10 Minuman Khas Portugal yang Populer, Wajib Kamu Coba!

4 min read

minuman khas portugal

Setiap negara tentunya memiliki minuman khasnya masing-masing, termasuk Portugal.

Negara ini memiliki beberapa minuman andalan yang wajib kamu coba saat berkunjung kesana.

Di dominasi wine, penasaran apa saja minuman khas Portugal tersebut?

Yuk, simak daftar minuman asli Portugal yang populer dan wajib untuk kamu coba!

10 Minuman Khas Portugal

Berikut ini adalah 10 minuman khas Portugal yang populer di negara tersebut.

Simak bersama, ya!

1. Tawny Port

Minuman khas Portugal pertama, yaitu tawny port. Tawny port merupakan jenis wine yang memiliki profil aromatik yang kompleks, sehingga kaya tekstur dan halus ketika kamu minum. Wine ini biasanya berwarna kuning dan memiliki rasa yang manis, sehingga bagus untuk diminum oleh para penikmat wine. 

Ada beberapa varian aroma dari wine Portugal ini, yaitu mulai dari kombinasi kacang toffee dan karamel, kopi, vanila, kurma, buah merah dan gelap matang, buah ara, atau plum. Jadi, bagi kamu yang bisa meminum dan penyuka wine, kamu bisa mencoba minuman ini jika berkunjung ke Portugal ya! 

2. Escuro

Bagi kamu penikmat kopi, kamu bisa mencoba kopi khas Portugal ini. Escuro adalah salah satu variasi dari Galao yang merupakan perpaduan kopi, espresso, serta susu berbusa dan biasanya memiliki aroma kopi yang lebih kuat. Karena menggunakan lebih banyak espresso. Menarik bukan?

Biasanya kopi ini disajikan dalam gelas yang tinggi. Adapun tekstur kopi ini lembut dan cita rasa kopinya sedikit lebih kuat. Jadi, cukup cocok untuk para penikmat kopi yang menyukai aroma kopi yang kuat. 

Kopi ini pada umumnya disajikan berdampingan dengan kue khas Portugal dan untuk menemani sarapan orang-orang Portugal. 

3. Ginjinha

Ginjinha merupakan salah satu minuman khas Portugal yang termasuk ke dalam jenis minuman keras. Minuman keras dengan rasa ceri asam dan dengan kombinasi rasa manis yang sebagian besar merupakan gabungan dari bidos dan Alcobaça.

Ginjinha sudah banyak orang nikmati di berbagai negara dan juga sudah sangat populer di bagian Lisbon dan Algarve. Pada umumnya minuman ini berwarna merah delima dengan adanya rasa kandungan cengkeh atau kayu manis yang cukup menyegarkan bagi mereka penikmat minuman keras.

Baca Juga:  10 Ide Promo Ramadan untuk Bisnis Kuliner yang Cocok dengan Usahamu

Karena rasanya tersebut, ginjinha bisa kamu temukan dengan mudah di Lisbon atau Portugal. Bahkan di pinggir jalan pun minuman ini sudah banyak tersedia. 

Biasanya minuman ini disajikan dalam keadaan dingin dengan meletakkan buah ceri di bawah dan tengah-tengah gelas. Menarik bukan? Tapi untuk kamu yang tidak bisa meminum minuman beralkohol, sebaiknya jangan mencoba minuman ini ya!

4. Ruby Port

Portugal memang cukup terkenal dengan jenis wine nya, minuman khas Portugal selanjutnya, yaitu Ruby port. Ruby port adalah jenis port wine yang paling umum dan segar. 

Wine yang terbuat dari anggur merah ini biasanya diminum saat sudah berumur tiga tahun. Fantastis bukan?

Berdasarkan namanya saja, kamu bisa tahu bahwa wine ini biasanya berwarna Ruby dengan rasa dan aroma yang ringan. Adapun proses penyajiannya akan lebih enak pada saat sedikit dingin ya. 

5. Vintage Port

Minuman khas Portugal ini juga termasuk ke dalam jenis wine. Namun, vintage port biasanya tidak diproduksi setiap tahun.

Vintage port biasanya akan rumah pelabuhan produksi ketika mereka sudah merasa bahwa wine tersebut memiliki kualitas yang cukup. Hal ini yang tentu saja membuat wine ini cukup berkualitas dan menarik bagi para penikmat dan penyuka wine.

Bahkan saking langkanya, wine ini hanya menghasilkan sekitar 2% dari total semua produksi pelabuhan dan hanya di tahun-tahun terbaik. Jika sudah merasa wine tersebut cukup, biasanya semua pelabuhan akan mendeklarasikan wine ini.

6. Vinho Verde

Lagi-lagi, minuman khas Portugal selanjutnya, yaitu dari jenis wine. Vinho verde merupakan sebutan orang Portugal untuk berbagai wine yang dibuat dengan anggur daerah asli. 

Verde berarti hijau, namun bukan berarti wine nya berwarna hijau atau wine ini berasal dari anggur hijau. Tetapi penamaannya berasal dari fakta bahwa minuman ini sebagai beras yang dikonsumsi saat masih muda. 

