Cara Membuat Tahu di Rumah, Pasti Enak, Mudah dan Higienis!

4 min read

cara membuat tahu

Bagaimana cara membuat tahu di rumah?

Agar lebih sehat, kamu bisa belajar membuat tahu sendiri. 

Sehingga, rencana menjalankan pola hidup sehat kamu dapat berjalan tanpa hambatan.

Manfaat Tahu untuk Kesehatan

Sebelum membuatnya, ketahui dulu apa saja manfaatnya untuk kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat dari tahu yang perlu kamu ketahui.

Pastinya agar kamu lebih semangat lagi untuk membuat tahu di rumah.

1. Mencegah Penyakit Kronis

Jika kamu mengetahui cara membuat tahu dengan tepat, secara tidak langsung kamu akan bisa terhindar dari penyakit kronis. Penyakit-penyakit yang bisa kamu hindari adalah penyakit jantung. 

Karena kandungan isoflavon dan antioksidan pada olahan kedelai ini mampu mencegah peradangan dalam peredaran darah. Selain itu, makanan ini juga mampu menekan kolesterol tinggi yang menyebabkan penyakit jantung.

Penyakit kronis kedua yang bisa ditangkal oleh bahan makanan ini adalah kanker. Bahan utama tahu, yaitu kedelai ternyata mengandung enzim fitoestrogen. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit kanker.

Kanker memang beragam jenisnya. Hebatnya, olahan kedelai ini dapat mencegah hampir semua penyakit kanker, seperti kanker prostat. Kandungan vitamin selenium pada makanan ini lah yang membantu mencegah penyakit tersebut.

Itu bukan cuma omong kosong, lho. Jurnal European Journal of Nutrition mengatakan, kalau tahu ampuh menurunkan resiko penyakit kronis yang berasal dari pencernaan sebanyak 7%.

Olahan kedelai ini, juga mampu mencegah penyakit kronis lainnya, seperti diabetes tipe 2. Sebab, isoflavon mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. 

Selain itu, enzim yang terkandung pada tahu juga berfungsi untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dalam tubuh yang mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes.

Nah, Osteoporosis juga bisa dicegah sejak usia dini dengan mengkonsumsinya. Karena bahan makanan ini memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang.

2. Melancarkan Pencernaan

Apakah kamu pernah merasakan susah buang air besar (BAB)? Nah, kalau kamu pernah mengalami itu, jangan buru-buru minum obat. Dengan bahan makanan ini, sistem pencernaanmu bisa lebih lancar, layaknya mengonsumsi obat-obatan kimia untuk melancarkan pencernaan.

Baca Juga:  Cara Membuat Dimsum Enak, Berpeluang untuk Usaha!

Olahan kacang kedelai ini, termasuk golongan makanan yang berserat tinggi. Serat yang tinggi tersebut mampu melancarkan pencernaan, karena pergerakan usus telah diatur sedemikian rupa oleh tahu. Meskipun murah, tapi kandungannya tidak bisa dianggap remeh, ya.

3. Mengencangkan Kulit

Masih ingat dengan kandungan zat isoflavon yang dimiliki oleh bahan makanan ini? Nah, kandungan tersebut juga berguna untuk elastisitas kulit manusia. Selain sebagai cara membuat elastisitas kulit, kamu juga bisa mengurangi penuaan dini pada kulit kamu dengan mengkonsumsi tahu.

Dengan kandungan tersebut, olahan dari kedelai yang berprotein tinggi mampu menjaga kesehatan kulit kamu.

Cara Membuat Tahu di Rumah, Ternyata Bisa!

Cara ini terinspirasi dari salah satu Channel Youtube Dapur Leony tentang cara membuat tahu tanpa bahan pengawet yang mudah dengan menggunakan bahan-bahan yang di rumah.

Sehingga, jauh lebih aman untuk kamu konsumsi bersama seluruh anggota keluarga di rumah.

Berikut cara pembuatannya.

