12 Karakter yang Harus Dimiliki Karyawan dalam Bisnis Makanan

4 min read

Karakter yang Harus Dimiliki Karyawan dalam Bisnis Makanan

Bisnis makanan dan minuman memang tak akan pernah tergerus oleh krisis dan zaman. Hal ini karena kedua aspek tersebut termasuk dalam kebutuhan pokok manusia yang setiap harinya hampir tak pernah sepi oleh permintaan.

Kini, persebaran tempat penjualan makanan dan minuman telah merambah ke berbagai lokasi yang beragam seperti tepian jalan, pasar tradisional, mall besar, food court, dan masih banyak lagi.

Namun, hal utama yang perlu pelaku bisnis perhatikan selain dari segi produk dan tempat jualannya adalah karakter yang harus dimiliki karyawan dimana aspek ini akan terefleksi dari kualitas pelayanan yang mereka curahkan kepada setiap pelanggan. 

Sikap Baik yang Wajib Ada dalam Diri Karyawan

Jika berbicara masalah pelayanan dalam bisnis makanan dan minuman, subjek yang paling tepat untuk membahas perihal ini sudah pasti terletak pada bagaimana pembawaan karyawan dalam menjamu setiap konsumen.

Setiap karyawan dalam bisnis makanan dan minuman harus punya karakter yang baik demi menjaga nama baik diri dan tempat kerja. Maka dari itu sebelum memberikan pekerjaan kepada seseorang, kamu perlu tahu bagaimana karakter calon karyawan agar bisa membawa pengaruh baik bagi kelangsungan usaha.

Lantas, apa saja karakter yang harus dimiliki karyawan? Simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

1. Paham dengan Tugasnya dengan Baik

Memahami segala tugas dan tanggung jawab dengan baik adalah salah satu ciri karyawan yang baik. Di sisi lain, mereka juga harus mampu mengupayakan semua pekerjaannya dapat terlaksana dengan efektif dan memuaskan.

Jenis pekerjaan yang berorientasi pada pelayanan memang harus bisa memahami keinginan konsumen dengan baik dan tahu apa saja langkah-langkah bijak dalam menghadapi berbagai respon dari pelanggan.

Jadi, karakter yang harus dimiliki karyawan yang bekerja di bidang usaha bisnis dan makanan adalah mampu memahami kondisi pelanggan dan menunjukkan pelayanan yang prima.

Baca Juga:  Penting! Kenali Tips Memilih Musik Untuk Usaha Rumah Makan

Tanpa pengetahuan yang memadai, pelayanan akan berjalan dengan kurang efektif dan memicu ketidakpuasan serta respon negatif dari pelanggan.

2. Profesional

Siapa bilang menjadi karyawan bisnis makanan dan minuman tidak bisa berlaku profesional? Setiap pekerja di lokasi manapun itu harus tetap menjaga kinerja yang baik meski kondisi hidup di luar lingkup kerja sedang mengalami beberapa gejolak.

Contoh karakter yang harus ada dalam diri karyawan berdasarkan aspek profesionalitasnya adalah bersikap sopan, mampu menyampaikan hal dengan jelas, tetap tenang, menjaga itikad baik, dan memperlakukan setiap pembeli layaknya raja.

Intinya, kamu harus bisa mencontohkan dan meminta setiap karyawan untuk bersikap profesional. Dalam hal ini, karyawan harus mampu memisahkan masalah kerja dengan masalah hidupnya agar tidak berpengaruh pada kualitas pelayanan nantinya.

3. Jujur

Karakter yang harus dimiliki karyawan selanjutnya adalah berani mengungkapkan sesuatu dengan jujur. Jujur di sini maksudnya adalah setiap karyawan perlu berani menyampaikan segala hal baik itu yang bersifat positif (masukan) maupun negatif (komplain) demi menjaga kelancaran usaha. 

Contoh komplain membangun yang dapat kamu sampaikan kepada atasan antara lain: beban kerja yang terlalu tinggi, tidak adanya work life balance, adanya komplain pelanggan, prosedur kerja yang semakin tidak efektif, dan masih banyak lagi.

Perlu kamu pahami bahwa maksud ungkapan di atas hanya untuk mencapai kepentingan bersama, bukan kepentingan perorangan. Misalnya, beban kerja yang terlalu tinggi bisa berdampak pada rendahnya kinerja karyawan dan menurunnya kualitas hasil kerja.

Karakter yang harus dimiliki karyawan satu ini memang cukup sulit untuk dicari. Padahal, setiap kritik konstruktif dari karyawan terhadap keberlangsungan bisnis makanan dan minuman bisa jadi bahan evaluasi yang berharga bagi pemilik usaha. 

Selain itu, karyawan juga bisa menyampaikan saran dan solusi terbaik untuk mengatasi suatu masalah yang sedang melanda tempat kerja.

4. Mampu Mengatasi Konflik dengan Baik

Salah satu karakter yang harus dimiliki karyawan berikutnya adalah mampu memecahkan konflik dengan sopan, dewasa, dan tak memihak. Keterampilan ini sangat pas untuk menghadapi pelanggan yang cukup agresif dalam menyikapi ketidakpuasannya.

5. Memiliki Integritas dan Bertanggung Jawab

Istilah integritas berasal dari kata integer dalam bahasa latin yang berarti sempurna dan tanpa kedok. Karakter karyawan yang berintegritas adalah mampu bertindak secara konsisten dan sesuai dengan nilai, kode etik, dan kebijakan profesi meski dalam kondisi sulit.

Baca Juga:  Cara Membuat Karyawan Betah Bekerja, Ampuh dan Profesional

Orang yang memiliki jiwa integritas tinggi adalah mereka yang bisa mempertahankan kejujuran, etika serta keteguhannya dalam mempertahankan prinsip dan nilai moral tertentu. 