Warna dari vinho verde ini yaitu berwarna merah, putih, atau mawar. Adapun daftar wine yang diizinkan untuk diminum didominasi oleh enam variasi yang mencakup Alvarinho, Arinto, Azal, Avesso, Loureiro, dan Trajadura.

7. Medronho

Minuman khas Portugal berikutnya, yaitu medronho, jenis minuman yang melalui proses penyulingan dari buah medronho. Sebelum proses penyulingan, buah medronho biasanya akan melalui proses fermentasi terlebih dahulu. 

Baca Juga:  7 Tantangan yang Biasa Dihadapi Saat Mengembangkan Bisnis Kuliner

Medronho biasanya lebih jernih dan memiliki rasa yang cukup kuat dan beraneka ragam. Minuman ini pun bisa kamu temukan di kedai lokal di bagian Algarve jika kamu berkunjung ke Portugal. 

Namun sejauh ini, proses produksi minuman ini masih banyak yang ilegal. Tapi tidak menutup kemungkinan juga ada produksi minuman medronho yang sudah berlisensi. Jadi, sebaiknya kamu lebih bijak dalam memilih tempat untuk meminum minuman ini ya!

8. Sangria

Minuman khas Portugal ini memiliki arti yang cukup unik, Sangria yang berarti darah. Karena Sangria memiliki warna merah sampai warna merah tua seperti darah.

Ketika mempersiapkan Sangria, kamu memerlukan red wine, potongan buah segar seperti nanas, beri, apel, melon, dan lain-lain.  Selain itu, kamu juga membutuhkan bahan tambahan lainnya, seperti brandy ataupun jus jeruk, sehingga bisa menciptakan cita rasa segar pada minuman ini.

Sangria tidak hanya bisa kamu temukan di Portugal, tetapi juga bisa kamu temukan di Spanyol loh. Oleh karena itulah, minuman ini juga termasuk minuman khas dari Spanyol.

9. Cluro

Nah, minuman ini merupakan kerabat dekat dari escuro. Yups, escuro adalah salah satu variasi dari Galao yang merupakan kopi yang menggabungkan espresso dengan susu berbusa dan biasanya memiliki aroma kopi yang terlalu kuat. 

Jika escuro memiliki aroma kopi yang lebih kuat, cluro memiliki tekstur kopi yang lembut dan cita rasa kopi nya tidak terlalu kuat. Jadi, cukup cocok untuk para penikmat kopi yang tidak menyukai aroma kopi yang kuat. 

Berkunjung ke Portugal akan tidak lengkap jika kamu tidak mencoba minuman ini. Jadi, sebaiknya kamu mencoba kopi berdampingan dengan kue khas Portugal untuk menemani sarapan di pagi hari.

10. Wine Portugal

Portugal terkenal dengan minuman wine nya yang enak. Tidak terlalu sepat, namun juga tidak terlalu asam. Memberikan keseimbangan rasa pada wine asal Portugal. 

Wine asal Portugal memiliki cita rasa tersendiri jika dibandingkan dengan wine asal Prancis, Italia, Jerman, atau Australia. Wine Portugal mempunyai keunggulan rasa dan aroma yang seimbang daripada wine di daerah lainnya.

Hal ini tentunya karena kemampuan orang Portugal untuk meracik wine khas daerah mereka. Sebab, budaya meracik wine Portugal sudah dimulai sejak 2000 SM. Sangat lama bukan?

Baca Juga:  5 Hal Yang Harus Ada Di Perencanaan Usaha Makanan

Bahkan, sekarang Portugal menjadi salah satu negara produksi wine terbaik di dunia. Jadi, kamu tidak perlu heran jika menemukan banyak minuman khas Portugal yang berupa wine.

Wine Portugal jarang sekali yang mempunyai tingkat Tanin dan keasaman yang tinggi. Sehingga, lebih aman untuk diminum bagi sebagian orang yang tidak bisa mengonsumsi minuman dengan asam tinggi, seperti sakit lambung. Tapi, jika kamu memiliki penyakit lambung, lebih baik hindari minuman ini ya!

Adanya keseimbangan rasa wine ini membuatnya lebih mudah diterima di banyak lidah. Oleh sebab itulah, wine ini cukup banyak disukai oleh beberapa negara. 

Biasanya wine dari Portugal ini menggunakan anggur dari varietas lokal, bahkan tercatat sudah 250 varietas anggur lokal yang melalui proses peracikan untuk menghasilkan wine yang berkualitas. Jadi, untuk segi rasa dan kekhasan minuman ini kamu tidak perlu ragukan lagi.

Minuman Khas Portugal Manakah yang Ingin Kamu Coba?

Minuman khas Portugal kaya akan wine, tetapi terdapat juga varian minuman lainnya. Setelah kamu mengetahui daftar minuman dari Portugal di atas, kamu tinggal pilih minuman mana yang ingin kamu cicipi terlebih dahulu. 

Sebaiknya, kamu sesuaikan juga dengan minuman apa yang boleh dan bisa kamu konsumsi, mengingat beberapa orang tidak bisa meminum wine.

Jadi, sebaiknya kamu bijak dalam menentukan pilihan saat berkunjung ke Portugal. 

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar minuman Eropa, makanan Eropa dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.