Makanan Khas Palembang Selain Pempek, Wajib Coba!

3 min read

makanan khas palembang selain pempek

Makanan khas Palembang selain Pempek ternyata beraga jensinya, lho.

Terlebih jika kamu berencana untuk mengunjunginya, rekomendasinya tentu wajib dicoba.

Rekomendasi Makanan Khas Palembang Selain Pempek

Di bawah ini kami rangkum beberapa rekomendasi makanan khas Palembang selain Pempek.

Rasanya, tentu sangat lezat dan akan memperkayak pengalaman kulinermu ketika berwisata ke sana.

Yuk, simak ulasannya!

1. Makanan Tekwan

Popularitas tekwan sepertinya tidak perlu diragukan lagi.

Jika kamu pernah atau sering memakan pempek, pastinya tidak akan asing dengan bentuk makanan ini. Untuk bahan baku pembuatannya hampir sama dengan pempek, tapi olahannya lebih kecil dan beda cara penyajiannya.

Kamu tahu bahwa pempek menggunakan pelengkap seperti kuah cuko yang rasanya manis asam. Namun, tidak dengan makanan tekwan ini. 

Nantinya, tekwan akan disajikan dengan kuah rebusan udang sehingga gurih rasanya. Kemudian, ada topping pelengkap lainnya seperti jamur kuping, bawang goreng, dan daun bawang.

2. Mi Celor

Makanan khas Palembang selain pempek selanjutnya yaitu mi celor. Kuliner satu ini memiliki bahan utama mi kuning dengan ukuran yang tebal. 

Dari tampilannya memang seperti mi kuah pada umumnya. Namun untuk kuahnya sendiri tidak bening, tapi terdapat campuran santan dan beberapa rempah yang membuat rasanya gurih.

Kemudian, selain kuahnya yang identik bersantan ini, ada beberapa pelengkap lainnya. 

Kebanyakan penjual yang menyajikan makanan mi celor tersebut memberikan beberapa topping seperti telur rebus, udang rebus, tauge, daun bawang, dan bawang goreng. Setiap topping tersebut bisa kamu tambahkan sesuai keinginan. 

3. Pindang Patin

Makanan selanjutnya yaitu dengan menu olahan pindang patin. Salah satu makanan khas Palembang ini jangan sampai kamu lewatkan ketika berlibur ke kawasan tersebut. 

Baca Juga:  15 Makanan Khas Pulau Jawa, Cocok untuk Wisata Kuliner

Kamu mungkin sudah tahu bahwa banyak sekali makanan olahan pindang di Kota Palembang. Namun, sajian pindang yang satu ini adalah yang paling banyak orang cari.

Dari tampilannya saja membuat kamu ingin mencicipinya. Untuk rasa pindang patin tersebut merupakan perpaduan dari gurihnya santan, pedas, asam, dan juga manis. 

Jika kamu ingin mencobanya tapi tidak sedang di Palembang, kamu bisa membuatnya sendiri karena bahan dan cara pembuatannya terbilang mudah. Lalu, sajian ini akan lebih nikmat jika kamu santap dengan nasi hangat. 

4. Model

Salah satu makanan khas Palembang selain pempek yang wajib kamu coba adalah model. Mungkin bagi kamu yang mendengar kata “Model” ini akan berpikir tentang seseorang yang memperagakan sesuatu. Namun, itu salah. Model di sini merupakan makanan berkuah yang lezat dan banyak kamu jumpai di Kota Palembang. 

Untuk menu satu ini penyajiannya dengan mangkuk dan terdapat beberapa campuran di dalamnya. Untuk campurannya seperti bakso udang, jamur kuping, bihun, udang rebus, daun bawang, dan bawang goreng. Kemudian, kuahnya sendiri terbuat dari kaldu udang yang gurih. 

5. Celimpungan

Kota Palembang memang identik dengan makanan khasnya yakni pempek. Namun, terdapat pula makanan yang bahan dan pengolahannya hampir sama dengan pempek, contohnya adalah celimpungan. Bahan pembuatannya meliputi tepung kanji dan ikan. 

Mungkin, bagi orang luar Palembang agak asing mendengar nama kuliner yang satu ini. Makanan ini lebih tepatnya asli dari Sumatera Selatan dengan penyajian berkuah. Lalu, sajian utamanya adalah celimpungan yang berbentuk pipih dan cukup lebar. 

Kemudian, yang mencolok dari kuliner tersebut adalah kuahnya menggunakan rempah-rempah seperti santan, kunyit, bawang putih, merah, penyedap, dan lainnya. 

