Peluang Usaha Ayam Geprek dan Tips Suksesnya untuk Kamu!

5 min read

peluang usaha ayam geprek

Salah satu menu makanan yang saat ini sedang banyak peminatnya adalah ayam geprek. Salah satu buktinya adalah banyaknya gerai ataupun penjual makanan dengan menu ayam ini. hal ini, membuat peluang usaha ayam geprek menjadi cukup menjanjikan. Lalu seperti apa sebenarnya peluang bisnis ayam geprek ini?


Apa itu Ayam Geprek? 

Sebelum membahas tentang peluang usaha ayam geprek, mungkin kamu juga perlu tahu tentang seperti apa sebenarnya ayam geprek ini. hal ini karena masih banyak yang tertukar antara ayam geprek, ayam penyet, dan juga ayam gepuk. Meskipun sama-sama berbahan dasar ayam, namun ketiga makanan ini tentu saja berbeda. Ayam geprek merupakan salah satu makanan khas Indonesia.

Perbedaan mendasar antara ayam geprek dengan ayam gepuk atau penyet adalah pada penggunaan daging ayamnya. Biasanya, ayam geprek akan menggunakan ayam boneless yang akan diberi tepung bumbu lalu digoreng kering. 

Setelah itu, daging ayam tadi akan digeprek atau dipukul sampai hancur bersama dengan sambalnya. Cara inilah yang akan menjadi ciri khas dari ayam geprek tersebut.


Peluang Usaha Ayam Geprek

Jika berbicara masalah peluang usaha ayam geprek, maka tentu saja ini merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek cukup bagus. Setidaknya, ada beberapa hal yang membuat peluang bisnis ayam geprek cukup menjanjikan.

1. Tidak Kenal Waktu

Menu ayam geprek merupakan makanan yang cocok untuk kamu makan saat makan siang atau malam. Dari sini terlihat jika kamu memiliki waktu usaha yang cukup panjang. Selain itu, makan ayam geprek juga tidak mengenal waktu. Baik ketika hari sedang panas ataupun turun hujan makan ayam geprek akan tetap nikmat.

2. Rasa yang Sesuai Selera Masyarakat

Ayam geprek sendiri identik dengan rasa gurih dan pedas. Makanan ini merupakan selera masyarakat umum di Indonesia. Orang Indonesia memang banyak yang suka pedas. Sehingga, dengan rasa yang ada maka hal tersebut juga menjadi salah satu alasan mengapa peluang usaha ayam geprek cukup menjanjikan.

Baca Juga:  Makanan Khas Jepang yang Terkenal di Indonesia

3. Memiliki Banyak Varian

Masih berhubungan dengan rasa, meskipun identik dengan pedas namun saat ini banyak juga inovasi ayam geprek yang tidak pedas. Atau, beberapa tempat juga membuat rasa pedas dengan tingkatan level tertentu sehingga bisa menyesuaikan dengan selera konsumen.

Dengan cara ini maka jangkauan konsumennya akan lebih banyak lagi. Dan ini juga menjadi salah satu alasan mengapa peluang bisnis ayam geprek sangat baik.


Hal yang Perlu Disiapkan Saat Memulai Bisnis Ayam Geprek

Ketika akan memulai sebuah bisnis ayam geprek, tentunya kamu juga perlu mempersiapkan beberapa hal. Semua hal ini akan berkaitan dengan persiapan ketika kamu akan memulai bisnis ini. Beberapa hal tersebut antara lain:

1. Lokasi Usaha

Salah satu hal pertama yang perlu kamu siapkan ketika akan membuka usaha ayam geprek ini adalah menentukan lokasi usaha. Kamu perlu mencari dan menemukan lokasi usaha yang strategis untuk membuat peluang usaha ayam geprek kamu semakin tinggi. 

Dalam hal ini, untuk mendapatkan lokasi yang strategis maka kamu perlu melakukan riset pasar. Hal ini juga sekaligus untuk melakukan cek pasar. 

