Mengenal Mie Kocok yang Menjadi Khas di Indonesia

4 min read

Mie Kocok Makanan Khas Indonesia (1)

Jika kamu bertanya apa makanan khas di Indonesia, kamu akan mendapatkan beribu jawaban yang berbeda. Di Kota Bandung saja, kamu akan mendengar orang berkata bahwa mie kocok makanan khas Indonesia yang tiada duanya. Nah, artikel ini akan membahas mengenai kuliner yang bernama mie kocok, ini, beserta resep dan tempat kamu bisa menemukan penjualnya.

Apa Itu Mie Kocok?

Bagi kamu para wisatawan yang belum pernah mencicipi kuliner ini, sebaiknya kamu membaca dulu penjelasannya. Mie kocok adalah kuliner yang terbuat dari bahan utama berupa mie, yang mempunyai cita rasa gurih dan segar.

Rasa gurih ini datang dari kaldu sapi, yang merupakan salah satu bahan membuat kuah mie tersebut. Kebanyakan orang biasanya menambahkan bahan pelengkap semisal bakso, daging sapi, daging ayam, atau siomay untuk mie mereka. Makanan ini dapat kamu temukan di banyak tempat di Kota Bandung, termasuk di kedai-kedai.

Cara Memasak Mie Kocok Bandung di Rumah

Bagi yang tak suka makan diluar rumah, artikel ini menyediakan resep mie kocok untuk kamu masak sendiri. Ada beberapa variasi resep dari kuliner ini, sehingga kamu dapat menyesuaikannya dengan rasa favorit kamu.

1. Mie Kocok Kaki Sapi

Setelah kamu membaca tentang apa itu mie kocok, sekarang waktunya kamu belajar tentang cara memasak mie tersebut. Bagi yang tertarik untuk mencoba memasak kuliner ini, kamu bisa menambahkan daging sapi, terutama kaki sapi, sebagai pelengkapnya.

Kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini. Mie kuning 500 gram, taoge rebus 1 ons, daging kaki sapi 1 kilogram, dan seledri secukupnya. Kamu juga memerlukan air sebanyak 1,5 liter untuk membuat kuah. Apabila kamu punya mie basah yang siap pakai, silakan gunakan yang itu.

Untuk bumbu halusnya, siapkan bawang putih 5 siung, bawang merah 5 buah, serta penyedap rasa secukupnya saja. Adapun bumbu seperti daun salam 4 lembar, serai 3 batang, dan jahe 2 ruas.

Cara memasak mie kocok makanan khas Indonesia adalah berikut ini:

  • Rebus daging kaki sapi dalam panci presto kurang lebih selama satu jam tanpa bumbu. Setelah satu jam, angkat dan tiriskan dagingnya.
  • Rebus mie kuning sampai matang dan lembek lalu tiriskan. Lewati langkah ini jika kamu membeli mie basah yang siap pakai.
  • Haluskan bawang-bawang dan geprek jahe serta serai. Sisakan sedikit bawang merah dan putih untuk nanti kamu goreng.
  • Siapkan panci untuk merebus air kuah mie, lalu masukkan 4 lembar daun salam, beserta serai dan jahe yang kamu geprek.
  • Jika sudah, masukkan kaki sapi dan mie ke dalam kuah dan rebus sampai semuanya matang.
  • Sembari menunggu mie dan kaki sapi matang, siapkan wajan dan iris-iris bawang merah dan putih, lalu goreng sampai harum.
  • Masukkan bawang merah dan putih yang telah kamu haluskan sebelumnya ke dalam rebusan kaki sapi. Berikan juga penyedap rasa secukupnya.
  • Sediakan mangkuk, lalu masukkan mie dan kaki sapi ke dalamnya, baru tuangkan kuah. 
  • Mie kocok kaki sapi siap kamu sajikan bersama pelengkap seperti bakso dan siomay.
Baca Juga:  Bisnis Warung Lalapan: Tips dan Modal untuk Membuka Warung Lalapan

2. Mie Kocok Ayam

Apabila kamu tidak suka daging sapi sebagai tambahan dalam mie kocok Bandung, kamu boleh menggantinya dengan daging ayam. Cara memasaknya kurang lebih sama saja dengan resep diatas meskipun ada sedikit perbedaan.

Kamu perlu daging ayam 1/4 ekor, kaldu ayam 250 ml, mie kuning 500 gram, dan tahu goreng 1 buah saja. Ada pula telur 3 butir, taoge rebus 100 gram, dan tepung beras 75 gram serta air untuk melarutkan tepung. Kamu dianjurkan untuk menggunakan mie telor sebagai bahan utamanya untuk hasil terbaik.

Bumbu halusnya yaitu pala memar 1/2 butir, cengkeh 2 buah, 2 sdt jahe cincang, bawang putih 3 siung dan merah 5 buah. Sertakan pula merica bubuk 1/2 sdt, seledri 2 batang, minyak goreng, garam, dan gula pasir secukupnya.