Contoh karakter yang harus ada dalam diri karyawan dalam aspek integritas antara lain: tepat waktu, tidak melanggar aturan tempat kerja, tidak melanggar nilai moral, bertanggung jawab, menghindari segala bentuk kecurangan dan praktek-praktek ketidakjujuran lainnya, dan masih banyak lagi.

6. Pemecah Masalah yang Baik

Setiap karyawan khususnya yang bekerja di bidang makanan dan minuman pasti akan menghadapi serangkaian masalah dan perlu langkah penyelesaian yang tuntas. Salah satu karakter yang harus dimiliki karyawan untuk menjawab tantangan ini adalah problem solver.

Misalnya saat kamu berhadapan dengan pelanggan yang sedang mendapati masalah tertentu. Umumnya, setiap pembeli pasti akan bertanya kepada staf yang bertugas saat sedang mendapat masalah mulai dari kebingungan sampai dengan ketidakpuasan.

Hal yang perlu karyawan lakukan adalah menawarkan solusi yang tepat agar masalah konsumen dapat terjawab dengan baik. Tanpa kemampuan problem solving, karyawan tersebut akan cukup kewalahan saat berhadapan dengan pelanggan yang bermasalah.

7. Pandai Mengelola Emosi

Karakter ini dapat ditunjukkan dengan nilai EQ (Emotional Intelligence) yang tinggi. Karyawan dengan EQ yang tinggi mampu mengontrol emosi dengan baik di depan rekan kerja dan para pelanggannya.

8. Inovatif dan Kreatif

Dalam setiap bisnis makanan dan minuman pasti memerlukan gebrakan dan inovasi berkelanjutan agar bisa bertahan di tengah sengitnya persaingan pasar. Selain atasan, sikap inovatif juga menjadi salah satu karakter yang harus dimiliki karyawan agar bisnis bisa terus berkembang.

Karyawan yang mampu memberikan ide dan solusi yang inovatif merupakan aset perusahaan yang berharga dan sangat berguna untuk meningkatkan performa suatu bisnis usaha. 

Perusahaan yang hanya mau berjalan aman, stagnan, dan alergi terhadap perubahan tidak akan bisa berkembang dan mudah hilang dalam kompetisi pasar. Memiliki karyawan yang kreatif dan inovatif akan membantu suatu bisnis untuk terhindar dari ancaman ini. 

9. Positif

Karakter yang harus dimiliki karyawan berikutnya adalah menebarkan nuansa positif selama bekerja. Perilaku positif akan berpengaruh positif terhadap aspek-aspek lainnya. 

Ketika kamu memberikan energi positif kepada rekan kerja, mereka akan cenderung lebih semangat dan termotivasi dalam bekerja. Intinya, mencurahkan tingkah laku yang positif pasti akan berbuah baik.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Customer Complain dalam Bisnis Makanan!

10. Rajin dan Disiplin

Sikap ini juga tergolong dalam karakter yang harus dimiliki karyawan khususnya dalam bisnis di bidang makanan dan minuman yang mempunyai target penjualan tertentu.

Umumnya, karyawan yang lebih rajin akan bekerja dengan efektif dan mampu mendorong potensi untung dalam bisnis tersebut.

11. Mudah Beradaptasi

Mudah beradaptasi di sini maksudnya adalah karyawan tidak hanya pandai membaur dengan pekerja-pekerja lain. Mereka juga perlu memiliki karakter yang dinamis dan mau menerima tantangan dari adanya perubahan zaman.

Seiring dengan adanya pergerakan zaman maka kebiasan masyarakat juga akan berubah secara perlahan. Salah satu karakter yang harus dimiliki karyawan dalam aspek ini adalah kemauan yang tinggi untuk belajar dan berproses demi meningkatkan kualitas diri dan kemampuan bekerja.

Karakter karyawan yang seperti ini adalah golongan orang yang bisa mempersiapkan masa depan dengan baik.

12. Ramah dan Berlaku Baik

Umumnya, kualitas pelayanan seringkali dinilai berdasarkan tingkat keramahan dari pelayan atau karyawan. Semakin ramah karyawannya, akan semakin membuat banyak orang tertarik untuk datang ke bisnis makanan atau minuman tertentu.

Karakter ini seharusnya sudah wajib karyawan miliki karena nantinya mereka akan sering melakukan interaksi langsung dengan konsumen. Tak ada konsumen yang senang dengan perlakuan tak ramah. 

Sikap ini dapat kamu terapkan saat menyapa pembeli, menanyakan pesanan, hingga menanggapi komplain yang tak menyenangkan. Karakter yang harus dimiliki karyawan ini juga dapat membangun hubungan baik antara karyawan dan pelanggan.

Kedepannya, mereka akan merasa punya alasan untuk kembali dan membeli produk kamu lagi. Dengan begitu, tingkat penjualan dan potensi keuntungan bisnis tersebut akan terus mengalami peningkatan.

Sudahkah Karyawan Anda Memiliki Karakter Tersebut?

Salah satu ciri pekerja yang baik adalah mereka yang mampu menerapkan berbagai macam karakter seperti yang telah kamu baca sebelumnya. Tentu saja masih ada sikap-sikap lain yang harus kamu kuasai terlepas dari 12 poin di atas.

Apakah kamu punya usulan lain terkait karakter yang harus dimiliki karyawan berikutnya? Jangan lupa tanamkan dan terapkan sikap baik tersebut selama bekerja.


Temukan berbagai tips bisnis kuliner lainnya untuk mengembangkan bisnismu hanya di fnbpreneur.id.