Tentunya kamu juga tidak ingin berjualan ayam geprek di tempat yang sudah ada penjual ayam geprek lain. Cek pasar ini akan bermanfaat untuk melihat bagaimana kondisi persaingan nantinya, seperti apa prospek ke depannya, dan lain-lain.

2. Urus Semua Perizinan yang Kamu Perlukan

Hal lain yang juga perlu kamu persiapkan adalah berkaitan dengan perizinan. Jika tempat yang akan kamu gunakan ini membutuhkan perizinan, maka uruslah semua perizinan tersebut. Hal ini untuk memastikan kamu usaha dengan nyaman.

3. Buatlah Business Plan

Ketika kamu akan memulai usaha ayam geprek, maka hal lain juga yang perlu kamu siapkan adalah business plan. Hal ini berguna untuk memastikan kamu memiliki kerangka usaha yang jelas. Dengan rencana ini maka kamu juga akan memiliki strategi yang bisa kamu gunakan ketika melakukan bisnis nantinya. 

Setidaknya, ketika kamu memiliki strategi ini maka kamu juga memiliki patokan ketika kamu menghadapi rintangan dan tantangan. Kamu akan tahu apa yang perlu kamu lakukan nantinya. Ini juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan peluang usaha ayam geprek yang kamu miliki.

4. Siapkan Bahan dan Peralatan

Hal lain yang juga perlu kamu siapkan adalah berbagai peralatan dan bahan yang berkaitan dengan usaha kamu ini. Kamu perlu menyiapkan mulai dari perencanaan sampai tahap pembelian. 

Ini juga merupakan suatu keuntungan ketika kamu memiliki rencana bisnis. Nantinya, kamu akan mudah menentukan peralatan dan bahan apa saja yang kamu perlukan.

Baca Juga:  17 Jenis Soto Asli Indonesia dengan Cita Rasa Khas

Kamu juga perlu membuat daftar tentang peralatan dan bahan ini. Nantinya, kamu bisa membuat skala prioritas mana yang harus kamu beli, mana yang bisa sewa. Mana yang masa pakainya lama dan mana yang perlu kamu beli berulang kali. 

Dengan skala prioritas ini juga nantinya kamu akan bisa menyesuaikan pembelian kebutuhan kamu ini dengan modal yang kamu miliki.

5. Hitung Modal dan Biaya Operasional

Selanjutnya yang kamu perlukan dan siapkan adalah modal. Untuk masalah modal, maka hal ini juga akan menentukan budget pertama ketika usaha kamu baru mulai. Nantinya, modal ini juga akan menentukan budget untuk membeli berbagai kebutuhan dan bahan pada pertama kali bisnis akan kamu mulai.

Sementara untuk biaya operasional, maka kamu juga perlu memperhitungkan berapa biaya yang kamu perlukan untuk menjalankan usaha kamu ini. Kamu perlu memperhitungkan berbagai macam hal seperti biaya operasional harian, biaya maintenance, gaji karyawan bila ada, dan lainnya.

6. Siapkan Konten Promosi

Sebelum memulai usaha, maka ada baiknya juga kamu mempersiapkan bahan untuk promosi. Tujuannya adalah agar ketika kamu memulai usaha maka kamu bisa langsung memulai promosi usaha kamu ini. semakin baik konten promosi yang kamu buat maka akan semakin meningkatkan peluang usaha ayam geprek.


Berapa modal yang dibutuhkan? 

Sudah disinggung sebelumnya jika salah satu hal yang juga perlu untuk kamu siapkan adalah masala modal. Tentunya, untuk menetapkan modal ini maka akan sangat ditentukan dengan budget yang kamu miliki. 

Nantinya, setelah kamu melakukan berbagai perincian tentang apa yang kamu butuhkan, maka kamu akan melihat besaran nilai yang kamu perlukan sebagai modal awal.

