Rekomendasi Menu Masakan Sehari-hari Agar Tidak Bosan untuk Katering

5 min read

menu masakan sehari hari agar tidak bosan

Menentukan menu masakan sehari-hari agar tidak bosan untuk katering memang susah-susah gampang.

Untuk mengatasinya, kamu dapat menyusun atau membuat daftarnya supaya lebih mudah.

Simak rekomendasi yang kami rangkum berikut ini!

Inspirasi Menu Masakan Untuk Katering Sehari-hari 

Berbagai pilihan menu masakan dapat kamu kreasikan untuk catering sehari-hari.

Mulai dari olahan sayur, ikan, daging, ayam dan berbagai bahan lainnya dapat kamu coba.

Yuk, intip rekomendasi menu masakan sehari-hari ini agar tidak bosan berikut ini!

1. Teri Kacang

Teri kacang dapat menjadi pilihan masakan untuk katering. Hal ini karena cita rasa dari masakan ini akan sangat nikmat apabila kamu sajikan dengan nasi hangat. Aroma bumbu dan rasa dari ikan teri sendiri akan terolah dengan lezat dalam satu masakan.

Selain cita rasa yang lezat, masakan ini cocok untuk kamu jadikan menu masakan sehari-hari, karena hidangan teri kacang dapat bertahan lama. Kamu bisa meletakkannya ke dalam wadah penyimpanan yang kedap udara dan masakan ini pun bisa kamu makan dalam jangka waktu yang lama.

2. Bihun Goreng 

Bagi kamu yang suka olahan mie, maka jenis hidangan ini patut masuk ke dalam daftar menu katering masakan sehari hari agar tidak bosan. Karena bihun merupakan salah satu jenis bahan yang bisa kamu kreasikan. Salah satunya menjadi masakan bihun goreng.

Walaupun terlihat sederhana, namun hidangan bihun goreng memiliki rasa yang enak dan menggugah selera. Selain itu, proses mengolah dan bahan yang kamu perlukan mudah untuk kamu temukan, baik di pasar tradisional maupun supermarket. 

Lebih dari itu, isian dari bihun goreng dapat kamu sesuaikan dengan selera. Jenis masakan ini juga bisa kamu hidangkan bagi anak-anak hingga kalangan dewasa. Yang perlu kamu perhatikan jika untuk anak-anak adalah tidak menggunakan bahan yang pedas ke dalam campuran bihun goreng.

Cukup menyesuaikan masakan dengan selera lidah masing-masing, maka niscaya menu masakan ini dapat kamu pilih untuk hidangan sehari-hari dan tidak bosan.

3. Tengkleng

Hidangan yang masuk ke daftar menu masakan yang bisa kamu jadikan inspirasi katering agar tidak bosan selanjutnya adalah tengkleng. Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu tengkleng, masakan ini seperti gulai yang berbahan dasar tulang kambing.

Namun, yang membedakannya dengan gulai atau tongseng pada umumnya adalah kuah dalam tengkleng ini terbuat tanpa adanya santan. Kemudian, dalam hidangan ini juga berisi jeroan serta limpa.

Cita rasa khas dari hidangan ini adalah kombinasi pedas nan gurih yang sangat serasi jika kamu nikmati dengan nasi hangat. Bagi kamu yang gemar menikmati kuliner dengan olahan dari hewan kambing, maka menu ini dapat kamu coba!

Baca Juga:  8 Kreasi Olahan Kulit Lumpia, Cocok untuk Ide Bisnis!

4. Rendang 

Siapa yang tak tahu jenis masakan satu ini? Jika kamu belum pernah mencoba hidangan katering rendang, maka inilah saatnya kamu memasukannya ke dalam menu. Rendang patut untuk masuk ke dalam menu masakan sehari hari agar tidak bosan, karena memiliki daya pikat dan rasa nikmat yang khas.

Tak heran, kenapa banyak orang menyukai jenis masakan ini. Karena rendang merupakan jenis masakan yang menempati urutan pertama dalam masakan paling enak sedunia versi CNN di tahun 2011. 

