10 Rekomendasi Makanan Eropa yang Terkenal di Indonesia

4 min read

Makanan Eropa yang terkenal di Indonesia

Di era globalisasi seperti ini, sudah banyak budaya luar yang masuk ke Indonesia salah satunya adalah di bidang kuliner. Ada banyak sekali makanan Eropa yang terkenal di Indonesia. Banyaknya masyarakat yang merasa cocok dengan cita rasa khas Eropa membuatnya menjadi populer.

Seseorang yang menyukai makanan luar bukan berarti tidak nasionalisme. Adanya perbedaan cita rasa khas Asia dan Eropa membuat masyarakat tertarik untuk mencoba hal baru untuk disantap. Selain itu, tidak sedikit juga masyarakat Indonesia yang menyukai keunikan makanan Eropa tersebut.

Makanan Eropa juga memiliki keberagaman dan keunikannya masing-masing dari setiap negara. Terlebih lagi, sudah banyak sekali toko yang menjual makanan khas Eropa sehingga masyarakat tidak merasa kesulitan untuk menemukan makanan Eropa di Indonesia.


Makanan Eropa yang Terkenal di Indonesia

Dari sekian banyak makanan Eropa yang masuk ke Indonesia, ada beberapa yang bisa kamu katakan paling populer dan wajib untuk kamu coba. Berikut adalah 10 rekomendasi makanan Eropa yang terkenal di Indonesia.

1. Crepes

Crepes Makanan Eropa

Crepes merupakan pancake tipis yang berasal dari Prancis. Makanan ini berbahan dasar tepung yang dicampurkan dengan beberapa bahan lainnya. Tidak hanya memiliki varian yang manis, crepes juga dapat kamu sajikan dengan varian yang asin.

Di daerah asalnya, crepes biasanya dihidangkan bersama saus apel. Namun, crepes juga bisa kamu hidangkan dengan berbagai macam isian seperti keju, sayur-sayuran, daging, es krim dan masih banyak lagi.

Makanan populer yang satu ini memang sangat menggoda. Jika kamu ingin mencobanya, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Eropa karena crepes ini ada di berbagai penjuru kota di Indonesia. Selain itu, saat ini crepes juga sudah lebih banyak variasi isian yang tentunya cocok untuk lidah Indonesia.

Tidak hanya di Indonesia, crepes juga sudah menjadi makanan khas Eropa yang sudah mendunia karena kelezatannya. Jika kamu pergi ke luar negeri selain Eropa, mungkin kamu tetap tidak akan kesulitan untuk mencari penjual crepes karena makanan ini memang sudah terkenal sekali.

Baca Juga:  20 Rekomendasi Topping Pizza yang Paling Diminati Masyarakat 

2. Hamburger

Hamburger Makanan Eropa

Makanan Eropa yang terkenal di Indonesia berikutnya adalah hamburger. Hamburger berasal dari negara Jerman. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Perpaduan antara roti, daging, sayur dan sausnya sudah tidak perlu kamu ragukan lagi kelezatannya.

Hamburger sudah sangat umum di Indonesia. Hampir seluruh restoran makanan cepat saji menjual menu makanan khas Eropa yang satu ini. Selain itu, ada banyak sekali outlet burger di setiap penjuru kota. Hal tersebut membuktikan bahwa ada banyak sekali penikmat burger di Indonesia.

Sama halnya dengan crepes, burger juga sudah mendunia bahkan bisa terbilang lebih populer dari crepes. Hal yang membuat burger mendunia adalah cita rasanya yang cocok bagi sebagian besar manusia di dunia.

3. Pizza

Pizza Makanan Eropa

Pizza adalah makanan yang berasal dari Italia. Makanan ini sudah sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia. Roti dengan bentuk bundar dan pipih ini memiliki topping yang beragam seperti keju, daging, jamur dan lainnya. Topping pada pizza bisa kamu sesuaikan dengan seleramu.

Kamu tidak akan merasa kesulitan untuk mencari makanan ini di Indonesia karena sudah banyak penjual yang menjualnya di berbagai kota. Bahkan berbagai kalangan sudah banyak yang mencintai makanan ini.

Jika di Indonesia biasanya pizza merupakan sebuah camilan, di negara asalnya, pizza merupakan makanan utama atau makanan berat bagi masyarakat setempat.

4. Spaghetti

Spaghetti

Spaghetti adalah mie yang berasal dari negara Italia. Siapa yang tidak mengenal makanan populer yang satu ini. Berbeda dari mie pada umumnya yang ada di Indonesia, spaghetti memiliki tekstur dan ukuran tersendiri. Spaghetti biasa disajikan bersama daging cincang.

Sudah banyak sekali outlet yang menjual spaghetti. Jika kamu malas untuk pergi keluar rumah, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah karena cara membuat spaghetti cukup mudah. Kamu bisa melihat cara membuatnya di google.

Makanan Eropa yang satu ini memiliki berbagai macam atau jenis tergantung dari bumbu yang ada di dalam hidangan. Namun 2 jenis yang paling populer di Indonesia adalah bolognese dan carbonara.

5. Gelato

Ice Cream Gelato

Masih dari Italia, makan Eropa yang terkenal di Indonesia selanjutnya adalah gelato. Gelato merupakan makanan berbahan dasar susu dan gula yang memiliki tekstur mirip es krim namun gelato cenderung lebih padat dan rendah lemak.

