Sudah Tahu Jenis Pasta yang Mendunia ini? Ingat-ingat Bentuknya!

3 min read

jenis pasta

Masih banyak yang menyalah artikan ‘spageti’ sebagai sebutan pasta secara keseluruhan, padahal terdapat beragam jenis pasta yang sudah mendunia dan hadir dalam bentuk yang berbeda.

Pada dasarnya, pasta terbuat dari tepung durum atau tepung terigu dengan kualitas protein di atas rata rata. Banyak olahan pasta yang terkenal luas di seluruh dunia. Namun, setiap olahan pasta memiliki jenis pasta yang berbeda beda. 

Mengenal Jenis Pasta yang Sudah Mendunia

Mungkin sebagian dari kamu masih belum mengenal berbagai bentuk dan jenis pasta yang ada.

Kebanyakan orang cenderung masih mengenal jenis pasta yang benar-benar populer seperti spageti atau makaroni.

Padahal, masih banyak bentuk pasta lain di luar kedua jenis tersebut.

Tenang, di artikel ini, kamu akan segera mengenal lebih banyak ragam pasta yang berasal dari Italia dan dunia.

Berikut ini adalah beberapa jenis pasta untuk inspirasi memasakmu.

1. Spaghetti

Spaghetti

Pexels

Spaghetti merupakan salah satu jenis pasta yang paling terkenal dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat dari berbagai macam negara. Pasta ini berbentuk panjang menyerupai mi instan. Namun, berbeda dengan mi instan yang ditekuk untuk mempermudah pengemasan, spaghetti dikemas dalam bentuk memanjang.

Spaghetti memiliki panjang sekitar 30 cm. Ukuran lebar spaghetti pun beraneka ragam. Lebar atau diameter spaghetti yang banyak dijumpai di supermarket adalah spaghetti-10 dan spaghetti-11. Untuk spaghetti-10 memiliki diameter yang lebih kecil daripada spaghetti-11.

Ada banyak olahan spaghetti yang terkenal dan banyak dijumpai di restoran. Olahan spaghetti tersebut di antaranya adalah spaghetti bolognese dengan saus tomat dan potongan daging yang melimpah. 

Selain itu, ada aglio olio yang bercita rasa sederhana dan spaghetti carbonara dengan saus susu yang creamy.

Baca Juga:  20 Rekomendasi Topping Pizza yang Paling Diminati Masyarakat 

2. Ravioli

Ravioli

Pexels

Ravioli merupakan jenis pasta yang cukup unik daripada varian pasta lainnya. Jika pasta pada umumnya berbentuk panjang, pipih, atau tabung, ravioli memiliki bentuk bujur sangkar yang di dalamnya terdapat isian yang lezat. 

Ravioli hampir mirip seperti pangsit di Indonesia atau dumpling di Korea. Bedanya, isian di dalam ravioli memiliki cita rasa khas Italia. 

Kebanyakan ravioli memiliki isian keju atau bayam dan ayam. Ravioli mulai diperkenalkan di abad 14 oleh Libro Per Cuoco. Tak lama kemudian, pada abad ke 16, ravioli mulai dikenal oleh masyarakat Italia, Inggris, dan Amerika.

Olahan ravioli yang paling terkenal adalah creamy ravioli yaitu ravioli isi keju yang dimasak dengan saus susu. Selanjutnya, ada spinach ravioli, yaitu ravioli dengan isian bayam dan dimasak dengan saus keju. 

Belakangan ini banyak yang mengombinasikan ravioli dengan masakan daerahnya, contohnya adalah ravioli kimchi putih dari Korea.

3. Fettuccine

Fettuccine

Pexels

Fettuccine atau yang biasa orang kenal sebagai fettucini merupakan salah satu jenis pasta yang memiliki bentuk unik. Ragam pasta ini memiliki bentuk pita dengan lebar 1 sampai 2 sentimeter. 

Jika digambarkan, bentuk fettuccine menyerupai bentuk kwetiau, namun memiliki tekstur yang lebih keras dan kenyal seperti pasta pada umumnya.

Fettuccine merupakan pasta yang populer orang konsumsi sebagai makanan Romana dan masakan Toscana di Italia. Masakan yang paling populer adalah fettuccine creamy carbonara yang dimasak dengan saus keju dan susu.

Selanjutnya, ada juga fettuccine alfredo. Biasanya, fettuccine tersaji bersama dengan sugo d’umido atau ragu di pollo. 