Rendang daging merupakan masakan yang berbahan dasar daging dan campuran berbagai rempah-rempah serta dimasak dalam waktu yang tidak sebentar. Pengolahan rendang memerlukan proses selama berjam-jam. Meskipun begitu, kamu sangat bisa untuk menjadikan masakan ini menjadi santapan sehari-hari

5. Tempe Mendoan

Menu masakan yang dapat kamu jadikan pilihan menu katering sehari hari agar tidak bosan adalah tempe mendoan. Ini dapat menjadi alternatif jika klienmu sudah bosan dan ingin mencoba olahan tempe yang lain dari biasanya.

Masakan khas Banyumas ini memiliki ciri khas tempe goreng dengan balutan  tepung yang disajikan dalam potongan tipis. Selain itu, tempe ini membawa rasa yang gurih dan tekstur empuk, karena waktu penggorengan yang sebentar saja.

6. Tempe Bacem

Berikutnya adalah tempe bacem yang patut kamu masukkan ke dalam daftar masakan katering sehari-hari agar tidak bosan. Berbeda dengan tempe mendoan, untuk masakan tempe bacem memiliki rasa manis dari hasil marinasi air gula dan bumbu dalam pengolahan tempe bacem. 

Bagi yang suka dengan cita rasa manis dalam masakan, menu ini makin lezat jika kamu sajikan dengan sayur dan nasi yang hangat.

7. Soto Lamongan

Dalam daftar ketujuh ada hidangan khas dari Lamongan, yakni Soto Lamongan. Kuliner  ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni penggunaan bubuk koya dalam campurannya. 

Koya sendiri terbuat dari bawang putih goreng dan kerupuk udang yang dihancurkan sampai halus dan terbentuk jadi serbuk. Selain citarasa dari ayam kampung yang ada dalam masakan ini, kehadiran bubuk koya juga turut menambah rasa sedap.

8. Bebek Goreng

Bosan dengan masakan ayam goreng untuk masakan kateringsehari-hari? Tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba bebek goreng sebagai alternatifnya. Sama seperti ayam goreng, sajian ini dapat kamu hidangkan untuk berbagai kalangan. 

Ciri khas dari hidangan ini adalah bebek goreng yang menyatu dengan bumbunya sangat lezat ketika kamu nikmati dengan nasi hangat. Selain dengan bumbu yang lezat, kamu juga dapat menyajikan masakan ini dengan sambal beserta lalapan untuk menambah kelezatan saat memakannya.

9. Sayur Sop

Bingung untuk menentukkan menu katering yang sesuai saat sarapan? Kamu bisa memikirkan sayur sop sebagai salah satu pilihan masakan sehari-hari agar tidak bosan. Karena sayur sop dapat membantu dalam memenuhi nutrisi sayur-sayuran yang penting.

Baca Juga:  Inspirasi Bisnis Kuliner yang Menjanjikan untuk Dijual Online

Kamu pun dapat menentukkan isian sayur sop sesuai dengan selera. Selain itu, sayur sop memiliki rasa yang gurih nan lezat. Kamu juga dapat menyajikan perkedel kentang ketika menyantap sayur sop.

10. Perkedel

Setelah membahas sayur sop untuk masakan sehari-hari, kamu juga bisa menyajikan perkedel sebagai variasi, agar tidak bosan. Selain rasa yang enak dari kentang, proses pembuatannya pun cukup mudah.

Walaupun pembuatannya sederhana, namun perkedel kentang memiliki rasa yang gurih. Berbahan dasar kentang bercampur dengan irisan daun seledri, daun bawang, dan bumbu yang dapat menghasilkan olahan bertekstur empuk dan lezat.

11. Sup Bakso Ikan

Dalam daftar berikutnya di masakan sehari-hari katering agar tidak bosan ada sajian sup bakso ikan. Berbeda dengan sayur sop sebelumnya yang berisi wortel dan sayuran lainnya. Untuk sajian kali ini menggunakan sedikit sayuran dan menyajikan bakso ikan sebagai bahan utamanya.

Selain mengandung banyak nutrisi dari sayur dan juga bakso ikan yang ada, kamu juga dapat merasakan segarnya kuah sup ini. Dalam sup bakso ikan, kamu dapat merasakan cita rasa yang gurih dan bertekstur kenyal dari bakso ikan.

