Apa Saja Makanan untuk Rambut Rontok Agar Tidak Semakin Parah?

3 min read

makanan untuk rambut rontok

Rambut rontok parah menjadi hal yang menyebalkan, karena membuat kepala menjadi terlihat botak. Ada beberapa faktor penyebab rambut rontok selain stres dan pengaruh obat-obatan. Faktor tersebut adalah makanan tidak sehat. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi makanan untuk rambut rontok yang sehat berikut ini!

13 Makanan Sehat untuk Rambut Rontok

Rambut yang mengalami kerontokan parah jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan kebotakan. Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi yang baik untuk rambut. Ini dia beberapa rekomendasi makanan sehat yang dapat menutrisi rambut:

1. Buah Paprika

Buah Paprika

Source: pixabay

Makanan untuk rambut rontok pertama adalah paprika. Buah dengan cita rasa pedas manis ini mengandung vitamin B6 yang dapat mencegah rambut rontok. Bahkan, buah yang kaya akan vitamin dan mineral ini juga mampu menjadi warna alami dari rambut kamu.

Paprika juga mengandung zat besi yang membantu peredaran oksigen ke folikel rambut. Sehingga mampu meningkatkan sirkulasi dan merangsang pertumbuhan rambut di kulit kepala.

2. Telur

telur

Source: pixabay

Folikel rambut terbuat dari protein, sehingga ketika kekurangan protein kamu akan mudah mengalami kerontokan. Karena itu, sumber protein tinggi seperti telur juga bisa membantu mengatasi rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Selain itu, telur juga mengandung banyak vitamin seperti biotin, zinc, vitamin, dan mineral yang tinggi. Biotin bisa memproduksi keratin dalam tubuh yang nantinya berguna untuk menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Kamu bisa mendapat banyak kandungan biotin ini dari kuning telur.

3. Buah Alpukat

alpukat

Source: pixabay

Baca Juga:  Apa Itu Jamu Sinom? Ini Sederet Manfaatnya untuk Tubuh

Selain telur dan sayur-sayuran, makanan yang bagus untuk rambut rontok lainnya adalah buah alpukat. Alpukat sudah terkenal akan kelezatannya dan kandungan nutrisi yang melimpah serta baik untuk tubuh.

Kandungan vitamin E pada alpukat sangat baik untuk pertumbuhan rambut dan bisa melawan radikal bebas. Alpukat juga mengandung asam lemak yang bisa mengatasi masalah rambut rontok.

Jika kamu kurang suka mengonsumsi alpukat, kamu bisa mengolah alpukat menjadi masker rambut alami. Caranya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengupas alpukat, lalu haluskan alpukat dan campurkan dengan minyak kelapa. Setelah itu, langsung oleskan secara merata pada rambut.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Source: pixabay

Makanan selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan sudah dikenal sebagai makanan yang bagus untuk atasi masalah rambut. Kandungan di dalamnya terbukti dapat mengurangi rambut rontok dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi adalah kacang kenari, kacang brazil, dan kacang almond. Bahkan kacang almond juga mengandung asam lemak esensial, vitamin B, dan zinc yang berguna untuk mengatasi rambut yang rontok berlebih.

5. Ikan Berlemak Tinggi

Ikan Berlemak Tinggi

Source: pixabay

Jika kamu pecinta ikan, kamu bisa mengonsumsi ikan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Jenis ikan yang bisa kamu gunakan sebagai makanan untuk rambut rontok adalah sarden, salmon, tuna, dan ikan kembung atau ikan haring.

Ikan-ikan tersebut baik untuk pertumbuhan rambut dan mampu membuat rambut sehat, karena mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Selain asam lemak omega 3, ikan-ikan tersebut juga mengandung protein, vitamin B, dan selenium yang bisa membuat rambut lebih sehat.

6. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan Produk Olahannya

Source: pixabay

Banyak faktor yang menyebabkan rambutmu terus mengalami kerontokan, salah satunya kurangnya asupan vitamin D. Oleh karena itu, kamu bisa mengatasinya dengan minum susu rutin setiap hari.

