebih menarik dan juga minyak akan meresap dengan sempurna. Jika Kamu sudah memiliki spiralizer, ada solusi menggoreng keriting Kamu. Jika belum memilikinya maka Kamu harus membelinya. Cara membuat kentang crispy yang ini sedikit berbeda karena akan mempercantik looks dari kentang yang selalu terlihat sama.

Selain teknik menggoreng dan menambahkan garam atau bumbu, ada hal lain yang harus Kamu perhatikan jika ingin mendapatkan kentang goreng dengan rasa restoran fast food. Cara membuat kentang crispy ini juga memerlukan alat – alat dan bahan – bahan yang mendukung. Apa saja sih?

Menggunakan Alat – Alat yang Mendukung

Jika Kamu ingin mendapatkan cara membuat kentang crispy dengan sempurna, Kamu harus mulai dengan penggorengan yang tepat. Tentu saja Kamu dapat menggunakan wajan atau oven Kamu untuk menggoreng di rumah. Tetapi penggorengan yang memiliki wajan dalam adalah alat khusus untuk memanaskan minyak hingga suhu tertentu. 

Restoran fast food mempunyai stKamur sendiri untuk memiliki penggorengan dalam yang dapat memanaskan minyak pada suhu tertentu. Penggorengan ini ada untuk melakukan tugas yang berat. Seperti menahan suhu minyak berjam – jam. Suhu tersebut akan stabil pada beberapa jam. 

Itu memungkinkan restoran untuk memulihkan suhu lebih cepat daripada yang Kamu bisa di rumah dengan sumber panas listrik. Namun jangan khawatir, Ada versi table-top yang ditujukan untuk koki rumahan. Kamu bisa memasaknya dirumah.

Cara membuat kentang crispy yang bisa Kamu terapkan lainnya adalah dengan menjaga minyak goreng tersebut. Restoran fast food menggunakan minyak dan sistem yang bisa mensterilkan minyak sehingga dapat digunakan lagi. Ini juga merupakan cara membuat kentang goreng tepung crispy demi mendapatkan kesempurnaannya.

Menggunakan Minyak Berkali – Kali

Cara membuat kentang crispy yang sempurna juga Kamu harus memperhatikan minyaknya. Sebenarnya, minyak yang sudah pernah Kamu gunakan akan membuat kentang menjadi lebih garing daripada minyak baru.

Filter pada penggorengan komersial memungkinkan Kamu menggunakan minyak lebih dari sekali, hal ini juga akan menghemat uang Kamu. Ternyata minyak yang sudah tua justru membuat kentang goreng lebih renyah daripada minyak baru. 

Baca Juga:  Cara Membuat Laksa Oncom Khas Sunda yang Lezat, Dijamin Nagih!

Menurut The Spruce Eats, minyak segar langsung dari botol bukanlah pilihan terbaik saat menggoreng kentang goreng. Karena, lemak dalam minyak mulai terurai saat terkena panas. Itu mungkin terdengar buruk, tetapi ini adalah nilai tambah yang besar dalam cara membuat kentang crispy yang renyah. Molekul minyak dalam minyak tua ini akan terikat lebih efektif dengan makanan. Hal ini menghasilkan produk yang lebih renyah.

Itu tidak berarti semua minyak tua bekerja. Saat minyak terlalu tua, minyak bisa mulai berasap pada suhu yang lebih tinggi, yang menciptakan rasa tidak enak pada kentang goreng Kamu. Penting juga untuk menyaring minyak dengan sangat baik untuk menghilangkan sisa makanan atau kotoran yang dapat terbakar saat minyak dipanaskan lagi. Penggunaan minyak lama ini juga dapat menjadi cara membuat kentang goreng tepung crispy, sehingga Kamu akan mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Epicurious juga mengingatkan kita bahwa minyak bekas akan menempel pada rasa apa pun yang awalnya digoreng. Menggunakan kembali minyak yang Kamu gunakan untuk menggoreng onion rings tidak akan menjadi masalah untuk membuat kentang goreng. Tetapi minyak yang digunakan untuk membuat ikan goreng akan membuat kentang goreng mungkin bisa menimbulkan bau amis.

Itulah cara membuat kentang crispy seperti yang ada di restoran fast food.Banyak hal yang harus diperhatikan selain teknik menggoreng atau tambahan bumbu lainnya. Kamu juga harus memperhatikan alat – alat yang Kamu gunakan dan juga minyaknya.


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis makanan, resep makanan, hingga franchise hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.