1. Siapkan Peralatan dan Bahan

Pertama-tama, siapkan alat dan bahan.

Kamu hanya butuh beberapa peralatan, yaitu:

  • 2 baskom ukuran besar dan sedang
  • 2 tutup baskom mengikuti ukuran baskom
  • 1 panci
  • 1 set blender
  • Kain bersih
  • Saringan
  • Gelas ukur dengan ukuran bebas
  • Sendok sayur
  • Piring

Sedangkan bahan-bahan yang kamu perlu siapkan adalah kacang kedelai berkualitas bagus, air, cuka dapur, dan jeruk nipis. 

Cara mengetahui kedelai yang bagus, kamu bisa memperhatikan kedelai saat membelinya di warung atau pasar. Umumnya, kacang kedelai berkualitas bagus memiliki tekstur yang rata, tidak bergelombang, padat, dan juga tidak keriput. Selain itu, warnanya kuning merata dan sedikit agak kecokelatan.

2. Cuci Kacang Kedelai

cuci kacang kedelai

Langkah yang pertama adalah cuci bersih kacang keledai yang ingin kamu olah menjadi tahu. Pencucian ini berguna untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada kacang kedelai.

3. Rebus Air

rebus air

Sembari mencuci kedelai hingga bersih, hidupkan kompor dan rebuslah air hingga mendidih. Cara membuat tahu ini berguna untuk mematikan bakteri yang dapat mempengaruhi kualitas tahu nantinya. 

Biarkan selama 10 menit, kemudian tuang air yang sudah kamu rebus ke dalam baskom yang berisi kacang kedelai.

4. Rendam Kacang Kedelai

rendam kacang kedelai

Saat menuangkan air hangat, pastikan ukurannya tidak terlalu banyak. Tuangkan air tersebut hingga membuat kedelai tenggelam, kurang lebih sedalam satu ruas jari telunjuk.

Setelah kedelai terendam dengan sempurna, lengkapi cara membuat tahu ini dengan menutup rendaman kacang kedelai dengan tutup baskom selama 8-12 jam. Perendaman ini berguna untuk memudahkan saat ingin memisahkan kulit dari kacang kedelai.

Baca Juga:  Resep Mie Ongklok Khas Wonosobo ala Rumahan, Mudah Dicoba!

5. Pisahkan Kulit Kacang Kedelai dan Cuci

pisahkan kulit kedelai

Ingat ya! Merendam dengan air hangat bukan berarti kulit keledai bisa terpisah secara langsung. Masih butuh bantuan tenaga kamu untuk memisahkannya dan membuat kacang kedelai terbelah menjadi dua.

Caranya, yaitu dengan meremasnya secara perlahan. Agar tidak hancur, pisahkan kedelai yang sudah terbelah dan terkelupas di wadah lain.

Saat sudah berpisah, kamu harus mencucinya kembali. Cara ini berguna untuk mengurangi kontaminasi bakteri yang mungkin saja ada saat pada tangan kamu ketika meremas kacang kedelai.

6. Buat Bubur Kedelai Menggunakan Blender

buat bubur kedelai

Tahu tidak terbuat dari keledai yang utuh, namun kedelai yang sudah dihancurkan. Cara agar lebih cepat dan mudah dalam membuat tahu, kamu bisa menghancurkan atau menghaluskannya menggunakan blender. Tapi jangan lupa untuk memasukan air secukupnya agar kedelai dapat berbentuk bubur yang sempurna.

Jangan masukan semua kedelai secara berlebihan! Masukkanlah sedikit demi sedikit, agar menghasilkan bubur kedelai yang lebih lembut.

7. Ambil Sari Kedelai untuk Proses Selanjutnya

ambil sari kedelai

Siapkan baskom yang di atasnya terdapat kain bersih untuk menyaring sari kedelai dan memisahkannya dengan air pada saat proses penghalusan tadi. Mengapa tidak menggunakan saringan? Karena kain lebih efektif memisahkan sari dan air kedelai, dengan lubang-lubangnya yang lebih kecil daripada saringan pada umumnya.

