14 Minuman Khas Sumatera yang Wajib Dicoba

5 min read

14 Minuman Khas Sumatera yang Wajib Dicoba

Selain terkenal memiliki makanan khas yang enak, daerah di Sumatera juga memiliki banyak minuman khas. Tentu saja minuman khas Sumatera ini memiliki rasa yang unik dan sayang untuk kamu lewatkan. Lalu apa saja minuman khas Sumatera tersebut?

Minuman Khas Sumatera

Jika berbicara tentang Sumatera, mungkin kamu sudah mengenal dengan pempek sebagai makanan khas Sumatera Selatan, atau rendang yang merupakan makanan khas Sumatera Barat. Selain masalah makanan, dunia kuliner di Sumatera juga memiliki banyak minuman khas yang tentunya harus kamu coba. Apa saja minuman khas Sumatera tersebut?

1. Roco Timun

minuman khas sumatera - roco timun

MInuman Khas Sumatera pertama yang perlu kamu coba adalah roco timun. Ini merupakan minuman yang akan banyak kamu temukan di daerah Sumatera Utara. Minuman yang saat ini berbahan dasar timun dan juga kelapa muda. Selain timun dan juga kelapa muda, dalam segelas roco timun ini juga terdapat gula merah dan daun pandan. Campuran dan perpaduan ini akan membuat minuman ini menjadi sangat segar.

Minuman ini cocok untuk menjadi pilihan kamu ketika ingn menghilangkan rasa dahaga. Minuman ini juga sangat cocok untuk kamu coba saat hari sedang panas. Pada bulan puasa, minuman ini juga bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk menjadi menu berbuka puasa.

2. Aia Kawa

aia kawa

Untuk kamu yang merupakan penggemar kopi, dan ingin mencoba kopi dalam bentuk lain maka salah satu minuman khas Sumatera ini merupakan pilihan yang harus kamu coba. Minuman tersebut adalah aia kawa. Minuman yang berasal dari Sumatera Barat ini merupakan minuman yang berbahan dasar daun kopi.

Jika biasanya yang kamu cicipi adalah biji kopi, pada minuman ini maka kamu akan mencoba bagaimana olahan dari daun kopi. Nantinya, daun kopi tersebut akan diseduh dengan menggunakan air panas. 

Cara menyeduhnya pun mirip dengan ketika kamu akan menyeduh teh. Keunikan lainnya yang juga akan kamu dapatkan dari minuman ini adalah kamu akan menggunakan batok kelapa sebagai pengganti gelas. Dan jua potongan bambu yang akan menjadi tatakan dari batok kelapa tersebut.

Ini merupakan minuman legendaris yang sudah ada sejak zaman dahulu. Dan tentu saja, minuman ini masih sangat nikmat untuk kamu coba saat ini. Minuman ini cocok untuk kamu coba pada sore hari ketika santai.

3. Es Tebak

es tebak

Selain aia kawa, Sumatera Barat juga masih memiliki minuman khas Sumatera lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan untuk mencobanya. Minuman tersebut adalah es tebak. 

Baca Juga:  Bisnis Minuman Alpukat Kocok: Modal dan Peluang Usahanya

Sekilas, mungkin kamu akan tertarik dengan namanya yang unik. Namun jika sudah mencobanya sekali, maka kamu juga akan tertarik dengan rasa yang dimiliki oleh minuman ini. Es tebak sendiri merupakan minuman yang di dalamnya berisi kolang-kaling, cincau hitam, tape ketan, dan tentu saja tebak. 

Kamu pasti bingung dengan nama tebak ini, tebak merupakan makanan yang bentuknya mirip cendol dan terbuat dari campuran tepung sagu dan juga tepung beras ketan. Nantinya campuran bahan tersebut akan dimasak dengan menggunakan kapur sirih yang akan dicampur juga dengan air garam.

Minuman es tebak ini juga akan disajikan dengan serutan es dan juga kental manis dan juga sirup. Semua campuran ini akan membuat rasa minuman ini menjadi sangat nikmat dan juga sangat menyegarkan.

4. Teh Susu Telur

teh susu telur minuman khas sumatera

Untuk kamu yang mencari minuman hangat yang bisa menemani kamu saat malam, maka minuman khas Sumatera satu ini bisa menjadi pilihan kamu. Teh susu telur, yang merupakan minuman khas Sumatera Utara ini merupakan minuman hangat yang bisa menjadi pilihan kamu saat malam hari.

