Deretan Makanan Khas Melayu Populer, Wajib Coba!

2 min read

makanan khas melayu

Ada banyak makanan khas Melayu yang tak kalah enak dengan kuliner yang kamu temukan di tempat lain. Bahkan cita rasa dari kandungan rempah-rempah yang sangat tinggi di setiap hidangannya berhasil memanjakan lidah dan perut.

Berikut adalah beberapa hidangan yang harus kamu coba jika sedang pergi ke tanah Melayu.

Makanan Khas Melayu yang Wajib Kamu Santap!

Di bawah ini adalah hidangan khas Melayu yang tidak boleh kamu lewatkan, antara lain:

1. Roti Jala Kuah Kari

Roti Jala Kuah Kari

masakapahariini.com

Roti jala kuah kari memiliki nama lain, yakni roti jaring. Nama makanan ini berasal dari bentuknya yang seperti jaring karena terdapat garis zigzag pada roti tersebut.

Makanan khas Melayu ini tersaji dalam wajan yang cukup besar menggunakan tepung. Selain itu, roti jala biasanya disajikan dengan kari ayam setelah dikeringkan dan dilipat seperti crepes.

Roti jala merupakan hidangan tradisional Melayu yang populer di Malaysia dan Indonesia.

2. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo

resepkuerenyah.com

Makanan khas Melayu ini adalah salah satu jajanan yang banyak orang suka. Sebelum jadi, kue kemojo harus dipanggang selama 40 hingga 50 menit di dalam oven.

Bahan-bahan untuk membuat adonan kue ini adalah tepung terigu, telur, santan, daun suji, gula pasir, dan margarin. Bahkan, banyak toko oleh-oleh yang menjual kue lezat ini dalam jumlah banyak.

Baca Juga:  Resep Takoyaki Rumahan untuk Bisnis, Paling Cuan!

3. Kue Bangkit

Kue Bangkit

wikipedia.org

Kue bangkit ini memiliki tampilan yang cantik. Bahkan setelah kamu kunyah, roti yang sangat lembut ini memiliki rasa yang legit dan lembut. Kue yang dapat kamu temukan di daerah di Riau, Sumatera Barat, dan Jambi ini adalah jajanan khas Melayu yang harus kamu coba.

4. Roti Canai

Roti Canai

cookpad.com

Roti canai merupakan salah satu dari banyak pengaruh India pada sajian khas Melayu. Hidangan ini terdiri dari roti pipih dengan berbagai kari yang menggugah selera, seperti kari daging kambing atau ayam.

Kata “canai” dalam bahasa Melayu berarti “menggulung adonan”. Oleh karena itu, umumnya makanan ini mengandung banyak ghee (mentega), tepung, dan air.

5. Cencalo

Cencalo

cookpad.com

Cencalo adalah makanan khas Melayu yang banyak mengandung protein. Fermentasi udang kecil merupakan komponen utamanya. Pembuatan cencalo membutuhkan proses yang cukup lama karena perlu membersihkannya terlebih dahulu baru kemudian melalui proses pengasinan.

Kemudian, udang yang sudah diselimuti garam kemudian disimpan di dalam gerabah selama 20-30 hari.

Sajian tradisional Melayu ini bisa langsung kamu makan dengan nasi hangat setelah proses fermentasi selesai. Di tanah Melayu, penyajian cencalo biasanya dengan sambal matah atau sambal bawang.

6. Mie Sagu

Mie Sagu

rri.co.id

Mie khas Melayu cukup berbeda dari jenis mie lainnya. Misalnya, mie sagu. Mie sagu berisi tauge, daun bawang, dan ikan teri di dalamnya. Karena itu, kamu akan merasakan rasa gurih dan asin dari hidangan ini.

Sajian mie sagu tidak hanya enak, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan kamu karena kaya akan nutrisi yang dapat membantu penderita diabetes.

7. Soto Mak Lung Terkejut

Soto Mak Lung Terkejut

budayamelayu-riau.blogspot.com

Soto Mak Lung Terkejut merupakan makanan khas Melayu yang paling banyak menggunakan rempah-rempah. Oleh karena itu, kadang-kadang orang mungkin akan terkejut dengan rasa pedas, panas, dan asam dari rempah-rempah dalam makanan ini ketika mereka mencicipinya.

Baca Juga:  Makanan Khas Jepang yang Terkenal di Indonesia

Soto ini memakai tauge, daging sapi, kentang, kacang kedelai, emping, dan soun sebagai bahan utamanya.

8. Nasi Lemak

Nasi Lemak

wikipedia.org

Nasi lemak menurut beberapa orang adalah hidangan nasional tidak resmi Malaysia. Tapi semua orang setuju bahwa makanan khas Melayu ini memiliki rasa yang lezat.

Mirip dengan nasi uduk, nasi lemak pada dasarnya adalah nasi yang pembuatannya menggunakan santan. Makanan pendamping nasi lemak bervariasi tergantung di mana kamu berada. Contoh makanan pendamping tersebut adalah telur rebus, kacang tanah, sayuran, kari domba, ayam atau daging sapi, makanan laut, dan saus cabai.

9. Mie Lendir

 Mie Lendir

kulinear.hops.id

Mie lendir memiliki perbedaan dengan mie pada umumnya, yakni pada kuahnya. Kata lendir pada masakan khas Melayu ini pas untuk menggambarkan bagaimana kentalnya kuah mie ini.

Bahan utama mie ini adalah mie kuning dan tauge, dengan taburan irisan cabai serta bawang goreng. Selain itu, masakan spesial ini dapat kamu nikmati dengan telur rebus utuh sebagai tambahan topping.

10. Asam Pedas Patin

Asam Pedas Patin

cookpad.com

Makanan khas Melayu berbahan dasar ikan patin ini cukup lezat untuk kamu coba. Asam pedas patin dimasak dengan bumbu khas yang menggugah selera.

Lidah kamu akan bergoyang sebagai respons terhadap perpaduan rasa pedas, gurih, dan asam dari makanan ini. Jika penasaran dengan rasanya, kamu dapat menemukan makanan ini di rumah makan Riau.

Mana Makanan Khas Melayu yang Paling Kamu Suka?

Itulah beberapa makanan khas Melayu yang wajib kamu coba. Masakan Melayu menampilkan berbagai hidangan dengan rasa yang sangat lezat dan kaya akan rempah-rempah. 

Tentu saja, kamu dapat menikmati beberapa makanan di atas dan merasakan kelezatannya.

Bahkan, rasa makanan yang disajikan di daerah tersebut sangat unik dan sangat sulit kamu temukan di tempat lain.

Baca Juga:  Apa Itu Jamu Sinom? Ini Sederet Manfaatnya untuk Tubuh

Kira-kira, kamu tertarik coba yang mana?


Temukan inspirasi lainnya seputar makanan Asia, makanan Indonesia dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.