Eits, jangan keburu membuang sari kedelai itu. Kamu bisa mengulangi kembali proses pembuatan bubur kedelai dengan ampas tersebut sebanyak 3 sampai 4 kali lagi dengan bantuan air.

Jika sudah sebanyak itu, sisa ampas kedelai dapat kamu olah menjadi beberapa masakan yang tidak kalah enak. Salah satu olahan yang terbuat dari ampas kedelai adalah tempe gembus.

8. Campurkan Bahan Masakan yang Mengandung Rasa Asam

bahan asam

Jeruk adalah perasa asam alami yang bisa menggumpalkan sari kedelai. Penggunaan jeruk peras pada cara membuat tahu bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Kamu hanya butuh air jeruknya saja, sehingga kamu perlu menyiapkan saringan dan gelas ukur untuk memeras jeruk tersebut..

Akan tetapi, jika kamu tidak punya banyak waktu untuk memerasnya, kamu bisa menggunakan cuka dapur sebagai penggantinya. Namun, mencampurkan air jeruk dengan cuka juga baik untuk menggumpalkan kacang kedelai. Jadi, kamu bisa pilih sumber perasa asam antara kedua bahan tersebut.

9. Aduk dan Campurkan

aduk campuran

Perasan asam sudah siap, saatnya untuk menaruh air kedelai di atas kompor. Nyalakan kompor dengan api kecil dan tunggulah hingga berbuih atau mendidih.

Jika sudah berbuih, aduk air kedelai agar matang merata. Jika sudah terlihat berbuih sempurna, masukan larutan air asam yang sudah dibuat sebelumnya. Tuangkan perlahan sambil terus mengaduknya.

Baca Juga:  Cara Membuat Burger Rumahan, Lezat dan Bisa Dijual!

Jangan berhenti mengaduk hingga terlihat gumpalan sari kedelai! Jika gumpalan tersebut masih meninggalkan air berwarna putih, artinya kamu perlu menambahkan larutan asam lagi.

Tuangkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Pastikan semua sari sudah menggumpal dan air berubah warna menjadi bening.

Langkah selanjutnya adalah matikan kompor dan siapkan beberapa tempat untuk proses selanjutnya.

10. Pisahkan Gumpalan Sari Kedelai dengan Air

pisahkan tahu

Gunakan kain untuk memisahkan air dan gumpalan biang tahu. Kemudian, peras biang tersebut hingga menghasilkan sedikit air.

Semakin sedikit air pada biang tahu, maka cara membuat tahu ini dinyatakan berhasil. Karena kamu berhasil menghasilkan salah satu olahan dari kedelai yang berkualitas baik. Pisahkanlah gumpalan biang tahu pada baskom yang kering.

Biang tersebut harus kamu masukkan ke dalam kain. Kemudian, tutup biang tahu menggunakan pangkal kain hingga tertutup sempurna. Setelah itu, gunakan benda lainnya seperti piring sebagai pemberat dan diamkan selama 4-5 jam.

Penindihan pada cara membuat tahu ini bertujuan untuk mencetak dan mengurangi kadar air yang masih terkandung pada biang tahu.

11. Potong-potong Tahu

potong tahu

Setelah tahu ditindih dan didiamkan selama beberapa saat dan menyatu secara sempurna, maka tahu sehat tanpa bahan pengawet pun sudah siap untuk kamu sajikan. Agar lebih enak, kamu bisa mengolahnya dengan campuran bumbu dapur yang nikmat.

Yuk, Buat Tahu Sendiri di Rumah!

Tahu adalah makanan yang tinggi protein. Buat kamu yang tidak ada banyak waktu untuk membelinya, kamu bisa mempraktekkan cara membuat tahu sendiri, seperti langkah-langkah di atas.

Sehingga, dapat menghasilkan makanan yang lebih sehat dan higienis.

Selamat mencoba!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.