Inilah cara membuat mie kocok Bandung dengan daging ayam: 

  • Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang, jahe, dan cengkeh.
  • Rebus mie kuning sampai matang dan lembek lalu tiriskan.
  • Siapkan wajan dan minyak goreng untuk menumis bumbu halus hingga harum.
  • Rebus daging ayam, lalu angkat setelah matang dan potong-potong daging ayam menjadi bentuk dadu kecil-kecil.
  • Siapkan panci berisi air, lalu rebus kaldu ayam bersama telur, taoge, dan bumbu halus hingga matang.
  • Larutkan tepung beras dalam air, kemudian campurkan ke dalam rebusan kaldu dan aduk merata untuk membuat kuah yang kental.
  • Siapkan mangkuk besar dan tata semua bahan, mulai dari mie, daging ayam, telor, hingga seledri dalam mangkuk.
  • Tuangkan kuah kental yang sudah kamu rebus ke dalam mangkuk.
  • Mie kocok siap kamu sajikan bersama pelengkap berupa bawang goreng, kerupuk, dan jeruk nipis.

3. Mie Kocok Kuah Bening

Mau tahu variasi mie kocok makanan khas Indonesia yang kurang umum di masyarakat? Varian tersebut namanya adalah mie kocok kuah bening. Kuah mie tersebut mempunyai tekstur bening sebab dia menggunakan daun salam dan lengkuas.

Baca Juga:  Ketahui Jenis Kemasan Makanan dan Minuman untuk Usaha Kuliner!

Inilah bahan-bahan untuk membuat mie dengan kuah bening. Mie kuning 500 gram, daging sapi 200 gram, bakso sapi 10 butir, dan taoge rebus 125 gram. Untuk kuahnya, kamu perlu kaldu sapi 1 liter, daun salam 3 lembar, lengkuas memar 2-3 cm, dan daun bawang 1 batang.

Kamu juga perlu bahan untuk bumbu halusnya. Bawang putih 5 siung, bawang merah 5 buah, kemiri 2 butir, merica butir 1 sdt, dan jahe 1 cm. Tambahkan pula garam 1 sdm dan minyak goreng secukupnya.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memasak mie kocok Bandung berkuah bening:

  • Pertama, bersihkan taoge dan rebus hingga matang, serta potong-potong dagi sapi menjadi dadu-dadu.
  • Sambil kamu menunggu taoge matang, haluskan bumbu-bumbu seperti bawang, kemiri, garam, dan merica.
  • Siapkan wajan dan panaskan minyak, lalu masak bumbu halus bersama lengkuas dan daun salam hingga harum.
  • Ambil panci untuk merebus air dengan api sedang, kemudian tambahkan bumbu halus beserta kaldu sapi untuk membuat kuah mie.
  • Sembari kamu rebus kuahnya, masukkan juga bakso, potongan daging sapi, mie kuning, dan daun bawang.
  • Jika sudah matang, matikan api dan angkat, jangan lupa siapkan taoge.
  • Sekarang kamu bisa menyajikan mie kocok kuah bening bersama pelengkap berupa bawang goreng, seledri, dan kerupuk.

Dimana Kamu Bisa Menemukan Pedagang Mie Tersebut?

Apabila kamu berasal dari luar Kota Bandung dan hendak berwisata ke sana, jangan lupa untuk berkunjung ke rumah makan mie kocok Bandung. Ada sejumlah rumah makan atau kedai yang menjajakan mie tersebut dengan harga yang berbeda-beda.

Kalau kamu menginginkan suasana rumah makan bertempo dulu, datanglah ke Kedai Mie Kocok Karapitan, yang sudah berdiri sejak tahun 1979. Lokasi kedai ini terletak di jalan Karapitan No. 90, Kawasan Cikawao, Kota Bandung dan siap berjualan dari jam setengah delapan pagi. Untuk satu porsi mie kocok, kedai ini mematok harga antara Rp 27.000 sampai Rp 50.000.

Baca Juga:  Makanan Khas Hawaii yang Wajib Kamu Coba

Mau makan mie di tempat yang lebih terlihat di peta, misalnya di Jalan KH Ahmad Dahlan No. 67? Kamu bisa berkunjung ke Rumah Makan Mie Kocok Mang Dadeng, yang siap melayani pengunjung dari pagi hingga larut malam. Di kedai yang kecil tetapi nyaman ini, kamu bisa memesan mie kocok mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 47.000 seporsi.

Jika kamu hendal berwisata ke sekitaran Jalan R.E. Martadinata, tepatnya di Heritage Food Market, ada tempat bernama Kedai Mie Kocok Pak Markum. Lokasinya di Food Market ini sangat strategis bangi para wisatawan, dan dia buka dari jam 9 pagi sampai 9 malam. Satu porsi mie di kedai ini harganya Rp 23.000 sampai Rp 30.000.

Sudah Tahu Apa itu Mie Kocok?

Dan itulah artikel bertemakan mie kocok makanan khas Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber. Apa pendapat kamu tentang kuliner ini setelah kamu membacanya? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya atau memasaknya sendiri? Terima kasih atas perhatiannya!

Dapatkan informasi maupun tips seputar bisnis makanan dan minuman, resep, franchise, dan lain-lain hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.