Kandungan vitamin D dalam susu bisa membuat folikel rambut tetap bekerja aktif, sehingga pertumbuhan rambut bisa meningkat. Tidak hanya susu sapi asli, produk makanan olahan susu lainnya, seperti keju dan yoghurt juga bisa membantu mengatasi kerontokan rambut.

Baca Juga:  6 Ide Bisnis Makanan Organik, Wajib Coba!

Jika kamu punya alergi terhadap susu sapi, kamu bisa menggantinya dengan susu kedelai, kefir, atau susu almond yang juga punya manfaat sama untuk rambut. Kamu juga bisa menggunakan yoghurt menjadi masker rambut. Agar dapat mengatasi rambut rontok lebih cepat.

7. Biji-bijian

biji-bijian

Source: pixabay

Biji-bijian seperti biji bunga matahari juga termasuk makanan kaya nutrisi untuk rambut rontok yang harus kamu rasakan manfaatnya. Bahkan, 1 ons biji bunga matahari mampu memberikan 50% vitamin E harian. Sehingga sangat bagus untuk kulit kepala.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi chia seed dan flaxseed. Kedua biji ini sama-sama mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.

8. Kerang Tiram

kerang tiram

Source: pixabay

Masalah rambut rontok bisa juga kamu atasi dengan banyak makan tiram. Tiram laut bisa mengatasi kerontokan parah pada rambut karena mengandung zinc yang merangsang dan membantu pertumbuhan rambut. Mengonsumsi tiram dinilai lebih baik kamu lakukan daripada suplemen kesehatan, karena lebih alami.

9. Udang

udang

Source: pixabay

Udang juga menjadi makanan untuk rambut rontok yang bisa kamu coba. Kandungan vitamin B, zat besi, zinc, vitamin D dan protein tingginya bisa membuat rambut menjadi sehat dan kuat. Selain itu, udang juga kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

10. Daging Merah

daging merah

Source: pixabay

Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, karena merupakan sumber protein, daging merah juga baik untuk mengatasi masalah rambut rontok. Daging merah mengandung protein yang bisa memperbaiki rambut, memperkuat folikel rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut agar tidak terjadi kebotakan.

Selain protein, daging merah juga kaya akan zat besi yang bisa mengirim oksigen ke seluruh tubuh. Terutama pada folikel rambut agar tetap sehat dan kuat.

11. Ubi Jalar

ubi jalar

Source: pixabay

Baca Juga:  Makanan Khas Daerah Manado Yang Harus Dicoba

Ubi jalar bisa menjadi makanan yang kamu konsumsi untuk mengatasi rambut rontok. Makanan umbi-umbian ini mengandung antioksidan jenis beta-carotene cukup tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya.

Selain itu, kandungan vitamin A pada ubi jalar juga dapat memproduksi sebum yang baik untuk menjaga kelembaban kulit kepala dan rambut. Jadi, rambut kamu bisa tetap sehat, kuat, dan anti rontok.

12. Quinoa

quinoa

Source: pixabay

Jenis biji-bijian quinoa juga bagus untuk mengatasi masalah rambut rontok. Kandungan gizinya yang padat, seperti protein yang lebih baik dari protein hewani serta asam amino bisa mengatasi masalah kerontokan dengan lebih baik. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

13. Wortel

Wortel

Source: pixabay

Sayuran wortel sudah lama dikenal sebagai sayuran yang kaya akan vitamin A. Selain vitamin A, wortel juga mengandung beta-karoten yang efektif untuk menumbuhkan rambut, menguatkan batang rambut, dan mampu meregenerasi sel-sel kulit pada rambut sehingga rambut menjadi sehat.

Makanan sehat satu ini bisa kamu coba olah menjadi jus wortel. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin setiap hari agar asupan vitamin A pada wortel bisa mengatasi masalah rambut rontok.

Sudah Tahu Apa Saja Makanan untuk Rambut Rontok?

Kamu bisa mencoba beberapa makanan, mulai dari jenis sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan ikan-ikanan untuk mengatasi rambut rontok.

Selain mengubah pola makan, kamu juga bisa menggunakan berbagai produk perawatan rambut dan konsultasi ke dokter jika kerontokan semakin parah.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.