5 Contoh Copywriting Makanan untuk Memikat Calon Pembelimu

3 min read

Perkembangan teknologi membuat digital marketing sangat berguna untuk berbagai bisnis, tak terkecuali bisnis makanan. Jika kamu perhatikan lagi, beberapa pebisnis juga mulai mempelajari contoh copywriting makanan untuk memikat para pelanggannya. Tujuannya tidak lain untuk membuat iklan yang menarik.

Apalagi dalam platform website maupun media sosial seperti Twitter atau Instagram, unggahan dengan copywriting menarik pasti akan membawa hal positif bagi bisnis. Yuk, pelajari berbagai kalimat copywriting makanan lewat artikel berikut ini!


5 Contoh Copywriting Makanan

Pada dasarnya copywriting adalah sebuah teknis penulisan, yang memiliki kekuatan tersendiri untuk mudah menarik minat baca seseorang. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari beberapa contoh penulisan wara makanan, agar iklan yang kamu buat lebih efektif. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Menggunakan Kalimat Persuasif agar Lebih Akrab dengan Pelanggan

Beberapa pebisnis menyadari, semakin dekat hubungan antara bisnis dengan pelanggan, maka akan semakin menumbuhkan loyalitas dari pelanggan. Melalui loyalitas tersebut, biasanya pelanggan akan sulit untuk berpaling ke rumah makan lainnya atau kompetitor.

Hal tersebut tentunya harus kamu imbangi dengan adanya kualitas makanan, cita rasa yang khas, serta pelayanan yang memuaskan. Sedangkan agar kamu dapat menggambarkan pelayanan terbaik lewat kalimat iklan, kamu bisa menggunakan kalimat persuasif yang sesuai.

Berikut adalah contoh copywriting makanan dengan kalimat persuasif:

  • Nih, Makan Dulu! Lo Resek Kalo Lagi Laper!
  • Dijual Cepat! Mie Ayam Pak Dadang, Mulai Rp8.000,00. Buruan, Senin Harga Nggak Naik!
  • Peringatan! Keripik Bala-Bala Kualitas Super, Sekali Hap Nggak Bisa Berhenti Ngunyah!
  • Jangan Asal Pesen, Catering Enak Cuma di Mama Yola Catering!
  • Mie Ayam Pak Sanusi, Tanpa Bahan Pengawet! Nggak Percaya? Cobain 1 Mangkok Full, Nggak Sampe 1 Jam Habis!
  • Indomie: Rasanya Bikin Santuy dan Makin Hangat!
Baca Juga:  18 Rekomendasi Makanan Khas Turki yang Halal dan Terkenal

2. Menambahkan Diksi Menarik yang Menarik Minat Audiens

Selain kalimat persuasif, beberapa diksi memang memiliki kekuatan untuk menarik minat atau atensi dari para audiens. Bahkan beberapa bisnis menggunakan diksi ini sebagai langkah terbaik mengiklankan makanan yang dijualnya. 

Sebenarnya ada banyak kata yang dapat menarik minat beli pelanggan, pada produk yang kamu jual beberapa di antaranya adalah kata ajakan. Seperti “Ayo”, “Buruan”, dan “Cepetan”. Selain itu ada juga beberapa kalimat khusus di dunia kuliner seperti, “Nggak Berhenti Ngunyah”, “Pedasnya Nampol”, dan masih banyak lagi.

Contoh pemanfaatan diksi menarik bisa kamu pelajari pada beberapa iklan ini:

  • Ayo Ajak Temen, Saudara, Keluarga, Pacar, Selingkuhan Kamu Ke Rumah Makan Mang Ade, Beli 5 Porsi Gratis 1 Porsi!
  • Jangan Ngaku Pecinta Pedas Kalau Belum Pesen Mie Iblis Jeletot, Mienya Enak, Pedasnya Nampol!
  • Ayam Geprek Ndower, Sensasi Gurih Ayam Sampai Ketulang!
  • Es Degan Durian Tusuk Sate, Segar, Manis Rp5.000,00 an. Bururan, Keburu Kehabisan!
  • Makan Berdua Sama Pacar Jadi Lebih Hemat di All Yu Ken IT Itadakimasu, Cuma Rp80.000,00/Orang Bisa Makan Sepuasnya!

3. Kalimat yang Menghadirkan Solusi 

Selain menggunakan kalimat persuasif dan diksi menarik, kamu juga bisa menggunakan iming-iming solusi untuk pelanggan setiamu. Contoh kalimat copywriting makanan seperti ini biasanya efektif untuk menu makanan sehat, maupun bisnis dengan harga makanan yang merakyat. 