4. Maccaroni

macaroni

shutterstock

Macaroni atau makaroni merupakan salah satu jenis pasta yang sudah tidak asing warga Indonesia ketahui. Pasta macaroni merupakan varian pasta berbentuk tabung dan berukuran kecil yaitu 1 hingga 2 sentimeter. 

Sebenarnya, macaroni ini adalah salah satu ragam pasta khas Italia. Namun saat ini banyak dikombinasikan di masakan Indonesia.

Baca Juga:  6 Resep Masakan Perancis, Mudah Dibuat Di Rumah!

Olahan macaroni khas Italia yang paling populer dan banyak orang-orang konsumsi adalah mac and cheese. Resep ini mengolah macaroni menggunakan saus keju creamy yang gurih dan lezat. Terkadang, mac and cheese juga dimasak lebih lanjut dengan cara dipanggang dengan topping keju mozarella yang meleleh.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak olahan makaroni yang dimasak dengan cara yang ‘Indonesia banget’. Salah satu yang paling populer adalah makaroni goreng yang dibumbui bubuk cabe dan daun jeruk kering. Makaroni juga seringkali terlihat sebagai salah satu isian seblak basah.

5. Fusilli

fusili

Pexels

Fusilli merupakan jenis pasta dengan bentuk yang unik sama seperti macaroni. Varian pasta ini berbentuk ulir dan memiliki panjang sekitar 2 hingga 3 sentimeter. 

Adapun, pembuatan fusilli ini dengan cara membentuk adonan pasta menggunakan alat yang bernama extruder sehingga akan membentuk pola ulir. 

Sama halnya dengan macaroni, fusilli kini sudah banyak orang-orang gunakan pada berbagai masakan di Indonesia. Namun demikian, olahan fusilli khas Italia masih menjadi olahan yang banyak orang gemari. Fusilli biasanya dimasak menggunakan saus krim dan kacang polong di daerah asalnya yaitu Italia.

Saat ini, fusilli banyak orang-orang kreasikan dengan cita rasa khas Indonesia. Misalnya saja, sebagai campuran sup sayur hingga berpadu dengan baso aci atau seblak kuah. 

6. Angel Hair

Pexels

Angel Hair merupakan salah satu jenis pasta yang hampir menyerupai spaghetti yakni berbentuk panjang. Adapun, hal yang membedakan antara keduanya adalah pada ukuran dan bahan pembuatannya. 

Angel Hair memiliki ukuran yang lebih kecil dari spaghetti, sehingga memiliki tekstur yang lebih lemas.

Selain itu, karena ukurannya yang kecil jenis pasta ini pun disebut dengan Angel Hair.

Olahan Angel Hair yang terkenal umunya adalah Aglio Olio, Creamy Seafood atau Bacon dan juga Marinara.

7. Lasagna

lasagna

shutterstock

Lasagna merupakan salah satu jenis pasta yang populer khas Italia dan memiliki cita rasa yang sangat otentik. Jika pasta pada umumnya sering orang-orang kombinasikan dengan masakan khas daerah masing masing, lain halnya dengan lasagna. Hampir tidak ada kombinasi masakan yang berpadu dengan lasagna.

Baca Juga:  18 Rekomendasi Makanan Khas Turki yang Halal dan Terkenal

Oleh karena itu, lasagna memiliki cita rasa yang sangat otentik. Lasagna sendiri merupakan jenis pasta yang berbentuk lembaran besar, umumnya berukuran 10×15 cm. 

Lasagna biasanya terjual dalam bentuk basah sehingga penyimpanannya harus kamu lakukan di suhu dingin. 

Untuk mengolahnya, lasagna bisa kamu letakkan pada loyang kemudian kamu beri tambahan daging, sayur mayur, ayam dan saus tomat. 

Selanjutnya, tumpuk lagi dengan lembaran lasagna sehingga membentuk makanan bertumpuk. Lasagna kemudian kamu beri keju mozarella pada bagian atas, dan panggang dengan suhu tinggi.

Sudah Tahu Apa Saja Jenis Pasta yang Mendunia?

Itu dia beberapa jenis pasta yang mendunia.

Pastikan kamu mengingat bentuknya sebelum memasaknya, agar hidangkan yang kamu buat bisa matang dengan sempurna.

Pastinya, kamu juga akan lebih mudah untuk bereksperimen dengan resep yang ada.

Selamat mencoba!


 

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.