12. Capcay

Masakan yang satu ini rasanya tak boleh kamu lewatkan dalam daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan. Karena kamu dapat menjumpai sajian ini di berbagai tempat makan. 

Hidangan ini merupakan masakan yang terbuat dari berbagai macam sayuran, seperti jamur, sawi putih, kembang kol, dan wortel. Selain itu, biasanya juga dicampur berbagai macam isian, seperti potongan bakso, udang, dan ayam. 

Capcay sendiri juga hadir dalam beberapa macam, mulai dari capcay goreng, capcay jawa, capcay kuah, hingga tami capcay. Kamu dapat memilih jenis capcay yang mana sesuai dengan  selera.

13. Tahu Campur

Menu masakan sehari-hari yang dapat kamu coba agar tidak bosan pada katering berikutnya adalah tahu campur. Kuliner yang berasal dari Jawa Timur ini merupakan makanan yang terbuat dari tahu goreng, mie, kikil, sambal dan sayuran. Kemudian disiram dengan petis, taburan bawang goreng, serta kuah.

Sajian ini memiliki rasa yang lezat, karena campuran seluruh bahan dan bumbu dalam proporsi yang pas. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan kerupuk saat menyantap tahu campur. Hal ini menambah kelezatan tahu campur dan rasa bumbu petis yang tercampur dengan sempurna.

14. Telur Balado 

Ingin masakan yang bercita rasa pedas? Tak perlu khawatir, karena telur balado cocok untuk masuk ke dalam menu masakan sehari-hari agar tidak bosan. Kamu perlu memasukkan sajian ini ke dalam daftar, agar menambah keragaman rasa dalam menu katering masakan sehari-hari.

Masakan ini memiliki cita rasa yang kaya dari bumbunya. Tidak hanya berbahan dasar telur, bumbu-bumbu yang menjadi bahan masakan ini memegang peran penting dalam rasa lezat dari telur balado. 

Baca Juga:  12 Jenis Keju Paling Enak di Seluruh Dunia yang Perlu Kamu Tahu

Selain kaya rasa, masakan ini juga serasi ketika kamu santap dengan masakan apapun, atau bahkan hanya memakannya dengan nasi putih hangat saja.

15. Ayam Geprek

Dalam daftar selanjutnya di menu masakan sehari-hari agar tidak bosan, kamu dapat memasukkan hidangan ayam geprek. Sajian ini merupakan ayam yang digoreng dalam balutan tepung dan kemudian tersaji dengan berbagai pilihan sambal, lalu digeprek bersamaan.

Saat ini, kamu dapat dengan mudah menemukan eksistensi ayam geprek di manapun. Karena olahan ayam goreng memang menjadi favorit kebanyakan orang, apalagi jika tersaji dengan sambal dan nasi hangat. 

Oleh sebab itulah, nasi ayam geprek menjadi makanan yang populer dan menjadi pilihan banyak orang karena kelezatan dan kriuk makanannya.

Selain itu, ayam geprek memiliki ciri khas rasa yang tidak dapat kamu temukan di masakan lain. Sebab, dalam ayam geprek menghadirkan rasa pedas dari sambal dan gurih dari bumbu ayam geprek.

16. Fuyunghai

Daftar terakhir menu masakan sehari-hari agar tidak bosan adalah fuyunghai. Makanan khas Tionghoa ini memiliki rasa yang lezat. Citarasa masakan ini pun beragam, tergantung isian yang kamu inginkan.

Makanan ini berbahan dasar telur yang kemudian bisa kamu berikan campuran isi, mulai dari daging, sayur, ayam, udang, dan jenis seafood lainnya. Setelah itu, tak lupa kamu dapat menyajikan dengan menyiram telur yang sudah matang dengan saus asam manis untuk menambah kelezatan makanan.

Manakah Menu Masakan yang Mau Kamu Coba?

Nah, itu dia rekomendasi menu masakan sehari-hari yang dapat kamu jadikan inspirasi katering agar tidak bosan.

Untuk kreasi per hari, kamu bisa menyesuaikan dengan selera dan makanan pendamping yang cocok.

Jadi, tidak ada lagi alasan klienmu untuk bosan memesan menu sehari-hari dari kateringmu.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis makanan, bisnis minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.