Beberapa kalimat solutif umumnya juga selalu jadi hal menarik bagi seseorang yang merasa relate dengan masalah tersebut. Jadi, mempelajari contoh kalimat iklan ini, bisa jadi awal yang bagus untuk bisnis yang kamu kelola. Berikut contohnya:

  • Minum Susu Etawa Good Milk, Minuman Sehat yang Nggak Bikin Buncit.
  • Dompet Tipis Tapi Masih Pertengahan Bulan? Bakso Pak Ndut Solusinya, Rp 6.000,00 Udah Dapat Bakso Plus Es Teh.
  • Cuma Punya Rp10.000,00 Dikantongmu? Pesan Paket Combo Mampus di Burger Queen, Dapatkan Paket Burger Plus Es Teh untuk 10 Pembeli Pertama.
  • Diet Nggak Perlu Makan Tanpa Rasa, Pesen Aja Paket Diet Oishi Sehat Dari Sehat Kuy Catering! Makanan Sehat, Lidah Pun Senang!
  • Teh Hitam Ounty, Turun 5 Kg Dalam 10 Hari! Cobain Sekarang Juga!
  • Tes Kriuk Tanpa Takut Gendut, Snack Unik Bebas Kolesterol!
  • Nyoy Nyoy Solusi Baik dari Kedelai Murni, Bantu Kamu Kenyang Tahan Lama!
Baca Juga:  10 Makanan Khas Papua, Lezat Tiada Tara!

4. Iklan Promo Bikin Mata Melongo

Siapa yang tidak akan tergiur dengan kata promo, diskon, bonus, cashback, potongan harga maupun kata lain yang semakna? Jenis promo tersebut sudah pasti akan menarik minat dan rasa penasaran banyak orang.

Bahkan embel-embel promo menjadi salah satu kata yang bisa menjadi mantra untuk menarik minat banyak audiens baru. Beberapa contoh copywriting makanan ini mungkin bisa jadi gambaran untuk kamu saat membuat kalimat iklan:

  • Promo Spesial Hari Ibu, Makan Ditempat Bareng Ibu Diskon 35%!
  • Mie Ayam Pak Agus, Gratis 1 Porsi Setiap Harinya Di Bulan Agustus, Buat Kamu Yang Punya Lahir Di Bulan Agustus Dan Punya Nama Agus!
  • Jomblo Bayar Penuh, Bawa Pacar atau Istri Diskon 25%, Bawa Pacar Atau Istri Plus Selingkuhan Diskon 90%!
  • Beli Paket Combo Bebek Cobek Merana Paket Termehek-Mehek Dapat Gratis Paket Mewek 1. Promo Hanya untuk 10 Pembeli Pertama Setiap Hari di Periode 25-30 November 2022!
  • Gratis Refil Es Teh dan Nasi, Buat Kamu yang Dateng Pake Baju Couple!
  • Warung Nasgor Bu Dewi, Malam Jumat Beli 2 Gratis 1 (All Varian)

5. Manfaatkan Sesuatu yang Sedang Viral

Selain 4 contoh copywriting makanan sebelumnya, ada salah satu teknik yang bisa membuat produk kuliner kamu naik daun dengan cepat. Caranya adalah dengan memanfaatkan sesuatu yang tengah viral saat kamu membuat iklan. Hal tersebut sangat mungkin kamu lakukan karena antusias audiens yang tinggi.

Melalui treatment yang tepat, kemungkinan kamu bisa kebanjiran orderan hanya dari iklan menarik yang kamu buat tersebut. Sebagai bahan analisa, kamu bisa mempelajari beberapa iklan yang menggunakan sesuatu yang viral berikut ini:

  • Kamu Naenya, Makanan Yang Bikin Lidah Kamu Bergoyang? Sini Aku Kasih Tahu Ya, Jawabannya Ya Pasti Ayam Geprek Du Dony, Inget Ya Ayam Geprek Bu Dony. Ente Kadang-Kadang Ente Ya!
  • Hey Kamu yang Punya Nama Reyhan, Sini Deh! Karena Kamu Baik, Kamu Bisa Makan Gratis Di Bulan November Ini! 
  • Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Itu Nggak Enak, yang Enak Ya Bakso Mercon Pak Dadang!
Baca Juga:  Filosofi Nasi Kuning: Ini Makna Penting di Setiap Bagiannya!

Mana Nih Contoh Copywriting Makanan Andalan Kamu?

Nah, itu dia beberapa contoh kalimat copywriting makanan yang bisa membuat calon pembeli kamu terpikat. Bukan tanpa alasan, nyatanya selain dari cita rasa yang khas, copywriting juga akan membantu para penikmat rasa mencicipi menu melalui kata. 

Melalui unggahan berkualitas inilah, calon pelanggan akan lebih tergiur untuk mencoba makanan dari bisnis yang kamu kelola. Dari semua contoh kalimat di atas, mana yang paling cocok untuk jenis menu kuliner yang kamu jual?

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.