Minuman ini akan sangat mudah kamu temukan ketika kamu berkunjung ke Medan. Terutama ketika malam hari, maka ini merupakan salah satu pilihan minuman yang akan banyak kamu temukan bahkan di penjual pinggir jalan sekalipun. 

Sesuai namanya, minuman ini akan berisi teh, susu, dan juga kuning telur serta ditambah juga dengan gula. Nantinya semua bahan tersebut akan diseduh menggunakan air panas. Untuk kuning telur, biasanya yang digunakan adalah telur ayam ataupun telur bebek.

Tidak perlu risau dengan bagaimana rasa yang akan dihasilkan dari semua campuran tersebut. Semua campuran tersebut tentunya akan menghasilkan rasa yang nikmat.

5. Es Laksamana Mengamuk

es laksamana mengamuk

Minuman khas Sumatera lainnya yang juga tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke sana adalah es laksamana mengamuk. Ini merupakan minuman yang akan sangat mudah kamu temukan ketika berkunjung ke daerah Riau. Tentunya, rasa dari minuman ini akan sangat menyegarkan ketika kamu mencobanya.

Es Laksamana mengamuk sendiri terdiri dari mangga kweni yang dicampurkan dengan santan, gula merah, dan tentu saja es. Ini merupakan perpaduan yang sangat pas untuk menghilangkan dahaga yang kamu punya. 

Es ini juga akan memberikan rasa segar, sehingga cocok untuk kamu coba saat siang ketika matahari sedang panas.

6. Jus Martebe

jus martabe

Untuk kamu yang merupakan penggemar jus, maka kamu juga tidak boleh ketinggalan untuk mencoba minuman khas Sumatera yang satu ini. Jus martebe, merupakan salah satu jus asli daerah Sumatera, yang akan mudah kamu temukan ketika mengunjungi Sumatera Utara.

Martebe sendiri merupakan singkatan dari markisa terong belanda. Perpaduan dari kedua buah ini selain akan menghasilkan rasa manis, juga akan memberikan kamu rasa segar yang bisa menghilangkan dahaga kamu. Ini merupakan pilihan minuman yang cocok untuk kamu coba saat siang hari. 

Baca Juga:  Resep Minuman Khas Indonesia yang Gampang Dibuat

7. Dadiah

dadiah minuman khas sumatera

Mungkin banyak diantara kamu yang merupakan pecinta yoghurt. Dan jika kamu merupakan salah satunya, maka ketika kamu mengunjungi Sumatera, maka kamu juga bisa mencoba yoghurt khas Sumatera yaitu dadiah. Dadiah sendiri merupakan minuman khas Sumatera, ini merupakan minuman tradisional Minangkabau yang tentunya banyak peminatnya.

Minuman khas yang satu ini memiliki keunikan dalam proses pembuatannya. Berbeda dengan yoghurt pada umumnya, minuman yang satu ini menggunakan bambu sebagai wadah untuk melakukan fermentasi alaminya.

Dengan segala macam prosesnya yang masih menggunakan cara tradisional, maka tidak heran jika minuman ini juga akan menghasilkan rasa yang sangat unik. Selain masalah rasa, minuman yang satu ini juga memiliki banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk tubuh.

8. Aia Aka

aia aka

Minuman khas Sumatera lainnya yang juga harus kamu coba adalah aia aka. Ini merupakan salah satu minuman terbaik yang sayang untuk kamu lewatkan. Minuman ini sendiri terbuat dari perasan daun cincau. Olahan daun cincau ini akan dibuat menjadi seperti agar-agar.

Penyajian minuman ini sendiri akan menggunakan santan, gula merah, dan juga air daun kacang. Aia aka sendiri merupakan minuman khas yang akan mudah kamu temukan ketika mengunjungi Sumatera Barat. 

Kamu bisa menemukan minuman ini dengan mudah, bahkan di pedagan kaki lima sekalipun. Minuman ini cocok untuk kamu coba pada siang hari.

9. Sanger

sanger

Jika kamu berkunjung ke Aceh, maka sayang jika kamu tidak mencoba kopi khasnya. Aceh memang terkenal akan kopinya, dan salah satu minuman khas Sumatera yang juga cukup terkenal di Aceh adalah sanger.

Sanger sendiri merupakan sebutan masyarakat Aceh untuk kopi tarik atau kopi saring. Jika kamu lihat sekilas, mungkin minuman ini akan terlihat seperti kopi susu pada umumnya. 

