Jenis Melon dan Manfaatnya untuk Tubuh yang Patut Kamu Ketahui

3 min read

Melon adalah buah yang mirip dengan semangka, namun warna dagingnya hijau atau oranye. Di balik rasanya yang segar dan manis, tersimpan segudang nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Kamu penasaran dengan aneka jenis melon berbagai manfaatnya? Cari tahu selengkapnya lewat artikel ini!


7 Jenis Melon Unggul Favorit Masyarakat

Kamu wajib tahu bahwa buah melon tidak hanya satu macam saja. Ternyata, ada banyak sekali varietas buah melon yang dikembangkan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Ingin tahu seperti apa penampilannya? Simak bagian ini agar kamu mengetahuinya:

1. Green melon (Melon Hijau)

Sumber: Alibaba

Mari membahas jenis melon yang pertama, yaitu buah melon hijau. Buah ini memiliki ciri khas kulit seperti jaring yang tampak rapat dan daging buah berwarna hijau keputih-putihan. Selain itu, buah melon hijau mempunyai rasa yang sangat manis dan banyak dijual di pasar.

Daging buah melon ini mengandung banyak air yang membuatnya terasa lembek di tangan. Sayangnya, kandungan air yang tinggi ini membuat melon hijau cepat busuk, jadi harus cepat kamu makan. Meskipun demikian, buah ini tetap saja memiliki banyak penggemar di kalangan warga Indonesia.

2. Casaba Melon (Melon Turki)

Sumber: www.specialtyproduce.com

Negara Turki di kawasan Timur Tengah juga memiliki varietas melon mereka sendiri. Namanya adalah melon Casaba atau melon Turki yang acap kali terjual di pasar-pasar di negara-negara Eropa. Kamu bisa saja mengira buah melon ini ialah jambu, sebab wujud mereka lumayan mirip.

Baca Juga:  Makanan Khas India yang Terkenal, Favorit Wisatawan!

Ciri yang membedakan buah melon Turki dengan varietas lainnya adalah tekstur kulit buah yang berkerut, bukan berjaring. Selain itu, kulit buahnya berwarna kuning dengan daging buah berwarna putih. Rasanya juga manis, namun tidak semanis melon-melon yang lain.

3. Golden Melon (Melon Emas)

Sumber: Agri.kompas.com

Ada dua jenis melon emas yang tersedia di pasaran. Pertama adalah melon emas biasa yang bentuknya bulat. Sedangkan tipe yang kedua adalah melon langkawi yang wujudnya lonjong. Keduanya sama-sama berwarna kuning emas, mirip buah lemon Turki, tetapi tanpa tekstur pada kulitnya.

Daging buah melon ini berwarna putih mulus dan terasa renyah, kendati dia tak terlalu manis. Selain itu, ciri selanjutnya dari buah melon emas adalah kandungan air yang agak sedikit ketimbang varietas melon lain. Hal tersebut membuatnya tak cepat busuk dan bisa kamu simpan lebih lama.

4. Honeydew Melon (Melon Madu)

Sumber: Wikipedia

Jenis melon berikutnya adalah melon madu, yang berasal dari Amerika Serikat, tepatnya di negara bagian Texas dan California. Dia mendapat julukan melon madu atau honeydew sebab rasanya luar biasa manis. Tidak hanya itu, varietas melon ini juga laku keras di berbagai belahan dunia.

Daging buah melon ini mempunyai varian warna hijau pucat atau oranye. Jika kamu bandingkan dengan buah melon lain, melon madu berbentuk sedikit lonjong, bukan bulat dan tekstur kulitnya mulus. Bahkan motif jaring pada kulit buahnya pun terbilang jarang dan hampir tidak ada.

5. Korean Melon (Melon Korea)

Sumber: Commons.wikimedia.org

Ternyata ada varietas buah melon yang namanya tidak sesuai dengan negara asal budidayanya, yaitu jenis melon Korea. Buah ini berasal dari India, namun banyak dikembangkan di Korea Selatan. Panjang buah ini tidak lebih daripada 10 centimeter dengan berat rata-rata 1 kilogram.

Buah memiliki ciri khas berupa penampilan yang lonjong dan kecil, mirip buah blewah, namun ada garis putih panjang. Warna kulitnya kuning emas dan dagingnya berwarna putih. Meskipun tampilannya tidak biasa, namun melon Korea tetap terasa manis dan teksturnya renyah.