Baca Juga:  7 Ide dan Tips Bisnis Kuliner Ramadan Sukses Meraup Keuntungan

Seiring dengan berjalannya waktu, keberadaan gelato di Indonesia semakin banyak terutama di kota-kota besar. Hal tersebut membuktikan bahwa popularitas gelato di Indonesia semakin meningkat.  

Gelato juga memiliki banyak sekali varian rasa mulai dari coklat, green tea, vanilla hingga buah-buahan. Ini merupakan kabar baik bagi semua orang termasuk kamu  karena dengan begitu kamu bisa memilih varian sesuai seleramu.

6. Frites

Frites

Jika kamu merasa asing  dengan nama makanan yang satu ini, mungkin kamu akan mengenalnya jika melihat gambar dari makanan ini. Jika dilihat dari gambar di atas, frites lebih akrab disebut dengan nama potato wedges atau kentang goreng.

Frites merupakan makanan khas Eropa atau lebih tepatnya berasal dari Belgia. Frites merupakan makanan berbahan dasar kentang dengan potongan besar kemudian digoreng.

Di negara asalnya, frites biasa disajikan di dalam kertas yang dibentuk kerucut mirip dengan cone kemudian diberi saus sesuai selera.

7. Steak

Steak

Makanan populer selanjutnya adalah steak. Makanan ini sudah sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia. Banyak orang yang menyukainya karena dari segi rasa dan porsinya. Steak biasanya disajikan bersama makanan pelengkap lainnya seperti sayur-sayuran dan mashed potato.

Steak tergolong kedalam makanan berat atau makanan utama karena porsinya yang cukup mengenyangkan. Selain itu, steak juga terbilang sebagai makanan yang paling sering pengunjung pesan di restoran.

8. Kroketten

Kroketten

Kroketten atau masyarakat Indonesia biasanya menyebutnya sebagai kroket merupakan makanan Eropa yang terkenal di Indonesia.  Makanan yang satu ini merupakan makanan yang berasal dari Belanda.

Bahan dasar dari kroketten adalah kentang tumbuk yang dicampur dengan daging, bumbu dan dilumuri dengan tepung roti kemudian digoreng hingga matang. Kamu juga bisa menambahkan isian di dalamnya jika mau.

Kroketten ini adalah makanan yang halal sehingga jika kamu seorang muslim dan pergi ke negara asalnya, kamu tidak perlu khawatir untuk membelinya. Selain itu, di Indonesia juga sudah banyak sekali outlet yang menjual kroketten atau kroket dan pastinya memiliki harga yang terjangkau.

Baca Juga:  7 Jenis Kemasan Makanan yang Cocok untuk Bisnis Kulinermu

9. Waffle

Waffle

Sama seperti frites, waffle juga makanan yang berasal dari Belgia. Di negara asalnya, waffle biasanya dijadikan sebagai menu sarapan warga setempat. Waffle memiliki tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalam. Makanan ini biasanya disajikan bersama sirup, madu, es krim atau apapun yang manis.

Belakangan ini waffle sedang sangat naik daun di Indonesia. Hal tersebut terlihat karena semakin banyaknya penjual waffle yang ada di berbagai kota. Waffle memiliki bentuk yang sangat unik karena cetakan dari alat pembuatannya.

Jika kamu belum pernah mencicipi makanan populer ini, sebaiknya kamu segera mencicipinya karena rasanya yang lezat pasti akan membuatmu ketagihan. Kamu juga tidak akan merasa kesulitan untuk mencari penjual waffle di Indonesia terutama di kotamu karena sudah banyak sekali.  

10. Croissant

Croissant

Rekomendasi makanan Eropa yang terkenal di Indonesia yang terakhir adalah croissant. Croissant adalah kue kering atau pastry asal Prancis yang memiliki bentuk seperti bulan sabit.

Croissant adalah makanan dengan bahan dasar terigu yang teksturnya berlapis-lapis. Makanan ini bisa dijual secara original atau polos, bisa juga diberi isian atau topping.

Sama halnya dengan waffle, belakangan ini croissant sedang sangat naik daun di Indonesia karena banyaknya penjual croissant yang bermunculan. Selain itu, sekarang ada sedikit modifikasi yang cukup menarik yaitu croffle (croissant waffle)

Sesuai dengan namanya, croffle merupakan gabungan antara croissant dan waffle. Bentuknya seperti waffle namun terbuat dari adonan croissant sehingga nanti teksturnya akan berlapis-lapis.


Tertarik Mencoba Makanan Eropa yang Terkenal di Indonesia?

Kamu pasti tidak akan menyesal jika mencobanya karena makanan khas Eropa memang tidak bisa kamu ragukan lagi rasanya. Sebaliknya, kamu akan menyesal jika kamu melewatkan makanan seenak 10 makanan di atas.

Selain itu, tentu kamu tidak akan merasa kesulitan untuk mencari makanan yang ada di rekomendasi di atas karena sekarang sudah banyak sekali restoran atau outlet yang menjual berbagai macam makanan Eropa. Selamat mencoba!


Temukan berbagai tips menarik juga inspirasi ide bisnis minuman kekinian dan bisnis makanan lainnya hanya di fnbprenereur.id