7 Cara untuk Mendapatkan Modal Bisnis Kuliner dengan Mudah

2 min read

Pada dasarnya, bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang memiliki peluang keberhasilan yang tinggi, mengingat makan adalah kebutuhan semua orang. Namun sayangnya, selain rasa yang otentik, kamu juga perlu mendapatkan modal bisnis kuliner yang cukup besar untuk memulainya.


7 Cara untuk Mendapatkan Modal Bisnis Kuliner 

Walaupun bukan hal yang mustahil, namun hal ini juga bukan hal yang mudah. Apalagi jika kamu masih pemula dalam mencari investor, pastinya hal tersebut akan jauh lebih sulit. Namun dengan 7 cara ini, peluang mendapatkan modal akan jauh lebih besar. Berikut ulasannya:

1. Menggunakan Dana yang Kamu Kumpulkan Sendiri

Walau hal ini biasanya butuh proses yang lebih lama, namun cara ini memiliki kepuasan dan risiko yang cukup besar. Karena modal harus kamu kumpulkan sendiri dengan cara menabung maupun menjual aset yang kamu miliki.

Namun dengan modal sendiri, kamu tidak memiliki tanggung jawab pada orang lain (investor atau debitur). Sedangkan saat mengalami kerugian, tentunya taruhannya adalah tabungan yang sudah kamu kumpulkan maupun aset yang sudah kamu jual tidak bisa kembali.

Namun cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan modal pribadi adalah dengan melakukan investasi saham maupun reksadana. Dengan memutar uang, modal yang sebelumnya kamu tabung, bisa lebih berkembang. Hal tersebut bisa jadi cara mendapatkan modal bisnis kuliner pribadi dengan lebih efektif.

Baca Juga:  Contoh Label Produk Makanan yang Menarik dan Populer!

2. Mengikuti Kompetisi Pengembangan Bisnis Kuliner

Langkah berikutnya yang bisa kamu coba  adalah dengan mengikuti kompetisi pengembangan bisnis. Dengan mengandalkan pembuatan konsep bisnis, perhitungan keuangan, peluang bisnis, serta pembuatan proposal bisnis.

Dengan memenangkan lomba tersebut, kamu bisa mendapatkan modal yang lumayan. Serta kamu bisa menambah koneksi bisnis dan memperluas jaringan, sehingga berpotensi mendapatkan investor.

Belum lagi audiens saat mengikuti lomba, bisa menjadi salah satu modal terbaik dalam pengembangan bisnis kulinermu. Setidaknya lebih banyak orang yang akan mengenal bisnis yang akan kamu jalankan. Tak heran, cara mendapatkan modal bisnis kuliner ini, jadi cara yang banyak digunakan para pemula.

3. Meminjam Dana pada Keluarga 

Tergantung skala bisnis yang ingin kamu kembangkan, namun jika bisnis ingin kamu mulai dari projek kecil, modal yang kamu butuhkan juga tidak terlalu besar.  Dengan skala tersebut, kamu bisa mengambil inisiatif untuk meminjam sejumlah dana pada keluarga, yang bisa kamu gunakan sebagai modal usaha.

Walaupun dengan keluarga, namun ada baiknya kamu membuat surat perjanjian hutang saat melakukan pinjaman. Hal tersebut untuk jaminan kedua belah pihak pada proses transaksi pinjaman dan pembayaran kedepannya.

4. Mendapatkan Modal Bisnis Kuliner Secara Kolektif

Sebuah bisnis tidak melulu harus kamu jalankan sendiri, karena kamu bisa melakukan bisnis bersama rekan bisnis yang bisa kamu percaya. Selain lebih ringan secara pekerjaan, bisnis kolektif juga lebih ringan pada beban finansial yang harus kamu tanggung.

Walaupun konsepnya kamu juga harus mengeluarkan modal sendiri, namun setidaknya besaran modal yang kamu tanggung akan lebih ringan. Namun, untuk mencari rekan bisnis yang tepat, kamu perlu selektif dan mencari orang yang sepaham dengan misi dan sudut pandang bisnis yang kamu miliki.

Baca Juga:  Cara Membuat Instagram untuk Bisnis Makanan dan Minuman

Tak hanya itu, kamu juga harus membuat MOU yang harus disepakati bersama. Hal ini sangat berguna untuk risiko masa depan, serta menjadi booster bagi satu sama lain untuk mengembangkan bisnis kuliner tersebut.

5. Mengambil Dana Pinjaman Sebagai Modal Bisnis

Jika skala bisnis kamu masih kecil, mungkin kamu bisa mengambil alternatif untuk meminjam sejumlah dana pada keluarga. Namun hal tersebut akan berbeda jika skala bisnis kamu cukup besar dan membutuhkan modal yang besar. Setidaknya kamu harus meminjam pada instansi yang tepat.

Contohnya, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha pada instansi yang kredibel seperti KoinWorks. Kamu bisa mendaftarkan bisnis tersebut di produk terbarunya, yakni KoinBisnis yang bisa mencairkan dana hingga Rp2.000.000.000,00. 

Bahkan, kamu bisa mendapatkan modal bisnis kuliner dari pinjaman modal usaha dengan proses yang cepat, hanya dengan satu aplikasi saja. Apalagi caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mendaftarkan bisnis kamu pada KoinBisnis, lalu melengkapi seluruh persyaratan administratif yang diperlukan.

Jika bisnis kuliner yang kamu ajukan memenuhi syarat dan lolos seleksi, kamu bisa langsung mendapatkan pinjaman modal sesuai ketentuan dari pihak KoinWorks. Adapun setiap pinjaman yang kamu dapatkan hanya akan dikenakan bunga sebesar 0,75% hingga 1,67% saja.

6. Mencari Program Bantuan Modal Bisnis dari Pemerintah

Sebenarnya banyak sekali program pemerintah yang mendukung rakyatnya untuk membuat bisnis UKM, yakni dengan memberikan bantuan modal bisnis pada pebisnis yang lolos seleksi. Contohnya KUR (Kredit Usaha Rakyat), yang bisa memberikan modal usaha sebesar Rp2.400.000,00 bagi pelaku usaha mikro.

Kamu hanya perlu mencari informasi persyaratan, memenuhi, dan mendaftarkan bisnis kamu pada program tersebut. Karena merupakan program pemerintah, maka beberapa syarat pastinya adalah WNI, memiliki izin usaha, dan tidak dalam bantuan lembaga keuangan lainnya.

Baca Juga:  Deretan Minuman Khas Jawa Timur untuk Menemani Bereksplorasi

7. Mendapatkan Modal Bisnis Kuliner dengan Mencari Investor

Cara mendapatkan modal bisnis kuliner yang terakhir adalah mencari investor, untuk bisnis yang akan kamu kembangkan. Kamu bisa mencari beberapa investor untuk menutup kebutuhan modal dari rencana bisnis yang kamu buat. 

Namun untuk mendapatkan investor, kamu harus memperbaiki rencana bisnis dan proposal bisnis yang akan kamu ajukan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan interest dari calon investor. Selain itu, kamu juga harus melihat track record dari calon investor, untuk kebaikan bersama.


Sudah Siap Mendapatkan Modal Bisnis Kuliner?

Nah, itulah 7 cara untuk mendapatkan modal bisnis kuliner. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun bagaimanapun caranya, kamu harus memberikan treatment yang tepat! Sehingga, peluang mendapatkan modal usaha menjadi lebih besar.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.