Baca Juga:  Ketahui Macam-Macam Teh dan Manfaatnya untuk Tubuh!

6. Rock Melon (Melon Australia)

Sumber: Times Indonesia

Di nomor enam, ada buah melon asal negara Australia, yaitu melon batu yang kulitnya tebal dan keras. Selain itu, tekstur jaring pada kulit buahnya tampak cukup rapat. Bagi beberapa orang, buah melon Australia ini tampak mirip dengan varietas melon sky rocket.

Jangan khawatir, karena meskipun kulit buah ini tebal, dagingnya yang berwarna oranye di dalamnya tetap lembut dan manis. Rasanya hampir serupa dengan buah melon emas dan melon hijau. Hanya saja, kandungan pada varietas melon yang satu ini lebih sedikit.

7. Canary Melon (Melon Kenari)

Sumber: www.finedininglovers.com

Satu lagi varietas melon yang tumbuh di negeri beriklim panas adalah melon kenari. Karena warnanya yang kuning cerah, orang-orang sering mengira bahwa buah ini ialah timur suri. Buah ini berasal dari wilayah Mediterania, seperti Spanyol, Maroko, dan Aljazair.

Kulit buah melon kenari, selain berwarna kuning, juga bertekstur sangat mulus. Rasanya pun pas, tidak terlalu manis maupun kurang manis. Hanya saja, daging buahnya yang berwarna putih memiliki kandungan air yang lebih sedikit, sehingga tampak kering.


Manfaat Buah Melon untuk Manusia 

Setelah kamu mempelajari beragam jenis melon di pasaran, kamu pasti punya pertanyaan. Seperti, apa saja manfaat yang buah melon berikan untuk tubuh kita? Oleh sebab itu, kamu perlu membaca tentang manfaat buah segar satu ini bagi tubuh manusia di bawah ini:

1. Melindungi Tubuh dari Dehidrasi

Minum air putih bukanlah satu-satunya cara untuk mencegah timbulnya dehidrasi yang berdampak buruk pada tubuh. Buah melon juga sanggup menghilangkan bahaya dehidrasi. Karena buah ini mengandung banyak air, terutama jenis melon hijau.

Ketika mengonsumsi tiga potong buah melon, maka sama saja kamu minum 238,5 liter air. Belum lagi ada vitamin dan serat yang juga ikut terkonsumsi, sehingga tubuh bisa menerima macam-macam kebaikan dalam sekali makan.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Kopi di Indonesia: Wajib Tahu untuk Mulai Bisnis

2. Melancarkan Saluran Pencernaan

Dua kandungan yang banyak terdapat pada buah melon adalah air dan serat yang bisa melancarkan pencernaan. Melon akan membersihkan saluran pencernaan tubuh dari hal-hal yang menyumbatnya. Gangguan susah buang air pun akan hilang apabila kamu rajin makan buah ini, minimal satu potong saja setiap harinya.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Vitamin C pun dapat kamu temukan pada buah ini, terutama jenis melon madu. Oleh sebab itu, orang yang rajin makan buah melon akan menjadi lebih aman dari serangan penyakit. Tidak hanya melawan infeksi saja, tetapi memperbaiki sel-sel tubuh juga.

Zat-zat lain yang terdapat pada melon, yaitu antioksidan flavonoid, beta karoten, dan zeaxanthin. Kandungan zat anti radikal bebas tersebut sangat berguna dalam melawan penyakit seperti kanker prostat, diabetes, dan hipertensi.

4. Menjernihkan Penglihatan Mata

Sementara itu, perbaikan sel-sel tubuh yang melon berikan juga berdampak penting pada kesehatan mata. Karena buah melon memiliki vitamin A dan zat antioksidan bernama lutein yang baik untuk menjaga jaringan sel mata.

Zat lutein yang bisa menyehatkan mata juga akan dibantu oleh zeaxanthin yang sanggup melawan unsur radikal bebas. Melalui keberadaan kedua nutrisi dalam melon ini, mata kamu akan terhindar dari kerusakan akibat penyakit maupun polusi.


Sudah Tahu Apa Saja Jenis Melon Unggul dan Manfaatnya?

Itulah informasi seputar tentang jenis melon, beserta manfaatnya untuk tubuh manusia. Sekarang, apakah kamu tertarik untuk mencoba berbagai aneka varietas melon unggulan di atas? Pastikan supaya kamu memilih buah yang kualitasnya paling baik, ya!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.