Namun, ketika kamu mencobanya, maka kamu akan mendapatkan rasa nikmat yang luar biasa khas kopi Aceh. Sanger merupakan minuman yang cocok untuk menemani kamu kala bersantai. 

Bisa jadi ini merupakan pilihan minuman yang pas ketika kamu istirahat setelah seharian berkeliling menikmati pemandangan daerah Aceh.

10. Jus Pinang Muda

jus pinang muda minuman khas sumatera

Minuman khas Sumatera lainnya yang juga memiliki rasa yang nikmat dan sayang untuk kamu lewatkan adalah jus pinang muda. Selain memiliki rasa yang nikmat, jus pinang muda juga memiliki banyak khasiat. Untuk menambah khasiat tersebut, kamu juga bisa menambahkan telur, susu, dan madu dalam penyajian minuman ini.

11. Teh Talua

minuman khas sumatera - teh talua

JIka kamu berkunjung ke Sumatera, khususnya Sumatera Barat maka satu minuman khas yang tidak boleh kamu lewatkan adalah teh talua. Teh talua sendiri merupakan penyebutan khas masyarakat Sumatera barat untuk teh telur.

Baca Juga:  Minuman Khas Asia Tenggara yang Bisa Kamu Coba

Sesuai dengan namanya, minuman ini merupakan perpaduan antara teh dan juga telur. Selain memiliki rasa yang nikmat, minuman ini juga terkenal karena memiliki banyak khasiat. Salah satu khasiat yang paling terkenal dari teh talua ini adalah bisa mengembalikan semangat dan juga kebugaran tubuh.

Untuk mencoba minuman ini, maka kamu bisa mendapatkannya dengan mudah. Ketika mengunjungi Sumatera Barat. maka kamu akan banyak menemukan kedai ataupun warung kopi yang menjual teh talua ini. 

Di beberapa tempat, teh talua ini juga disajikan dengan menggunakan tambahan perasan jeruk nipis. Hal ini selain untuk menambah cita rasa, juga untuk menguatkan aroma yang minuman ini hasilkan.

12. Es Durian

es durian

Untuk kamu pecinta durian, kamu juga harus mencoba minuman khas Sumatera yang satu ini. Es durian khas Sumatera Barat, merupakan salah satu minuman unik yang juga memiliki rasa yang sangat nikmat. 

Berbeda dengan es durian pada umumnya, Es durian khas Sumatera Barat ini terdiri dari campuran durian, cincau hitam, kelapa muda, bubur pacar, dan juga es serut. Semua bahan tersebut masih ditambah dengan kental manis coklat untuk menguatkan rasanya.

13. Kopi Gayo

kopi gayo

Untuk kamu yang merupakan penggemar kopi, maka mungkin kamu juga sudah tahu jika Aceh merupakan salah satu daerah penghasil kopi dengan rasa nikmat. Dan salah satu kopi terkenal Khas Aceh yang perlu kamu coba adalah Kopi Gayo.

Ini merupakan salah satu minuman khas Sumatera yang tentu saja perlu kamu coba. Ini merupakan salah satu pilihan minuman yang cocok untuk menemani kamu bersantai sambil mengobrol.

14. Kopi Rempah Sekanak

kopi rempah sekanak

Masih untuk kamu yang pecinta kopi, salah satu minuman kopi yang tentunya harus kamu coba ketika berkunjung ke Sumatera adalah kopi rempah sekanak. Ini merupakan minuman khas Riau yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. Minuman ini sendiri bahkan disebut sebagai kopinya para raja. 

Salah satu yang unik dari kopi ini adalah campuran yang digunakan. Selain kopi, di dalamnya terdapat rempah-rempah dan juga kayu manis yang akan menambahkan aroma dan wangi dari kopi ini.

Mana Minuman Khas Sumatera yang Ingin Kamu Coba?

Itulah beberapa minuman khas Sumatera yang perlu kamu coba saat berkunjung ke sana. Minuman-minuman ini merupakan ciri khas daerah yang mungkin saja tidak akan kamu temukan di tempat lain. 

Atau mungkin, kalaupun bisa kamu temukan di tempat lain maka rasanya akan berbeda. Sehingga tidak ada salahnya jika kamu langsung mencobanya ketika sedang berkunjung ke Sumatera.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar franchise, strategi bisnis, hingga makanan dan minuman Indonesia hanya di fnbpreneur.id.