Secara umum, berikut adalah rincian modal yang kamu perlukan saat akan membuka usaha ayam geprek

  • Peralatan masak dan makan 3 Juta
  • Meja dan Kursi 3 Juta
  • Sewa tempat 5 Juta
  • Operasional 15 Juta
  • Biaya Promosi 2 Juta
  • Biaya tak terduga 2 Juta

Jika menggunakan rincian di atas, maka setidaknya kamu membutuhkan uang 30 juta untuk modal kamu. Namun tentu saja semua hal tersebut juga akan kembali dengan rencana bisnis kamu. Misalkan, kamu tidak menyediakan fasilitas makan di tempat maka mungkin biaya untuk meja dan kursi tidak kamu perlukan.

Atau juga kamu tidak perlu sewa tempat, maka biaya untuk sewa tempat tidak perlu masuk hitungan. Perhitungan ini juga bisa berubah bergantung pada skala bisnis kamu.


Potensi Keuntungan 

Ketika kamu memulai bisnis, maka salah satu peluang usaha ayam geprek yang akan kamu lihat adalah bagaimana potensi keuntungan yang akan kamu dapatkan. Maka jawaban akan pertanyaan kamu tersebut adalah ini merupakan bisnis yang menjanjikan. Potensi keuntungan dari bisnis ini cukup menggiurkan.

Baca Juga:  17 Makanan Terenak di Indonesia yang Menggoda, Wajib Coba

Dalam satu hari, kamu bisa menjual 50 sampai 100 porsi. Anggap jika per harinya kamu bisa menjual sekitar 70 porsi. Dengan harga per porsi 15 ribu. Maka omzet harian yang akan kamu dapatkan adalah sekitar 1 juta 50 ribu. Dan dalam sebulan, maka omzet yang kamu dapatkan adalah sekitar 31,5 Juta.

Itu merupakan estimasi omzet yang akan kamu dapatkan per bulan. Tentunya nilainya bisa bertambah dan berkurang sesuai dengan pendapatan harian. Namun, jika melihat dari bisnis yang sudah ada, dan juga jika kamu melakukan promosi dengan baik dan kualitas yang kau berikan baik maka tidak akan sulit untuk mendapatkan untuk mendapatkan keuntungan tersebut.


Tips Sukses Usaha Ayam Geprek 

Saat kamu sudah memutuskan akan memulai usaha ayam geprek, maka untuk memperbesar peluang usaha ayam geprek kamu, maka ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan seperti;

1. Perhatikan Kualitas

Ini merupakan hal penting yang harus selalu kamu perhatikan. Kualitas perlu menjadi hal no 1 yang selalu kamu jaga. Baik dari bahan baku, bahan pendukung, kualitas memasak, dan lainnya. 

Dengan menggunakan perlengkapan terbaik dan bahan terbaik maka rasa ayam geprek yang akan kamu hasilkan juga akan menjadi baik. Ini merupakan salah satu cara mendatangkan dan menjaga pelanggan.

2. Go Online

Jika kamu bisa mendapatkan tempat usaha yang strategis maka kamu sangat beruntung. Namun jika tidak, maka kamu tidak perlu kecewa. Kamu bisa memanfaatkan layanan pesan antar yang ada saat ini. Untuk itu, maka bisnis kamu ini perlu go online. Pastikan usaha kamu terdaftar di aplikasi layanan pesan antar untuk memudahkan konsumen kamu memesan.

3. Lakukan Promosi

Hal penting lain yang juga perlu kamu lakukan adalah melakukan promosi dengan baik. Ini untuk memastikan bisnis kamu dikenal banyak orang. Untuk melakukan promosi ini juga kamu bisa memanfaatkan media digital yang ada saat ini.


Tertarik Untuk Membuka Usaha Ayam Geprek?

Melihat semua peluang usaha ayam geprek yang ada di atas, maka mungkin akan membuat kamu tertarik. Memang ini merupakan salah satu alternatif usaha yang bisa kamu coba. dengan semua potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan, ini juga merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Sehingga tidak ada salahnya untuk kamu mencoba bisnis ini. Semoga sukses!


Dapatkan berbagai informasi seputar kuliner, seperti bisnis makanan maupun minuman untuk mengembangkan bisnismu hanya di fnbpreneur.id.