6. Kemplang

Kemplang menjadi salah satu jajanan atau makanan khas Palembang selain pempek yang bisa kamu coba. Dari tampilannya, jajanan  kemplang memiliki bentuk bulat pipih dan cukup lebar serta tebal. Kemudian, makanan ini berwarna putih yang berasal dari bahan bakunya. 

Untuk bahan bakunya meliputi ikan yang dihaluskan, tepung tapioka, dan garam secukupnya. Ketika menyajikannya, biasanya tidak ada pelengkap lainnya seperti cuka atau kuah lainnya. Namun ketika kamu membuatnya sendiri, bisa menambahkan pelengkap sesuai selera. 

Baca Juga:  15 Makanan Khas Maluku yang Wajib Dicoba

Lalu cara pembuatannya juga sederhana yaitu mencampurkan beberapa bahan sebelumnya menjadi sebuah adonan. Setelah itu, masuk ke proses perebusan adonan sampai matang. Jika sudah matang, maka selanjutnya tiriskan dan keringkan di bawah sinar matahari. Sebelum menyajikannya, bisa dibakar dahulu. 

7. Martabak Har

Berikutnya ke makanan khas Palembang yaitu martabak har. Kamu tahu bahwa banyak sekali penjual martabak yang tersebar di berbagai wilayah tidak hanya di Palembang. Namun, martabak satu ini memiliki ciri khas yang hanya bisa kamu temukan ketika pulang atau berkunjung ke Palembang. 

Martabak ini bahan pembuatannya seperti martabak telur biasanya, tapi ada satu hal yang berbeda. Pada martabak telur biasanya menggunakan pelengkap kuah cuka, tapi martabak har penyajiannya dengan kuah kari yang kental. Jadi, martabak tersebut ketika kamu cicipi terdapat cita rasa tersendiri. 

8. Laksan

Laksan merupakan makanan khas Palembang selain pempek. Namun dari segi rasanya hampir sama dengan pempek. Bahan pembuatannya sendiri menggunakan campuran ikan dan tepung sagu. Meskipun tidak membutuhkan bahan baku yang banyak, rasa dari laksan ini bisa mengobati rasa rindu ketika pulang ke Palembang.

Meski rasanya hampir mirip dengan pempek, tetapi ada perbedaan di cara penyajiannya. Pempek biasanya menggunakan kuah cuko sebagai pelengkap, sedangkan laksan terdapat tambahan kuah santan kemerahan seperti opor. 

Kemudian rasanya sendiri adalah gurih tapi juga cukup pedas. Sangat cocok sebagai santapan keluarga di rumah. 

9. Malbi

Tidak lengkap rasanya pergi ke Palembang jika belum mencicipi kuliner khas di sana yaitu malbi. Mungkin kamu yang tinggal di Palembang sering menyantap malbi ketika lebaran karena masyarakat sana akan menjadikannya sebagai salah satu menu hari raya. 

Bahan baku utamanya adalah potongan daging sapi. Tampilannya jika kamu perhatikan terlihat mirip seperti semur daging, tapi ada perbedaan dari bumbu yang ada dengan mencampurkan rempah-rempah tertentu. 

Baca Juga:  14 Bisnis Kuliner di Bulan Ramadhan yang Bisa Kamu Coba

Dengan begitu, akan membuat cita rasa malbi jadi lebih lezat dari semur daging biasanya. Kemudian, saat menyantapnya akan lebih nikmat dengan nasi hangat atau ketupat. 

10. Godo-Godo

Rekomendasi makanan khas Palembang selain pempek terakhir adalah godo-godo. Godo-godo ini merupakan sejenis bakwan goreng tapi dengan bahan baku berbeda. Untuk bahan baku utamanya yaitu beberapa jenis ikan yang banyak orang suka. Jadi, rasa godo-godo ini lebih cenderung ke gurih. 

Kemudian, untuk pembuatannya yaitu dengan mencampurkan ikan, telur, tepung terigu, dan garam secukupnya. Setelah tercampur rata. lalu goreng dan membentuknya seperti bakwan pada umumnya. Sebagai pelengkap agar terasa nikmat, bisa menggunakan kuah cuko seperti pempek ketika menghidangkannya. 

Sudah Pernah Mencoba Makanan Khas Palembang Selain Pempek?

Ternyata, ada banyak sekali rekomendasi makanan khas Palembang selain pempek yang bisa kamu cicip.

Dengan mengetahui rekomendasinya kamu akan lebih mudah lagi untuk berwisata kuliner dan memutuskan mau makan apa saja setibanya di sana.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar makanan Indonesia, bisnis makanan dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.